Jurnal Cendikia
ISSN : 02169436     EISSN : 26226782
Jurnal Cendikia merupakan sarana informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berupa hasil penelitian, studi pustaka, ataupun tulisan ilmiah mengenai Rekayasa Sistem, Teknik Informatika/Teknologi Informasi, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Jurnal Cendikia sebagai sarana untuk menyebarkanluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Teknologi dan Informasi.
Articles 77 Documents
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN KLINIK BERSALIN BERBASIS WEB GIS (STUDI KASUS: KAB. PESAWARAN)

Ferdiansyah, Muhammad

Jurnal Cendikia Vol 15 No 1 April (2017)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Di Kabupaten Pesawaran pada saat ini belum menggunakan teknologi Sistem Informasi Geografis untuk pemetaan Klinik Bersalin yang ada di kabupaten pesawaran, sehingga itu menjadi salah satu kendala masyarakat untuk menemukan tempat bersalin yang baik. Adapun kondisi klinik bersalin yang ada di kabupaten Pesawaran saat ini sudah cukup baik, mulai dari bidan, perawat dan fasilitas lainnya. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Klinik Bersalin di Kabupaten Pesawaran Berbasis Web GIS merupakan alat bantu untuk menyampaikan informasi penyebaran fasilitas kesehatan meliputi puskesmas, dan bidan praktek swasta (BPS) yang menyediakan layanan persalinan. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan Google Map Api, PHP, dan MySQL sedangkan metode perencanaan sistem dengan pendekatan fungsional digambarkan dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Dengan adanya Sistem Informasi Geografis Pemetaan Klinik Bersalin di Kabupaten Pesawaran Berbasis Web GIS masyarakat lebih mudah mencari informasi tentang letak, fasilitas dan tenaga medis klinik bersalin yang ada di Kabupaten Pesawaran, serta membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran dalam mendokumentasikan penyebaran fasilitas kesehatan bersalin yang ada di Kabupaten Pesawaran.

PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE WISDM (WEB INFORMATION SYSTEM DEVELOPMNET METHODOLOGY) (STUDI KASUS: PT. SINAR JATI MEUBEL BANDAR LAMPUNG)

Andriasari, Sevi

Jurnal Cendikia Vol 15 No 1 April (2017)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT. Sinar Jati Meubel Sukadaan, Bandar Lampung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada produksi dan penjualan meubel jati di area Bandar lampung dan sekitarnya. Mengingat persaingan pasar yang semakin ketat, maka ada baiknya jika usaha promosi dan penjualan pada perusahaan ini dapat lebih ditingkatkan lagi agar usaha ini semakin maju dan dapat menjamin kesejahteraan karyawan- karyawannya. PT. Sinar Jati Meubel sangat memerlukan adanya perluasan wilayah dalam penjualan produk yang disediakan baik untuk pelanggan didalam kota Bandar Lampung maupun di wilayah lain. Untuk promosi produk yang dijual pada PT. Sinar Jati Meubel Sukadaan saat ini, hanya dilakukan dengan menggunakan kartu nama ataupun dari mulut ke mulut. Juga dalam pencatatan transaksi pada toko ini masih dengan menulis pada buku, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan juga memungkinkan adanya backup data. Pada saat ini cara pembelian pada PT. Sinar Jati Meubel Sukadaan adalah pelanggan secara langsung datang ke toko untuk melihat dan memesan produk yang disediakan. Dengan membangun sistem informasi penjualan berbasis website pada PT. Sinar Jati Meubel Sukadaan maka dapat membantu perusahaan dan pelanggan dalam melakukan transaksi jual beli, juga dapat membantu perusahaan mempromosikan produk melalui internet. Metode pengembangan sistem menggunakan metode WISDM (Web Information System Developmnet Methodology) yaitu merupakan suatu metode dalam pengembangan sistem yang bertujuan untuk membuat sesuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga segera dapat dievaluasi oleh pemakai. Selain itu WISDM juga membuat proses pengembangan sistem informasi menjadi lebih cepat dan lebih mudah, terutama pada keadaan kebutuhan pemakai sulit untuk diidentifikasi. Sedangkan untuk perancangan pengembangan sistem ini menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Languange) dengan menyertakan Use Case Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram.

