cover
Filter by Year
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
ISSN : 23560673     EISSN : 25795252
Jurnal Ilmiah Compton merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran fisika yang berasal dari hasil penelitian ataupun review artikel. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Juni dan Desember oleh Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Articles
116
Articles
PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS TRI NGA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA KELAS XI

Harianto, Harianto

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.038 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan pedoman praktikum berbasis Tri Nga pada bahan suhu dan panas di SMA kelas 11.Jenis penilaian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) oleh Sugiyono menggunakan 9 tahap, mereka adalah potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, pengujian terbatas, revisi produk dan produk akhir. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian "perlu dilakukan", yaitu penelitian yang hasilnya digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan, sehingga jika pekerjaan itu dibantu dengan produk-produk yang dihasilkan dari R&D akan lebih produktif, efektif, dan efisien. Tes kelayakan panduan praktis berbasis Tri Nga menggunakan kuesioner skala likert dengan memvalidasi oleh tiga validator dan tanggapan siswa dari 31 responden. Pengujian produk dengan melakukan tes keterbacaan produk yang dilakukan di SMA 11 Yogyakarta.Hasil penelitian dan pengembangan ini dihasilkan oleh produk praktikum fisika berbasis Tri Nga pada bahan suhu dan panas dengan skor rata-rata 3,18 atau validator 79,5% termasuk dalam kategori Baik (B) dan skor respons rata-rata siswa 3,49 atau 87 , 25% termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan pedoman praktikum berbasis Tri Nga layak untuk digunakan dan ditambah.

ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS X SMK TAMAN KARYA JETIS YOGYAKARTA

Nurjanah, Siti, Sunarto, Sunarto

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.367 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesulitan yang dialami oleh siswa dalam memecahkan masalah bisnis dan energi. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam melakukan masalah bisnis dan energi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Jetis Karya Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Jetis Karya Yogyakarta dengan total 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes esai. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes urian. Untuk pertanyaan tes yang diuji dalam penelitian ini, meliputi: uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase kesulitan menggunakan konsep 20,61%, penggunaan prinsip 30,30%, pengungkapan informasi sebesar 20,00%, dan kesulitan penghitungan adalah 29,00%. Dari keempat jenis kesulitan tersebut, kesulitan yang dominan adalah kesulitan dalam menggunakan prinsip dengan persentase 30,30%. Hal ini dapat terjadi karena siswa tidak memahami konsep dan prinsip bisnis dan energi, sehingga kesulitan siswa dihadapkan pada pertanyaan dengan jenis pengembangan yang merupakan pemecahan masalah.

PENGARUH SRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.413 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara deskriptif adalah untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika siswa kelas XI dalam pembelajaran fisika SMAN 2 Ngaglik Sleman Angkatan 2017/2018 dengan menggunakan Everybody is Teacher di sini dan strategi pembelajaran ekspositoris dan secara komparatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan belajar siswa. Prestasi siswa kelas 10 antara menggunakan dua strategi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dalam menganalisis data. Hasil deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen termasuk dalam kategori sangat tinggi dan kelas kontrol termasuk dalam kategori tinggi. Secara komparatif, ada perbedaan yang sangat signifikan dalam prestasi belajar fisika. Dengan melihat perbedaannya, prestasi belajar menggunakan Semua orang adalah guru di sini strategi lebih berpengaruh daripada strategi ekspositori. Rata-rata prestasi belajar fisika menggunakan Semua orang adalah guru di sini strategi lebih tinggi daripada menggunakan strategi ekspositori dan ada pengaruh Semua orang adalah strategi guru di sini menuju prestasi belajar fisika.

PENGARUH SRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Setiawan, Aji, Sunarto, Sunarto

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.824 KB)

Abstract

Penelitian ini secara korelatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu belajar, intensitas pemberian pekerjaan rumah dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan di Seyegan Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta pada tahun akademik 2017/2018. Populasi penelitian ini termasuk siswa kelas X di semester genap SMK Negeri 1 Seyegan yang berjumlah 460 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling berjumlah 115 siswa menggunakan 25% dari populasi. Analisis data korelatif menggunakan analisis regresi berganda tiga prediktor diikuti oleh korelasi parsial. Hasil penelitian korelatif menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar, intensitas pemberian pekerjaan rumah dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar fisika. Nilai koefisiennya adalah R2 = 0,251. Kontribusi efektif dari ketiga prediktor adalah SE = 8,670% manajemen waktu belajar, intensitas memberikan pekerjaan rumah 7,624%, 8,844% perhatian orang tua dan kontribusi relatif 100%.

