cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
ISSN : 23377666     EISSN : 25416499     DOI : -
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics education and natural sciences. The journal consists of high-quality technical manuscripts on advances in the state-of-the-art of mathematics education; both theoretical approaches and practical approaches are encouraged to submit.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam" : 10 Documents clear
Teknologi Pembelajaran Berbasis ICT (Penerapan Computer Based Test) Rosdiana, Rosdiana
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.233

Abstract

Teknologi Berbasis Komputer merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor. Baru-baru ini pemerintah menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) bagi beberapa sekolah untuk diaplikasikan pada test Ujian Nasional 2015 Tingkat Menengah Atas. Computer Based Test atau dikenal dengan Ujian berbasis komputer ditujukan khusus kepada beberapa sekolah yang mempunyai fasilitas komputer yang dapat digunakan oleh siswa peserta Ujian Nasional (UN). UN berbasis komputer bukan berarti secara daring atau online, melainkan hanya dilakukan lewat perangkat komputer dan tak terhubung internet. Tes Berbasis Komputer (Computer Based Test, CBT) merupakan tes/evaluasi yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes konvensional yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang tes yang sama (fixed test length). Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir.
Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bajo Nuryanti, Nuryanti; Sulistiani, Ino
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.239

Abstract

Pembelajaran langsung pada umumnya dirancang khusus untuk mengembangkan aktivitas belajar siswa yang berkaitan dengan aspek pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat berupa fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi siswa tetang pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar matematikanya. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 2 Baji Kabupaten Luwu. Sampel dalam peenitlian ini sebanyak 72 orang siswa yang tersebar kedalam 3 kelas reguler. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajara matematika dengan KD 89,7%.
Representasi Matematika Al-Quran Melalui Teori Graf Nursupiamin, Nursupiamin
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.234

Abstract

Dalam Al-Quran, Allah SWT menyajikan begitu banyak isyarat salah satunya hitungan atau matematika. Pada tulisan ini, akan dipaparkan representasi matematika Al-Quran melalui teori graf khususnya yang berkaitan dengan surah prima atau surah Al-Quran yang jumlah ayatnya merupakan bilangan prima. Adapun hasil yang diperoleh berupa digraph dengan 29 simpul terpencil (29 graf kosong) dan 3 simpul membentuk sebuah graf sederhana yang memiliki makna diantaranya : (1) Persamaan yang terkandung antara surah Al-Mumtahanah (surah ke 60), surah Ar-Rad (surah ke 13), dan surah Az-Zukhruf (surah ke 43) adalah untuk menjauhi atau tidak bergaul dengan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah swt dan rasulNya dan mencegah perbuatan yang mungkar; (2) Bila dipandang secara geometri, besarnya sudut yang terbentuk mendekati 90o dan memiliki kemiripan bentuk dengan segitiga siku-siku; (3) Bila dipandang secara aljabar, jika ketiga titik (60,13), (13,43), dan (43,89) dinyatakan sebagai angka 601313434389, 60134389, 6013, 1343, dan 4389 maka angka tersebut merupakan kelipatan dari bilangan prima khusus seperti 7, 17 dan 19; dan (4) Bila dipandang secara teori graf, digraph yang terbentuk membuktikan bahwa untuk graf berarah pada digraph surah prima Al-Quran menunjukkan banyaknya simpul yang berderajat ganjil selalu genap. Sehingga representasi graf pada surah Al-Quran yang memiliki jumlah ayat bilangan prima menunjukkan bukti bahwa Al-Quran diturunkan dengan aturan tertentu yang menguak ada matematika dalam Al-Quran.
Implementasi Sistem Otentikasi Pada Pengguna Jaringan Hotspot Guna Meningkatkan Keamanan Jaringan Komputer T, Irma
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.241

Abstract

Semakin banyaknya aplikasi yang menggunakan client server baik desktop maupun WEB Application membuat setiap user harus memiliki banyak user id dan password yang harus dihapalkan, karena setiap aplikasi pasti membutuhkan otentikasi agar dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dengan alasan keamanan. Selain itu perkembangan media jaringan juga semakin berkembang baik penggunaan kabel maupun nirkabel. Dari penjelasan diatas teknologi RADIUS sangatlah dibutuhkan dalam kasus yang telah dijelaskan diatas, karena dengan metode RADIUS ini memungkinkan seorang user cukup memiliki satu user id untuk mengakses ke beberapa aplikasi, baik desktop maupun WEB application. Metode RADIUS juga dapat diintregasikan terhadap media kabel dan nirkabel.
Peranan Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Matematika Rahmah, Nur
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.226

Abstract

Pembangunan karakter (character building) di dunia kampus, terutama di perguruan tinggi (PT), dilatarbelakangi oleh maraknya penyimpangan yang terjadi di ranah publik. Disorientasi nilai maupun disharmonisasi pada tataran kehidupan masyarakat kerap ditemukan. Selain itu, di tataran elite, ragam tindakan nirketeladanan dipertontonkan seperti perilaku koruptif. Dari perspektif sosial, budaya malu perlahan-lahan mulai hilang. Belum lagi sikap tak menghargai orang lain hingga timbulnya kekerasan di tengah kehidupan masyarakat. Dalam konteks kemahasiswaan, semua pemangku kebijakan terkait dihadapkan pada persoalan untuk mengembalikan nilai-nilai luhur kepada setiap mahasiswa.PT harus berkomitmen dalam mencetak lulusan yang berkarakter dan berintegritas agar mampu berkiprah dan bersaing di level global. Dengan pendidikan pembangunan karakter, diharapkan setiap lulusan kelak lebih memiliki sikap empati. Sikap empati, merupakan salah satu kualitas karakter yang dapat mengubah dunia dunia.
Investigasi Dalam Proses Pembelajaran Matematika Abrar, A Ika Prasasti
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.235

