Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 2337408X     EISSN : 26563266
Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The scopes of the topics include [1] Education include : Accounting Education, Financing Education, Accounting Learning Model, Entrepreneur in Accounting, Accounting Learning Media [2] Accounting Science include : Management Accounting, Financial Accounting, Public Sector Accounting, Sharia Accounting, Accounting Information Technology, Auditing, Professional Ethics, Accounting Education, [3] Banking and Finance.
Articles 91 Documents
Analisis Transparansi dan Akuntablitias Pengelolaan Dana Sekolah

Nurdiani, Mia Silmi, Nugraha, Nugraha

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.063 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v6i1.15831

Abstract

 AbstractThis research was conducted at SMK Negeri 11 Bandung. The problem examined in this study is that there are still schools that tend to be not transparent in managing school funds. The objectives of this study were: 1) to find out how the school funds management was described, 2) to find out whether the school was transparent in managing school funds and 3) to find out whether the school was accountable in managing school funds. The research method used is descriptive method with a quantitative approach. Tool for collecting data about transparency and accountability with non-test techniques in the form of questionnaires and interviews. The data analysis technique uses descriptive analysis. The results showed that the transparency of fund management at SMK Negeri 11 Bandung showed a transparent category with a percentage of 81.95% of the management accountability of the funds showing an accountable category with a percentage of 85.04%. Keywords. transparency; accountability; school fund management AbstrakPenelitian ini dilakukan di SMK Negeri 11 Bandung. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah masih adanya sekolah yang cenderung tidak transparan dalam pengelolaan dana sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana gambaran pengelolaan dana sekolah, 2) untuk mengetahui apakah sekolah telah transparan dalam pengelolaan dana sekolah dan 3) untuk mengetahui apakah sekolah telah akuntabel dalam pengelolaan dana sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data tentang transparansi dan akuntabilitas dengan teknik non tes dalam bentuk kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi pengelolaan dana di SMK Negeri 11 Bandung menunjukkan kategori transparan dengan persentase 81,95% akuntabilitas pengelolaan dana menunjukkan kategori akuntabel dengan persentase 85,04%. Kata Kunci: transparansi; akuntabilitas; pengelolaan dana sekolah.

PENGARUH EFISIENSI MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN

Novianty, Dinni Endah

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.048 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v4i1.15416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014, dimana efisiensi modal kerja diukur menggunakan Working Capital Turnover (WCT), dan profitabilitas diukur menggunakan Return on Investment (ROI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data berupa laporan keuangan dan laporan tahunan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 18 perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik regresi linier sederhana. Sebelum melakukan analisis regresi linier sederhana, dilakukan normalitas dan uji linieritas. Selanjutnya, dilakukan pengujian regresi menggunakan uji F, kemudian dilanjutkan dengan pengujian keberartian koefisien regresi dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan statistik diperoleh persamaan regresi WCT. Melalui pengujian hipotesis, persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa efisiensi modal kerja berpengaruh positif terhadap profitabilitas dengan koefisien sebesar . Artinya, apabila efisiensi modal kerja mengalami kenaikan sebanyak satu kali maka profitabilitas pun akan meningkat sebesar  kali.   Kata Kunci: Efisiensi Modal Kerja, Profitabilitas

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa

Fauziah, Desi, Kurjono, Kurjono, Muntasofi, Badria

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.037 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v6i1.15830

Abstract

Abstract. The problem examined in this study is the still low student learning outcomes in accounting subjects. The purpose of this study was to differentiate student learning outcomes in the class applying the Team Games Tournament learning model with classes that did not apply the Team Games Tournament learning model. The research method used is the quasi-experimental method with the Post Test Control Group Design Pre Test design. The population in this researcher is all students of class XI IPS SMAN 1 Kawali 2016/2016 academic year which consists of 5 classes with a total of 154 students. While the sample used was students of class XI IPS 4 as an experimental class and students of class XI IPS 5 as a control class with a purposive sampling technique. The data collection tool for student learning outcomes is obtained by giving tests in the form of description questions. The data analysis technique uses the normality test, homogeneity test and for hypothesis testing using the t test. Hypothesis test results obtained that the value of t_count> t_table is t_count = 2.3484> t_table = 2.002 then Ho is rejected and H1 is accepted. This means that there are differences in learning outcomes between students using the Team Games Tournament learning model, and students who do not use the Team Games Tournament learning model. The average post test results of students in the experimental class were 87.12 while the average post-test results of students in the control class was 80.7. This is the basis for researchers to argue that the application of the Team Games Tournament learning model influences student learning outcomes Keywords. learning outcomes; cooperative learning model; team games tournament type Abstrak.Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk  perbedaan  hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan bentuk desain  Pre Test Post Test Control Group Design. Populasi dalam peneliti ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kawali tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 154 siswa. Sedangkan sampel  yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel purposive sample. Alat pengumpulan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t.  Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai  > yaitu  = 2,3484 >  2,002 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengguanakan model pembelajaran Team Games Tournament ,dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament. Rata-rata hasil post test siswa pada kelas eksperimen adalah 87,12 sedangkan rata-rata hasil post test siswa pada kelas kontrol adalah 80,7. Hal tersebut menjadi dasar bagi peneliti untuk berpendapat bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci. hasil belajar; model pembelajaran kooperatif; tipe team games tournament

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI VOKASIONAL MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS

Kurjono, Kurjono

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8035.747 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v1i1.15230

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI VOKASIONAL MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Sungkono, Sungkono

