cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
ISSN : 23377666     EISSN : 25416499     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics education and natural sciences. The journal consists of high-quality technical manuscripts on advances in the state-of-the-art of mathematics education; both theoretical approaches and practical approaches are encouraged to submit.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam" : 10 Documents clear
Pengembangan Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Matematika Rahmah, Nur
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.118

Abstract

Strategi pembelajaran menggambarkan komponen umum materi pembelajaran dan prosedur yang digunakan dalam mencapai hasil belajar. Konsep strategi pembelajaran tergambar dalam peristiwa pembelajaran sebagaimana yang dijelaskan secara perinci dalam bukunya Gagne yang berjudul The Condition of Learning and Theory of Instruction (1985). Peristiwa pembelajaran adalah gambaran sederhana tentang paradigma aktivitas peserta didik dan pendidik yang terjadi secara komplementer (saling isi-mengisi) dan saling ketergantungan dalam situasi belajar. Peristiwa belajar menggambarkan aktivitas peserta didik dalam menerima, mempraktikkan, menciptakan, dan lain-lain. Peristiwa pembelajaran menggambarkan aktivitas pendidik dalam memindahkan ilmu, membina, memberikan kenyamanan belajar, dan lain-lain
Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru Solfitri, Titi; Armis, Armis
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.108

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru, semester II T.A.2009/2010. Jumlah siswa dalam kelas tersebut ada 29 orang dengan kemampuan akademik yang heterogen. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Disetiap akhir siklus, dilakukan tes. Data dikumpulkan berdasarkan lembar observasi dan tes kemudian data dianalisis secara deskriptif naratif dan statistik deskriptif. Tindakan dikatakan berhasil apabila kualitas proses pembelajaran meningkat atau jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimum menurun dari tes I dan II. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan minimum sebelum diterapkan CPS, pada tes I, dan tes II berturut-turut sebesar 34,48%, 62,07%, dan 65,52%. Persentase ketuntasan minimum yang dicapai memperlihatkan gambaran bahwa pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru.
Struktur Matematika Dalam Al-Quran (Telaah Buku Karya Abdusysyakir) Nursupiamin, Nursupiamin
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.114

Abstract

Al Quran merupakan mujizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci umat islam yang mengandung petunjuk dan bimbingan untuk selalu berada pada jalan yang benar. Di dalam Al-Quran, Allah SWT menyajikan begitu banyak isyarat salah satunya yang berkaitan dengan hitungan atau matematika. Hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT Maha Kuasa dan Maha Mengetahui. Pada makalah ini, akan dipaparkan telaah buku karya Abdusysyakir yang berjudul Ada Matematika dalam Al-Quran yang secara khusus membahas tentang struktur matematika dalam Al-Quran.
Profil Kreativitas Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Temperamen Febriyanti, Ririn
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.109

Abstract

Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana profil kreativitas siswa SMP dengan temperamen melankoli dalam menyelesaikan masalah matematika? (2). Bagaimana profil kreativitas siswa SMP dengan temperamen sanguin dalam menyelesaikan masalah matematika? (3). Bagaimana profil kreativitas siswa SMP dengan temperamen phlegmatik dalam menyelesaikan masalah matematika? (4). Bagaimana profil kreativitas siswa SMP dengan temperamen kolerik dalam menyelesaikan masalah matematika?.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri empat orang siswa kelas VIII SMP Nasional Ngoro Mojokerto yang dipilih berdasarkan angket temperamen yang diadaptasi peneliti dari i daftar pertanyaan temperamen yang dibuat oleh Florence Littauer (2011). Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes pemecahan masalah matematika kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan Kreativitas siswa dengan temperamen kolerik dari aspek kefasihannya subjek mampu menggambar 7 jawaban yang berbeda dan bernilai benar. Jawaban yang ia tuliskan bervariasi baik bentuk bangun maupun perhitungannya. Siswa dengan temperamen kolerik dalam aspek fleksibilitas memberikan cara yang berbeda yaitu menggunakan volume bangun ruang, menggunakan kotak mainan, mengadakan percobaan fisika, melihat sudut-sudut yang bersesuaian. Dari aspek orisinal, subjek menjelaskan munculnya ide dari kehidupan sehari-hari.(2). Kreativitas oleh siswa SMP dengan temperamen sanguin dalam aspek kefasihan subjek membagi kue bolu menjadi dua bagian yang sama. Aspek fleksibilitas subjek hanya mampu menemukan satu cara yaitu dengan menggunakan rumus volume bangun ruang. Penyelesaian yang dibuatnya berasal dari pikian siswa itu sendiri. Sedangkan aspek orisinal menjelaskan asal ide diperoleh dari pengalaman sendiri. (3). Kreativitas siswa SMP dengan temperamen phlegmatis pada aspek kefasihan subjek menuliskan sebanyak 5 jawaban,tetapi dalam aspek fleksibiltas hanya bisa menggambar lalu menentukan ukurannya dan rumus volumenya untuk menghitung volumenya. Pada aspek orisinal subjek terinspirasi dari kegiatan yang dilakukan baik dari subjek sendiri ataupun dari orang-orang sekitar, (4). Kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika oleh siswa SMP dengan temperamen melankolik dalam aspek kefasihan subjek hanya mampu menuliskan 2 jawaban. Subjek dalam aspek fleksibilitas hanya bisa menggambar lalu menentukan ukurannya dan rumus volumenya.Pada aspek orisinal, subjek berangan-angan kalau kue tersebut akan dibagi di tengah-tengah panjang kue tersebut.
Problem Possing Dalam Pembelajaran Matematika Abra, Andi Ika Prasasti
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.115

