cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
ISSN : 23377666     EISSN : 25416499     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics education and natural sciences. The journal consists of high-quality technical manuscripts on advances in the state-of-the-art of mathematics education; both theoretical approaches and practical approaches are encouraged to submit.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam" : 10 Documents clear
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Menggunakan Periodic Table Explorer (PT-E) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 SMA Negeri 4 Palopo Patra, Andi Irawati Indal
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.85

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tife NHT dengan menggunakan Periodic Table Explorer (PT-e) untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 palopo. Penelitian ini bersifat kaji tindak atau rancangan penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) yang lakukan secara berdaur (siklus). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 4 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya, alokasi waktu 2 x 45 menit tiap pertemuan. Tahapan pelaksanaan penelitian setiap siklus terdiri atas empat tahapan utama yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Data hasil pengamatan mengenai aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada siklus dua sudah sangat baik dibandingkan siklus pertama. Penelitian tentang hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh siswa yang mendapat nilai ? 66 adalah 19 orang atau 63% dan masuk dalam kategori tuntas. Siswa yang mendapat nilai ? 65 adalah 11 orang = 37% masuk dalam kategori belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 72,1. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh siswa yang mendapat nilai ? 66 adalah 26 orang (tuntas) sedangkan siswa yang mendapat nilai ? 65 adalah 4 siswa (belum tuntas) dengan nilai rata-rata siswa 79,4. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tife NHT dengan menggunakan periodic table explorer (PT-e) pada materi struktur atom dan sistem periodik, hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 tahun 2012 / 2013 SMA Negeri 4 Palopo dapat ditingkatkan
Perbandingan Metode Regresi Biasa Dengan Geographically Weighted Regression Dalam Memodelkan Data Columbus di Software R 2.6.1 Lestari, Alia
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.53

Abstract

Metode regresi merupakan metode statistik yang paling umum digunakan. Metode regresi yaitu metode yang menghubungkan variabel respon dengan variabel bebas dengan hasil keluaran (output) utamanya adalah estimasi dari parameter yang membentuk suatu model tertentu. Metode regresi merupakan metode yang memodelkan hubungan antara variabel respon (y) dan variabel bebas (x1, x2, ... , xp). Model regresi linier secara umum dinyatakan dengan . Tulisan ini akan melihat perbandingan metode regresi biasa dengan metode GWR dalam memodelkan data Columbus di Software R 2.6.1 tentang pengaruh income dan housing terhadap crime.
Manajemen Berbasis Sekolah Hamid, Hamid
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.86

Abstract

Sejak tahun 1998 sampai sekarang, era reformasi telah membawa perubahan mendasar dalam berbagai segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu perubahan mendasar yang terjadi dewasa ini adalah perubahan pada manajemen negara/pemerintahan, yaitu dari manajemen berbasis pusat menjadi manajemen berbasis daerah. Karena tulisan ini hanya berdasarkan tinjauan pustaka atau literature, maka untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan pelaksanaan MBS terhadap proses belajar mengajar di sekolah, akan dikaji dan diulas berdasarkan fakta dan pendapat dari para pakar yang berkompeten dalam bidang pendidikan.
Belajar Bermakna Ausubel Rahmah, Nur
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.54

Abstract

Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses mengaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang Struktur kognitif meliputi fakta-fakta, konsep-konsep, dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat siswa. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi belajar bermakna menurut Ausubel adalah struktur kognitif yang ada, stabilitas dan kejelasan pengetahuan dalam suatu bidang studi tertentu dan pada waktu tertentu. Pembelajaran bermakna terjadi apabila seseorang belajar dengan mengasosiasikan fenomena baru ke dalam struktur pengetahuan mereka. Dalam proses belajar seseorang mengkonstruksi apa yang telah ia pelajari dan mengasosiasikan pengalaman, fenomena, dan fakta-fakta baru ke dalam struktur pengetahuan mereka.
Cara-Cara Belajar Yang Berhasil Untuk Siswa SMA Dan SMK Bunga, Andi
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.87

Abstract

Berbicara tentang belajar,maka pemikiran tertuju pada pengalaman sehari-hari yang menyangkut belajar dengan berhasil,lancar dan tidak banyak mengalami hambatan.Suatu bahan pelajaran yang cepat dimengerti dan tersimpan dengan baik dalam ingatan sehingga dapat diingat kembali dengan mudah pada saat dibutuhkan dan dikehendaki,dengan kata lain bila mendapat rangsangan,bahan yang demikian dengan cepat dan tepat diproduksi dari ingatan. Landasan utama bagi pembentukan cara belajar yang baik pada setiap siswa ialah memiliki sikap mental tertentu. Suatu sikap yang ditumbuhkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya akan membuat seorang siswa mempunyai senjata berupa kesediaan mental. Tanpa kesediaan mental, para siswa pada umumnya takkan dapat bertahan pada pelbagai kesukaran dan jerih payah disekolah. Sikap mental yang perlu diusahakan oleh setiap siswa sekurangkurangnya meliputi empat segi yakni : tujuan belajar, minat terhadap pelajaran, kepercayaan pada diri sendiri, dan keuletan.
Pembelajaran Trigonometri Berorientasi Filosofi Konstruktivistik Nasaruddin, Nasaruddin
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.50

