cover
Contact Name
Andry Herawati
Contact Email
andry.herawati@unitomo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnala3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi
ISSN : 2581124X     EISSN : 25974092     DOI : -
Redaksi Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi mengundang para peneliti untuk mengirimkkan artikel ilmiah berupa kajian ilmiah, karya penelitian dan ide-ide inovasi ilmmiah di Bidang Ilmu Administrasi khususnya terkait dengan pengembangan dan inovasi ilmu, isu-isu sosial yang mendukung pengembangan Ilmu Administrasi Bisnis, Managemen, dan industri kreatif. artikel yang dimuat melalui proses telaan dari reviewer sertra proses penyuntingan tim redaksi. Jurnal Ilmiah Administrasi dan Inovasi ternit dua kali dalam setahun dibulan Juli dan Desember.
Articles 20 Documents
Pengaruh Pengendalian Internal Persediaan Terhadap Efektivitas Pengelolaan Persediaan Produk Blockboard Pada PT Albasi Priangan Lestari Maulana, Yogi Sugiarto
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.935 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i2.1320

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh PT Albasi Priangan Lestari adalah kurangnya stok persediaan barang yang baik, hal ini dikarenakan perusahaan belum efektif dalam menetapkan batas minimum persediaan yang ada di gudang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengendalian internal persediaan terhadap efektivitas pengelolaan persediaan barang pada produk Blockboard. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis metodenya eksplanatori. Teknik pengumpulan data, dengan melakukan observasi ke perusahaan dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,573  artinya hubungan antar variabel berada dalam kategori sedang, besarnya pengaruh Pengendalian Internal Persediaan terhadap Efektivitas Pengelolaan Persediaan Barang Pada Produk Blockboard adalah 32,80%. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan Pengendalian Internal Persediaan terhadap Efektivitas Pengelolaan Persediaan Barang Pada Produk Blockboard. Untuk dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan persediaan barang jadi, pimpinan perusahaan sebaiknya tetap mengoptimalkan pengendalian internal persediaan pada produk blockboard.
HUBUNGAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PT PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) CABANG BABAKAN SURABAYA S, Nitya
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.865 KB) | DOI: 10.25139/jai.v1i1.389

Abstract

Meningkatkan kualitas pelayanan yang ideal sesuai dengan 5 (lima) dimensi yaitu Reliability (Kehandalan), Assurance (Kepercayaan), Tangibles (Tampilan), Empathy(Empati), Responsiveness (Ketanggapan). Metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yangdigunakan adalah dengan cara library study, wawancara, observasi dan dokumentasi. Datadianalisa dengan analisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan PT Pegadaian Syariahcabang Babakan telah sesuai dengan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan diatas pada kategoriReliability (ketanggapan), Assurance (Jaminan), Tangibles (Fisik), Empathy (Empati),Responsiveness (Ketanggapan). Loyalitas pelanggan di PT Pegadaian Syariah CabangBabakan tetapi ada beberapa hambatan yaitu kurangnya karyawan dan membludaknyapelanggan. Bukan hanya untuk transaksi tetapi juga untuk menanyakan sesuatu hal mengenaiproduk pegadaian tanpa melakukan transaksi. Untuk staff kasir dan penaksir di kantor PTPegadaian Syariah Cabang Babakan sebaiknya di tambah mengingat banyaknya customeryang datang ke PT Pegadaian Syariah Babakan. Ini bisa membantu mengurangi waktumenunggu para pelanggan dan juga meringankan beban pekerjaan kasir dan penaksir karenapekerjaan bisa diambil alih oleh 2 atau 3 kasir dan penaksir. Informasi tentang produk-produkpegadaian sebaiknya menyiapkan ruangan dan staff khusus untuk Customer Service / Careagar pelanggan yang tidak bertransaksi tidak menganggu kasir atau penaksir yang sedangmengerjakan transaksi dari antrian-antrian pelanggan sebelumnya.  Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Customer, Pegadaian,
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Pelayan (Servant Leadership) dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Kota Semarang Filatrovi, Eldes Willy; Yuniawan, Ahyar; Kristanto, Rudi Suryo
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1095.065 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1148

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja. Penelitian ini dilakukan di STIE di Kota Semarang, responden yang digunakan sebanyak 130 dosen yang ada di STIE AKA, STIE SEMARANG dan STIE TOTALWIN. Dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan SEM. Hasil yang didapat dari penelitian ini kecerdasan emosional tidak mampu memberikan pengaruh kepada kinerja. Kecerdasan emosional tidak berpengaruh kepada kepuasan kerja. Kepemimpinan pelayan berpengaruh positif  kepada kinerja. Kepemimpinan pelayan berpengaruh kepada kepuasan kerja serta kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja.  Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Layanan, Kepuasan Kerja, Kinerja
Analisis Kinerja Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Cimahi R Lufky Muhammad, Sedarmayanti,
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (875.116 KB) | DOI: 10.25139/jai.v1i2.813