PENGEMBANGAN FOUR TIER-TEST SEBAGAI INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KINEMATIKA GERAK LURUS

Purwanto, Joko

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen four tier-testuntuk identifikasi miskonsepsi siswa pada kinematika gerak lurus yang berkualitas, dan mengetahui level pemahaman apa saja yang dapat ditemukan pada siswa dalam kinematika gerak lurus dengan menggunkan instrumen four tier test. Jenis penelitian adalah Reaserch and Development(R&D). Subjek penelitian untuk uji terbatas pada penelitian ini adalah MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta kelas XII IPA B dan XII IPA C Tahun ajaran 2017/2018. Siswa memberikan respon terhadap produk yang diujicobakan serta memberikan komentar dan saran pada lembar angket respon. Hasil analisis data didapatkan, skor rata-rata respon keterbacaan siswa adalah 0,76 (Baik). Subjek penelitian untuk uji luas pada penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta kelas X IPA 1 dan X IPA 2; dan MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta kelas X IPA A dan X IPA B Tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi instrumen tes untuuk ahli materi, lembar angket respon keterbacaan siswa dengan menggunakan skala Guttman, dan lembar instrumen tes yang digunakan untuk identifikasi miskonsepsi siswa. Instrumen yang dihasilkan terdiri dari butir 20 soal dengan kriteria valid yang dilengkapi dengan kisi-kisi, alokasi waktu, petunjuk penggunaan soal, kunci jawaban, lembar jawab, dan pedoman analisis jawaban. level pemahaman yang dapat identifikasi dengan menggunakan Instrumen four tier test identifikasi miskonsepsi siswa pada kinematika gerak lurus ini pada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah (1) paham konsep (5,8%); (2) paham sebagian (35,7%); (3) tidak paham konsep (27,4%); (4) miskonspsi (28,8%); (5) tidak dapat dikodekan (2,4%), dan pada MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah (1) paham konsep (7,9%); (2) paham sebagian (36,3%); (3) tidak paham konsep (24,2%); (4) miskonspsi (31,6%); (5) tidak dapat dikodekan (0,1%).

PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP NGANDEL PADA PELAJARAN FISIKA DI SMPN 3 PRAMBANAN

Prihatni, Yuli, Supriyoko, Supriyoko

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.788 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan instrumen sikap ngandel yang baku, (2) mengetahui indikator sikap ngandel, (3)  mengetahui kecenderungan sikap ngandel siswa, pada mata pelajaran fisika.Tahap-tahappengembangan: 1) Validasi expert judgement, 2) Revisi ke 1, 3) Uji keterbacaan, 4) Revisi ke 2, 5) Uji Validitas Isi, 6) Revisi ke 3, 7) instrumen final,8) Implementasi instrument.  Subjek penelitian sebanyak 155 siswa SMP Negeri 3 Prambanan.Hasil penelitian ini adalah (1) Tersusun instrument  untuk sikap “Ngandel”, yang valid dan reliabel. (2) Instrumen final memiliki 6 indikator yang terdiri atas  24 butir (3) Kecenderungan sikap ngandel  pada pelajaran fisika  siswa SMP Negeri 3 Prambanan dalam kategori sangat tinggi (ST).

PENGARUH MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.523 KB)

Abstract

Tujuan dari pembelajaran gerak adalah pencapaian materi pelajaran pada acara semester VII siswa di Sekolah Menengah Taman Dewasa Pawiyatan Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang diajarkan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dan dengan media Macromedia Flash. Perbedaan antara pembelajaran fisik dimulai dengan menggunakan Macromedia Flash dan membebaskan media Macromedia Flash. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu 48 siswa dengan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Macromedia Flash termasuk sangat tinggi dikategorikan dengan rata-rata 21.667 kelas belajar tidak menggunakan media Macromedia Flash termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 11.375. Secara komparatif terdapat perbedaan prestasi belajar fisika yang sangat signifikan. Macromedia Flash lebih berpengaruh daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media Macromedia Flash.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG

Ilham, Ilham

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.784 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Sharedan model pembelajaran konvensional.Secara komparatif untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Shareterhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar fisika siswa yang diajar menggunakan model Think Pair Shareadalah sangat tinggi sedangkan kecenderungan prestasi belajar fisika siswa yang diajar menggunakan model konvensional adalah tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Shareterhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015.

PENGARUH MEDIA VISUAL GRAFIS TERHADAP PENCAPAIAN PEMBELAJARAN FISIKA

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.989 KB)

Abstract

Tujuan deskriptif dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika menggunakan media visual graphichal dan tanpa media visual graphichal. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika kelas IX SMP N 9 Yogyakarta tahun akademik 2016/2017 antara pembelajaran menggunakan media visual graphichal dan tanpa media visual graphichal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Secara deskriptif hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar fisika menggunakan media visual graphichal termasuk kategori tinggi dengan rata-rata 18.15 dan tanpa media graphichal berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 12.88. Secara komparatif terdapat perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar fisika antara pembelajaran menggunakan media visual graphichal dan tanpa media visual graphichal. Rata-rata prestasi belajar fisika menggunakan media visual graphichal lebih tinggi daripada model pembelajaran tanpa media visual graphichal. Artinya ada pengaruh model pembelajaran media visual graphichal terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas IX semester genap SMP N 9 Yogyakarta tahun akademik 2016/2017.

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KONSEP KALOR

Winingsih, Puji Hariati

COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.487 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika dengan menggunakan metode pemberian tugas terstruktur dan metode pemberian tugas tidak terstruktur. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Data tes hasil belajar diperoleh dengan pemberian tugas terstruktur. Perhitungan statistik uji-t yang digunakan untuk uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan taraf signifikan (α=5%) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pebedaan hasil belajar siswa yang diberi tugas terstruktur dengan yang tidak diberi tugas terstruktur dengan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,100 dengan p = 0,004 < 0,01 maka hipotesis diterima. Skor hasil belajar fisika dengan menggunakan metode pemberian tugas terstruktur lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak diberikan tugas terstruktur yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen 19,040 varians 21,707 dan standar deviasi 4,659. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 14,200, varians 39,250 dan standar deviasi 6,265.