cover
Contact Name
Yuli Ani Setyo Dewi
Contact Email
yulianisetyo85@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
yulianisetyo85@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
ISSN : 2528083X     EISSN : 25408801     DOI : -
Core Subject : Education,
Seling: Jurnal Prodi PGRA (ISSN 2528-083X dan e-ISSN 2540-8801) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto Indonesia. Terbit setiap Januari dan Juli setiap tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2015): Juli" : 8 Documents clear
Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak di Kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan Farihah, Himmatul
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 1 No 2 (2015): Juli
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (989.797 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil dengan cara mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak serta memotivasi anak untuk senang  belajar terutama dalam pembelajaran melalui metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan bersifat kualitatif dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun  urutan kegiatan  penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi,  dan  (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode bercerita dengan gambar seri di kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan yang dilaksanakan dalam dua siklus, secara keseluruhan pelaksanaan tindakan kelas berjalan dengan lancar sesuai rencana yang telah disusun dan dilakukan disetiap siklusnya. Kedua, peningkatan kemampuan bahasa verbal terlihat dari antusias siswa dan hasil belajar pada saat pembelajaran, yaitu: (1) Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana, (2) Menceritakan pengalaman/kejadiana sederhana (3) Bercerita tentang gambar yang disediakan, mengurutkan gambar seri sederhana, dan (4) Membaca gambar yang memiliki kata atau kalimat sederhana (5) mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana. Ini dapat diketahui melalui hasil observasi pra tindakan sebesar 42,30 %, pada siklus I meningkat sebesar 26,93% menjadi 69,23%, dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 23,07% menjadi 92,30%. Dari keseluruhan peningkatan kemampuan bahasa verbal sebelum tindakan sampai siklus II sebesar 50%.
Media Elektronik dan Pengawasan Orang Tua sebagai Pendidikan Anti Kekerasan AUD dalam Perspektif Psikologi Lismanda, Yorita Febry; Dewi, Mutiara Sari; Anggraheni, Ika
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 1 No 2 (2015): Juli
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1380.142 KB)

Abstract

Anak usia 4—6 tahun berada pada tahap pra operasional konkrit. Stimulus negatif yang diperoleh anak pada masa itu, membentuk sikap anak di masa yang akan datang. Adanya tontonan Tv, games, dan video yang mengandung tindak kekerasan merupakan bentuk stimulus negatif. Data KPAI menunjukkan 78,3% anak usia MI hingga SMA melakukan kekerasan. Salah satu faktor yang menyebabkan, dimungkinkan adanya stimulus negatif yang diperoleh anak sejak dini. Berdasarkan paparan tersebut, prosiding ini membahas alternatif mengatasi kekerasan sejak anak usia 4–6 tahun dari perspektif psikologi. Pendekatan yang digunakan dalam prosiding ini adalah pendekatan kualitatif. Data berupa fakta banyaknya kekerasan yang dilakukan anak,  tontonan di tv, games,dan video yang mengandung unsur kekerasan, tahapan perkembangan anak, dan dampak dari tontonan. Data tersebut diambil melalui studi pustaka dari beberapa referensi yang  dianalisis  dan hasilnya disampaikan secara deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh, simpulan dari prosiding ini: Faktor penyebab anak menjadi pelaku kekerasan berasal dari tontontan yang mengandung tindak kekerasan dan ditiru anak sejak dini. Cara mengatasi anak yang melakukan kekerasan adalah dengan pemberian tontonan pada media elektronik (tv, games, video) yang banyak mengandung nilai edukasi dan diperkuat adanya pengawasan orang dewasa terdekatnya, khususnya orang tua sejak anak dalam usia dini
Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris Riyadi, Ahmad Ali
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 1 No 2 (2015): Juli
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (925.071 KB)

