cover
Contact Name
Yuli Ani Setyo Dewi
Contact Email
yulianisetyo85@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
yulianisetyo85@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
ISSN : 2528083X     EISSN : 25408801     DOI : -
Core Subject : Education,
Seling: Jurnal Prodi PGRA (ISSN 2528-083X dan e-ISSN 2540-8801) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto Indonesia. Terbit setiap Januari dan Juli setiap tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019" : 9 Documents clear
Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penerapan Media Kartu Bergambar di RA Insan Madani Punggur Lampung Tengah Hasanah, Uswatun -; Rahmatika, Aufilana
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.995 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain kartu angka bergambar anak Kelompok A RA Insan Madani Punggur. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A RA Insan Madani Punggur. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan memcahkan masalah dalam suatu pemikiran dan penalaran dengan suatu obyek yang sedang dilihatnya. Kegiatan yang dapat mengembangkan kognitif anak salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar. Pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar adalah pembelajaran yang dilakukan dengan kartu bertuliskan bilangan atau gambar untuk menyampaikan materi atau pengetahuan kepada anak yang dilakukan dengan arahan guru. Penelitian inti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui media kartu bergambar bilangan sebagai berikut: 1) Memilih tema yang ingin di capai, 2) Merencanakan bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran, 3) Membagi anak dalam beberapa kelompok, 4) Memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain kartu angka bergambar, 5) Mengulangi materi dari kegiatan pembelajaran kartu kartu bergambar bilangan.   Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, kartu bergambar bilangan.       
Urgensi Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial, Emosional Anak Masyitoh, Dewi; Pradana, Pascalian Hadi
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1264.021 KB)

Abstract

Pendidikan islam sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini termasuk perkembangan sosial emosionalnya karena menjadi dasar pembentukan karakter bangsa dan titik awal pembentukan sumber daya manusia berkualitas, berwawasan, cerdas, bertanggung jawab, inovastif, creatif, dan lainnya. Dalam usia golden age ini kita tanamkan pondasi pendidikan islam yang kuat agar kelak menjadi generasi yang beriman taqwa serta kualitas keilmuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas pentingnya pendidikan  islam dalam peningkatan kecerdasan sosial, emosional anak. Metode penulisan ini adalah kualitatif pengumpulan data dengan interview mendalam, observasi dan dokumentasi, dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Hasil penelitian adalah pendidikan islam dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini misalnya meningkatkan nilai ketauhidan dan keimanan, kepemimpinan,  toleransi, empati, persatuan, kesabaran, peka secara sosial, tidak sombong dan egois dan mampu mengatur emosinya.
Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal Ma’arif 1 Metro Dea, Leli Fertiliana; Setiawan, Agus
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.282 KB)

Abstract

Pencapaian perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini hendaknya disertai dengan penerapan langkah-langkah perkembangan Nilai-nilai Agama dan Moral  yang dilakukan oleh seorang guru dan penerapan yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang tepat akan tercapainya perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak. Dengan demikian penulis memberikan saran-saran sebagai berikut:1) Hendaknya Guru menciptakan hubungan yang baik dan akrab sehingga tidak ada kesan bahwa guru adalah figur yang menakutkan. 2) hendaknya Guru senantiasa bersikap dan bertingkah laku yang dapat dijadikan contoh/teladan bagi anak.3) Hendaknya Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk membedakan dan memilih mana prilaku yang baik dan mana yang tidak baik, guru sebagai pembimbing hanya mengarahkan dan menjelaskan akibat-akibatnya. 4) hendaknya guru Dalam memberikan tugas kepada anak agar diusahakan berupa ajakan dan perintah bahasa yang baik. 5) hendaknya guru memberkan rangsangan (motivasi) dan bukan paksaan.6) Apabila anak yang berprilaku berlebihan, hendaknya guru berusaha untuk mengendalikan tanpa emosi . 7) Terhadap anak yang menunjukan perilaku bermasalah, peran guru adalah sebagai pembimbing dan bukan penghukum. 8) Pelaksanaan program pembentukan perilaku bersifat luwes/fleksibel
Pengaruh Bermain Kreatif Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini Nugrahani, Risma
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.259 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kreatif tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian dilakukan pada kelompok A di TK Al Uswah Tuban dengan subjek penelitian sebanyak 34 anak yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi menggunakan pedoman observasi kemampuan mengenal bentuk geometri. Sebelum data dianalisis menggunakan rumus dan bantuan program SPSS 21.00, dilakukan uji validitas menggunakan pearson correlation dan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain kreatif tangram berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan hasil kemampuan mengenal bentuk geometri antara kelompok kontrol yaitu sebesar 59% dan kelompok eksperimen sebesar 71%. Selanjutnya disarankan kepada lembaga PAUD untuk menerapkan kegiatan bermain kreatif tangram sebagai salah satu alternatif untuk menstimulus kemampuan kognitif anak khususnya dalam hal mengenal bentuk geometri
Mengoptimalkan Kemampuan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains Marli’ah, Siti
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (814.031 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan sains terhadap perkembangan kemampuan logika matematika pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan bentuk rancangan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di KB Islam Terpadu Al Uswah Tuban dengan subyek penelitian sebanyak 40 anak yang dibagi menjadi  kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji ANOVA atau uji F. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa secara garis besar permainan sains dapat mengoptimalkan kemampuan logika matematika anak. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan hasil kemampuan logika matematika antara kelompok eksperimen yaitu sebesar 70% dan kelompok kontrol sebesar 58,75%. Selanjutnya disarankan untuk guru dan lembaga PAUD agar menerapkan kegiatan bermain sains sebagai salah satu alternatif kegiatan untuk menstimulasi kemampuan logika matematika anak.
Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini Rosalina, Citra Dewi; Nugrahani, Risma
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1019.616 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang nantinya tercipta sebuah produk berupa media buku Pop Up alphabet. Adapun tujuan jangka panjang dari pengembangan media dalam penelitian ini yaitu terciptanya sebuah produk media buku pop up alphabet yang merupakan pengembangan dari teknik movable book (buku bergerak) dan Lift the flap (Buku buka tutup). Media pada penelitian ini memiliki impact factor yang cukup baik bagi perkembangan media pembelajaran bagi anak usia dini. Khususnya pada kemampuan mengenal huruf alphabet pada anak. Penelitian ini menggunakan Model pengembangan Borg & Gall yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi masal. Subjek pada penelitian ini adalah sebanyak 3 lembaga TK kelompok A di Kabupaten Tuban. Sedangkan, objek penelitian adalah kelayakan media buku Pop Up untuk pembelajaran mengenal huruf Alphabet.  Berdasarkan hasil analisis uji kelayakan pada penelitian pengembangan ini, mendapatkan hasil 87,5% untuk validasi ahli materi (sangat layak dengan revisi) dan 95%% untuk validasi ahli media (sangat layak dengan revisi). Sedangkan uji kelayakan pada lembaga TK didapatkan hasil 83,67% yaitu sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media buku Pop Up Alphabet telah layak untuk digunakan sebagai pembelajaran di Taman Kanak Kanak.
Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Melalui Outdoor Learning Terhadap Perkembangan Sains dan Kreativitas Anak Kelompok B di TK Kecamatan Kenjeran Surabaya Ismawati, Putri
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (948.487 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap perkembangan sains di Taman Kanak-kanak, 2) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap kreativitas di Taman Kanak-kanak, 3) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap perkembangan sains dan kreativitas di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experiment dengan desain penelitian non equivalent control design. Penelitian ini dilakukan di kecamatan kenjeran Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 97 anak dari TK Aisyiyah 19 Bulak dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 kecamatan Kenjeran Surabaya. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kontrol dan eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik dengan uji ANOVA dan MANOVA dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 256.894 lebih besar dari pada Ftabel 3.09, (2) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan Fhitung sebesar 273.245 lebih besar dari pada Ftabel 3.09, (3) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas, hal ini terbukti dari hasil uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikan sebesar Fhitung  sebesar 164.024 lebih besar dari pada Ftabel  3.09. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa 1)Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya, 2) Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas anak kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya, 3) Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas anak kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya.
Pengaruh Menggambar Bertahap terhadap Pengembangan Kreativitas pada Anak Kelompok B di RA Sunan Ampel Muhsinin, Muhsinin
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.587 KB)

