cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
ISSN : 23377666     EISSN : 25416499     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics education and natural sciences. The journal consists of high-quality technical manuscripts on advances in the state-of-the-art of mathematics education; both theoretical approaches and practical approaches are encouraged to submit.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam" : 10 Documents clear
Distribusi Jumlah Penduduk Kota Palopo (Suatu Analisis Tentang Pengaruh Distribusi Jumlah Sekolah Dan Jarak Tempuh Ibukota Kecamatan Dari Ibukota Palopo) Aswad A, Muhammad Hajarul
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.99

Abstract

Palopo adalah salah satu daerah yang sedang berkembang. Sejak tahun 2006, wilayah administratif Kota Palopo terbagi menjadi 9 kecamatan dengan ibukota Palopo adalah Palopo yang terletak di kecamatan Wara. Distribusi jumlah penduduk di wilayah administratif Kota Palopo merupakan hal yang menarik untuk diamati. Terlebih jika dikaitkan dengan distribusi jumlah sekolah di masing-masing kecamatan dan jarak ibukota kecamatan terhadap ibukota Palopo. Data yang digunakan dalam artikel ini adalah data sekunder tahun 2012. Dari analisis data terlihat bahwa (1). Distibusi jumlah sekolah dan jarak ibukota kecamatan dari ibukota Palopo secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap distribusi jumlah penduduk Kota Palopo, dengan koefisien determinasi sebesar 77,3%, sementara sisanya 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain; (2). Distribusi jumlah sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap distribusi jumlah penduduk di wilayah administratif Kota Palopo. Semakin banyak jumlah sekolah di suatu wilayah kecamatan di Kota Palopo mengindikasikan semakin besar pula jumlah penduduk yang mendiami wilayah tersebut. Sementara jarak tempuh ibukota kecamatan dari ibukota Palopo tidak cukup berpengaruh terhadap distribusi jumlah penduduk di wilayah administratif Kota Palopo. Kecamatan yang jaraknya cukup jauh dari Ibukota Palopo tidak sepenuhnya memiliki jumlah penduduk yang kecil dibandingkan dengan kecamatan yang berada di sekitar ibukota Palopo.
Organisasi Komputer Vesa(Video Electronics Standards Association) Local Bus T, Irma
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.104

Abstract

Vesa (Video Electronics Standards Association) Local Bus merupakan jalur yang dibuat untuk menyesuaikan kecepatan mikroprosesor di dalam komputer. Vesa local bus dibuat oleh Video Electronics Standards Association yang banyak digunakan pada personal computers berbasis Intel 80486 CPU,Vesa local bus berdampingan dengan Isa Slot. Dalam artikel ini akan di tunjukkan bagaimana kemampuan transfer data, apakah bisa mencapai kecepatan maksimum 66 Mhz dengan lebar 64 bit. Dari kajian yang dilakukan terlihat bahwa kemampuan transfer data sebanyak 528 Mb/s dari clock speed 66 Mhz dan lebar bit 64 tidak dapat direalisasikan karena hanya dapat bekerja pada clock speed 33 Mhz dan lebar bit 32 hingga transfer data hanya 132 Mb/s.
Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Pokok Perbandingan Di SMPN II Megaluh Jombang Nurmilah, Rifa; Rozak, Abdul
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.100

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menjelaskan efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok Perbandingan; 2) menjelaskan apakah hasil belajar yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik di bandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran secara biasa/konvensional untuk materi pokok Perbandingan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, sampel penelitian siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi pokok Perbandingan di SMPN 2 Megaluh dikatakan efektif dengan kriteria (1) ketuntasan belajar secara klasikal tuntas sebanyak 87,09%, (2) aktivitas siswa efektif (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran efektif (4) Respon siswa positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis inferensial uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 2,197 dan ttabel =2,000 karena thitung > ttabel maka Hi diterima, artinya hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa/konvensional di SMPN II Megaluh Jombang tahun pelajaran 2013/2014.
Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa Rahmah, Nur
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.105

Abstract

Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Perilaku guru adalah mengajar dan perilaku siswa adalah belajar. Untuk itu penggunaan pendekatan dan model pembelajaran harus mampu mengaktifkan siswa agar terdapat perubahan pada diri siswa dalam kegiatan belajar, untuk itu pendekatan dan model pembelajaran harus dirancang dengan baik agar kegiatan pembelajaran dapat mencapai hasil yang optimal.
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstektual Yuniati, Suci
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.101

