Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
ISSN : 19790716     EISSN : 26158124
Theories, methods, and implementations of new media technology. Topics include, but not limited to: 1. Digital technology for a creative industry 2. Development of Art and Design in Industry 3. Innovation and Creative Visual Experiment for Art and Design 4. Fine arts and performing arts
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 2 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual" : 7 Documents clear
Perancangan Kesenian Ondel-Ondel Dalam Buku Ilustrasi Anak Kawulur, Joni Nur Budi; Amanda, Stephanie
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 2 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.549 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i2.473

Abstract

Buku ilustrasi tema kesenian Betawi Ondel-ondel yang ditujukan untuk anak Sekolah Dasar sebagai pembelajaran tentang apa dan bagaimana kesenian tersebut. Buku ilustrasi ini dirancang agar anak-anak Indonesia, khususnya Jakarta, dapat mengetahui informasi Ondel-ondel lebih lengkap dan menyenangkan mulai dari sejarah awal hingga penggunaan Ondel-ondel dalam adat budaya Betawi. Data diperoleh melalui metode wawancara, pembagian kuesioner, serta pendalaman lite- ratur untuk memperkuat dalam menyusun buku ilustrasi, dengan hasil bahwa secara visual Ondel-ondel sekarang dibuat dengan bentuk yang tidak menyeramkan lagi. Keywords : buku ilustrasi, Ondel-ondel, Betawi
Perancangan Visual Kampanye Sosial Membawa Kantong Plastik Dari Rumah Rizkavirwan,, Darfi; Dellavie, Bibiana
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 2 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.713 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i2.472

Abstract

Sampah plastik merupakan salah satu penyebab pencemaran lingku-ngan yang memiliki dampak langsung pada pemanasan global karena sifatnya yang tidak dapat didegradasi dan hanya dapat menjadi sampah. Plastik dinilai praktis dan banyak digunakan pada proses berbelanja di supermarket. Masalah ini terus berlanjut karena rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat akan dampak negatif kantong plastik. Oleh karenanya, diperlukan sebuah kampanye sosial yang diharapkan dapat mengubah pola perilaku masyarakat. Wawancara terhadap pihak terkait, studi literatur, serta observasi terhadap target audien dilakukan sebagai metode pengumpulan data untuk dapat merancang kampanye sosial yang efektif. Melalui kampanye ini, masyarakat diberikan edukasi bahaya sampah plastik, dan diajak untuk mengurangi penggunaannya. Fear appeal dan disonansi kognitif merupakan metode yang diterapkan dalam kampanye ini, yakni dengan memberikan informasi sekaligus ajakan bagi masyarakat. Media yang digunakan dalam kampanye sebagian besar merupakan media ambien seperti kantong plastik sebagai media utama, trolley, brosur supermarket, dan struk belanja. Selebihnya penulis menggunakan media hanging banner, wobbler, serta media viral seperti WhatsApp, Blackberry Messanger, Facebook, dan Twitter. Keywords : kampanye sosial, plastik, sampah, kantong belanja, pakai lagi, bijak, global warming, pencemaran lingkungan
Kajian Hipersemiotika Pada Karya Fotografi Kontemporer Jim Allen Abel “INDONESIA UNIFORM” Rahardjo, Fransisca Retno Setyowati; Damajanti, Irma
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 2 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.662 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i2.380

Abstract

Karya seni fotografi 30 tahun terakhir ini telah berkembang pesat. Perkembangan ini salah satunya ditandai dengan mulainya fotografi mengalami persentuhan yang cukup dalam dengan dunia seni rupa kontemporer. Di Indonesia, fenomena booming-nya fotografi seni terjadi sekitar beberapa tahun terakhir. Pada fotografi seni tidak lagi merepresentasikan karya pada tataran konsep, fotografi seni berbeda dengan fotografi ‘salon’ yang hanya mengaduk-aduk permainan bahasa saja. Karyakarya fotografi seni yang dianggap baik dan ideal adalah yang menyiratkan tentang ‘aboutness’ - dimana sebuah karya mampu menyampaikan ‘sesuatu’ yang tidak hanya berkaitan dengan fungsi fotografi secara umum dan estetis seperti yang diungkapkan Asmudjo J. Irianto, salah seorang kurator dan patron seni rupa kontemporer Indonesia.Perkawinan fotografi dengan seni rupa kontemporer ini alhasil menimbulkan konsekuensi lain, karya yang dipamerkan terkadang tidak memiliki hubungan pemaknaan sama sekali dan bahkan terkadang mencerminkan pemaknaan diluar realitas, sehingga menimbulkan jarak yang cukup jauh antara seniman-karya seni dengan penikmat seni. Oleh karena itu dibutuhkan ilmu pengkajian khusus yaitu dengan pendekatan hipersemiotika untuk memahami makna diluar realitas sehingga terserap pengalaman ‘aboutness’ yang ingin dibagikan seniman kepada penikmat seni. Key words :fotografi, hipersemiotik, kontemporer.
Komparasi Sign System Outdoor Dan Indoor Pada Kawasan Indonesia Convention Exhibiton, BSD Rizaldi, Mohammad
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 2 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.704 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i2.382

