cover
Contact Name
Asti Pirmanda Saputri
Contact Email
astipirmanda@gmail.com
Phone
+6283100568897
Journal Mail Official
almanaunla@gmail.com
Editorial Address
Jalan Karapitan No. 116, Kota Bandung, Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 25794892     EISSN : 26558327     DOI : -
Core Subject : Economy,
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis aimed at providing scientific information about research results in the field of management and business for academics, participation, students and other interested parties. Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis accepts article submissions written in Indonesian. Authors must prove the article sent to Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis is an article that has not been sent or approved in another journal.
Articles 105 Documents
PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BUS BANDROS (BANDUNG TOUR ON BUS) DI KOTA BANDUNG TERHADAP CORPORATE IMAGE BANK MANDIRI Apriannisa, Tiara; Azis, Elvira
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 2 (2018): Vol. 2 No.2/ Agustus 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.006 KB)

Abstract

Kota Bandung ditetapkan sebagai salah satu kota wisata dunia oleh UNESCO pada tanggal 25 September 2013. Fenomena tersebut membuat Bandung harus menghadapi fakta lain yaitu, pihak pemerintah Kota Bandung harus mulai dan terus membenahi diri berbagai infrastruktur serta, keamanan dan kenyamanan berbagai tempat tujuan wisata. Diketahui anggaran yang diperlukan untuk mendukung semua fasilitas dan infrasturktur yang diperlukan untuk sektor pariwisata tersebut tidak sedikit maka sejumlah perusahaan telah menyalurkan dana Corporate Social Responsibilty (CSR) untuk pembangunan Kota Bandung. Begitu pula Bank Mandiri yang memberikan dana CSR Tahun 2014 sebesar Rp. 1,9 Miliar dalam bentuk program Bus Bandros kepada pemerintah Kota Bandung sebagai dukungan Bank Mandiri dalam mendukung fasilitas dan infrastruktur dalam sektor pariwisata. CSR yang dilakukan perusahaan dapat merangsang sudut pandang seseorang terhadap perusahaan tersebut yang dikenal sebagai Corporate Image. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan jenis puposive sampling untuk pengumpulan data. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Corporate Social Responsibility Bus Bandros di Kota Bandung sudah berjalan dengan baik. Selain itu Corporate Image Bank Mandiri sebagai pemberi CSR Bus Bandros berada pada kategori baik. Selanjutnya realisasi program CSR berpengaruh secara positif terhadap corporate image sebesar 13,3%, sedangkan sisanya sebesar 86,7% dipengaruhi faktor- faktor lain yang tidakditeliti dalam penelitian ini. 
TINGKAT PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA BANDUNG Satria, Angga
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 2 (2018): Vol. 2 No.2/ Agustus 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.829 KB) | DOI: 10.36555/almana.v2i2.135

Abstract

Tingkat pendidikan dan Kompetensi yang dimiliki masing-masing pegawai dianggap masih kurang dari prestasi, terlebih masih ada pegawai yang berpendidikan rendah. Pendidikan dapat  meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masing-masing pegawai yang mengarah ke peningkatan kinerja yang dimiliki oleh setiap pegawai, selain itu kompetensi sebagai karakteristik yang mendasar yang dimilki seseorang yang berpengaruh langsung terhadap atau dapat memprediksikan kinerja yang sangat baik. Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bandung memberikan pendidikan dalam bentuk pelatihan dan program pendidikan yang diberikan kepada pegawai yang ingin mengikuti program ini yang bertujuan untuk meningkatkan jenjang pendidikan serta kemampuan pegawai, selain itu program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masing-masing pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai dari Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bandung dengan total populasi 141 orang yang diambil melalui metode teknik sampliing menjadi 59 orang, metode analisis menggunakan analisis jalur dengan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara deskriptif ketiga variabel yaitu Tingkat Pendidikan, Kompetensi serta Kinerja masing-masing pegawai memiliki kriteria baik, selain itu hasil analisis verifikatif menyatakan bahwa ketiga variabel yaitu Tingkat Pendidikan, Kompetensi, serta Kinerja Pegawai memiliki pengaruh yang positif serta signifikan antar sesama variabel baik secara simultan ataupun secara parsial.
PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN MODAL DAN EFISIENSI PENGENDALIAN BIAYA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2011-2015 Rahmawati, Dian; Sadikin, Taufik
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 2 (2018): Vol. 2 No.2/ Agustus 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.994 KB) | DOI: 10.36555/almana.v2i2.133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat perputaran modal dan efisiensi pengendalian biaya terhadap profitabilitas (ROI) pada perusahaan jasatelekomunikasi yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) periode tahun 2011-2015. Variabel independen pada penelitian ini adalah tingkat perputaran modal dan efisiensi pengendalian biaya, sedangkan untuk variabel dependen adalah profitabilitas (ROI). Sampel penelitian terdiri atas 4 perusahaan yang dipilih secara purposive sampling. Data laporan keuangan diperoleh dari bursa efek indonesia (BEI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, verifikatif, analisis regresi linier berganda, anaisis koefisien determinasi, analisis koefisien korelasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji f) dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS (statistica product and service solutions). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat perputaran modal terhadap profitabilitas (ROI) tidak berpengaruh dan efisiensi pengendalian biaya terhadap profitabilitas (ROI) juga tidak berpengaruh. Nilai adjusted R square sebesar 0.054 yang menunjukan bahwa seluruh variabel independen yaitu tingkat perputaran modal dan efisiensi pengendalian biaya dapat menjelaskan variabel dependen yaitu profitabilitas (ROI) sebesar 5,4% dan sisanya 94,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam model.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN PENILAIAN KINERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT INTI BUMI PERKASA Ningsih, Inarti Madia
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 2 (2018): Vol. 2 No.2/ Agustus 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.309 KB) | DOI: 10.36555/almana.v2i2.132

