cover
Contact Name
Bahril
Contact Email
bahrilhidayat@fis.uir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
bahrilhidayat@fis.uir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 14125382     EISSN : 25982168     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
The articles were published in the Journal include the results of the quantitative research, qualitative research, conceptual, theoretical and a literature review. The series of studies covering integration between Religion, Islamic, Education, Economic, and Human Behavior in Social Science issues, such as Educational Behavior, can be either Economic and Organization Behavior issues.
Arjuna Subject : -
Articles 60 Documents
ANALISIS REKRUTMEN DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL OASE Arif, Muhammad
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.185 KB) | DOI: 10.25299/jaip.2018.vol15(1).1584

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Hotel Oase Pekanbaru yang beralamat lengkap  di jalan Jenderal Sudirman No. 255 EF (Simpang Jl. K.H. Wahid Hasyim) Pekanbaru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rekrutmen dan penempatan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Oase Pekanbaru. Adapun jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdiri dari data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan analisa Regresi Linear Berganda dengan bantuan perangkat SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil Uji Regresi Linear Berganda di peroleh persamaan: Y = 19.180 + 0.051X1 + 0.161X2. Kemudian dari hasil  Uji secara Simultan (Uji F) diketahui bahwa variabel rekrutmen dan penempatan secara bersama-sama berpengaruh  signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Oase Pekanbaru. Sedangkan berdasarkan  hasil Uji secara Parsial (Uji t) diketahui bahwa  variabel rekrutmen dan penempatan secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Oase Pekanbaru. Sedangkan berdasarkan perhitungan nilai Koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square  sebesar 0.703. Hal ini menunjukkan bahwa variabel rekrutmen dan penempatan kerja secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 70.3 % terhadap kinerja karyawan pada Hotel Oase Pekanbaru. Sedangkan sisanya sebesar 29,7 % adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Ibadah Aqiqah Al-Kasyairi, Muhammad Khoir
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 12 No 2 (2015): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (800.622 KB)

Abstract

Ibadah aqiqah merupakan ibadah yang dilakukan oleh orang tua setelah anaknya lahir kedunia. Dalam islam, anjuran ibadah aqiqah termuat dalam hadits dari Rasulullah yang kemudian diriwayatkan oleh para sanad dan perawinya. Terdapat beberapa perbedaan menurut para alim ulama terkait tentang ibadah aqiqah ini. Namun demikian, para alim ulama tersebut menyetujui bahwa dalam pelaksanaan ibadah aqiqah ini terkandung nilai-nilai pendidikan didalamnya. Tulisan ini mengupas tentang penjelasan hadits yang berhubungan dengan ibadah aqiqah dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. Tulisan ini juga memaparkan kedudukan hadits yang meriwayatkannya.
Pembentukan Karakter Murid (Studi terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru) Yunita, Yenni
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 15 No 2 (2018): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.054 KB)

Abstract

Character education is essentially required to be applied in educational institutions and in the teaching system of education today. Without character education, it means permitting the mix of clarity of understanding of moral values ​​and ambiguous nature which prevent students from making decisions based on a strong moral foundation. This study is a field research  which aims to determine the formation of character and factors that influence the formation of character of students at the Al-Fityah Integrated Islamic Primary School Pekanbaru. The type of research is qualitative research. The subject of this study was  teachers at the Alfityah Pekanbaru Integrated Islamic Primary School, amounting to 42 people. While the objects in this study were Al-Fityah Islamic Primary School Students totaling 439 people. Data collection techniques in research are observation, interviews, and documentation. Based on the results of this study, it showed that the Formation of students' Characters in the Al-Fityah Integrated Islamic Primary Schools Pekanbaru essentially teaches andimplements Islamic manners to students and then refuses them in their daily lives both in the school environment and in the home environment with reference to 10 muwasafat. Character formation is good in the school environment and it directly guided and cared for by the teachers, while at home the character formation of the children is guided by both parents through the Adab Monitoring Book (BMA) and then evaluated by the teacher at school. There are several factors that influence character formation, namely: family or parents, friends, environment, and the influence of television and other electronic media including the internet.
Penggunaan Media Sketsa dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Sukenti, Desi; Silvia, Silvia
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 13 No 1 (2016): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.655 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendah nya kemampuan berbahasa anak Taman Kanak-Kanak Islam Bina Insan Kamil Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, hal ini dapat diketahui dari hasil pengamatan pada data awal kemampuan bahasa anak adalah belum berkembang yaitu sebanyak 59,8% dengan arti kata kemampuan bahasa anak masih rendah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media sketsa dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak Usia 5–6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Bina Insan Kamil Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sketsa dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak Usia 5–6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Bina Insan Kamil Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah sampel anak sebanyak 23 orang anak. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil penelitian yang dilakukan, Perkembangan bahasa Anak Usia 5 – 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Bina Insan Kamil Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru dapat ditingkatkan dengan media sketsa Perkembangan bahasa Anak Usia 5 – 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Bina Insan Kamil Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru pada data awal diperoleh skor 278 dengan persentase 37.8%, pada siklus I memperoleh skor 475 (64,5%) dengan kiteria mulai berkembang. Terjadi peningkatan Perkembangan bahasa pada anak usia 5-6 tahun pada siklus II dengan skor 556 (75,5%) dengan kiteria berkembang sangat baik.
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Hamzah, Hamzah; Tambak, Syahraini; Ariyani, Nella
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 14 No 1 (2017): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.185 KB)