Abstract

Kajian ini mengkaji gagasan model pembelajaran pendidikan Islam Emansipatoris. Model pembelajaran ini menekankan kepada Islam sebagai agama yang mampu menghadirkan dimensi kemanusiaan. Wacana yang dikembangkan terjadi pergeseran paradigma, yaitu pergeseran tema yang mengalihkan perhatian pada pemahaman mateir pembelajaran agama yang bersifat teologis (teosentrisme) menuju pembelajaran yang bersifat riil     (antroposentrisme). Tema-tema yang diusung lebih menekankan tema-tema tentang Islam sebagai agama lewat penafsiran progresif terhadap problemproblem kemanusiaan kontemporer melalui penelusuran doktrin, sejarah dan kajian kontemporer untuk menemukan makna Islam yang mampu menjawab persoalan-persoalan kemanusiaan sebagai upaya kontekstualisasi pemahaman agama
Pengaruh Metode Bercerita (Tentang Kisah – Kisah Nabi dan Rosul) Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Thn di RA Perwanida Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2013-2014 Fatmawati, Nur
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 1 No 2 (2015): Juli
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1063.237 KB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat pengaruh metode bercerita tentang kisah nabi dan rasul terhadap perkembangan Nilai Agama dan moral anak TK usia 4-5 tahun, dimana masih banyak anak RA.Perwanida Raci  yang belum berkembang nilai agama dan moralnyaPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini pada RA.Perwanida Raci  Sehingga para pendidik khususnya Peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan Nilai Agama dan Moral anak usia dini.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu regresi linier sederhana. Dimana Peneliti dapat mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral anak pada RA. Perwanida Raci. Sebagai sampel siswa Kelompok A dengan Jumlah siswa 17 anak. Pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist anatara indikator dengan pencapaian perkembangan Nilai Agama dan Moral  anak didik.Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan mencapai 0,975 yang artinya seluruh pernyataan cukup reliable terhadap anak didik tentang perkembangan Nilai Agama dan Moral anak pada metode bercerita melalui uji Validitas. hal itu menunjukan bahwa metode bercerita memiliki pengrauh terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral pada anak
Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase pada Anak Kelompok A RA Nurul Jadid Pasuruan Maryam, Siti
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 1 No 2 (2015): Juli
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (975.953 KB)

Abstract

Anak memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa. Anak usia dini berada pada rentang usia 0 – 6 tahun. Hal yang terjadi pada RA NURUL JADID Smedu Sari Kecamatan Lekok – Kabupaten Pasuruan, anak usia dini di kelompok A perkembangan kemampuan seni khususnya pada indikator kolase dengan menggunkan berbagai media sebagian anak kesulitan, sehingga anak kurang mencapai sesuai dengan standar tingkat pencapaian anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan keterampilan motorik halus anak  dalam berbagai macam kegiatan main di kelompok A RA Nurul Jadid Desa Semedusari Kecamatan Lekok. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas dan menggunankan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitiannya  adalah perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi dan wawancara . Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan kegiatan dengan melalui beberapa siklus maka hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan keterampilan  motorik halus anak usia dini di kelompok A RA Nurul Jadid Desa Semedusari Kecamatan Lekok  secara keseluruhan pada kegiatan main kolase sudah berkembang cukup baik
Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di RA Miftahul Ulum Ketangi Probolinggo Sutarmi, Sutarmi
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 1 No 2 (2015): Juli
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.364 KB)

Abstract

Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar perencanaan kurikulum berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Manajemen Kurikulum PAUD di RA Miftahul Ulum Ketangi. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di RA Miftahul Ulum. Ketangi yang meliputi perencanaan kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain adanya sulitnya memahami RKM untuk dijadikan RKH, kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran, perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi. Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROMES, RKM dan RKH. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala sekolah, guru dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin.(2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai tambahan reverensi dan diharapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih baik dan sempurna tentang Manajemen Kurikulum PAUD
Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Ar-Rieza Dua Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2013-2014 Ayun, Khurotul
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 1 No 2 (2015): Juli
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.785 KB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan Bahasa anak TK usia 4-5 tahun, dimana masih banyak anak TK AR-RIEZA Dua Beji yang belum menguasai kemampuan dalam berbahasa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia dini pada TK AR-RIEZA Dua Beji. Sehingga para pendidik khususnya Peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan Bahasa anak usia dini.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu regresi linier sederhana. Dimana Peneliti dapat mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap Perkembangan Bahasa anak pada TK AR-Rieza Dua Beji. Sebagai sampel siswa Kelompok A dengan Jumlah siswa 16 anak.pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist anatara indikator dengan pencapaian perkembangan Bahasa  anak didik.Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan mencapai 0,975 yang artinya seluruh pernyataan cukup reliable terhadap anak didik tentang perkembangan Bahasa anak pada metode bercerita melalui uji Validitas. hal itu menunjukan bahwa metode bercerita memiliki pengrauh terhadap perkembangan bahasa pada anak.
Pola Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam Setyo Dewi, Yuli Ani
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 1 No 2 (2015): Juli
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1125.236 KB)

Abstract

This paper aims to understand the patterns of early childhood language development in Islamic education. Early childhood education in the Islamic view is to maintain, promote the growth and nature of which are owned by the child.While the purpose of early childhood education in Islam is to instill Islamic values early on. Early childhood education aims to develop the full potential of the child (the whole child) so that later can function as a whole human being. A language is a communication tool that is used to convey meaning to someone with the order of words that are easy to understand. So in conveying something by using the right language is very important. In early childhood, language capability continues to evolve. The role of parents and teachers as well as people around the environment will impact a remarkable development. Parents and teachers should set an example and a good speech to their children in accordance with the teachings of the religion of Islam which every spoken word we must say with good language, manners and also easily understood by children.So that the children's language development will be able to thrive according to the teachings of our religious education. In the future development is expected to be a human child as true, faithful and devoted to God

Page 1 of 1 | Total Record : 8