cover
Contact Name
Sariana Damis
Contact Email
sarianadamis@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
economosfebumparepare@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pare pare,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 26517039     EISSN : 2655321X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis menerima artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Artikel yang diserahkan merupakan artikel yang belum pernah dikirim atau dipublikasikan dalam jurnal yang lain. Artikel yang dimuat telah melalui proses review dengan mempertimbangkan perihal terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap pengembangan keilmuan bidang ekonomi dan bisnis secara umum. Artikel yang relevan pada ekonomi dan bisnis merupakan topik umum yang berkaitan dengan bidang ekonomi dan bisnis secara umum.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
ANALISIS PERBANDINGAN METODE HARGA PASAR DENGAN METODE HARGA BIAYA-PLUS DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL BARANG LELANG PADA PT. ADIRA DINAMIKA FINANCE TBK CABANG PAREPARE Nuryadin, Rusmin
Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

       Tujuan penelitian ini yaitu untuk  mengetahui perbandingan metode harga pasar dengan metode harga biaya-plus dalam menetapkan harga jual barang lelang pada PT. Adira Dinamika Finance TBKCabang Parepare.. Penulis merumuskan tujuan penelitian tersebut karena Pada PT. Adira Dinamika Finance TBK terdapat 2 metode dalam menentuan harga jual barang lelang, yaitu metode dengan pendekatan harga pasar dan metode harga biaya – plus. Kedua metode tersebut sama – sama bertujuan untuk menekankan kerugian dan mendapatkan laba. Untuk memperoleh hasil dari penelitian ini maka variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu penetapan harga jual barang lelang yaitu menunjukkan metode yang   menguntungkan dengan membandingkan antara metode harga pasar dan metode harga biaya-plus di PT. Adira Dinamika Finance TBK. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan komparatif yaitu penelitian ini menggunakan penelitian  kualitatif  dengan pendekatan komparatif (membandingkan) dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat Deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu teknik observasi dan dokumentasi.Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui efektivitas perbandingan penerapan metode penetapan harga jual barang lelang pada PT. Adira Dinamika Finance TBK yaitu analisis efektivitas. Setelah melalui proses analisis maka diperoleh hasil bahwa perbandingan penerapan penetapan harga jual barang lelang dari tahun 2013-2015 yaitu pada tahun 2013 metode harga pasar lebih efektif dibandingkan metode harga biaya – plus, pada tahun 2014 metode harga pasar lebih efektif dibandingkan metode harga biaya – plus, pada tahun 2015 metode harga pasar lebih efektif dibandingkan metode harga biaya – plus.
PENGARUH KEAHLIAN, INDEPENDENSI, DAN ETIKA TERHADAP KUALITAS AUDITOR PADAINSPEKTORAT KOTA PAREPARE Arfianty, Arfianty
Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh keahlian, independensi dan etika terhadap kualitas auditor pada Inspektorat Kota Parepare. Penelitian ini dilaksanakan di Inspektorat Kota Parepare.Sampel dipilih secara total sebanyak 28 pemeriksa/auditor.Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda, analisis ini didasarkan pada data dari 28 responden yang penelitiannya melalui kuesioner.Variabel independen dalam penelitian ini adalah keahlian, independensi dan etika.Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas auditor.Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada seluruh pemeriksa/auditor Kota Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan keahlian terhadap kualitas auditor adalah positif dan signifikan, posisi terlihat dari koefisien regresi keahlian sebesar 0,481 dan signifikan karena nilai t hitung > t tabel (4.908>2,074)  sedangkan pengaruh independensi terhadap kualitas auditor adalah positif dan signifikan, posisi terlihat dari koefisien regresi keahlian sebesar 0,115 karena nilai t hitung > t tabel (2.075>2,074), dan sementara etika terhadap kualitas auditor adalah positif namun tidak signifikan posisi terlihat dari koefisien regresi keahlian sebesar 0,036 karena nilai t hitung < t tabel (0.730<2,074). Secara simultan Keahlian, Independensi dan Etika berpengaruh signifikan terhadap kualitas auditor pada Inspektorat Kota Parepare.Secara parsial keahlian dan independensi secara bersama berpengaruh signifikan terhadap kualitas auditor, namun tidak untuk etika dimana tidak signifikan terhadap kualitas auditor.
ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENATAUSAHAAN ASET DAERAH PADA BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN PINRANG Fitriani, Andi
Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penatausahaan adalah rangkaian kegiatan yang meliputi pembukuan, inventarisasi, dan pelaporan barang milik daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur penatausahaan aset daerah pada badan keuangan daerah Kabupaten Pinrang. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu manfaat ilmiah dan manfaat praktis. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sistem dan prosedur penatausahaan aset daerah pada badan keuangan daerah kabupaten pinrang.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk menggambarkan sistem dan prosedur penatausahaan aset daerah yang diterapkan di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pinrang dan membandingkan dengan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sistem dan prosedur penatausahaan aset daerah pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pinrang belum sesuai dengan Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah dimana sistem yang diterapkan masih dalam proses penyesuaian dengan kebijakan akuntansi yang telah ditetapkan sebelumnya. Yang berpedoman pada peraturan yang berlaku. Sedangkan untuk prosedur penatausahaan asetnya telah meliputi semua prosedur yang ada dalam permendagri terkait.
ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK DAN RETRIBUSI IZIN BERBAYAR PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG Arham, Arham
Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu sumber dari penerimaan pajak dan retribusi yaitu berasal dari sektor perizinan yang merupakan bagian dari jenis pajak dan retribusi daerah. Sebagai salah satu jenis dari sumber pendapatan daerah maka perlunya efektivitas dan efisiensi terhadap penerimaan pajak dan retribusi terhadap penerimaan izin berbayar ini sangat dibutuhkan sebagai suatu ukuran apakah penggunaan barang dan jasa yang dibeli dan digunakan oleh perangkat pemerintah yang bersangkutan dapat mencapai manfaat tertentu serta menunjukkan pada taraf tercapainya hasil yang secara sederhana dapat dijelaskan bahwa apakah target atas harapan pemerintah tersebut dapat dicapai sesuai dengan kebutuhan yang direncanakan yaitu dengan cara membandingan antara keluaran dan hasil. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, tingkat penerimaan retribusi dan pajak izin berbayar yang terdapat di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu mengalami fluktuasi (naik turun) pada beberapa jenis izin. Meskipun penerimaan yang terjadi mengalami fluktuasi namun berdasarkan data yang ada pada tingkat pendapatan yang diterima dari pajak dan retribusi izin berbayar setiap tahunnya  kenaikan yang cukup signifikan. Penelitian ini beranjak dari sebuah masalah  pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidrap.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Observasi dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat efisiensi pada izin berbayar yaitu dengan menggunankan analisis rasio efisiesi serta analisis rasio efektivitas. Dari hasil pembahasan izin berbayar yang terdapat pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada tahun 2013 hingga 2016, dapat disimpulkan bahwa tingkat realisasi yang meningkat setiap tahunnya tidak sesuai dengan tingkat efektivitas setiap tahunnya Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penerimaan pajak dan retribusi izin berbayar pada tahun tahun 2013 kurang efektif dengan nilai sebesar 81%, kemudian pada tahun 2014 naik menjadi 99% menjadi cukup efektif selanjutnya pada tahun 2015 tingkat efektivitanya turun menjadi kurang efektif dengan nilai hanya sebesar 86% dan naik pada pada tahun 2016 menjadi sangat efektif dengan nilai efektivitas sebesar 106%.
ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN PINRANG Fatimah, Fatimah
Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menganalisis dan mengetahui penerapan sistem pengendalian pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Pinrang dan menganalisis peran Inspektorat dalam sistem pengendalian pelaksanaan APBD di Kabupaten Pinrang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berupaya menggambarkan sistem pengendalian pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Sistem pengendalian pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten Pinrang telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, peraturan tersebut mulai diterapkan sejak diterbitkan oleh pemerintah pusat, dan juga peran Inspektorat Kabupaten/Kota dalam pengendalian pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten Pinrang sangat penting, sebab Inspektorat Kabupaten/Kota dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta memberikan pembinaan, arahan, serta masukan terhadap pelaksanaan pengelolaan anggaran daerah agar tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018