cover
Contact Name
Indri Anugrah Ramadhani
Contact Email
indianugrah18@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
indianugrah18@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 23377607     EISSN : 23377593     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 90 Documents
INDONESIAN MASTER OF EDUCATION STUDENT’S PERCEPTIONS OF THEIR EXPERIENCE IN LEARNING TESOL IN THE TERTIARY CONTEXT IN Djafar, Neni
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of research study is to investigate the manner how experience in learning TESOL in tertiary context in Australia impacts on Indonesian M.Ed Students’ perception in the Englishlanguage learning and in the English language teaching in their context. Although therehave been many studies conducted with regard to the perceptions of international studentswith non-English backgrounds from Asian countries, there is no specific study yet conducted pertaining to how experience in learning TESOL in tertiary context in Australia impacts onIndonesian M.Ed Students’ perception in the English language learning and in the English language teaching in their context. The method used to collect data from the participants ofthe study consisting of eight of them is an individual semi-structured interview with openended questions and descriptive thematic analysis to analyze the data to generate the resultof the study.
THE EFFECT OF STRATEGIC MANAGEMENT, ORGANIZATIONAL COMMITMENT AND ORGANIZATIONAL CULTURE ON EMPLOYEES 'WORK ACHIEVEMENT IN HIGHER EDUCATION MUHAMMADIYAH INDONESIA Rustamadji, Rustamadji
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study examines the influence of three variables,namely strategic management of organizational commitment and organizational culture to work performance variable, and variable of three variables, namely strategic management of organizational commitment and organizational culture to sesame variable on employee at Muhammadiyah University of Indonesia. The sample used according to the calculation of cluster sampling probability proportionate to size model (PPS) with the formulation of Slovin obtained 386 employees at 12 muhammadiyah universities in Indonesia. The developed instrument combines part of the existing questionnaire related to strategic management, organizational commitment, and work performance,using the Likert Method of Successice Interval (MSI) scale. The use of regression analysis to test the hypothesis can be used if it meets the five underlying classical assumptions,namely normality, multicollinearity, heteroscedasticity, autocorrelation and linearity. Further testing hypothesis in this study using the F test, T test and Coefficient of Determination Test (R2). The results of this study concluded that strategic management of organizational and cultural commitment influences on employee performance,strategic management influence to organizational commitment, organizational commitment influence to strategic organization management culture, organizational commitment and organizational culture, together influence on employee performance. Strategic management, organizational commitment, organizational culture and employee performance have mutual interrelationships and mutual influence.
Efektivitas Inovasi Media Replika Metamorfosis dalam Pokok Bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan Ttatroman, Fakum
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.798 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pada pembelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan hewan di sekolah SMP Negeri 2 Salawati dan SMP PGRI Salawati di Kabupaten Sorong. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2013. Sampel yang digunakan adalah semua kelas VIII A 19 siswa dan VIII B 21 siswa pada sekolah SMP Negeri 2 Salawati dan siswa kelasVIII A 23 siswa dan kelas VIII C 17 siswa pada sekolah SMP PGRI Salawati. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil uji validitas di SMP N 2 Salawati diperoleh 0,596 dan di SMP PGRI Salawati diperoleh 0,490 menyatakan instrumen valid untuk digunakan sebagai alat uji. Uji reliabilitas di SMP N 2 Salawati diperoleh 0,747 dan di SMP PGRI Salawati diperoleh 0,658 menyatakan instrumen reliabel. Uji normalitas diperoleh hasil yang menyatakan data normal. hasil uji hipotesis pada sekolah SMP Negeri 2 Salawati dengan perhitungan nonparametrik diperoleh hasil yakni 0,033 < 0,05 yang berarti media replika metamorfosis efektif digunakan untuk pemebelajaran. Uji hipotesis dengan perhitungan nonparametrik pada sekolah SMP PGRI Salawati diperoleh 0,018 < 0,05 hasil penelitian disimpulkan bahwa media replika metamorfosis efektif digunakan untuk pembelajaran biologi dalam pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan hewan. 
Profil Kompetensi Guru Bahasa Inggris dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran di Kabupaten Sorong Sudibyo, Doni
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.024 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari informasi tentang sejauhmana kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dalam proses pembelajaran dan rofes-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatannya. Sampel di dalam penelitian ini adalah para guru dan kepala sekolah tingkat dasar dan menengah Muhammadiyah yang ada di kabupaten Sorong sebanyak 5 guru dan 5 Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner yang diisi oleh responden, Sedangkan metode analisis datanya adalah metode deskriptif kuantitatif, dimana penyajian data ditampilkan dalam bentuk rofe dan grafik. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya 54% guru yang kompeten untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di sekolahnya dan hanya mencapai 58% kepala sekolah dalam kebijakannya berhasil mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sekolahnya Berdasarkan hasil ini, maka perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran.
Hubungan Kekuatan Lengan, Kekuatan Otot Perut, dan Kekuatan Otot Tungkai dengan Kemampuan Tolak Peluru pada Siswa Kelas IX Putra MTs. Negeri model Sorong Ansori, Ansori
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.312 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tolak peluru pada siswa kelas IX putra MTs. N. Model Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penilitian ini sebanyak 40 orang. Ada tiga variabel yang diteliti yaitu kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai sebagai variabel bebas dan kemampuan tolakan sebagai variabel terikat. Uji normalitas data yang digunakan dalam peneltian ini adalah shapiro Wilk, hasil uji normalitas menggunakan SPSS menunjukkan bahwa keempat variabel yaitu tiga variabel bebas (kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai) dan satu variabel terikat (kemampuan tolakan peluru). Hasil regresi menunjukkan bahwa hubungan antara kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tolak peluru  signifikan dengan nilai signifikansinya α5% (0,003 < 0,05). Karena signifikansi lebih kecil dari α5%  maka Ho ditolak, ditolaknya Ho berarti terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tolak peluru. Persamaan regresinya dapat ditulis :
Evaluasi Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar Negeri Wangunrejo Kabupaten Lamongan Maharini, Yuni
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ada tiga hal dari analisis berbagai kelompok dalam membahas mutu pendidikan di negeri ini. Pertama, menyangkut pemberdayaan guru. Memberdayakan guru untuk memiliki keterampilan untuk dapat mengubah paradigma pola pengajaran yang signifikan kualitas pendidikan diharapkan. Kedua, kesejahteraan guru masih jauh dari makmur akan sangat berpengaruh pada keseriusan karyanya. Ketiga, karena kurikulum yang tidak berharga, yang selalumengalami peningkatan. Untuk menjawab permasalahan diatas diperlukan suatu evaluasi kompetensi guru dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana kontrol kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Teknik ini memeriksa validitas data ditentukan oleh kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas,andconfirmability. Data di lapangan umum bahwa menunjukkan bahwa aspek kompetensi profesional guru di SDN Wangunrejo dianggap cukup.
Penggunaan Metode Bervariasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Bilangan Romawi Di Sd Inpres 1 Kabupaten Sorong Zainuri, Moch
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.463 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.130

