cover
Contact Name
Yuli Ani Setyo Dewi
Contact Email
yulianisetyo85@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
yulianisetyo85@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
ISSN : 2528083X     EISSN : 25408801     DOI : -
Core Subject : Education,
Seling: Jurnal Prodi PGRA (ISSN 2528-083X dan e-ISSN 2540-8801) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto Indonesia. Terbit setiap Januari dan Juli setiap tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2018): Januari" : 9 Documents clear
Memahami Nilai Spiritual dalam Film Upin-Ipin sebagai Tayangan yang Layak Ditonton Anak Usia 2 - 6 Tahun Firmansah, Muhammad Lukman Haris
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1413.952 KB)

Abstract

Early age is a unique age. Unique value because of how to get information and stimulation process through a unique way of playing and watching entertainment. The entertainmen are in a diverse environment. The chosen entertainer should contain spiritual value. Upin-ipin is one of the entertainment known to have religious values, but whether it contains spiritual value. Religious is not necessarily spirituality, because the concept of religiosity and spirituality is different. This descriptive qualitative research investigates the spiritual value of the Upin-Ipin animated film. The results show that Upin-ipin films are spiritually valuable in some episodes of all episodes aired.
Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember Dwi Gita, Rina Sugiarti
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.842 KB)

Abstract

Peningkatan pembelajaran Sains anak usia dini melalui pengenalan bagian tumbuhan berbasis alam di Taman Kanak-kanak TK Ar-Rahim Jember masih jauh dari kemampuan yang hendak dicapai. Hal ini terlihat dari kreativitas anak yang kurang berkembang dan rendahnya kemampuan sains berbasis alam yang diduga kurangnya metode bervariasi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan sains dengan pembelajaran yang cenderung membosankan sehingga anak tidak bersemangat di dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran  sains melalui pengenalan bagian tumbuhan pada anak usia dini. Teknik pengambilan data menggunakan  teknik analaisis data dengan rumus persentase. Lembaran observasi, Anak tidak dapat menghasilkan sesuatu yang baru, karena bahan yang digunakan hanya dari kertas warna dan memanfaatkan krayon saja, sehingga anak merasa jenuh dan kurang tertarik dalam melakukan kreativitas dengan baik. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran anak melalui pengenalan bagian dari tanaman. Tujuan Penelitian ini adalah: 1)Ingin meningkatan pembelajaran sains Anak Usia Dini melalui pengenalan bagian tanaman berbasis alam; 2)ingin mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa yang diajarkan mulalui pendekatan melalui pembelajaran sains berbasis alam. Dalam penelitian ini  menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis data  dapat disimpulkan:1) peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalanan  bagian tanaman dapat meningkatkan  kualitas pembelajaran, baik kualitas proses maupun kualitas hasil, kualitas proses dapat dilihat dari peningkatan keaktifan  peserta didik dari siklus satu dan siklus dua. Begitu juga peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus kedua yang sangat siknifikan.  2) peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalan bagaian tanaman mampu meningkatkan  kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa.
Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Pembelajaran Seni Tari pada Anak Kelompok Bermain PAUD Lab School Universitas Nusantara PGRI Kediri Sari, Ayu Titis Rukmana
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.993 KB)

Abstract

This study aims to develop gross motor skills through dance learning activities in Playgroup children PAUD Lab. School Universitas Nusantara PGRI Kediri. Gross motor movements involve most parts of the body and usually require power because it is performed by larger muscles, which rely on maturity in coordination. Gross motor abilities of children are expected to develop optimally because directly or indirectly, will affect the daily behavior of children later. Directly, gross motor development will determine the child's skills in moving. Indirectly, the development of gross motor skills will affect the way children see themselves and others. This will be reflected in the general pattern of child adjustment. This research was conducted on 9 Playgroup children in 3 – 4 years old in PAUD Lab. School Universitas Nusantara PGRI Kediri, consisting of 7 boys and 2 girls. This research uses classroom action research method using two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action implementation, observation and reflection. Technique of collecting data in this research is observation and documentation. The results of this study indicate that the learning activities of dance art proved able to develop gross motor skills in Playgroup children PAUD Lab. School Universitas Nusantara PGRI Kediri Academic Year 2017-2018.
Penerapan Media Pop Up Raksasa untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri Kurniawati, Epritha
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1016.794 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara melalui melalui media pop up raksasa pada anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri. Aspek pengembangan bahasa anak usia dini meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Bicara adalah bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi atau kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan maksud. Melalui berbicara maka akan terjadi komunikasi antara anak satu dengan anak lainnya. Berbicara pada anak perlu dikembangkan dan dilatih secara terus menerus agar perkembangan anak terutama dalam hal berbicara untuk komunikasi dapat berkembang dengan optimal. Penelitian ini dilakukan pada 20 anak anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri berusia 5-6 tahun, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pop up raksasa dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri Tahun Ajaran 2017-2018.
Kegiatan Melipat Kertas dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun Kuswardani, Herini
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.685 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan melipat kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 4-5 Di Tk Tunas Cita Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018.  Penelitian dilaksanakan dalam 3 minggu dengan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Subjek penelitian   adalah anak usia 4-5 di Tk Tunas Cita Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 24 orang anak 9 orang anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Tehnik analisis data kualitatif deskriptif (penjabaran kalimat) dengan model siklus. Hasil penilaian hasil observasi diperoleh dengan cara menjumlahkan bintang pada aspek motorik halus dan melipat kertas dibagi 3. Sedangkan untuk menghitung prosentase keberhasilan tindakan diperoleh dengan cara menjumlah siswa yang memperoleh bintang 4 dibagi jumlah siswa seluruhnya dan di kalikan 100. Dari cara tersebut diatas diperoleh peningkatan dalam keterampilan motorik halus anak pada pra siklus 50%, siklus 1 hanya 21% , siklus 2 naik menjadi 70% pada aspek motorik halus anak dan pra siklus 42%, siklus 1 25%, siklus 2 naik menjadi 80% pada aspek kegiatan melipat kertas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat dapat meningkatkan motorik halus   pada anak usia 4-5 di TK Tunas Cita Sidoarjo. Saran yang dapat disampaikan supaya guru Anak Usia Dini dan orang tua dapat menggunakan kegiatan melipat sebagai salah satu cara meningkatkan motorik halus pada anak.  
Pembelajaran Sentra melalui Bermain Assosiative Putri, Gesa Kharisma
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1180.83 KB)

