Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
ISSN : 26554992     EISSN : 26552531
JUSINTA (Jurnal Sistem Informasi Akuntansi) merupakan Open Jurnal yang digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian ataupun tulisan ilmiah dosen maupun mahasiswa pada bidang Akuntansi dan Sistem Informasi Akuntansi di lingkup program studi Komputerisasi Akuntansi, AMIK Dian Cipta Cendikia. Frekuensi terbit dua kali setahun pada bulan November dan Mei
Articles 6 Documents
Aplikasi Akuntansi Pengolahan Data Jasa Service pada PT. Budi Berlian Motor Lampung

., Verawati, Dwiyana Liksha, Pefi

Jurnal JUSINTA Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1326.674 KB)

Abstract

Konsep sistem pengolahan data berbasis komputer membantu para user maupun top level manajemen dalam melakukan monitoring terhadap bawahannya menyangkut hal data biaya jasa service yang telah ditetapkan. Keuntungan lain yang diharapkan dengan adanya sistem akuntansi pengolahan data jasa service yaitu dapat mempermudah pekerjaan karyawan dalam menghasilkan informasi atau lapran-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen hingga jangka waktu yang panjang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Metode ini berisikan tahapan-tahapan yang nantinya dapat mengembangkan suatu sistem yang akan dibuat diantaranya, perancangan sistem, analisa sistem, desain sistem, pengkodean program, uji coba program, implementasi sistem dan pemeliharaan sistem. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java NetBeans IDE 8.0.2, sedangkan untuk database menggunakan MySQL. Untuk perancangan sistem menggunakan Data Flow Diagram, Normalisasi dan Flowchart. Hasil akhir dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui dan mengembangkan sistem akuntansi yang efektif dan efisien dalam pengolahan data jasa service. Sistem yang akan dibuat nantinya dapat mengurangi kesalahan yang sering terjadi pada sistem yang lama.

Sistem Informasi Penyusutan Aset Tetap Peralatan Pada Kospin Jasa Cabang Di Bandar Lampung

Teguh Maulana, Sony, Aris Tantia, Mega

Jurnal JUSINTA Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.123 KB)

Abstract

Aset tetap adalah aset berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun terlebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan, tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun. Permasalahan yang dihadapi Koperasi Simpan Pinjam Jasa Cabang Bandar Lampung dalam mengolah data aset tetap adalah masih dilakukannya perhitungan secara manual, belum adanya format laporan yang baku, dan sering terjadi kesalahan dalam pelaporan perhitungan aset tetap peralatan dan penyusutannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi aset tetap dalam mengelola peralatan sehingga dapat menghasilkan laporan yang akurat, relavan, dan tepat waktu. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi Sumber Data Primer, yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Studi Pustaka, dan Sumber Data Sekunder, yaitu Waterfall meliputi Analisa Kebutuhan Sistem, Desain, Coding, Testing, Maintenance. Dengan adanya aplikasi Aset Tetap yang dibuat menggunakan aplikasi NetBeans dan bahasa pemrograman Java, dapat menghasilkan perhitungan, informasi serta laporan yang cepat dan akurat. Sehingga kesalahan dalam pencatatan nama dan nominal aset tetap peralatan dan penyusutannya dapat diminimalisir.

Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Pada Putri Beauty Salon Dan SPA Bandar Lampung

., Irwandi, Dwi Setianingsih, Herlin

Jurnal JUSINTA Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.787 KB)

Abstract

Putri Beauty Salon dan Spa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa kecantikan. Kelemahan yang ada disini terletak pada proses pencatatan transaksi terutama yang berkaitan dengan perhitungsn laba rugi masih dihitung secara manual. Format penyusunan laporan laba rugi belum memenuhi standart akuntansi, sehingga menyebabkan pembuatan laporan laba rugi sering terlambat melebihi batas toleransi. Bentuk laporan laba rugi yang akan digunakan adalah bentuk Single Step. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java Dekstop sedangkan databasenya menggunakan MySQL. Metode pengembangan sistem Extreme Programming dan perancangan menggunakan diagram UML yang terdiri dari use case, class diagram, dan activity diagram. Hasil penelitian ini menghasilkan Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Pada Putri Beauty Salon dan Spa Bandar Lampung yang akurat, relevan dan tepat waktu. Aplikasi yang dikembangkan dapat membantu meningkatkan kinerja bagian admin pada Putri Beauty Salon dan Spa Bandar Lampung dalam penyusunan laporan laba rugi secara cepat dan tepat waktu.