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) DI BANDAR LAMPUNG

Astika, Reni

Jurnal Cendikia Vol 15 No 1 April (2017)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kota Bandar Lampung memiliki luas wilayah 197,22 Km2 Atau 19.722ha. terdiri dari 20 Kecamatan dan 98 Kelurahan. Secara geografis Kota Bandar Lampung terletak pada 50 20’ sampai dengan 50 30’ lintang selatan dan 1050 28’ sampai dengan 1050 37’ bujur timur. Dilihat dari letak geografis Bandar Lampung yang cukup luas, tidak semua masyarakat mengetahui letak layanan Bank BRI serta kesulitan mencari infomasi tentang layanan Bank BRI yang ada di Bandar Lampung. Dari permasalahan tersebut maka penulis merancang sebuah Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan Bank BRI dengan menggunakan perangkat lunak Macromedia Dreamweaver CS5, menggunakan database MySQL dan menggunakan metode Xtreme. Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria WIratmaja dengan nama De Poerwokertosche Hulp Spaar bank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto". Suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Bank Rakyat Indonesia hingga saat ini melayani simpanan, tabungan dan jasa keuangan lainnya, serta memiliki anak perusahaan seperti Bank BRI Programming. Keunggulan sistem ini menghasilkan sebuah Sistem Informasi Geografis Pemetaan Bank BRI yang dihasilkan dan diusulkan pemetaan sesuai data-data Bank berdasarkan jenis-nya. Tujuan dari pembuatan Aplikasi ini adalah : Karena tidak semua masyarakat mengetahui tata letak dan informasi kantor layananan Bank BRI di Bandar Lampung yang nanti akan terus dikembangkan untuk kedepannya.

MENGUKUR KUALITAS WEBSITE DENGAN PENDEKATAN WEBQUAL 4.0 MODIFIKASI

Hafiz, Aliy

Jurnal Cendikia Vol 15 No 1 April (2017)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sebuah website merupakan representasi pemilik website di dunia maya. Oleh karena itu pemilik website perlu memperhatikan kualitas website, karena kualitas website dapat memberikan gambaran dari kualitas pemilik website. Media website saat ini mulai digunakan oleh berbagai organisasi, termasuk perguruan tinggi. Pengukuran tingkat kualitas website perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat kualitas website itu sendiri, karena website yang berkualitas mencerminkan kualitas perguruan tinggi pemilik website tersebut. AMIK DCC Bandar Lampung menggunakan website sebagai media informasi dan administrasi, sehingga website mempunyai peran yang sangat penting bagi AMIK DCC Bandar Lampung. Sedangkan pihak kampus belum melakukan pengukuran terhadap kualitas website sehingga belum diketahui tingkat kualitas dari website yang ada. Terdapat beberapa keluhan yang disampaikan oleh mahasiswa terkait website seperti ketersediaan website dan informasi yang tidak update. Keluhan-keluhan mengenai website tersebut yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai kualitas website. Metode yang digunakan adalah Webqual Index (WQI), dan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP). Tahap pertama dalam penelitian ini dilakukan uji validitas dengan pendekatan Pearson Product, kemudian uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Dengan analisa Webqual Index diperoleh indeks kualitas website sebesar 0,65 dan Indeks Kepuasan Pengguna sebesar 0,65. Hasil analisa Importance Performance Analysis menyatakan bahwa sub dimensi yang ada di dimensi availability, dan service interaction quality perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas website kedepannya.

REKAYASA PERANGKAT LUNAK PADA INFORMASI PEMETAAN LOKASI WISATA DI LAMPUNG

Pitrawati, Pitrawati, Ningsih, Mega Wati Ayu

Jurnal Cendikia Vol 15 No 1 April (2017)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Lampung merupakan propinsi yang memiliki banyak lokasi tempat wisata yang menarik, namun masih banyak wisatawan yang masih belum mengetahuinya, hal ini dikarenakan kurangnya informasi mengenai pariwisata yang ada di Lampung. Pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi. Sektor pariwisata juga merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar di suatu wilayah, khususnya di Lampung. Program wisata yang didorong oleh Pemerintah Lampung untuk meningkatkan pendapatan daerah perlu didukung dengan sistem informasi pemetaan lokasi wisata. Pemanfaatan teknologi untuk menunjang sektor pariwisata sangat dibutuhkan agar para wisatawan mudah untuk mengakses infomasi tempat wisata, khususnya di Lampung. Teknologi internet dan perangkat mobile dapat mendukung pengembangan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk meningkatkan sektor pariwisata. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan perangkat lunak sistem informasi pemetaan lokasi wisata di Lampung berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan siklus pengembangan sistem xtreme programming dan tool Unified Modeling Language antara lain use case diagram, activity diagram dan class diagram. Penelitian ini menghasilkan rancangan dan perangkat lunak pada informasi pemetaan lokasi wisata di Lampung berbasis Android. Rancangan yang dibuat digunakan untuk membantu mengembangkan sistem informasi pemetaan wisata berbasis android sehingga wisatawan dapat mudah dan cepat mencari dan memperoleh informasi tentang lokasi objek wisata yang terdapat di Lampung

IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN KONEKSI WIRELESS DISTRIBUTION SISYTEM (WDS)

Irwinsyah, Irwinsyah, Sianipar, Ramos Kurniawan

Jurnal Cendikia Vol 15 No 1 April (2017)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam penggunaan internet sangat diperlukan memperhatikan jaringan internet yang digunakan, apa lagi dalam kebutuhan kerja yang setiap hari diharuskan mengirim suatu data, ada beberapa jaringan internet yang sering digunakan dalam pengunaan yaitu jaringan kabel dan nirkabel. Metode yang digunakan penulis dalam tugas akhir ini ialah PPDIOO, dimana metode ini sangat tepat digunakan dalam Implementasi Sistem Keamanan WDS (Wireless Distribution Sistem) Menggunakan mikrotik, karena tahap demi tahap yang detail dimulai dari persiapan sampai dengan optimalisasi. Hasil Implementasi Sistem Keamanan WDS (Wireless Distribution Sistem) Menggunakan mikrotik ialah dapat membuat jaringan local menggunakan tanpa kabel dan bisa memberikan keamanan pada koneksi sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses atau menggunakan jaringan yang ada sehingga data- data yang ada menjadi lebih aman.

KONTRIBUSI BAGIAN TI BAGI ORGANISASI DITINJAU DARI KEPUASAN DAN PERSEPSI PENINGKATAN KINERJA PELANGGAN INTERNAL STUDI KASUS: AMIK LAMPUNG

Rasid, Muhammad

Jurnal Cendikia Vol 14 No 2 Oktober (2016)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Bagian Teknologi Informasi dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi kesuksesan perusahaan. Kontribusi yang diberikan oleh Bagian TI dapat berupa produk dan layanan SI/TI yang berkualitas kepada bagian-bagian kerja lain sebagai pelanggan internal nya. Kualitas produk dan layanan SI/TI dapat diukur dari persepsi pelanggan internal. Penelitian ini terdiri dari dua jenis penelitian, yaitu penelitian korelasi yang akan menguji hubungan antara kepuasan dan persepsi peningkatan kinerja pelanggan internal terhadap tujuh variabel independent kualitas produk dan layanan SI/TI, ketujuh variabel independent tersebut adalah : availability, user friendliness, productivity, reliability, durability, responsiveness dan timeless of support. Dan penelitian komparasi untuk melihat ada/tidaknya perbedaan penilaian yang signifikan antara pelanggan internal dengan personel TI dalam menilai aspek-aspek kinerja juga dilakukan. Ada enam aspek kinerja yang dianalisis yaitu: tanggapan terhadap masalah, pemeliharaan S/W, H/W dan jaringan, pengembangan sistem informasi, pemeliharaan program & SI, password dan kontrol online lainnya dan virus. Uji korelasi dilakukan dengan menggunakan metode analisis korelasi Spearman, sedangkan untuk uji komparasi dilakukan dengan menggunakan metode analisis Mann-whitney.

PERANCANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN PEMINATAN PADA AMIK DIAN CIPTA CENDIKIA BANDAR LAMPUNG

Pitrawati, Pitrawati

Jurnal Cendikia Vol 14 No 2 Oktober (2016)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Standar mutu kompetensi lulusan setiap Perguruan Tinggi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten. Pemenuhan standar mutu kompetensi lulusan tidak terlepas dari proses pembelajaran. AMIK Dian Cipta Cendikia memberikan pilihan peminatan yang dibutuhkan oleh stakeholder sesuai bakat dan kompetensi dasar yang dimiliki oleh Mahasiswa. Pemilihan peminatan yang tidak tepat mengakibatkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran, rendahnya hasil belajar dan berimbas pada tidak tercapainya standar mutu pembelajaran dan lulusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem pendukung keputusan dengan metode FIS Tsukamoto pada program studi manajemen informatika, AMIK Dian Cipta Cendikia. Metode yang digunakan fuzzy inference system dengan teknik tsukamoto dengan pemanfaatan tools matlab dan salah satu uji coba dengan menggunakan microsoft excel. Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem penunjang keputusan dengan metode FIS Tsukamoto dalam pemilihan peminatan yang diharapkan memberikan rekomendasi kepada Mahasiswa dan Program Studi sehingga dapat mengurangi tingkat kesulitan belajar mahasiswa, meningkatnya hasil belajar mahasiswa dan tercapainya standar mutu pembelajaran dan lulusan di AMIK Dian Cipta Cendikia. Sistem penunjang keputusan ini telah dilakukan uji coba dengan menggunakan Microsoft Excel dengan memasukan nilai kemampuan dasar, nilai kemampuan bahasa inggris dan nilai bakat kedalam persamaan masing-masing variabel untuk mendapatkan nilai rekomendasi peminatan.

PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN KONTRAK DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA TOKO GRAMEDIA BANDAR LAMPUNG

Sukatmi, Sukatmi

Jurnal Cendikia Vol 14 No 2 Oktober (2016)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Toko Gramedia adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan yang terletak di Jl. Radin Intan Bandar Lampung. .Penilaian karyawan kontrak masih menggunakan Microsoft Excel, tidak memiliki database penilaian dan pengambilan keputusan dilakukan setelah file-file penilaian kinerja dalam bentuk kertas dikumpulkan dan di rekapitulasi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat rancangan istem pendukung keputusan penilaian kinerja pegawai tenaga kontrak dengan metode SAW Model Fuzzy dan mempermudah dalam proses penilaian. Dalam penulisan ini alat perancangan sistem yang digunakan adalah unified modeling language (uml) yang meliputi use case diagram, diagram activity, dan class diagram. Metode pengembangan untuk membuat rancangan sistem yang digunakan extreme programming. Hasil akhir dari penulisan ini adalah rancangan sistem pendukung keputusan penilaian kinerja karyawan kontrak dengan metode simple additive weighting (saw) pada Toko Gramedia Bandar lampung. Rancangan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Toko Gramedia Bandar Lampung dalam mengembangkan sistem penilaian kinerja karyawan kontrak

RANCANG BANGUN APLIKASI DEKSTOP SISTEM PERSEDIAAN BARANG PADA MEDICAL CENTER SUAK LAMPUNG SELATAN

Yansyah, Roly

Jurnal Cendikia Vol 14 No 2 Oktober (2016)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Medical Center PT. Central Pertiwi Bahari merupakan tempat pelayanan kesehatan karyawan di perusahan Central Pertiwi Bahari di Suak Lampung Selatan. Data-data yang berhubungan dengan persediaan obat dicatat secara manual yang mempersulit pegawai untuk mengecek data obat yang tersedia, keluar masuknya obat sehingga menimbulkan tidak tersedianya obat dan membutuhkan pengarsipan data laporan kepimpinan yang benar dan kesalahan disebabkan faktor pegawai atau alat kerja yang belum memadai. Tujuan dari penelitian ini berusaha mengembangkan sistem khususnya stok barang, sehingga pengolahan data dan laporan yang dihasilkan dapat lebih efektif dilihat dari waktu dan biaya. Guna mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada pada sistem komputerisasi persediaan barang pada Medical Center PT Central Pertiwi Bahari Suak Lampung Selatan, peneliti mengusulkan sistem baru yang digambarkan dengan Contex Diagram untuk menggambarkan alur sistem secara umum, Data Flow Diagram untuk memecah subsistem kedalam fungsi yang lebih detail, Entity Relationship untuk menggambarkan hubungan antara satu entity dengan entity yang lain, serta Data Dictionary untuk mendefinisikan komponen dari setiap entity. Peneliti menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 6.0 dalam pembuatan software aplikasi. Software yang peneliti buat dapat digunakan untuk pengolahan data barang, menyajikan laporan barang dan keluar masuknya secara cepat dan tepat pada Medical Center PT Central Pertiwi Bahari Suak Lampung Selatan.