cover
Contact Name
Lalu A.Hery Qusyairi
Contact Email
mpi@stitpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pgmi@stitpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
FONDATIA
ISSN : 26565390     EISSN : 25796194     DOI : -
Core Subject : Education,
Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar (e-ISSN : 2579-6194) adalah publikasi interdisipliner penelitian asli dan artikel tentang Pendidikan Dasar. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Palapa Nusantara Lombok - NTB yang terbit dua kali (2x) dalam setahun yaitu bulan Maret dan September. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan forum untuk pemahaman ilmiah tentang bidang pendidikan dan memainkan peran penting dalam mempromosikan proses yang mengakumulasi pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan.
Arjuna Subject : -
Articles 56 Documents
Pengaruh Penggunaan Metode Pantun (Wasiat Renungan Masa Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid) dalam Pembelajaran Ke-NW-an di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan Hilmi, Moh.
FONDATIA Vol 2 No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.181 KB)

Abstract

Pengaruh penggunaan permainan kartu pantun untuk menyusun pantun dilihat dari aktivitas, kreativitas, peran guru dan suasana pembelajaran siswa Madrasah Nahdlatul Wathan, aktivitas semakin meningkat siswa lebih aktif. Dalam proses pembelajaran dengan permainan kartu pantun peran guru merupakan fasilitator. Suasana kelas selama proses pembelajaran lebih menyenangkan, lebih hidup, dan siswa lebih menikmati jalannya pelajaran. Hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Metode Pantun dalam pembelajaran KeNWan, belajar dengan menggunakan permainan kartu pantun ada pengaruh belajar Ke NW an Wasiat Renungan Masa membuat pantun siswa Madrasah Nahdlatul Wathan sudah terbukti. Terdapat peningkatan prestasi belajar menyusun pantun pada siswa Madrasah Nahdlatul Wathan setelah diterapkan permainan kartu pantun pada pra tindakan nilai rata-rata adalah 59,67 meningkat pada siklus I menjadi 64,07 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,98.
Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Authentic Assesment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Watoni, M. Saipul
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.904 KB)

Abstract

Authentic Assesment berfokus kepada tujuan, melibatkan pembelajaran secara langsung, mengharuskan membangun, keterkaitan dan kerja sama, dan menanamkan tingkat berfikir yang lebih tinggi, karena tugas-tugas yang diberikan di dalam penilaian autentik mengharuskan penggunaan strategi-strategi tersebut, maka para siswa bisa menunjukan penguasaannya terhadap tujuan dan kedalaman pemahamannya, dan pada saat yang bersamaan meningkatkan pemahaman dan perbaikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII-A SMPN 2 KERUAK Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual Berbasis Authentic Assssment. Jenis penelitian adalah PTK (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi, penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila terjadi peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa pada tiap-tiap siklus meningkat yaitu rata-rata tes hasil belajar meningkat dari rata-rata nilai sebelumnya dan minimal rata-rata nilai mencapai 65 pada siklus akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa meningkat, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah rata-rata nilai tes hasil belajar siswa pada siklus I 50,29 atau 40 % dan siklus II rata-rata nilai tes hasil belajar siswa meningkat 91, 42 atau 91,42 %. Indikator keberhasilan tindakan tercapai dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Authentic Assssment dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII-A SMPN 2 KERUAK Tahun Pelajaran 2017/2018.
Implikasi Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa SDN 4 Gunung Rajak Izzuddin, Ahmad
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.003 KB)

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan dasar pertama dan utama dalam pembentukan kepribadian. Peran orang tua dalam mendidik anak cenderung menggunakan kekerasan baik secara fisik maupun fsikis akan sangat berimplikasi pada kondisi kejiwannya. Anak yang dididik dengan menggunakan kekerasan akan cenderung menerapkan pola prilaku yang mereka terima dalam kesehariaanya baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan pendidikan lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan jenis penelitian Kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama yang sangat penting dalam membentuk pola kepribadian anak. Karena di dalam keluarga, anak pertama kali mendapat pengetahuan tentang nilai dan norma. Konsepsi Islam tentang lingkungan keluarga sangat positif. Lingkungan yang indah, harmonis, sehat, nyaman dan tentram akan mempengaruhi perasaan dan jiwa anak didik yang dapat membentuk kepribadian mereka menjadi pribadi yang sopan dan patuh terhadap orang tua.
Hubungan antara Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe dengan Tingkat Kejadian Perdarahan pada Ibu Hamil Trimester III Wahidah, Wahidah
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.545 KB)