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa sangat tergantung pada metode pembelajaran dan alat peraga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika tentang Bilangan Romawi di SD Inpres 1 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Pengumpulan data  menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan penelitian menggunakan 2 siklus, tujuan pembelajaran dapat tercapai pada siklus ke II dengan ketuntasan mencapai 25 % pada hasil penilaian proses dan pada tes formatif meningkat menjadi 75 %, yang berarti ketuntasan belajar sudah meningkat diatas standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) belajar siswa di SD Inpres 1 Kabupaten Sorong.
Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Smp/Mts Muhammadiyah Di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Sulardi, Sulardi
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.379 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh langsung: (1) Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong (2) Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong dan (3) Manajemen Berbasis Sekolah terhadap  Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Populasi adalah kepala sekolah dan wakilnya, komite sekolah, guru, dan Murid dari SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Sampel diambil dengan teknik Stratified Random Sampling sejumlah 191 orang.  Hasil penelitian, Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah  terhadap  Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara Iklim Organisasi Sekolah terhadap  Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah  terhadap  Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kesimpulan, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah  terhadap  Profesionalitas Guru, terdapat pengaruh yang signifikan antara Iklim Organisasi Sekolah terhadap  Profesionalitas Guru, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah  terhadap  Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. 
Pengintegrasian Pendidikan Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Aljabar Dan Aritmetika Sosial Di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong Sinutomo, Sinutomo
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.969 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.128

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pengintegrasian pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan karakter siswa, serta meningkatkan kemampuan siswa menjadi manusia yang mandiri, kreatif, dan berwawasan kebangsaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong  sebanyak 30 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik tes dan non-tes dengan menganalisis aktivitas mengajar guru dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan nilai karakter siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini dilihat dari persentase siswa yang berada pada tahapan  perkembangan mulai berkembang meningkat pada setiap pertemuan, yaitu 28%, 36%, 56% dan 72%. Terjadi peningkatan prestasi siswa,  pada tes awal sampai tes siklus dua yaitu: 28%, 64%, 76%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pengintegrasian pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan nilai karakter siswa serta meningkatkan kemampuan siswa menjadi manusia yang mandiri, kreatif dan  berwawasan kebangsaan.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Bilangan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Bilangan Siswa Kelas 1 Sd Negeri 4 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016 Sirait, Satnauli
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.365 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.127

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan dengan menggunakan alat peraga kartu bilangan pada pembelajaran Matematika kelas 1 siswa SD Negeri 4 Kabupaten Sorong tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 4 Kabupaten Sorong dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada proses pembelajaran pada siklus I, bahwa proses pembelajaran Matematika memperlihatkan bahwa tingkat pemahaman siswa secara klasikal masih dibawah standar KKM kelas 60 dan nilai rata-rata kelas adalah 68% atau hanya 15 anak yang tuntas dari 22 anak. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan perubahan peningkatan pemahaman siswa pada materi Matematika yakni sebesar 85% atau sebanyak 19 siswa yang tuntas belajarnya dan terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 86,36%.