Abstract

Dalam Islam kepribadian merupakan salah satu faktor yang sangat penting, bahwa tujuan pendidikan Islam tertuju pada pembentukan kepribadian. Di zaman sekarang ini, banyak siswa yang belajar Pendidikan Agama Islam tetapi dalam dirinya belum terbentuk kepribadian Islam. Begitu juga dalam penelitian yang penulis lakukan di SMA Negeri 2 Kelayang kabupaten Indragiri Hulu penulis menemukan gejala-gejala yang terjadi diantaranya: guru kurang membiasakan siswa untuk mengucapkan salam ketika bertemu guru dan siswa lainnya, kurangnya kesopanan siswa ketika bertegur sapa dengan guru, kurangnya bimbingan dalam melaksanakan ibadah serta banyak siswa yang bertutur kata kurang sopan dan mengucapkan kata-kata kotor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian Islam siswa di SMA Negeri 2 Kelayang. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian Islam siswa di SMA Negeri 2 Kelayang kabupaten Indragiri Hulu. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Tempat penelitian di SMA Negeri 2 Kelayang kabupaten Indragiri Hulu. Subjek penelitian adalah guru PAI di SMA Negeri 2 Kelayang, objek penelitian adalah upaya guru PAI dalam pembentukan kepribadian Islam siswa di SMA Negeri 2 Kelayang. Populasi penelitian 1 orang guru PAI di SMA Negeri 2 Kelayang kabupaten Indragiri Hulu. Teknik pengumpul data adalah wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian Islam siswa di SMA Negeri 2 Kelayang kabupaten Indragiri Hulu dengan memberikan penjelasan kepada siswa mengenai maksud dari kepribadian mukmin, muslim dan muhsin, guru juga memberikan contoh dan menyuruh siswa untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat, guru juga mengajarkan kepada siswa untuk meneladani sifat-sifat yang baik sesuai dengan penjelasan materi dari kepribadian mukmin, muslim dan muhsin serta menanamkannya di kehidupan sehari-hari.
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Tamu pada Wisma Graha Az-Zahra Pekanbaru Rusby, Zulkifli; Bakhri, Boy Syamsul; Rozi, Syahrul
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.836 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Wisma Syariah Graha Az-Zahra Pekanbaru mengalami permasalahan terhadap jumlah tamu yang mengalami penurunan. Hal ini diduga terjadi karena belum optimalnya perusahaan dalam mempromosikan produk-produknya kepada masyarakat/pelanggan/tamu. Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu pada Wisma Syariah Graha Az-Zahra Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu. Subjek penelitian ini adalah tamu yang menggunakan jasa penginapan. Sementara objek dalam penelitian ini adalah pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara simple random sampling, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Dalam menganalisis data kuantitatif digunakan analisis regresi linear sederhana dimana proses perhitungannya menggunakan SPSS for windows versi 17.0. Hasil penelitian ini diketahui bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu memiliki hubungan yang kuat, ini diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar 78,1%. Sedangkan hasil uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu, ini diketahui dari t hitung sebesar 12,176. Kemudian terdapat besarnya kontribusi antara bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu, diketahui dengan nilai koefisien determinasi sebesar 60,9%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu pada Wisma Syariah Graha Az-Zahra Pekanbaru sangat berpengaruh.
Pemikiran Pendidikan al-Ghazali Tambak, Syahraini
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 8 No 1 (2011): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.248 KB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rekonstruksi pemikiran pendidikan al-Ghazali dalam pendidikan Islam kontemporer.  Manfaatnya adalah bagi pemerintah dan pendidik dapat menjadikan pemikiran pendidikan al-Ghazali sebagai inspirasi dalam menegakkan pendidikan Indonesia berkualitas.  Hasil tulisan ini adalah bahwa bangunan pemikiran pendidikan al-Ghazali bersifat religius-etis. tujuan pendidikan al-Ghazali mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, aspek apektif, dan aspek psikomotorik.  Di samping itu menempatkan dua hal penting sebagai orientasi pendidikan yaitu mencapai kesempurnaan manusia untuk secara kualitatif mendekatkan diri kepada Allah SWT; dan mencapai kesempurnaan manusia untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.  Pendidik adalah pribadi yang menguasai suatu disiplin ilmu dan mampu mengamalkannya serta sosok manusia yang secara total berkonsentrasi kepada bidang pendidikan. Anak didik ditempatkan sebagai obyek sekaligus subyek dan menetapkan sepuluh kriteria ideal yang harus diupayakan oleh anak didik agar berhasil dalam pendidikan. Al-Ghazali menyebutkan empat kategori klasifikasi ilmu pengetahuan, yaitu; klasifikasi ilmu syar’iyah (religi) dan ‘aqliyah (nalar); ilmu teoritis dan praktis; ilmu yang dihadirkan (hudhûri) dan yang diperoleh (hushûli); Ilmu fardhu ‘ain dan fardhu kifâyah.  Metode pengajaran Al-Ghazali menekankan bagi guru yang memberikan ilmu dituntut menggunakan metode teladan dan dialog dalam proses pembelajaran.
Pengaruh Metode Bermain Peran Makro terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Sukenti, Desi; Trisnawati, Tetin
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 12 No 1 (2015): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.037 KB)