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator keberhasilan layanan kesehatan di suatu negara. Kematian ibu dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya karena anemia. Angka kematian ibu menunjukkan bahwa angka kematian ibu adalah 70% untuk ibu-ibu yang anemia dan 19,7% untuk mereka yang non anemia. Kematian ibu 15-20% secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan anemia. Anemia pada kehamilan juga berhubungan dengan meningkatnya kesakitan ibu (Varney, 2016). Penelitian ini menggunakan metode Observasional Analitik dengan pendekatan Longitudinal karena peneliti ingin mengetahui Hubungan kepatuhan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil trimester III terhadap tingkat kejadian perdarahan persalinan di Puskesmas Woha, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 23 orang ibu hamil yang berada di Puskesmas Woha, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Hasil Analisis statistik dengan uji Chi Squart test menunjukkan bahwa nilai p=0,03 dan nilai α=0,05 yang berarti p< α dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepatuhan mengkonsumsi tablet Fe dengan tingkat kejadian perdarahan pada ibu hamil trimester III. Sarandiharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan ilmu yang baru untuk menelaah lebih lanjut kepatuhan mengkonsumsi tablet Fe
Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja dan Lingkungan Pergaulan terhadap Pernikahan Dini di Desa Samili Tahun 2017 Fitrianis, Nurlaila
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.687 KB)

Abstract

Pernikahan dini adalah pernikahan yang berlangsung pada umur di bawah usia reproduktif yaitu kurang dari 20 tahun pada wanita ada kurang dari 25 tahun pada pria. Pernikahan di usia dini rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi seperti meningkatkan angka kesakitan dan kematian pada saat persalinan dan nifas, melahirkan bayi premature dan berat bayi lahir rendah serta mudah mengalami stress (BKKBN, 2008). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja dan lingkungan pergaulan terhadap pernikahan dini di Desa Samili tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan Total Sampling, dimana semua remaja laki-laki dan perempuan diambil sebagai responden, jumlah responden 33 orang dan alat ukur yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang mempunyai pengetahuan kurang dengan pernikahan diniusia > 16 tahun dan usia ≤ 16 tahun sebanyak 24 remaja (72,7%) dengan ρValue= 0,000.Lingkungan pergaulan tidak baik dengan pernikahan dini usia > 16 tahun dan usia ≤ 16 tahun sebanyak 23 remaja (69,7%)dengan ρValue= 0,000. Data disajikan dalam bentuk table distribusi frekuensi dan dianalisis menggunakan Chi-square test dengan taraf signifikan (a=0.05). Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan remaja dan lingkungan pergaulan terhadap pernikahan dini di Desa Samili Tahun 2017.
Nilai-nilai Fiqih dalam Membangun Karakter Peserta Didik di SD/MI Nasri, Nasri
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.519 KB)

Abstract

The search for thoughts about the education of fiqh, where fiqh inquiry has in essence has a great significance for the continuity of education in the modern era as nowadays. Besides, this research also to be used as an information material for the community of the importance of the meaning of fiqh education for life, especially in order facing modern life that has tendency of waning of values or norms of law in order of life of society also as material of information and documentation for planner and educational designer, Values in Islam contain two categories of meaning seen from normative aspect, that is good and bad. The spiritual values of jurisprudence have a close connection with a day's amaliah especially concerning worship to God. The value of jurisprudence is also a spirit (spirit) to go to the pleasure of Allah. Spiritual fiqih were extracted from two ways namely; Through faith and piety and through worship Building the Islamic character departs from two ways closely related to the basic of akhlaki. The concept of pious faith is the foundation of all activities while the concept of worship centers on an important basic principle that man was created as the holder of the mandate of Allah Almighty. who carries the treatise and exercises His Shari'a.
Pemikiran Ki Hajar Dewantara terhadap Pendidikan Suparlan, Suparlan
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.217 KB)