Abstract

Sering kali banyak orang yang datang ke suatu kawasan, baik itu kawasan perkantoran, perbelanjaan maupun kawasan wisata biasanya, kawasan dengan banyaknya pendatang memiliki luas kawasan yang terbilang besar. Hal tersebut yang mengharuskan kawasan tersebut untuk memfasilitasi pengunjungnya dengan petunjuk arah yang mampu memberi informasi serta menavigasi dengan baik dan benar. Kawasan seperti itu akan memiliki dua jenis sign system yang berbeda yakni diluar ruangan serta didalam ruangan. Dua jenis sign tersebut sudah jelas berbeda satu sama lainnya baik bentuk, ukuran, konten visual, konten informasi dan material yang digunakan oleh kedua jenis sign tersebut. Key words : Sign System, Design , Kawasan
Penciptaan Desain Berbasis Praktik Eksperimental Sebagai Penelitian Ilmiah Murwanti, Aprina
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 2 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.637 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i2.377

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang posisi penciptaan desain berbasis praktik eksperimental dalam konteksnya sebagai penelitian ilmiah. Melalui metodologi kua- litatif yang mengintegrasi tiga metode yaitu observasi partisipatori, kajian pustaka serta konten analisis, dilakukan kajian objektif bahwa praktik eksperimental dalam penciptaan desain dapat diajukan sebagai bentuk penelitian yang ilmiah. Dalam artikel ini juga diberikan kelebihan praktik eskperimental dalam proses desain serta batasannya sebagai penelitian ilmiah Key words : Desain, eksperimental, penelitian ilmiah
Perkembangan Desain Antarmuka Dalam Film Bergenre Fiksi Ilmiah Dan Hubungannya Dengan Dunia Nyata Sutiono, Edwin Hartono
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 2 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.74 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i2.379

Abstract

Buku ilustrasi tema kesenian Betawi ondel-ondel yang ditujukan untuk anak Sekolah Dasar sebagai pembelajaran tentang apa dan bagaimana kesenian tersebut. Buku ilustrasi ini dirancang agar anak-anak Indonesia, khususnya Jakarta, dapat mengetahui informasi ondel-ondel lebih lengkap dan menyenangkan mulai dari sejarah awal hingga penggunaan ondel-ondel dalam adat budaya Betawi. Data diperoleh melalui metode wawancara, pembagian kuesioner, serta pendalaman literatur untuk memperkuat dalam menyusun buku ilustrasi, dengan hasil bahwa secara visual ondel-ondel sekarang dibuat dengan bentuk yang tidak menyeramkan lagi. Key words :Buku ilustrasi, ondel-ondel, Betawi.
Aplikasi Peta Wisata Museum Jakarta Pusat Rina, Ratna Cahaya; Leona, Gracia Mungki
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 2 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.74 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i2.474

Abstract

Tangerang memiliki beberapa kampus yang memiliki fakultas desain dengan jumlah mahasiswa yang semakin banyak. Mahasiswa desain memiliki kebutuhan alat dan jasa khusus untuk menunjang kegiatan belajarnya dan saat ini belum ada media yang mewadahi informasi tersebut. Metode active research dilakukan melalui wawancara dan survei untuk mendukung data yang dibutuhkan dalam perancangan. Hasil rancangan ini berupa direktori interaktif dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah mahasiswa mendapatkan layanan jasa dan alat penunjang studi Keywords : direktori, desain grafis, interaktif, mahasiswa, Tangerang

Page 1 of 1 | Total Record : 7