cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
ISSN : 23377666     EISSN : 25416499     DOI : -
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics education and natural sciences. The journal consists of high-quality technical manuscripts on advances in the state-of-the-art of mathematics education; both theoretical approaches and practical approaches are encouraged to submit.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam" : 10 Documents clear
Jenis-Jenis Belajar Matematika Abrar, A Ika Prasasti
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.218

Abstract

Belajar adalah sebuah proses mental dari seseorang yang melakukannya. Ini berarti mendeteksi orang belajar atau tidak, bukanlah hal yang mudah. Dua orang sedang membaca buku yang sama secara bersamaan tidak dapat divonis bahwa mereka melakukan kegiatan belajar. Boleh jadi keduanya belajar, salah satunya atau mungkin dari keduanya tak ada yang belajar. Sebelum dijelaskan pengertian belajar matematika maka terlebih dahulu dikemukakan tentang karakteristik matematika. Terdapat enam karakteristik matematika yaitu: obyek kajiannya bersifat abstrak, memilikii simbol yang kosong dari arti, konsisten dalam sistemnya, dibatasi oleh semesta pembicaraan, berpola pikir deduktif, dan bertumpu pada kesepakatan. Selain itu salah satu ciri khas dari matematika adalah memiliki sifat hirarkis. Mengenal karakteristik dan sifat dari matematika akan lebih memudahkan untuk mempelajari matematika.
Kajian Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palopo Lestari, Alia
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.223

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang persepsi mahasiswa terhadap layanan perpustakaan STAIN Palopo sehingga tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan perpustakaan dapat diukur. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 20% dari 2995 yang dilakukan dengan cara Incidental sampling. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa mahasiswa pengguna layanan perpustakaan paling banyak adalah perempuan (74.7%) dengan Indeks kepuasan mahasiswa terhadap atribut layanan perpustakaan yang paling rendah adalah pengetahuan petugas tentang jenis buku yang ada di perpustakaan dan yang paling tinggi adalah kemampuan petugas berkomunikasi dengan mahasiswa.
Analisis Model Matematika Proses Penyebaran Limbah Cair Pada Air Tanah Fatahilah, Arif; D.F.F.P, M Gangga
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.214

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui proses penyebaran limbah cair. Computational Fluid Dynamics (CFD) merupakan ilmu sains yang mempelajari tentang aliran fluida yang salah satu diantaranya adalah aliran limbah cair. Data yang digunakan dalam artikel ini adalah data yang telah diperoleh dalam artikel sebelumnya serta beberapa data lainnya dikembangkan dari berbagai literatur, internet, dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini pada dasarnya adalah berupa model matematika dari aliran limbah cair pada air tanah dan simulasi dari aliran limbah cair pada air tanah. Model matematika dicari menggunakan metode volume hingga sedangkan untuk simulasi aliran limbah cairnya menggunakan FLUENT, yang mana FLUENT ini merupakan salah satu software dari CFD.
Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Bagi Mahasiswa yang Mengalami Problema Belajar di STAIN Palopo (Studi Tentang Aplikasi Teori Belajar Polya) Rahmah, Nur; Aswad A, Muhammad Hajarul
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.219

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran pemecahan masalah Polya kaitannya dengan mahasiswa yang mengalami problema belajar, desain didaktis teori belajar Polya dalam pembelajaran geometri khususnya konsep luas segitiga dan segiempat, serta respon mahasiswa terhadap strategi pembelajaran yang diberikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif naturalistik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika semester II STAIN Palopo Tahun Akademik 2013-2014 yang mengalami problema belajar pada mata kuliah geometri yang tersebar ke dalam 3 kelas (A, B, dan C) berjumlah 18 orang.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket, dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan konsep luas segitiga dan segiempat pada dasarnya sudah bagus. Akan tetapi masih ada beberapa langkah yang belum sistematis. Pada saat observasi pertama dilakukan terlihat bahwa kemampuan mahasiswa dalam memahami masalah yang diberikan berbeda-beda berdasarkan kerangka kerja Polya. Selanjutnya pada tahap membuat rencana pemecahan masalah kemampuan mahasiswa juga berbeda berdasarkan tingkatan kerja dalam rencana pemecahan masalah yang diberikan. Pada pembelajaran berikutnya telah dikemukakan kepada mahasiswa bentuk kerangka kerja pemecahan masalah Polya sehingga ketika diberikan masalah terkait dengan konsep luas segitiga dan segiempat, kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah berangsur-angsur lebih sistematis berdasarkan kerangka kerja yang telah diberikan. Hal ini dimaksudkan untuk mengarahkan mahasiswa yang mengalami problema belajar bahwa memecahkan masalah harus dengan langkah-langkah yang sistematis.
Pengembangan Kajian Angka 19 Nursupiamin, Nursupiamin
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.215

Abstract

Manusia diciptakan oleh Allah swt dengan memiliki akal dan pikiran. Hal ini dimaksudkan agar manusia berperan dalam menggali dan memanfaatkan segala bentuk ciptaan Allah swt sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam Al-Quran. Dengan potensi yang dimilikinya tersebut, manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga dapat melakukan aktivitas studi dan penelitian yang seharusnya mampu memahami kebenaran Al-Quran. Bagi seorang muslim dalam melakukan interpretasi terhadap al-Quran merupakan hal dalam memahami pesan yang Allah swt berikan sebagai petunjuk dalam berjalan di muka bumi ini. Posisi manusia dengan segala kehebatannya hanya dapat memaknainya pada taraf relatif saja, sementara derajat kesempurnaan hanyalah merupakan rahasia Allah swt. Jika memandang matematika yang syarat dengan angka-angka, simbol-simbol dan rumus-rumus, maka dengan sendirinya siapapun dapat memandang matematika sebagai ilmu yang memerlukan kemampuan memanipulasi aturan-aturan dengan operasi yang sudah disepakati.
Aplikasi Korelasi Spearman Untuk Menganalisis Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Berdasarkan Gender (Studi Kasus : Dinas Perhubungan Kota Ambon) Mustamu, R; Rumlawang, F Y; Lesnussa, Y A
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.220

