cover
Contact Name
Ika Lestari
Contact Email
visi_ptk_pnf@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jiv@unj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal VISI PPTK-PAUDNI
ISSN : 19079176     EISSN : 26205254     DOI : -
Core Subject : Education,
Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
ANALISIS FUNGSIONALISASI HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN Retnowati, Elais
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 10, No 1 (2015): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.348 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kondisi fungsionalisasi hasil belajar para warga belajar keaksaraan di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini dilaksanakan pada bulan April hingga September 2013 di Desa Sukaresmi.dan Sukadamai.. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara melakukan pengamatan, wawancara dan membuat catatan lapangan. Teknik analisis data adalah dengan menyusun, mengklarifikasi, mereduksi, menganalisis, dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan warga belajar program KF di Desa Sukaresmi dan Sukadamai baru pada tahap keterampilan dan kemampuan dasar. Oleh karena itu, perlu ditingatkan lagi menjadi tingkat keaksaraan mandiri sebagai dasar yang penting untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik.Kata-kata kunci: fungsionalisasi hasil belajar, warga belajar, keaksaraan fungsional.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA KEAKSARAAN FUNGSIONAL MELALUI KELOMPOK BELAJAR USAHA UNTUK MENINGKATKAN TARAF HIDUP Winarni, Agus
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 10, No 1 (2015): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.027 KB)

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk memberdayakan masyarakat pasca keaksaraan fungsional (KF) melalui kelompok belajar usaha di Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan Mei 2015 dengan mewawancarai 20 orang perempuan dengan latar belakang pekerjaan bervariasi (buruh tani, buruh serabutan dan ibu rumah tangga). Narasumber adalah masyarakat pasca keaksaraan fungsional yang tergabung dalam Kelompok Belajar Usaha. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan, dengan dibentuknya Kelompok Belajar Berusaha (KBU) masyarakat memiliki keberdayaan dengan usaha kelompok (satu kelompok 5 orang) serta pendapatan dan taraf hidup meningkat.Kata-kata kunci: Kelompok Belajar Usaha (KBU), Keaksaraan Fungsional (KF), pemberdayaan masyarakat, taraf hidup.
PENGALAMAN PKBM DALAM MEMFASILITASI MASYARAKAT BELAJAR SEPANJANG HAYAT (COMMUNITY LEARNING CENTER EXPERIENCE IN FACILITATING LIFELONG LEARNING SOCIETY) Septiani, Mita
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 10, No 2 (2015): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.582 KB)

Abstract

The objective of this research is  to provide a  thorough description of the Community Learning Centres (CLC) experiences in facilitating the local communities to implement lifelong learning.  This study is a qualitative research with a phenomenology method conducted at North Jakarta in 2015. The data were collected at six CLCs through informan observation using depth interview, observation, document study, and recording as from March through June 2015. The data analysis and interpretation indicated that (1) the implementation of CLC roles and function were categorized in  eight themes: (a) indentifying the community needs, (b) promoting the education program, (c) providing potential resources, (d) building cooperation with partners, (e) monitoring and evaluating program,(f) conducting alternative education, (g)  providing information and learning centres, (h) conducting community development; (2) analyzing the strengths and weakness of CLCs; and (3) giving recommendation to improve the roles of CLCs in facilitating lifelong learning society at North Jakarta.The findings lead to the recommendation for policy makers, CLC management, learning community, educational technology, and further researchers about how to facilitate learning in non-formal education, especially in CLCs. 
IDENTIFIKASI AFEKSI PATERNAL PADA AYAH DARI ANAK USIA DINI DI KOTA KUPANG Muh. Wangge, Fitriany Karuni; Thoomaszen, Friandry Windisany; Kiling-Bunga, Beatriks Novianti; Kiling, Indra Yohanes
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 11, No 1 (2016): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.133 KB)

Abstract

Ayah yang melakukan pengasuhan secara emosional atau afeksi paternal yang baik pada anak usia dini memiliki beragam dampak positif. Hal ini diduga belum diterapkan sepenuhnya oleh para ayah di Indonesia Timur, khususnya Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana afeksi paternal serta kaitannya dengan faktor-faktor demografik. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 158 sampel di Kota Kupang yang masing-masing memiliki karakteristik sebagai seorang ayah yang mempunyai anak usia berkisar nol sampai dengan delapan tahun. Teknik dalam penentuan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Penelitian yang dilakukan dari November 2015 sampai dengan Maret 2016 ini kuesioner yang terdiri atas 10 item pernyataan. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa para ayah di Kota Kupang memiliki afeksi paternal yang tinggi. Hal ini dilihat dari hasil sebaran data yang menggambarkan bahwa dari 158 sampel afeksi paternal berada pada kategori tinggi. Ini membuktikan bahwa para ayah di kota Kupang telah menyadari tentang pentingnya keterlibatan mereka dalam pengasuhan secara emosional. Selain itu hasil penelitian ini menemukan beberapa pola dari afeksi paternal ketika ditinjau dari beberapa faktor demografik. Temuan positif ini perlu ditindaklanjuti oleh pemangku kepentingan terkait di Kota Kupang untuk terus menguji kebenaran terkait pengasuhan ayah serta mendorong dan meningkatkan kapasitas ayah dalam melakukan pengasuhan. Peneliti selanjutnya dapat menggali secara kualitatif untuk memahami pola ayah dalam mengasuh dari sisi emosional, ini akan membantu menjelaskan proses dan makna dibalik interaksi pengasuhan ayah dan anak usia dini.
PENGANTAR REDAKSI VISI, Editor
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 11, No 1 (2016): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.019 KB)