Abstract

In this study, the main problem is the creativity of children in drawing has not developed as expected. Efforts to overcome this, research has been carried out which aims to determine how much influence the gradual drawing of the creativity of children in group B RA SunanAmpelTongasProbolinggo. The method of this research is qualitative descriptive type. The subjects were children in group B which numbered 15 children enrolled in the 2018-2019 school year. Data collection techniques through observation, interviews and documentation, then the data is analyzed qualitatively. The results of the research on Day 1 observations draw Triangle, Square, and Circle Patterns of 1 child (5%) BSB, there are 2 children (10%) BSH, there are 3 children (15%) MB, and 14 children (70%) BB. Observation on the second day Free drawing from the basic form Triangle, square, circle there is 1 child (5%) BSB, there are 2 children (10%) BSH, there is 1 child (5%) MB, and there are 16 children (80%) BB . Observation Day III Draw cats from the basic triangle pattern, square and circle 5 children (25%) BSB, there are 9 children (45%) BSH, there are 3 children (15%) MB, and there are 3 children (15%) BB. From the above research, it can be concluded that there is the effect of gradual drawing on the creativity of children in group B at RA SunanAmpel until the third meeting.
Kemampuan Mengelola Emosi Sebagai Dasar Kesehatan Mental Anak Usia Dini Puspita, Shinta Mutiara
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.511 KB)

Abstract

Anak adalah generasi penerus bangsa, oleh karena itu lingkungan sekitar anak yaitu keluarga, sekolah dan pemerintah harus menciptakan anak yang berkualitas dan sehat baik secara fisik maupun mental, karena kesehatan mental anak-anak adalah salah satu investasi yang paling penting untuk membentuk generasi yang baik namun sayangnya saat ini jumlah orang yang mengalami gangguan kesehatan mental semakin meningkat. Data World Health Organization (WHO) tahun 2000 memperoleh angka gangguan mental yang semula 12% meningkat menjadi 13% di tahun 2001. WHO bahkan memprediksi angka gangguan jiwa penduduk dunia meningkat hingga 15% pada tahun 2015. Berdasarkan laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 di Indonesia, prevalensi penduduk yang mengalami gangguan mental emosional berumur 15 tahun ke atas secara nasional adalah 6,0% (37.728 orang dari 703.946). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pentingnya membangun kesehatan mental sejak usia dini dengan melatih kemampuan mengelola emosi anak. Dengan kemampuan mengelola emosi dengan baik dapat membantu anak dalam menjalani kehidupan yang sehat secara fisik maupun mental. Dari latar belakang di atas, maka aspek-aspek yang akan dijelaskan dalam artikel ini adalah kemampuan mengelola emosi, konsep kesehatan mental dan karakteristiknya serta pengaruh kemampuan mengelola emosi dalam membangun kesehatan mental.

Page 1 of 1 | Total Record : 9