Abstract

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, dalam suatu bangsa harus mempersiapkan masa depan anak-anak melalui pendidikan yang tepat. Pendidikan tidak hanya sebagai kegiatan pentrasferan ilmu akan tetapi juga pengembangan karakter dan kemampuan diri anak. Kemampuan untuk bersosialisasi dan mengemukakan pendapat secara lisan merupakan kemampuan yang wajib dikembangan dari dalam diri anak. Salah satu metode yang dipergunakan dalam pendidikan untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan bersosialisasi anak adalah metode bermain peran. Penelitian ini fokus terhadap investigasi pada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kemampuan berbicara anak. Ini adalah merupak penelitian eksperimen, sedangkan pengumpulan data dalam penelitianju ini adalah observasi dengan menggunakan skala-skala yang akan mengukur kemampuan berbicara anak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 17,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode bermain peran makro terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 2 Pekanbaru.
KONSEP KOPERASI BUNG HATTA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Efendi, Rustam; Bakhri, Boy Syansul
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.29 KB) | DOI: 10.25299/jaip.2018.vol15(1).1594

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum banyaknya tokoh ekonomi Indonesia  yang berkontribusi dalam perkembangan ekonomi syariah. Bung Hatta merupakan salah satu tokoh intelektual di bidang ekonomi yang mencurahkan idenya untuk kemajuan bangsa. Konsep koperasi merupakan bukti keprihatinan  Bung Hatta  akan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia yang terjebak hutang oleh lintah darat. Konsep koperasi yang ditawarkan oleh Bung Hatta merupakan bentuk modern dari adat istiadat dan tradisi masyarakat Indonesia, yaitu semangat kolektivisme (gotong royong dan tolong menolong). Konsep tersebut diduga memiliki keterkaitan dengan konsep ekonomi syariah. Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep koperasi Bung Hatta dalam perspektif ekonomi syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep koperasi Bung Hatta dalam perspektif ekonomi syariah. Subjek penelitian ini adalah Bung Hatta. Sementara objek dalam penelitian ini adalah konsep koperasi Bung Hatta dalam perspektif ekonomi syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan melalui pendekatan filosofis dan komparatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitaitif, yaitu dengan proses editing, klasifikasi, memberi kode, dan penafsiran. Penafsiran dilakukan dengan membandingkan konsep koperasi Bung Hatta dengan konsep ekonomi syariah. Hasil penelitian adalah terdapat persamaan konsep koperasi Bung Hatta dengan ekonomi syariah, yaitu pada akad, nilai-nilai dasar, prinsip tolong menolong, prinsip manfaat, prinsip mashlahah, fungsi, karakteristik, produksi, dan distribusi.
Teori Belajar Perenialisme Siregar, Raja Lottung
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.911 KB)

Abstract

Perenialisme, sesuai dengan namanya yang berarti segala sesuatu yang ada sepanjang sejarah, melihat bahwa teradisi perkembangan intelektual yang ada pada zaman yunani kuno dan abad pertengahan yang telah terbukti dapat memberikan solusi bagi berbagai problem kehidupan masyarakat perlu digunakan dan diterapkan dalam menghadapi alam modern yang sarat dengan problem kehidupan. Dalam hal pendidikan, perenialisme memandang bahwa tujuan utama pendidikan adalah untuk membantu siswa dalam memperoleh dan merealisasikan kebenaran abadi. Aliran ini menilai bahwa kebenaran itu bersifat universal dan konstan. Maka jalan untuk mencapainya adalah melatih intelek dandisiplin mental. Tujuan pendidikan tersebut terurai dalam format kurikulum yang berpusat pada materi (contend based, subject-centered) dan mengutamakan disiplin ilmu sastra, matematika, bahasa, humaniora, sejarah dan lain-lain. Kata Kunci: Teori,