Abstract

Pembentukan karakter siswa sesungguhnya sudah tertuang dalam fungsi dan tujuan pendidikan nasional, namun fungsi dan tujuan pendidikan nasional seolah-seolah gagal dilaksanakan. Salah satu gagalnya penerapan tujuan dan fungsi pendidikan nasional dapat dilihat dari kondisi pendidikan di sekolah saat ini yang cenderung mengembangkan aspek kognitif siswa, dimana aspek selain kognitif seperti afektif kurang mendapat perhatian. Hal ini menyebabkan rendahnya karakter positif siswa yang menyebabkan adanya tawuran antar siswa, penggunaan narkoba, pergaulan bebas, penuturan bahasa yang buruk, tidak santun, suka melangkar aturan, egois, pornografi yang terjadi dikalangan siswa, dan lain sebagainya. Melihat fenomena tersebut di atas maka perlu adanya penerapan pendidikan karakter, pendidikan karakter di sekolah dapat dikembangkan melalui pengalaman belajar dan proses pembelajaran yang bermuara pada pembentukan karakter dalam diri siswa. Pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, dilaksanakan menggunakan pendekatan terintegrasi dalam semua mata pelajaran. Pendidikan karakter diberikan secara terpadu melalui pengenalan nilai-nilai, fasilitas kesadaran akan pentingnya nilai-nilai, dan penginternalisasian nilai-nilai kedalam tingkah laku siswa sehari-hari, baik di dalam maupun di luar kelas. Pada dasarnya kegiatan pembelajaran matematika, selain menjadikan siswa menguasai kompetensi (materi) yang ditargetkan, juga dirancang untuk menjadikan siswa mengenal, menyadari/peduli, dan menginternalisasi nilai-nilai dan menjadikan perilaku. Nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan adalah berfikir kritis dan logis, rasa ingin tahu, toleransi, bertanggung jawab, mandiri, kreatif, jujur, menghargai karya dan prestasi orang lain, dan disiplin. Kegiatan pembelajaran matematika dalam kerangka pengembangan karakter siswa dapat menggunakan berbagai pendekatan. Diantaranya pendekatan kontekstual sebagai konsep belajar dan mengajar yang membantu guru dan siswa mengaitkan antara materi yang diajarkan, dengan situasi dunia nyata. Sehingga, siswa mampu untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan siswa. Dengan begitu, siswa memiliki hasil yang komprehensif tidak hanya pada tataran kognitif tetapi pada tataran afektif serta psikomotor.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas I MKN A SMK Negeri 3 Palopo Hamid, Hamid
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.106

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, yang diselidiki dalam penelitian ini adalah aplikasi metode pembelajaran pemecahan masalah dalam mengajarkan pokok bahasan matriks di kelas I NKN A SMK Negeri 3 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas I NKN A SMK Negeri 3 Palopo pada Tahun Pelajaran 2012/2013 sejumlah 34 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode pemecahan masalah. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat prestasi belajar siswa yang diajar melalui metode pemecahan masalah sangat baik.
Kesulitan Siswa Smp Belajar Konsep Dan Prinsip Dalam Matematika Abrar, Andi Ika Prasasti
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.102

Abstract

Kesulitan siswa dalam mempelajari matematika diklasifikasikan ke dalam tiga jenis kesulitan, yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah-masalah verbal. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal merupakan perluasan dari kesulitan dalam menggunakan konsep dan prinsip.
Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika Siregar, Syarifah Nur; Solfitri, Titi; Roza, Yenita
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.107

Abstract

Permainan merupakan bagian yang sangat dekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan anak. Oleh karena itu, permainan dapat menjadi media dalam pembelajaran matematika. Salah satu permainan yang dapat membelajarkan fakta, keterampilan, konsep, dan prinsip matematika adalah congklak. Congklak merupakan salah satu permainan tradisional yang berkembang hampir di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan permainan congklak untuk mengenalkan konsep operasi hitung bilangan kepada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Operasi hitung bilangan merupakan konsep yang sangat penting karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi dasar dalam pemahaman konsep matematika selanjutnya. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif yang dimulai dengan mengamati permainan congklak yang dimainkan oleh siswa sekolah dasar. Hasil pengamatan dijadikan dasar untuk melakukan analisis pengembangan metode pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan congklak untuk mengenalkan konsep operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan.
Aplikasi Turunan (Derivatif) Dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimum Asyhar, Beni
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.98

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan salah satu konsep dalam kalkulus, yaitu turunan, yang merupakan hasil bagi diferensial. Turunan erat hubungannya dengan diferensial. Jika akan menentukan turunan dari suatu fungsi, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pendiferensialan fungsi tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian ini tentang aplikasi turunan dalam permasalahan analisis keuntungan maksimum dan cara membuat interpretasi dari solusi hasil turunan tersebut. Penelitian ini berlokasi di Perusahaan Istana Roti ANITA Kalianget-Sumenep. Pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis datanya adalah data kuantitatif dan sumber datanya adalah buku laporan tahunan neraca keuangan. Metode pengumpulan datanya dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah persiapan, tabulasi, dan aplikasi turunan dalam memaksimumkan keuntungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) langlah-langkah untuk mengaplikasikan turunan dalam permasalahan analisis keuntungan maksimum adalah: a) merumuskan beberapa variabel. b) menyusun model matematika. c) menyelesaikan model matematikanya. 2) Perusahaan tersebut mengalami keuntungan maksimum, karena hasil penurunan kedua adalah negatif untuk semua jenis roti.
Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Hasri, Hasri
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v2i1.103

Abstract

Kebangkitan di suatu kawasan akan sangat terkait dengan terjadinya proses perubahan dalam segala aspek, termasuk dalam persoalan pendidikan. Pendidikan telah dianggap oleh banyak orang sebagai dasar perbaikan dan pembentukan watak, moral manusia. Bahkan dalam sejarah peradaban umat manusia, kecemerlangan peradaban selalu dikaitkan dengan sistem pendidikan yang menopangnya. Suatu peradaban yang agung selalu didukung oleh suatu sistem pendidikan yang agung. Ini bisa dilihat dari sejarah peradaban yunani, romawi dan islam. Lembaga pendidikan Islam (pesantren, madrasah, sekolah dan perguruan tinggi Islam) mempunyai misi penting yaitu mempersiapkan generasi muda ummat Islam untuk ikut berperan bagi pembangunan ummat dan bangsa di masa depan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10