Abstract

DAMPAK PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKuM) DALAM KONTEKS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Tohani, Entoh
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 10, No 1 (2015): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.269 KB)

Abstract

Pendidikan kewirausahaan masyarakat (PKuM) diselenggarakan untuk membekali warga masyarakat terutama yang kurang beruntung dengan kemampuan berwirausaha yang dapat digunakan dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya. Penelitian studi kasus ini dilakukan untuk mengkaji dampak ekonomi dan sosial dari penyelenggaraan PKuM yang telah dilaksanakan. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan April sampai dengan September 2014 ini merupakan penelitian kualitatif dengan kasus PKuM sebagai unit analisis penelitian yaitu program pendidikan Desa Vokasi yang dikembangkan oleh Kemendikbud yang telah dilaksanakan. Pengambilan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Untuk mencapai keabsahan data dilakukan triangulasi, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat dampak positif terhadap kelompok sasaran walau masih dalam level individual. Oleh karenanya, PKuM yang akan dikembangkan perlu menekankan keberlanjutan dan akuntabilitasnya dalam upaya pemberdayaan masyarakat.Kata-kata kunci: dampak, kewirausahaan, pendidikan nonformal, pemberdayaan.
PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN TEKNIS BERKELANJUTAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI TUTOR PAKET C (DEVELOPMENT OF THE MODEL OF SUSTAINABLE TECHNICAL ASSISTANCE TO IMPROVING PACKAGE C TUTORS’ COMPETENCE) Sutisna, Anan
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 10, No 2 (2015): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.895 KB)

Abstract

This study aims at finding a model of Sustainable Technical Assistance that can improve the Package C tutors’competence. The alternative model selected to achieve the research objective was  by developing a model based on Sustainable Technical Assistance and focusing on the tutors’ technical ability to perform their instructional tasks.  The development of this model was based on the assumption that the previous model was conducted partially,  much oriented on cognitive aspect, and conducted in conventional ways, and the content did not fit to the participants’ needs. The Sustainable Technical Assistance model was developed applying research and development approach. The results showed that the model needs to be tried out to improve the pedagogical competence of  Package C  tutors at the national standard.
HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA PAMONG BELAJAR DI SKB (RELATION OF LEADERSHIP STYLE AND ORGANIZATIONAL CULTURE WITH TUTOR’S PERFORMANCE IN COMMUNITY LEARNING CENTER) Rahmat, Abdul; Izzudin, Ahmad
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 10, No 2 (2015): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.752 KB)

Abstract

The purpose of this research is to give further description how leadership factor and organizational cultural factor can contribute or related to the performance gained by the tutors in the organization by looking at (a) the relation between leadership style and tutor’s performance, (b) the relation between organizational culture and tutor’s performance, and (c) the relation between leadership style and organizational culture with tutor’s performance. This positivistic research employed survey method and conducted in Community Learning Center (SKB) Limboto, Gorontalo District, as from September through November 2014. The data were collected by distributing questionnaires to the tutors, interviewing informant, and studying the document and then analyzed using path analysis.  The result of the study indicates (a) leadership style has significant relation with the tutor’s performance, (b) organization culture has significant relation with tutor’s performance, and (c) between leadership style and organizational culture simultaneously has significant relation with tutor’s performance 
HUBUNGAN PELATIHAN BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK Rahmah, Rahmah
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 11, No 1 (2016): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.469 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara pelatihan bercerita terhadap kemampuan guru dalam bercerita di Taman Kanak-kanak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru di Taman Kanak-kanak Se-Kecamatan Simpang Tiga Pekanbaru yang berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan lembaran angket. Hasil penelitian menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel, maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang signifikan antara pelatihan bercerita terhadap kemampuan guru dalam bercerita di Taman Kanak-kanak Se-Kecamatan Simpang Tiga Pekanbaru. Kemudian dalam melakukan uji reabilitas pada tiap variabel, diperoleh hasil yaitu, pada Variabel X (Pelatihan Bercerita), didapat hasil lebih besar maka semua data yang dianalisis dengan metode Alpha adalah Reliabel. Pada Variabel Y (Kemampuan Guru dalam Bercerita) didapat hasil lebih besar maka semua data yang dianalisis dengan metode Alpha adalah Reliabel.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK AUTIS DI TK B Soeratman, Suharsiwi
JURNAL VISI PPTK PAUDNI Vol 10, No 1 (2015): VISI PPTK PAUDNI
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.251 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan keterampilan sosial anak-anak autis dalam berinteraksi sosial, berkomunikasi dan kemandiriannya melalui model pembelajaran keterampilan sosial ACT-Me (Autism Children Teaching Model). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada Borg & Gall. Pengembangan model dilakukan 2012-2014 di beberapa sekolah di Jakarta, Tangerang, dan Depok. Tahap pengembangan produk dilakukan di sekolah khusus Mutiara Hati BSD dan tahap pengujian terbatas di sekolah inklusif Semut-Semut. Penelitian menemukan ada kebutuhan guru akan model ini dan saran para ahli untuk menyempurnakannya. Efektivitas uji model menunjukkan, model pembelajaran keterampilan sosial ini memiliki kelayakan di atas 80% dari produk yang dihasilkan berupa silabus, perencanaan harian, asesmen, buku kerja siswa, dan sejumlah media yang dapat diterapkan di sekolah inklusif dan khusus. Saran penelitian ini adalah memerluas uji coba dengan diseminasi agar model ini dapat diterapkan oleh anak-anak autis di seluruh Indonesia.Kata-kata kunci: keterampilan sosial, pengembangan model pembelajaran, ACT-Me

Page 1 of 3 | Total Record : 22