Abstract

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat was his real name but in 1922 became KI Hajar Dewantara, He was born in Yogyakarta on Thursday legi on 2 May 1889 as the 4th son of Prince Suryaningrat, the eldest son of the natures III. Childhood and adolescence is influenced by Javanese literature. Islam and the teachings of ancient Hinduism. The hero he admires from the epic mahabharata is yudistira (the symbol of peace and love) and Sri Krishna (the incarnation of wishnu filled with wisdom).Education is basically a conscious effort to cultivate the potential of human resources of learners by encouraging and facilitating their learning activities, as stated in the law. Facilitate learning activities such as learning aids such as school laboratories, books, classrooms, and others related to the needs of students and teachers in the learning process. 
Pengaruh Teknik Peta Konsep dan Minat Membaca Karya Sastra terhadap Kemampuan Menulis Narasi Ihsan, Muhammad; Awaluddin, Lalu
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.816 KB)

Abstract

The study was conducted in order to find out the implementation of concept mapping technique and interest in reading literary works towards narrative writing ability of the students at class V SDN.7 Pedungan Denpasar. The problems of the study involved : ( 1 ) Was there any different narrative writing ability of students joining concept mapping technique instructional model ? (2) Was there any differernt narrative writing ability between the students having high interest in reading literary works with those having low interest in reading literary works ? (3) Was there any contributive interaction between concept mapping technique with interest in the reading literary works towards narrative writing ability ? (4) Was there any different narrative writing ability of students joining concept mapping technique instruction with others joining a conventional instructional model among the students having high interest in reading literary works ? (5) Was there any different narrative writing ability of the students joining concept mapping technique instruction with others joining a conventional instructional model among the students having low interest in reading literary works
Hubungan Kemampuan Awal dan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 4 Rensing Tahun Pembelajaran 2016/2017 Susanti, Yuliana
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.256 KB)

Abstract

The purpose of this study is 1) Want to know the relationship of the initial ability of students in improving the achievement of learning Mathematics in grade V SDN 4 Rensing. 2) Want to know the relationship of students' self confidence in improving Mathematics learning achievement in grade V SDN 4 Rensing students. 3) Want to know the relationship of initial ability with confidence in the students of grade V SDN 4 Rensing. 4) Want to know the relationship of initial ability and confidence to the achievement of learning Mathematics in grade V SDN 4 Rensing year of learning 2016/2017. This research uses facto expo research.This study concludes that: 1) Initial ability correlates significantly with mathematics learning achievement. 2) Confidence is significantly related to mathematics learning achievement 3) Initial ability to relate significantly with confidence 4) The interaction of initial ability and confidence relationship is significantly related to mathematics learning achievement with contribution of 69.1%.
Efektivitas Kuis dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 8 Keruak Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur Jamiluddin, Jamiluddin
FONDATIA Vol 2 No 1 (2018): MARET
Publisher : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.027 KB)

Abstract

This study aims to describe the effectiveness of quizzes in improving the learning outcomes of IPS students grade VI SDN 8 Keruak Keruak District East Lombok regency. This study was categorized into experimental research. The population of this study is all students of class VI SDN 8 Keruak amounted to 22 students. The sample of this study consists of two classes, namely the experiment as many as 11 people and control class as many as 11 people. Sample determination is done by using purposive sampling technique. The technique used to collect research data is a test technique. The collected data was analyzed using descriptive statistical technique of t tes type. The results showed that the effective quiz was applied in improving the learning outcomes of IPS students of grade VI SDN 8 Keruak. That is, the quiz is a strategy that can change the process (shaping student learning behavior) and student learning outcomes. This is evident in both research classes. For the control class, students' attitudes and attitudes toward IPS learning are lacking. Unlike experimental class students, students' attitudes and attitudes toward IPS learning are very high. The increase in results appears in the acquisition of the average grade of the experimental class better than the average value of the control class