Abstract

Pamong belajar adalah pendidik dengan tugas utama melakukan kegiatan belajar mengajar, pengkajian program, dan pengembangan model Pendidikan Nonformal Informal (PNFI) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) /Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) satuan PNFI. Pamong belajar dalam penelitian ini berada di UPTD setingkat kab/ kota, yaitu SKB Kota Cimahi. Masalah dalam penelitian ini adalah kualitas kerja pamong belajar yang masih belum memenuhi standar sesuai dengan yang ditetapkan. Indikator kinerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas kerja, kehadiran dan ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan dan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam kepada 18 orang informan. Teknik analisa data yang dipakai adalah teknik naratif analisis, analisis makna teks, analisis perbincangan dan analisis teori ilmiah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pamong belajar hanya mengerjakan kegiatan belajar mengajar saja pada 2 (dua) program regular SKB Kota Cimahi, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Paket C, dari indikator kinerja dapat disimpulkan : 1) Kualitas Kerja : Siswa merasa puas dengan pengajaran yang diberikan; pamong belajar melakukan beberapa cara agar siswanya memahami pelajaran; siswa PAUD dan paket C memiliki sejumlah prestasi; 2) Kehadiran dan ketepatan waktu : pamong belajar sudah mematuhi kehadiran kerja sebagai PNS dan jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) ; pembuatan laporan terkadang terlambat; waktu luang digunakan untuk berdiskusi masalah kegiatan KBM dan kegiatan administratif; 3) Inisiatif : bekerja atas inisiatif sendiri berdasarkan rincian kerja yang sudah diberikan kepala SKB; memberikan visualisasi dalam mengajar; menerapkan model pembelajaran tertentu; pamong belajar berprestasi di sejumlah lomba;4) Kemampuan: menyiapkan penguasaan materi dari berbagai sumber/ media; sudah mampu membuat silabus; metode pengajaran sudah disesuaikan dengan karakteristik warga belajarnya; 5)Komunikasi : menguasai kelas dengan cara komunikasi yang interaktif; komunikasi terjalin baik dengan kepala SKB , Kasubbag TU dan stafnya serta tutor; lebih akrab dan dekat dengan siswa paket C, pun dengan orangtua siswa PAUD dengan dibentuk POM (Persatuan Orangtua Murid).
SERVQUAL MODEL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA BONGKAR MUAT DAN EMKL (Studi pada P.T. Sarana Bandar Nasional Surabaya) asnawi, anita
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.594 KB) | DOI: 10.25139/jai.v1i1.393

Abstract

Penelitian dilakukan di PT. Sarana Bandar Nasional (PT. SBN) Surabaya sebagai perusahaanSea Freight Forwarder. Laporan ini merupakan hasil penelitian lapangan, yang bertujuanuntuk mengetahui kualitas layanan yang ditawarkan oleh PT.SBN, dan juga untukmempelajari hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Dalam penelitianini, model SERVQUAL telah digunakan untuk mengevaluasi kualitas layanan. Kuesionerdirancang dan survei dilakukan untuk mengumpulkan data dari 100 pelanggan di PT. SBN.Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan merupakanfaktor penting yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga perusahaan harusfokus dalam memberikan program kepuasan pelanggan kepada pelanggan setia dan dihargai.Penelitian juga menunjukkan bahwa perusahaan harus fokus pada peningkatan kualitaslayanan mereka untuk kepuasan pelanggan yang lebih baik dan lebih baik.Kata Kunci : Kualitas layanan, SERVQUAL, Customer Satisfaction, Sea Freight Forwarder,EMKL
Sekilas Tentang Behavioral Finance Sisbintari, Ika
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.742 KB) | DOI: 10.25139/jai.v1i2.814