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan penilaian kinerja terhadap kepuasan kerja karyawan, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan dan penilaian kinerja terhadap kepuasan kerja karyawan kerja karyawan serta besarnya pengaruh komunikasi dan penilaian kinerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan populasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, verifikatif, dan analisis jalur. Data yang memenuhi uji validitas dan reabilitas. Dimana variabel kepuasan kerja karyawan (Y), variabel kmunikasi (X1), variabel penilaian kinerja(X2), pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa variabel independen komunikasi (X1) dan penilaian kinerja (X2) yang terbukti berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (kepuasan kerja karyawan). kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa kedua variabel independen (komunikasi dan penilaian kierja) yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan kerja karyawan).
PENGARUH PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN PROSES PRODUKSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DI CV. BANYU BIRU CONNECTION Noerpratomo, Alrizal
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 2 (2018): Vol. 2 No.2/ Agustus 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.412 KB) | DOI: 10.36555/almana.v2i2.131

Abstract

Persediaan bahan baku dan proses produksi merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan, karena persediaan bahan baku dan proses produksi adalah suatu kegiatan yang dapat menunjang baik buruknya kualitas produk yang dihasilkan suatu perusahaan. Dengan baiknya pelaksanaan persediaan bahan baku dan proses produksi, maka perusahaan dapat menekan tingkat kegagalan produknya, mencapai ketepatan waktu dalam menyelesaikan produk sesuai targetnya, dan dapat mengatur segala proses dalam menyelesaikan produk tersebut. Dengan pentingnya persediaan bahan baku dan proses produksi tersebut, penelitian ini akan dilakukan dimana dalam observasi terdapat masalah yaitu belum maksimalnya pelaksanaan persediaan bahan baku dan proses produksi di CV. Banyu Biru Connection, serta seberapa besar pengaruh persediaan bahan baku dan proses produksi terhadap kualitas produk di CV. Banyu Biru Connection. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode random sampling, dimana penelitian ini mengambil data triwulan dari januari 2015 sampai desember 2016. Data yang dikumpulkan adalah dengan cara Penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, observasi dan wawancara. Dari data yang dikumpulkan, data dari penelitian tersebut diolah menggunakan path analysis, korelasi, uji F dan uji T. Hasil persediaan bahan baku (X1) belum berjalan dengan maksimal, sedangkan proses produksi (X2) sudah berjalan cukup baik, dan kualitas produk (Y) yang dihasilkan secara keseluruhan sudah baik.
PENGARUH SELEKSI DAN PENEMPATAN KARYAWAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA KEMENTRIAN PERINDUSTRIAN BALAI BESAR PULP DAN KERTAS BANDUNG Triwibawa, Alvionita
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 2 (2018): Vol. 2 No.2/ Agustus 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.686 KB) | DOI: 10.36555/almana.v2i2.129