Aplikasi Akuntansi Piutang Jasa Service Pada PT. AUX Indonesia Bandar Lampung

Fitriyana, Iis, Susianto, Didi

Jurnal JUSINTA Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1562.822 KB)

Abstract

PT. AUX Indonesia yang berlokasi di Bandar Lampung merupakan perusahaan yang bergerak didalam bidang Distributor AC. Pengolahan piutang jasa service di PT.AUX Indonesia masih menggunakan sistem manual. Dengan terselenggaranya piutang yang baik merupakan hal yang begitu penting, agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan efektif, dan efisien, serta terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan perusahaan. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam pembuatan Aplikasi Akuntansi Piutang Jasa Service pada PT. AUX Indonesia adalah Observasi, Wawancara dan Studi Pustaka , serta metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Watterfall. Aplikasi ini menggunakan rancangan dengan context diagram, data flow diagram (DFD), normalisasi, dan flowchart dibuat  untuk memudahkan pemrosesan data yang berisi tentang pengelolaan piutang. Penelitian ini menghasilkan Aplikasi Akuntansi Piutang Jasa Service yang dapat mempermudah dalam menyajikan data laporan piutang yang akurat dan tepat waktu, mempermudah dalam penginputan data–data yang dibutuhkan dalam pengolahan piutang jasa service, serta mempermudah admin atau pengguna dalam pengarsipan data piutang jasa service guna meningkatkan kinerja admin atau pengguna.

Aplikasi Akuntansi Biaya Tenaga Kerja Langsung (BTKL) pada Stasiun TVRI Bandar Lampung

Syafitri, Yuli, Syah Putra, M. Sebastian

Jurnal JUSINTA Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.037 KB)

Abstract

Dunia industri Pertelevisian di Indonesia saat ini selalu dipacu oleh kemajuan teknologi yang secara otomatis membuat kebutuhan tenaga kerja profesional harus mengikuti kemajuan modernisasi broadcasting. Peningkatan tersebut memicu penganggaran biaya tenaga kerja langsung dalam produksi, dimana biaya tenaga kerja langsung yang merupakan suatu bagian yang sangat berperan penting, dalam pembuatan anggaran biaya produksi yang ingin di buat harus diperhatikan seperti profesi pekerjaan, kehadiran produksi, dan jenis produksi. Lembaga penyiaran publik TVRI Stasiun lampung dalam penganggaran biaya tenaga kerja langsung untuk produksi suatu mata acara masih belum menggunakan standarisasi yang sesuai dengan ketentuan perhitungan biaya tenaga kerja langsung sehingga perlu dikembangkan kembali. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metodologi Extrime Programming dan bahasa pemrograman Java. Hasil pengembangan berupa perangkat lunak yaitu aplikasi akuntansi biaya tenaga kerja langsung. yang dapat membantu pihak TVRI stasiun Lampung dalam memudahkan dan menyelesaikan perhitungan BTKL dalam bentuk laporan dengan cepat, efektif dan efisien.

Sistem Informasi Akuntansi Asset Tetap Pada CV. Bumi Waras Bandar Lampung

Wahyu Pratama, Ifo, Nurlela, Imas

Jurnal JUSINTA Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.111 KB)

Abstract

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui sistem informasi akuntansi aset tetap kendaraan  yang diterapkan pada CV. Bumi Waras Bandar Lampung, apa kendalanya dan masalah yang terjadi. Metode pengembangan sistem  yang digunakan dalam penelitian ini adalah Extreme Programming dan CV. Bumi Waras Bandar Lampung sebagai objek dalam penelitian ini. Data primer diperoleh dari dokumen yang terdapat pada CV. Bumi Waras Bandar Lampung. Selain itu, dilakukannya wawancara kepada yang bersangkutan dan observasi secara langsung. Penilaian dilakukan melalui pendekatan kualitatif, yaitu dengan menganalisis sistem informasi akuntansi aset tetap kendaraan dengan menggunakan flowchart. Hal ini membuktikan bahwa CV. Bumi Waras Bandar Lampung belum memiliki sistem informasi akuntansi aset tetap, karena masih ada yang harus dibenahi. Hasil evaluasi sistem dan prosedur akuntansi aset tetap kendaraan  yang dijalankan perusahaan belum memadai, karena adanya pemisahan fungsi, adanya otorisasi persetujuan, adanya penambahan fungsi, dan adanya kebijakan bagi perusahaan

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018