Abstract

Ada dua hal yang mempengaruhi gender dalam suatu organisasi, yaitu stres kerja dan kepuasan kerja. Stres kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang, sedangkan kepuasan kerja adalah keadaan emosional pegawai dimana terjadi ataupun tidak terajdi titik temu antara nilai balas jasa kerja pegawai dari organisasi dengan tingakat nilai balas jasa yang memang diinginkan oleh pegawai yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara stres kerja dengan kepuasan kerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kota Ambon. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Metode yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan menggunakan uji korelasi spearman. Hasil uji korelasi spearman menunjukan bahwa terdapat atau tidaknya hubungan antara stress kerja yang diukur melalui variabel peran individu dalam organisasi, tuntutan tugas, hubungan dalam organisasi, dan faktor luar organisasi dengan kepuasan kerja antara pegawai pria dan wanita.
Sekuritas Sistem Dengan Kriptografi Rosdiana, Rosdiana
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.216

Abstract

Dalam kriptografi terdapat dua konsep utama yakni enkripsi dan dekripsi. Enkripsi adalah proses dimana informasi/data yang hendak dikirim diubah menjadi bentuk yang hampir tidak dikenali sebagai informasi awalnya dengan menggunakan algoritma tertentu. Dekripsi adalah kebalikan dari enkripsi yaitu mengubah kembali bentuk tersamar tersebut menjadi informasi awal. Istilah kriptografi lebih dikenal dengan criptosystem, dimana suatu criptosistem terdiri dari sebuah algoritma dari seluruh kemungkinan plaintext, chippertext, dan kunci-kunci. Dalam kriptosystem RSA ada beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi, yaitu plaintext di enkripsi ke dalam blok-blok dengan tiap-tiap blok bernilai biner kurang dari n adalah integer positip. Dengan demkian panjang maksimal tiap-tiap blok adalah kurang dari atau sama dengan log2(n).
Simulasi Rute Alternatif Berbasis Asal Dan Tujuan Perjalanan Untuk Mengurai Kemacetan Tristono, Tomi; Sidqon, M
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.221

Abstract

Artikel ini berisi tentang kepadatan lalulintas pada persimpangan jalan yang bersinyal. Pada salah satu lengan jalannya terdapat jalur kereta api. Level of service (LoS) dari simpangan bersinyal terhadap lampu lalulintas normal berada pada level D. Hal tersebut menunjukkan ada kemacetan di selatan dan utara lengan persimpangan setelah palang pintu kereta api diturunkan. Level of service (LoS) ketika kondisi tersebut terjadi menurun ke level F. Permasalahan ini akan diselesaiakan dengan simulasi dalam hal ini menggunakan model graph dimana akan dibuat sebuah fly over baru yang melintasi persimpangan dan jalur kereta api. fly over digunakan untuk semua jenis kendaraan kecuali bukan kendaraan bermotor (UM). Level of service (LoS) kemudian naik ke level C dan ke level D setelah palang pintu kereta api diturunkan.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X3 SMA Negeri 5 Pekanbaru Solfitri, Titi; Heleni, Susda
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.217

Abstract

Dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah seorang guru hendaknya pandai memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Serta bisa memberikan waktu lebih banyak untuk siswa berpikir, merespon dan saling membantu serta dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi pelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja di dalam kelompok heterogen baik dari segi kemampuan akademis, gender, latar belakang agama sosio-ekonomi dan etnik yang berbeda. Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Square maka terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas SMAN 5 Pekanbaru semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 pada materi pokok Trigonometri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X3 SMAN 5 Pekanbaru pada materi pokok Trigonometri semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi atau pengamatan secara langsung yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari sebelumnya ke siklus pertama dan siklus kedua. Pada mula-mula jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 6 10 siswa, setelah mengikuti proses siklus pertama jumlah yang mencapai KKM berjumlah 15 siswa dan pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 28 siswa dari total 32 siswa.
Rancang Bangun Perangkat Keamanan Berbasis Infra Merah Pada Kantor Pegadaian Palopo Irma, Irma
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 3, No 1 (2015): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v3i1.222

Abstract

Artikel ini mencoba untuk mengembangkan sistem guna membantu masyarakat meningkatkan keamanan dengan bantuan sistem komputer. Penulis menerapkan sistem keamanan dari tindak pencurian dengan bantuan sensor dan perangkat mikrokontroler. Sistem kerjanya pun sederhana,yaitu mendeteksi pergerakan dari tubuh manusia menggunakan sinar infra merah, dengan meletakkan sensor pada tempat-tempat tertentu, maka sensor akan secara otomatis mendeteksi pergerakan dari seseorang. Mikrokontroler dapat di program untuk membunyikan alarm, menyalakan lampu, dan melaporkan tempat yang terdeteksi. Sensor menggunakan jenis Passive Infra Red dan bekerja dengan metode PyroElectric Signal sehingga hanya dapat membaca pergerakan makhluk hidup yang mengeluarkan suhu tubuh. Mikrokontroler yang digunakan buatan Atmel dan di program dengan bahasa C. Perangkat lunak sistem informasi pada komputer dibangun dengan pemrograman visual basic.

Page 1 of 1 | Total Record : 10