EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Articles 5 Documents
PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Ananda, Rizki

EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 1 (2019): In Press
Publisher : EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.134 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosial, pembelajaran IPS yang dilakukan cenderung membosankan, dan orientasi pada kemampuan guru untuk hanya mengajarkan pengetahuan yang tidak pada kemampuan analisis, sintesis, dan kreatif. Berdasarkan latar belakang ini, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam studi sosial. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SDN 018 LangginiBangkinang Kota. Solusinya mengukur penerapan metode yang digunakan adalah Mind Mapping. Berdasarkan hasil survei terungkap bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif di kelas V SDN 018 LangginiBangkinang Kota. Persentase pencapaian dari proses pembelajaran penerapan siklus pertama adalah 81%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 100%. Nilai rata-rata siswa pretest pada siklus pertama adalah 52 hingga 25% siswa dalam kategori GOOD, dan siklus kedua meningkat menjadi 78 dengan 70% siswa dalam kategori GOOD, sedangkan nilai rata-rata hasil post-test dari siswa pada siklus pertama adalah 56 hingga 35% siswa dalam kategori BAIK, dan siklus kedua meningkat menjadi 80 dengan 80% siswa dalam kategori BAIK.

PENENERAPAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU

Anggraini, Fitria

EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 1 (2019): In Press
Publisher : EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.687 KB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa mudah lupa dengan materi yang diajarkan dan kurang memahami konsep dengan baik karena kebermaknaan materi bagi anak kurang diperhatikan. Dalam pendekatan RME ini menekankan akan pentingnya konteks nyata yang dikenal siswa dan proses konstruksi pengetahuan matematika oleh siswa sendiri sehingga konsep yang diterima siswa lebih bermakna. Penelitian ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru pada materi Operasi Hitung Pecahan. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari tes pengetahuan dan pemahaman siswa melalui ulangan harian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 85,22% (Kategori: Amat Baik) dan pada siklus II adalah 93,18% (Kategori: Amat Baik). Sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 70,5% (Kategori: Cukup) dan meningkat menjadi 86,3% (Kategori: Baik) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada skor dasar adalah 69,2 meningkat menjadi 92,1 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 95,9 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II tercapai. Ini artinya bahwa penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN KLIPING PADA SISWA KELAS V SDN 006 SIALANG KUBANG

Masyithah, Masyithah

EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 1 (2019): In Press
Publisher : EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.61 KB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa mudah lupa dengan materi yang diajarkan dan kurang memahami konsep dengan baik karena kebermaknaan materi bagi anak kurang diperhatikan. Dalam pendekatan kliping ini menekankan akan pentingnya konteks nyata yang dikenal siswa dan proses konstruksi pengetahuan IPA oleh siswa sendiri sehingga konsep yang diterima siswa lebih bermakna. Penelitian ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) .Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari tes pengetahuan dan pemahaman siswa melalui ulangan harian. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan kliping dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 007 PANGKALAN BARU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLES NON EXAMPLES

Hasnidar, Hasnidar

EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 1 (2019): In Press
Publisher : EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.958 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD Negeri 007 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan menulis karangan sesuai EYD pada peserta didik kelas IV SD Negeri 007 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif Examples non Examples. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV SD Negeri 007 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dengan jumlah 27 orang, yang  terdiri dari 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa keterampilan menulis karangan sesuai EYD pada peserta didik kelas IV SD Negeri 007 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif Examples non Examples. Hal ini diketahui dari keterampilan menulis karangan peserta didik pada pra siklus tercapai pada rata-rata 72,67. Pada siklus pertama atau setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Examples non Examples, meningkat menjadi 73,15. Pada siklus kedua keterampilan menulis karangan peserta didik kelas IV SD Negeri 007 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar meningkat menjadi 81,48 dengan ketuntasan 100% peserta didik.

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Fadhilaturrahmi, Fadhilaturrahmi

EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 1 (2019): In Press
Publisher : EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.503 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah “pretest-posttest two treatman design”. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah dasar di sekolah dasar Ibnu Sina kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes koneksi matematik bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika tipe GI sama-sama memiliki pengaruh dalam peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa sekolah dasar. Maka pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe GI dapat dijadikan sebagai salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa khususnya kemampuan koneksi matematik siswa sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019