cover
Contact Name
Ayu Fitri Amalia
Contact Email
ayufitriamalia@ustjogja.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalcompton@ustjogja.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
ISSN : 23560673     EISSN : 25795252     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmiah Compton merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran fisika yang berasal dari hasil penelitian ataupun review artikel. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Juni dan Desember oleh Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Arjuna Subject : -
Articles 123 Documents
HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU, KEAKTIFAN SISWA DAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (951.159 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru, keaktifan siswa, dan bimbingan belajar di luar sekolah dengan prestasi belajar fisika baik secara bersama- sama maupun secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif yang bersifat expost facto. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya mengajar guru, keaktifan siswa, dan bimbingan belajar di luar sekolah dengan prestasi belajar fisika. Nilai koefisien determinasi  = 0.430. Sumbangan efektif ketiga predictor sebesar 43,011%. Berasal dari gaya mengajar guru 16,128%, keaktifan siswa 6,440% dan bimbingan belajar di luar sekolah 20,442 %.   
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN CAHAYA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Sumadi, Sumadi; Renyaan, Veator
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif dan komperatif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan prestasi belajar fisika pokok bahasan cahaya siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Nanggulan Kulon Progo tahun pelajaran 2011/2012 dengan TGT dan konvensional.   Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TGT yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan konvensional yang diberikan kepada kelompok kontrol. Variabel terikat adalah prestasi belajar fisika pokok bahasan cahaya. Instrumen penelitian ini berupa tes prestasi belajar fisika pokok bahasan cahaya. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan dengan model pembelajaran TGT termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan konvensional termasuk kategori tinggi.  Secara komparatif ada perbedaan yang signifikan  antara  TGT dan konvensional.
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN QUESTION STUDENT HAVE Sumantri, Sumantri; Prihatni, Yuli
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika antara yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC) dengan model pembelajaran Question Student Have (QSH); serta untuk mengetahui kategori prestasi belajar fisika antara kedua model.Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperiment, dengan populasi penelitian berjumlah 243 siswa dan sampel penelitian diambil dengan cluster random sampling. Teknik analisis data dengan uji-t setelahdilakukanujipersyaratan, yaitu uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC dengan QSH.Model pembelajaran LC termasuk kategori sangat tinggi sedangkan model pembelajaran QSH termasuk kategori tinggi.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 4, No 2 (2017): COMPTON: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (824.313 KB)

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika yang diajar menggunakan model Problem Basic Learning dan yang diajar menggunakan model konvensional. Secara komparatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika antara yang diajar menggunakan model Problem Basi Learning dengan model konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji-t, tetapi sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar fisika yang diajar menggunakan model Problem Basic Learning termasuk dalam kategori sangat tinggi dan yang diajar menggunakan model konvensional termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar fisika antara yang diajar menggunakan model Problem Basic Learning dengan model konvensional. Rerata prestasi belajar fisika model Problem Basic Learning lebih tinggi dari model konvensional, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model Problem Basic Learning terhadap prestasi belajar fisika.
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN BUNYI Prihatni, Yuli
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII yang diajar dengan alat peraga dan tanpa menggunakan alat peraga. Sampel diambil dari seluruh populasi yang ada. Kemampuan awal dari nilai UTS data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Tehnik analisis data dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan dan perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar fisika yang diajar dengan menggunakan alat peraga dan diajar tanpa menggunakan alat peraga (uji t dengan signifikasi 0,001 < 0,01) hal ini berarti ada pengaruh pembelajaran penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar fisika.
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERHITUNG, CARA BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.018 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berhitung, cara belajar, perhatian orang tua dan prestasi belajar fisika siswa SMA Se-Kecamatan Imogiri Bantul tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecenderungan prestasi belajar fisika dan kemampuan berhitung termasuk dalam kategori sedang dan sangat tinggi, cara belajar dan perhatian orang tua termasuk dalam kategori tinggi. Secara korelatif menunjukan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kemampuan berhitung, cara belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar fisika secara bersama-sama. Nilai koefisien determinasi R2 = 0,513. Sumbanagan efektif ketiga prediktor sebesar 51,253% yang terdiri dari kemampuan berhitung18,249%, cara belajar sebesar 19,090% dan perhatian orang tua sebesar 13,914%.
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR Purwanto, Joko
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.595 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbasis integrasi-interkoneksi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIA MAN Yogyakarta III. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji U, N-gain dan effect size. Hasil analisis data penelitian memperoleh nilai Zhitung = 3,178 > nilai Ztabel (α = 0,025) = 1,96 dan hasil effect size sebesar 0,852. Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbasis integrasi-interkoneksi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Suhu dan Kalor serta perbedaan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen sangat signifikan dibanding dengan siswa kelas kontrol.
HUBUNGAN ANTARA KARAKTER SISWA, KEDISIPLINAN SISWA, DAN KELENGKAPAN SARANA PRASARANA SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.183 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara karakter siswa, kedisiplinan siswa, kelengkapan sarana prasarana sekolah dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X semester genap sma negeri sekecamatan banguntapan bantul tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini sebanyak 418 siswa. Teknik pengambilan sampelnya Random  Sampling sebanyak 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Validitas item dengan korelasi product moment, Reliabilitas instrumen dengan alpha cronbach dan KR 20. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara karakter siswa, kedisiplinan siswa. kelengkapan sarana prasarana sekolah secara bersama-sama dengan prestasi belajar fisika. Nilai koefisien determinasi R2 = 0,456. Sumbangan efektif ketiga prediktor SE = 45,590%. Terdiri dari karakter siswa 15,379%, kedisiplinan siswa 14,626%, kelengkapan sarana prasarana sekolah 15,225%.
PENGARUH MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.523 KB)

Abstract

Tujuan dari pembelajaran gerak adalah pencapaian materi pelajaran pada acara semester VII siswa di Sekolah Menengah Taman Dewasa Pawiyatan Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang diajarkan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dan dengan media Macromedia Flash. Perbedaan antara pembelajaran fisik dimulai dengan menggunakan Macromedia Flash dan membebaskan media Macromedia Flash. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu 48 siswa dengan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Macromedia Flash termasuk sangat tinggi dikategorikan dengan rata-rata 21.667 kelas belajar tidak menggunakan media Macromedia Flash termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 11.375. Secara komparatif terdapat perbedaan prestasi belajar fisika yang sangat signifikan. Macromedia Flash lebih berpengaruh daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media Macromedia Flash.
PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP 1 NANGGULAN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Hidayati, Hidayati
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif dan komparatif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan hasil belajar fisika pokok bahasan cahaya siswa kelas VIII semester genap SMP 1 Nanggulan Kulon Progo tahun pelajaran 2011/2012 menggunakan pendekatan kreativitas guru dan konvensional. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Validitas butir soal diuji dengan korelasi product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa pendekatan kreativitas guru termasuk kategori tinggi, sedangkan konvensional termasuk kategori sedang. Secara komparatif ada perbedaan yang signifikan antara pendekatan kreativitas guru dengan konvensional.

Page 1 of 13 | Total Record : 123