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.558 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v3i1.15430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah pengembangan media audio Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNY.Jenis penelitian ini ádalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan FIP UNY yang sedang menempuh mata kuliah Pengembangan Media Audio pada semester gasal tahun akademik 2009/2010 yang berjumlah 29 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes dan Observasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan pedoman observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan  hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Media Audio pada Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNY. Disamping itu melalui penelitian ini juga mahasiswa tampak lebih aktif  belajar, lebih termotivasi belajar, dan kerja sama diantara mahasiswa lebih tinggi. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar

Analisis Penerapan Metode Activity Based Costing dalam Menentukan Harga Sewa Kamar Hotel

Faishal, Fahmi Hikmah, Mulyani, Heni, Yulianti, Leni

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.978 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v6i2.15918

Abstract

Abstract.This study aims to find out how the application of hotel room rental prices by using activity based costing at de’Kayakini Bandung hotels. This study uses descriptive research methods. Descriptive research to determine the difference in activity based costing methods with traditional methods. In this study there is only one type of variable used, namely rent. The rental price is the amount of money that will be paid for something to be received, the rental price in this study is the selling price. The data sources used in this study are secondary data sources. Secondary data is obtained from Hotel De’Kayakini in the form of hotel cost reports. The results of the study show that from the calculation of the cost of rooms using the activity based costing method, the lower cost of goods is obtained compared to the traditional cost accounting method.Keywords. activity based costing; room rental prices AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana penerapan harga sewa kamar hotel dengan menggunakan activity based costing pada hotel de’Kayakini Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif untuk mengetahui perbedaan metode activity based costing dengan metode tradisional. Dalam penelitian ini terdapat hanya satu jenis variabel yang digunakan yaitu harga sewa. Harga sewa adalah sejumlah uang yang akan dibayarkan untuk sesuatu hal yang akan diterima, harga sewa dalam penelitian ini adalah harga jual. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, merupakan sumber data sekunder. Data sekunder didapatkan dari Hotel De’Kayakini berupa laporan biaya hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan harga  pokok kamar dengan menggunakan metode activity based costing diperoleh harga pokok yang lebih rendah dibandingkan dengan metode traditional cost accounting.Kata kunci. activity based costing; harga sewa kamar

ANALISIS KEBIJAKAN PENYAMPAIANSUSTAINABILITY REPORTING

Linda, Linda

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.181 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v1i2.15449

Abstract

Sustainability reporting in Indonesia is voluntary not mandatory, there for, it is needed firm policy on its implementation. A theoretical model supply and demand for socially responsible investment is still argues, whether these activities will improve, reduce or have no impact on a firm’s market value. This research aim to determine the differences in firm performance between the firm that do sustainability reporting and those don’t sustainability reporting in IDX. The result shows that no significant difference in firm performance between the firm that do sustainability reporting and don’t sustainability reporting. This supply and demand condition is not favorable cause of the implementation of sustainability reporting have no impact on firm performance.

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS XI IPS SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

Putriana, Nita

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.81 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v3i1.15383

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Pasundan 8 Bandung, dengan tujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah siswa, gambaran prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi,  pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dan pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, yang menjadi populasi adalah siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 8 Bandung, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 102 orang siswa dari populasi sebanyak 137 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari telaah dokumen. Untuk menganalisis data tersebut digunakan perhitungan korelasi product moment pearson dan untuk mengetahui pengaruhnya menggunakan perhitungan koefisien determnasi (KD).Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment pearson ini pada variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (X1) diperoleh korelasi sebesar 0,468, dan pada variabel lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (X2) dengan tingkat signifikansi 0,05. Untuk mengetahui pengaruhnya dilihat dari hasil koefisien determinasi untuk lingkungan keluarga sebesar 21,9% dan koefisien determinasi untuk lingkungan sekolah sebesar 34,9%. Hasil pegujian hipotesis statistik menggunakan pengujian uji t dengan melihat tingkat signifikansi yaitu 0,05, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan prestasi belajar siswa

PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN PADA DEVIDEN PADA BUMN SEKTOR PERBANKAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

Supriyatna, Yayat

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7744.872 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v2i1.15458

Abstract

PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN PADA DEVIDEN PADA BUMN SEKTOR PERBANKAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM BANK UMUM KONVENSIONAL DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2013-2016

Yuliyanti, Leni

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.769 KB) | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.15408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang terbagi kedalam empat komponen rasio keuangan yaitu permodalan, risiko kredit, risiko likuiditas, dan rentabilitas  terhadap harga saham bank umum konvensional di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Permodalan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Capital Adequacy Ratio (CAR), risiko kredit diukur dengan menggunakan Non Performing Loan (NPL), risiko likuiditas diukur dengan menggunakan Loan to Deposit Ratio (LDR), rentabilitas diukur dengan menggunakan Return On Asset (ROA), sedangkan harga saham dalam penelitian ini diukur melalui harga saham penutupan tahunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 10 bank selama 4 tahun penelitian. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier multipel data panel. Berdasarkan hasil pengujian keberartian koefisien regresi (Uji F) menunjukkan bahwa model regresi dapat digunakan untuk mengambil suatu kesimpulan. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa permodalan berpengaruh positif terhadap harga saham, risiko kredit berpengaruh negatif terhadap harga saham, rentabilitas berpengaruh positif terhadap harga saham, risiko likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap harga saham. Kata Kunci : Permodalan, risiko kredit, risiko likuiditas, harga saham

Page 1 of 10 | Total Record : 91