Abstract

Tulisan ini membahas tentang berbagai konsep mengenai pembelajaran secara konstruktif dari berbagai sumber selanjutnya khusus dalam bidang Trigonometri pengajaran konstruktif diuraikan mengenai contoh-contoh model konstruksi dari materi ajar untuk Trigonometri sehingga para pembaca diharapkan dapat terobsesi untuk mengembangkan metode ini dengan menyusun bahan ajar Trigonometri pada khususnya dan matematika pada umumnya.
Analisis Peramalan Jumlah Penduduk Kota Palopo Tahun 2013 2017 Aswad A, Muhammad Hajarul
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.83

Abstract

Peramalan jumlah penduduk merupakan suatu perhitungan ilmiah yang dapat digunakan untuk keperluan perencanaan dan analisis yang berhubungan dengan kependudukan. Untuk keperluan itu, dipilih metode dengan nilai penyimpangan yang terkecil. Pada artikel ini, terlebih dahulu digunakan tiga metode yaitu Metode Aritmatik, Metode Geometrik, dan Metode Kuadrat Terkecil. Dari ketiga metode ini terlihat bahwa Metode Aritmatik memiliki standar deviasi terkecil sehingga jumlah penduduk Kota Palopo Tahun 2013 2017 akan diramalkan dengan menggunakan Metode Aritmatik. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Palopo. Dari hasil perhitungan diperoleh jumlah penduduk Kota Palopo untuk tahun 2013 sampai dengan 2017 berturut-turut sebesar 155869 Jiwa, 155869 Jiwa, 162320 Jiwa, 165545 Jiwa, dan 168770, dengan rata-rata pertumbuhan penduduk sebesar 3225 Jiwa per tahun atau sekitar 2,25%.
Ortogonalitas di Ruang Bernorm Nursupiamin, Nursupiamin
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.51

Abstract

Ortogonalitas merupakan salah satu konsep yang penting di ruang hasil kali dalam. Sementara itu, ortogonalitas di ruang bernorm belum dikenal secara umum. Akan tetapi, ada beberapa tipe ortogonalitas di ruang bernorm yang telah dikembangkan, yaitu ortogonalitas-BJ, -I, dan P. Demikian halnya di ruang bernorm-2 terdapat konsep ortogonalitas-D. Pada makalah ini, dipaparkan secara singkat sifat-sifat dasar dari keempat ortogonalitas tersebut yang meliputi sifat nondegenerasi, simetri, homogen, aditif kanan, resolvabilitas, dan kontinuitas. Keekivalenan antara keempat ortogonalitas ini dengan ortogonalitas biasa di ruang hasil kali dalam juga dipaparkan dalam akhir makalah ini.
Pemberdayaan Ibu-Ibu Petani Kecil Kel. Loto melalui Sosilalisasi Pengelolaan Limbah Daging Buah Pala Menjadi Produk Teknologi Tepat Guna (Sirup, Dodol, Gel, dan Selei) Abbas, Sukardi; Juniartin, Juniartin
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.84

Abstract

Tanaman pala mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, karena selain digunakan sebagai rempah-rempah yakni bijinya, daging buahnya dapat pula dimanfaatkan untuk bahan makanan seperti manisan, sirup, dodol, gel dan selei. Pengelolaan limbah daging buah pala menjadi produk teknologi tepat guna merupakan upaya yang dapat dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya alam lokal. Hasil kegiatan sosialisasi pengelolaan limbah daging buah pala menunjukkan bahwa ibu-ibu petani kecil sangat tertarik (80-95%) untuk mengelola daging buah pala.
Belajar Dienes Abrar, Andi Ika Prasasti
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.595 KB) | DOI: 10.24256/jpmipa.v1i1.52

Abstract

Masalah yang sering kita dapati di lapangan adalah murid selalu merasa bosan untuk belajar matematika. Kenapa hal itu bisa terjadi ? karena adanya ketidakpahaman akan konsep matematika yang berkepanjangan yang dimulai dari tingkat awal. Masalah yang sering kita dapati di lapangan adalah murid selalu merasa bosan untuk belajar matematika. Kenapa hal itu bisa terjadi ? karena adanya ketidakpahaman akan konsep matematika yang berkepanjangan yang dimulai dari tingkat awal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10