Abstract

Kegiatan bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak usia dini, melalui bermainlah anak dapat belajar dengan baik. Banyak hal yang  dapat kita lihat pada saat kegiatan bermain, perubahan perkembangan anak dapat terlihat dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  inovasi pembelajaran sentra melalui bermain Assosiative terhadap perkembangan nilai-nilai moral agama anak kelompok B di lembaga TK Insan Cendekia dan TK Roudhlatul Jannah Sidoarjo. Pendekatan kuantitatif eksperimen pada penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalent  Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di TK Insan Cendekia Sidoarjo dengan jumlah subjek penelitian 28 anak dan TK Roudlatul Jannah dengan jumlah subjek penelitian 30 anak. Data penelitian didapat dengan teknik observasi dan dokumentasi menggunakan pedoman observasi perkembangan  nilai-nilai moral agama. Pada penelitian ini, Analisis data dilakukan berbantuan SPSS dengan menggunakan uji (anova). Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung sebesar 4,909.dengan tingkat signifikan (sig) 0,002 kurang dari 5%,. Hasil ini dijadikan dasar dalam  mengambil kesimpulan. Karena angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas peneliti menyimpulkan bahwa (1)  Bermain Assosiative berpengaruh signifikan terhadap nilai-nilai moral agama anak kelompok B, (2) inovasi pembelajaran sentra melalui Bermain Assosiative berpengaruh signifikan terhadap nilai-nilai moral agama anak  kelompok B. Selanjutnya disarankan kepada para guru Taman  Kanak-Kanak dalam  rangka meningkatkan perkembangan nilai-nilai moral agama anak dapat menggunakan jenis permainan Assosiative.
Pengaruh Pemberian Permainan Kung Fu Matematika terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Khan, Rosa Imani; Iswantiningtyas, Veny; Efendi, Saiful
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.815 KB)

Abstract

This study aims to determine whether there is influence of giving Math Kung Fu game to the ability of early childhood counting. Development activities of children's numeracy skills can be done through a game that would be more effective because the world of children is a world of play. Subjects in this study, as an experimental group is 20 children in Group A TK Dharma Wanita Punjul 3 District Plosoklaten Kediri. While as a control group is 19 children in Group A TK Dharma Wanita Gogorante Kediri Regency. Both groups are considered to have common characteristics common to this study. The sample selection is done by convenience sampling technique, the researcher has no other consideration except based on convenience only. This type of research is quasi-experimental research, using a non-randomized pretest-posttest control group design. The design of this study was conducted by providing pretest before treatment was administered and posttest after treatment, as well as a control group and experimental group. In this design, the sample is set with no random. Instrument of data collection in this research is performance assessment sheet with scale of appraisal, using observation and performance technique. Data analysis was done by t-two sample test with SPSS for windows version 16. The Paired-Samples T Test analysis shows the test results of 3.383 and the mean difference of 1.263. Sig value obtained is 0.003, smaller than alpha specified that is 0.05. This shows that there is a significant difference between the mean values of children in the experimental group and the control group. The Paired Samples Statistics analysis shows the mean value in the experimental group of 13.05 and in the control group of 10.79. This shows that the mean posttest score of children in the experimental group is better than the control group. This means that there is a positive and significant influence on the giving of the Math Kung Fu Game to the ability of early childhood counting. The ability to count children develops after playing Math Kung Fu.
Pengaruh Model Pembelajar Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri pada Materi Peluang Wulansari, Widi
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (978.609 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar mahasiswa PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri yang sedang menempuh mata kuliah statistika inferensial tahun akademik 2016/2017 terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan ditentukan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengukur hasil belajar khususnya pada materi peluang. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik parametrik Paired t-test. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua sampel yang diambil berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai varians antar kelompok sama (homogen). Menurut hasil perhitungan diperoleh nilai t = 4,258 dengan nilai sig. = 0,0001. Perbedaan nilai mean antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 9,07. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri pada materi peluang. 
Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017 Rahmawati, Dina Nuzulul; Dwiyanti, Linda
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 1 (2018): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1051.259 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak Kelompok B TKIT Nurul islam Pelem dalam menghafal surat-surat pendek, dengan metode kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas model John Elliot yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimana dalam setiap siklus dilaksanakan lima tindakan dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik unjuk kerja dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil analisis data menunjukkan setelah dilakukan tindakan tiga siklus ketuntasan belajar mencapai 83,3%. Angka ini lebih besar dari ketuntasan sebelum dilakukan tindakan dan lebih besar dari angka yang dipakai untuk norma pengujian yaitu 75%. Artinya hipotesis tindakan dinyatakan diterima dan kesimpulannya metode kinestetik dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran bahwa metode kinestetik dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu pilihan alternatif cara untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal surat-surat pendek.

Page 1 of 1 | Total Record : 9