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang Seleksi, Penempatan Karyawan dan Prestasi kerja. Sehingga dapat dilihat Pengaruh seleksi dan penempatan karyawan terhadap prestasi kerja karyawan. Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah Kementrian Balai Besar Pulp dan Kertas Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Variabel bebas adalah seleksi dan penempatan karyawan, sedangkan variabel terikat adalah prestasi kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, penelitian kepustakaan dan kuesioner. Metode analisis menggunakan jalur (Path Analysis), Uji validitas dan Reliabilitas, Uji T hipotesis, uji F hipotesis, analisa korelasi dan koefisien determinasi. Dengan menggunakan program SPSS for windows 24 version. Hasil penelitian menunjukan Seleksi di Kementrian Perindustrian Balai BesarPulp dan Kertas sudah baik, seperti yang ditunjunkan pada sub variabel keputusan seleksi mencapai persentasi yang baik. Penempatan menunjukan hasil yang cukup baik, secara simultan hasil seleksi dan penempatan karyawan pada Kementrian Perindustrian Balai Besar Pulp dan Kertas berpengaruh baik pada prestasi kerja karyawan.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT (Studi kasus pelanggan di kota Bandung) Faron, Nabila Billeni; SAP, Enang Narlan
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel 88 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan besar pengaruh kualitas produk dan bauran promosi terhadap loyalitas pelanggan Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung dapat dikatakan cukup baik. Bauran Promosi memberikan pengaruh yang besar pada loyalitas pelanggan dibandingkan dengan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
PENGARUH PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP DAMPAK INDIVIDUAL PADA APLIKASI PENASIHAT KEUANGAN MONICCA Abdurrachman, Syaifullah; Wijayangka, Candra
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.195 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan uji regresi linier berganda. Kesimpulan penelitian ini adalahkepuasan pengguna dan penggunaan baik secara parsial maupun bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap dampak individual, dimana masingmasing variabelnya memiliki presentase yang baik sebesar 79,3% untuk kepuasan pengguna, 66,8% untuk penggunaan, dan 86,2% untuk dampak individual.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI INDOSAT ASIA AFRIKA BANDUNG Oktari, Selly
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2017): Vol. 1 No. 1/ April 2017
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.034 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang komunikasi, budaya organisasi dan kinerja karyawan. Sehingga dapat dilihat pengaruh komunikasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah Divisi Galeri Indosat Asia Afrika Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Variabel bebas adalah komunikasi dan budaya organisasi, sedangkan variabel terikat adalah kinerja karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, penelitian kepustakaan dan kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis), Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji T hipotesis, uji F hipotesis, analisa korelasi dan koefisien determinasi. Dengan menggunakan program SPSS for windows 24 version. Hasil penelitian menunjukan komunikasi di Divisi Galeri Indosat Asia Afrika sudah baik, seperti penyampaian informasi yang jelas. Budaya organisasi menunjukan hasil yang baik seperti tingginya inisiatif karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan, dan kinerja karyawan sudah sangat baik seperti keterampilan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan dan tingginya loyalitas karyawan terhadap perusahaan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA STARBUCKS COFFEE DI BRAGA CITY WALK BANDUNG Marliana, Rika
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 2 (2017): Vol. 1 No. 2/ Agustus 2017
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.053 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen, serta untuk mengetahui Kepuasan Konsumen dan implikasinya terhadap Loyalitas Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan dengan jumlah responden sebanyak 88 orang. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan bantuan spss 23.0 for windows. Hasil analisis jalur menyimpulkan bahwa ada pengaruh geografis terhadap keputusan pembelian konsumen. Besarnya pengaruh (R Square) Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen sama dengan jumlah 49,8%, sedangkan pengaruh kepuasan konsumen secara tidak langsung atau dari faktor lainnya sebesar 50,2%. Dalam pengujian hipotesis, berdasarkan uji F dan uji T variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan  konsumen. Dan menyatakan variabel kepuasan konsumen berimplikasi terhadap variabel loyalitas konsumen.  Dalam hasil pengujian regresi linier Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen didapat persamaan Z = 5.66 + 0.86 Y. Konstanta sebesar 5.66 yang mempunyai arti : Jika tidak ada kepuasan konsumen, maka loyalitas konsumen akan sebesar 5.66. Koefisien regresi sebesar + 0.86 mempunya arti bahwa setiap penambahan 1 kali untuk kepuasan konsumen, maka loyalitas konsumen akan meningkat sebesar 0.86.

Page 1 of 11 | Total Record : 105