Abstract

Di Indonesia, nilai matematika berdasarkan hasil tes Trends in international Mathematics and science studi (TIMSS) 2003 yang dikoordinir oleh The international for Evaluation of Education Achievement (IEA) menempatkan mahasiswa Indonesia di peringkat 34 penguasaan matematika dan peringkat 36 penguasaan sains. Dibandingkan dengan dua Negara tetangga, Singapura dan Malaysia, posisi ini jauh tertinggal. Singapura berada pada peringkat, pertama, baik matematika maupun Sains, Malaysia peringkat 10 Matematika dan peringkat 23 bidang sains (Balitbang Depdiknas, 2004). Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Suryanto dan Soemerset terhadap 16 SLTP pada beberapa propinsi di Indonesia juga menemukan bahwa hasil tes mata pelajaran matematika mahasiswa sangat rendah, utamanya pada soal cerita matematika. Problem Posing merupakan salah satu pendekatan pembelajaran non-konvensional yang dalam proses kegiatannya membangun struktur kognitif mahasiswa. Proses ini dilakukan mahasiswa dengan cara mengaitkan skemata yang dimilikinya. Bahkan beberapa hasil penelitian memberikan gambaran, bahwa problem posing merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam pembelajaran matematika yang dapat mengaktifkan mahasiswa, mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah, dan menimbulkan sikap positif terhadap matematika
Proses Berpikir Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual Dalam Mengajukan Soal Matematikatipe Post Solution Posing Saraswati N, Esty; Masruroh, Faridatul
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.110

Abstract

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mempersiapakan para siswanya untuk suatu profesi atau jabatan, tetapi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. untuk membantu siswa dalam memahami soal dapat dilakukan dengan menulis kembali soal dengan kata-kata sendiri, menulis soal dalam bentuk lain atau dalam bentuk yang operasional. Pengajuan soal memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan siswa untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir mahasiswa calon guru dalam mengajukan soal Tipe Post Solution Posing ditinjau dari gaya belajar visual. Pengajuan soal tipe post solution posing yaitu tugas (soal) yang diberikan kepada mahasiswa calon guru untuk menyelesaikan soal tersebut, kemudian dari soal dan penyelesaiannya digunakan untuk membuat (mengajukan) soal matematika yang baru. Untuk tujuan tersebut, peneliti memilih 1 subjek mahasiswa calon guru STKIP PGRI Jombang yang mempunyai gaya belajar visual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan wawancara berbasis tugas terhadap subjek penelitian. Wawancara yang dilakukan direkam, kemudian ditranskrip dan dikodekan. Untuk memperoleh data yang valid, peneliti melakukan dua kali pemberian tugas dan wawancara untuk setiap subjek. Penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Data yang diperoleh, selanjutnya, ditriangulasi. Kemudian, data yang valid dianalisis dengan langkah-langkah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Subjek yang mempunyai gaya belajar visual dalam menerima tugas pengajuan soal tipe post solution membaca lebih dari satu kali dan dibaca dalam hati, subjek menuliskan informasi yang ada dengan kalimat sendiri dan paham tentang informasi yang diberikan ditandai dengan dengan runtut dan sistematis, subjek juga menjelaskan menggunakan kalimatnya sendiri. Dalam mengolah informasi subjek mengingat pengetahuan yang didapat sebelumnya yaitu materi kalkulus pada pokok bahasan masalah penerapan turunan dalam nilai maksimum dan minimum dan terlihat subjek sering memandang ke suatu arah sambil berpikir dalam mengajukann soal. Subjek mencoba-coba bilangan yang sesuai untuk digunakan dalam soal dengan alasan agar jawaban yang dihasilkan berupa bilanagan bulat. Subjek membuat dua soal dan menuliskan jawaban secara lengkap dan rapi. Subjek memeriksa kembali soal dan jawaban yang ditulis.
Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Barang Cetakan Pada Retro Advertising Palopo Berbasis Online Sulistiani, Ino
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Merancanng website pada retro Advertising Palopo. Serta menginplementasikan web pemesanan barang cetakan Advertising Palopo. Sistem pemesanan barang online ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak yakni PHP sebagai bahasa scrip dan MSQL untuk pembuatan basisdata ( database). Sistem pemesanan barang secara online ini adalah solusi bagi konsumen Retro Advertising Palopo dalam memberikan layanan kepada pelanggan melalui dunia maya. Dengan adanya sistem pemesanan barang secara online ini memudahkan bagi pelanggan untuk memesan barang secara langsung melalui internet. Pelanggan yang jauh jaraknya dari retro advertising Palopo dapat dengan mudah memesan barang melalui internet.
Optimasi Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Metode Harmony Search Rahman, Abd; Yuniarno, Eko Mulyanto; Purnama, I Ketut Eddy
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.111