Abstract

Banyak anomaly pasar yang belum mampu dijelaskan oleh teori investasi.Hal ini membuat para pakar keuangan untuk menoleh kembali pada aspek non keuangan seperti psikologi investor.Oleh karena itu teori investasi saat ini berkembang dengan memperhatikan aspek perilaku investor di pasar modal.Muncullah yang disebut Behavioral Finance.Behavioral Finance merupakan suatu disiplin ilmu yang mengkaitkan tiga disiplin ilmu yaitukeuangan, sosiologi dan psikologi.Behavioral Finance bukan bertujuan untuk melawan Standart Finance tapi merupakan perkembangannya.Hal ini dikarenakan sentral kajian Behavioral Finance tetap Keuangan.Tujuan tulisan ini adalah untuk menjelaskan bahwa behavioral financemerupakan pelengkapstandar/tradistionalt finance.Kajian ini menggunakan analisis deskriptif dari hasil-hasil penelitian.Kata kunci : Behavioral Finance, Standar/Tradisional Finance, Perilaku Investor.
ANALISIS PENEMPATAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI PENGARUH PADA PEGAWAI JABATAN FUNGSIONAL DI KANTOR PERWAKILAN BADAN KOORDINASI KELUARGA BERENCANA NASIONAL PROVINSI JAWA BARAT) sedarmayanti, Sedarmayanti; Kushendar, Deden Hadi; Aryanti, Della
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (941.58 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i2.1247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penempatan pegawai, motivasi dan kinerja pegawai fungsional umum di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat serta untuk mengetahui pengaruh penempatan dan motivasi terhadap kinerja pegawai fungsional umum di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bersifat eksplanasi dan kuantitatif, dengan penilaian analisa data statistik parametris path analysis.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penempatan pegawai fungsional umum di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat termasuk kategori cukup baik. Lalu untuk motivasi pegawai fungsional umum di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat termasuk kategori cukup baik. Selanjutnya kinerja pegawai fungsional umum di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat termasuk kategori cukup baik. Hasil dari perhitungan path analysis menunjukan bahwa penempatan dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja.Berdasarkan kesimpulan tersebut penulis memberikan saran sebagai berikut, dalam hal menempatkan pegawainya, khususnya pegawai fungsional umum, Kantor Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Barat sebaiknya memperhatikan faktor pengalaman yang dimiliki oleh pegawainya. Untuk meningkatkan motivasi para pegawainya, Kantor Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Barat hendaknya bisa memberikan kepercayaan dan wewenang lebih kepada para pegawai. Dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai fungsional umum di Kantor Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Barat bisa dimulai dengan meningkatkan motivasi para pegawai tersebut. Motivasi mereka bisa meningkat apabila mereka bekerja sesuai dengan keahliannya masing – masing. Hal itu akan membuat para pegawai lebih nyaman dalam bekerja.
Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya) Abdillah, Wahyu; Herawati, Andry
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.735 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i2.1338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (7p) meliputi : product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence dan Process, baik secara simultan dan parsial serta variabel yang dominan terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah berbasis entrepreneur. Jenis penelitian ini adalah kausal. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Muhammadiyah 9 Surabaya berjumlah 184 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode convenience sampling dengan rumus Slovin maka diperoleh sampel 65 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data dalam uji secara simultan menunjukan bahwa bauran pemasaran (7P) berpengaruh terhadap pengambilan keputusan siswa memilih berbasis entrepreneur, sedangkan hasil uji secara parsial menunjukan bahwa hanya dua variabel yang berpengaruh yaitu bukti fisik dan proses, sedangkan 5 variabel yang lainnya dinyatakan tidak berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, selanjutnya variabel yang dominan adalah proses. Bagi SMA Muhammadiyah 9 Surabaya perlu memperhatikan bauran pemasaran (7p) dalam pengambilan kebijakan untuk meningkatkan peserta didik baik secara kuantitas maupun kualitas. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Pengambilan Keputusan, Sekolah Berbasis Entrepreneur
Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar) Sulaeman, Maman
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.411 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.909

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Tahu di Sentra Industri Tahu Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 pengusaha tahu di sentra industri tahu Kota Banjar. Penentuan sampel menggunakan sensus dan analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Secara simultan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.  Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja  Pemasaran
Kepuasan Pelanggan Terhadap Administrasi Lingkungan Ditinjau dari Kebersihan Pasar Tradisional di Kabupaten Sidoarjo Sawitri, Lucia Diah
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.922 KB) | DOI: 10.25139/jai.v1i2.818

Abstract

Kebersihan pasar tradisional tidak terlepas dari sampah-sampah yang terlihat disekitar pasar.Sampah yang kelihatan berserakan, tidak rapi, dan belum dikelola dengan baik, sehingga menimbulkan persepsi masyarakat terhadap pasar tradisional berstigma negatif seperti kumuh, kotor, semrawut, bau, sampah berceceran. Persepsi masyarakat seharusnya secara perlahan-lahan dapat diubah menjadi positif apabila melihat perubahan sebuah pasar tradisional bersih, khas, unik, dan menarik. Hasil peneliltian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai kepuasan pada pasar tradisional Bluru Permai, Kemiri, dan Buduran yang diperoleh adalah hampir mendekati cukup puas, belum mencapai nilai 3 (cukup puas), untuk menunjang kebersihan pasar tradisional perlu kerjasama semua pihak yang berada di pasar tradisional yaitu pemerintah, staf P & D Pasar, penjual, pembeli untuk bersama-sama membangun, memelihara, merawat dan menjaga kebersihan pasar. Diperlukan edukasi terhadap semua orang yang berada di pasar dengan cara memasang banner-banner, dan untuk lebih menertibkan kebersihan pasar diperlukan sangsi. Suasana sebuah pasar yang berbeda tetapi mempunyai kesan yang nyaman dengan keasrian, keteduhan, hijau dan indah, maka sesuai hasil penelitian didapatkan bahwa di pasar tradisional perlu dibuatkan taman-taman hijau, sehingga ke depan kota Sidoarjo akan mempunyai pasar tradisional yang bersih, asri, hijau, sehat, unik dan menarik untuk menjadikan sebuah kota tujuan wisata. Kata Kunci : Kepuasan, Administrasi Lingkungan, Pasar Tradisional

Page 1 of 2 | Total Record : 20