Abstract

Di Inggris istilah investigasi (penyelidikan) mulai muncul di kancah pembicaraan para guru sejak diterbitkannya laporan Cockcroft pada tahun 1982 yang menyatakan bahwa pengajaran matematika harus melibatkan aktivitas-aktivitas berikut: Eksposisi atau pemaparan guru (exsposition); Diskusi di antara siswa sendiri, ataupun antara siswa dengan guru (discussion); Kerja praktek (practical work); Pemantapan dan latihan pengerjaan soal (consolidation); Pemecahan masalah (problem solving); Penyelidikan (investigation). pemecahan masalah merupakan kegiatan memusat (convergent activity) dimana para siswa harus belajar mencari penyelesaian yang sudah jelas arahnya, sedangkan investigasi adalah suatu kegiatan menyebar (divergent activity) dimana para siswa lebih diberikan kesempatan untuk memikirkan, mengembangkan, dan menyelidiki hal-hal yang menarik yang mengusik rasa keingintahuan mereka.
Dasar-Dasar Pendidikan Islam Hubungannya Dengan Matematika Hasri, Hasri
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.231

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses generasi muda untuk dapat menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara lebih efektif dan efisien. Pendidikan lebih daripada pengajaran, karena pengajaran sebagai suatu proses transfer ilmu belaka, sedang pendidikan merupakan transformasi nilai dan pembentukan kepribadian dengan segala aspek yang dicakupnya. Perbedaan pendidikan dan pengajaran terletak pada penekanan pendidikan terhadap pembentukan kesadaran dan kepribadian anak didik di samping transfer ilmu dan keahlian. Hal inilah yang membedakan antara Islam dengan Barat. Al-Quran merupakan petunjuk buat umat manusia. Petunjuk tidak hanya berkaitan dengan syariat agama tetapi berkaitan pula dengan ayat-ayat kauniyah yang erat sekali dengan ilmu pengetahuan. Al-Quran juga mengungkap tentang asal mula kehidupan, siklus air, peredaran benda-benda langit, astronomi dll yang dapat menginspirasi perkembangan ilmu pengetahuan alam dan sains. Bahkan matematikapun banyak terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran. Penciptaan alam semesta ini melalui perhitungan yang sangat detail oleh Allah SWT. Sehingga, sebenarnya Allah telah menurunkan matematika melalui ayat-ayat Al-Quran, namun kebanyakan manusia tidak menyadarinya. Demikian pula sebaliknya apakah dalam matematika memuat pula sifat-sifat agamis yang dapat menjadi karakter kepribadian manusia dalam hidup sehari-hari.
Analisis Korespondensi Sarana Belajar dan Tenaga Pengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA dan SMK di Kota Palopo Nurwahida, Nurwahida; Lestari, Alia
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.236

Abstract

Analisis korespondensi merupakan salah satu teknik multivariat yang merupakan gabungan dari teknik reduksi data dan pemetaan persepsi. Salah satu tujuan analisis ini adalah untuk melihat keterkaitan atau kedekatan suatu kategori pada satu variabel terhadap kategori variabel lainnya. Pada makalah ini akan dibahas penerapan analisis korespondensi dalam melihat pola hubungan antara faktor-faktor eksternal dengan hasil belajar siswa SMA dan SMK di Kota Palopo. Data diperoleh dari dokumentasi Dinas Pendidikan Kota Palopo. Hasil analisis menunjukkan faktor eksternal yang memiliki hubungan yang berarti dengan prestasi belajar adalah tenaga pengajar. Hal ini didukung oleh pola hubungan yang dihasilkan dari plot analisis korespondensi yang menjelaskan bahwa prestasi belajar yang tinggi lebih banyak diperoleh dari sekolah dengan Tenaga Pengajar Baik (TPB) sementara sekolah yang memiliki tenaga pengajar kurang baik (TPKB) dan tenaga pengajar cukup baik (TPCB) cenderung mendapat prestasi sedang dan kurang.
Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Nasaruddin, Nasaruddin
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.232

Abstract

Berbicara tentang media tentu sangat erat kaitannya dengan komunikasi. Dalam proses pembelajaran termasuk pembelajaran matematika terjadi komunikasi antara guru dengan siswa dan juga antara siswa dengan siswa, karena pada hakekatnya proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Dalam proses belajar mengajar tersebut, sebagai komunikannya adalah siswa dan sebagai komunikatornya adalah guru dan siswa. Dalam berkomunikasi, komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan. Agar pesan yang disampaikan (berupa pengetahuan, pengalaman, atau gagasan) dapat ditangkap, dipahami, dan dipelajari dengan baik oleh komunikan, maka komunikator harus memikirkan cara-cara komunikasi yang efektif, karena kesalahan komunikasi akan menimbulkan masalah.
Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange (GGE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo Purwati, Dewi; Aswad A, Muhammad Hajarul
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 2 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.237

Abstract

Pembelajaran aktif tipe Group to Group (GGE) merupakan salah satu metode belajar dimana siswa yang terbagi kedalam kelompok diberikan tugas yang bebeda untuk kemudian dipersentasekan kepada kelompok lain.penelitin ini bertujuan untuk melihat efektifitas efektifitas metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo yang diajar dengan metode pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kelas yang tidak diajarkan dengan metode pembelajaran tersebut. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP

Page 1 of 1 | Total Record : 10