Abstract

Penjadwalan perkuliahan pada suatu perguruan tinggi adalah kegiatan rutin tiap semester dan merupakan suatu proses untuk menerapkan event yang berisi komponen mata kuliah dan kelas pada time slot yang berisi komponen waktu dan ruang. Permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan penjadwalan adalah terjadinya pertentangan antara jadwal yang satu dengan yang lain. Salah satu metode untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ialah dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Salah satu metode dalam AI yang dianggap dapat memberikan solusi atas permasalahan penjadwalan ialah Harmony Search. Harmony Search merupakan suatu wilayah ilmu komputer yang mendasarkan algoritmanya pada musik. Algoritma Harmony Search menganalogikan musik dengan segala perangkatnya dengan permasalahan optimasi. Misalnya, setiap alat musik berkaitan dengan variabel keputusan, nada musik berkaitan dengan nilai variabel, harmoni berhubungan dengan vektor solusi. Seperti seorang musisi yang memainkan musik tertentu, berimprovisasi memainkan nada secara random atau berdasarkan pengalaman untuk menemukan harmoni yang indah, variabel dalam Harmony Search mempunyai nilai random atau nilai yang didapat dari iterasi (memory) dalam usaha mendapatkan solusi optimal. Dengan menerapkan algoritma Harmony Search dalam penyusunan jadwal perkuliahan, maka diharapkan dapat tercipta suatu susunan jadwal perkuliahan yang optimal.
Emansipasi Wanita Di Negara Islam (Pemikiran Qasim Amin Di Mesir) Hasri, Hasri
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.117

Abstract

Zaman dahulu wanita selalu dianggap lemah, mengerjakan segala macam pekerjaan tidak cekatan dan tidak terampil, hanya bisa berkata boleh ataupun iya apabila kaum pria menyeuruh mereka. Tetapi sekarang, wanita dapat berkata tidak apabila ada hal yang tidak sesuai dengan keinginannya yang dikatakan oleh kaum pria. Itulah salah satu demokrasi yang ditonjolkan oleh wanita karena sekaranglah waktunya untuk bangkit dan berani menyuarakan aspirasi mereka. Adapun makna emansipasi wanita adalah perjuangan sejak abad ke-14 M dalam rangka memperoleh persamaan hak dan kebebasan seperti hak kaum laki-laki. Jadi para penyeru emansipasi wanita menginginkan agar para wanita disejajarkan dengan kaum pria di segala bidang kehidupan, baik dalam pendidikan, pekerjaan, perekonomian maupun dalam pemerintahan. Mesir merupakan negara Islam yang pertama menyadari hal ini, oleh karena itu orang-orang Mesirlah yang pertama mengadakan kontrak dengan dunia barat. Diantara jajaran pemikir-pemikir Islam di Mesir yang pertama memunculkan ide-ide emansipasi wanita adalah Al-Tahtawy. Tetapi pemikir yang mempunyai perhatian besar dan menghususkan dirinya untuk membicarakan hal ini adalah Qasim Amin.
Pembelajaran Matematika Berbasis Islam Nasaruddin, Nasaruddin
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 2 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i2.113

Abstract

Islam adalah agama yang rahmatan lil'alamin, yang menjunjung tinggi keseimbangan kehidupan antara makhluk satu dengan lainnya. Islam sangat menekankan umatnya untuk belajar dan tahu (berpendidikan). Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya seruan-seruan untuk belajar yang dapat kita temui baik di dalam Al-Quran. Matematika merupakan bahasa yang digunakan dalam penciptaan alam semesta. Mempelajari dan memahami ayat-ayat Kauniyah (alam semesta) maka diperlukan matematika. Pemahaman tentang alam semesta akan bermuara pada ketakjuban akan kekuasaan Allah SWT. Selain itu, matematika juga mampu memberikan pendekatan yang lebih dalam untuk memahami ayat-ayat Qauliyah (Al-Quran). Dan dengan adanya aspek matematika dalam Al-quran Hal ini akan dapat mematahkan kepercayaan sebagian orang yang meyakini bahwa matematika itu produk Barat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10