cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
GEMA EKONOMI
Published by Universitas Gresik
ISSN : 26210444     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Arjuna Subject : -
Articles 116 Documents
PENGARUH KEMAMPUAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA SUPERVISOR PT. SWABINA GATRA GRESIK
GEMA EKONOMI Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.297 KB)

Abstract

Pada dasarnya setiap perusahaan yang didirikan mempunyai harapan bahwa kelak di kemudian hari akan mengalami perkembangan yang pesat di dalam lingkup usaha dari perusahaannya dan menginginkan terciptanya kinerja yang tinggi dalam bidang pekerjaannya. Untuk mewujudkan operasinya sebuah perusahaan memerlukan beberapa faktor produksi yaitu alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian. Keempat faktor tersebut tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus saling mendukung untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisisen.Diantara keempat faktor utama tersebut faktor tenaga kerja atau manusia dalam hal ini adalah karyawan, merupakan hal yang terpenting karena manusia merupakan pemakai dan penggerak serta penentu segala aktivitas yang ada di perusahaan.Setiap perusahaan berupaya untuk mendapatkan karyawan yang terlibat dalam kegiatan organisasi atau perusahaan dapat memberikan prestasi kerja. Dalam bentuk kinerja karyawan setinggi mungkin untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja diantaranya semangat kerja dan disiplin kerja, tingkat pendidikan, ketrampilan, gizi dan kesehatan, sikap dan etika, kemampuan kerja, iklim kerja, teknologi, sarana produksi, kesempatan kerja dan kesempatan berprestasi, Ravianto (1995:20).Kemampuan di organisasi Swabina Gatrabanyak melibatkan supervisor dengan berbagai latar belakang profesional. Hal ini dibutuhkan manajemen sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan yang handal. Manajemen sumber daya manusia pada hakekatnya merupakan bagian integral dari keseluruhan manajemen Swabina Gatra. Pemahaman tentang sumber daya manusia adalah aset utama Swabina Gatra, manajemen sumber daya manusia yang strategis memandang semua manajemen pada semua tingkat apapun baik secara struktural maupun fungsional sebagai manajemen sumber daya manusia (Kadir dan Noor, 2008).
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN DI RUMAH SAKIT UMUM DENISA GRESIK
GEMA EKONOMI Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.731 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Persepsi Konsumen di Rumah Sakit Umum Denisa Gresik yang terdiri dari Produk, Tempat, Bukti Fisik.. Rancangan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Non- Probability Sampling dengan metode analisis deskriptif dan metode rata-rata hitung (mean score). Sampel yang diambil sebanyak 60 responden dari pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Denisa Gresik. Hasil penelitian uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa variabel produk (X1), tempat (X2) dan bukti fisik (X3) semua menunjukkan valid dan reliabel. Dikatakan valid karena semua nilai signifikannya <0,05. Dan dianggap reliabel atau handal dalam melakukan fungsinya sebagai alat ukur karena menunjukkan bahwa setiap variabel mempunyai nilai Cron boach alpha (α) lebih besar dari 0.632.
PERSEPSI TENTANG DISIPLIN KERJA KARYAWAN BAGIAN SATPAM PADA PT WILMAR NABATI INDONESIA GRESIK
GEMA EKONOMI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.322 KB)

Abstract

Persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia. Persepsi merupakan keadaan integrasi dari individu terhadap stimulus yang diterimanya. Apa yang ada dalam diri individu, pikiran, perasaan, pengalaman-pengalaman individu akan ikut aktif berpengaruh dalam proses persepsi. Berbicara mengenai persepsi, seringkali ditemukan gambaran atau pendapat yang berbeda-beda terhadap suatu obyek atau benda yang dinilainya. Suatu obyek atau benda yang kita tanyakan kepada satu orang ke orang yang lainnya, dapat dipastikan ada perbedaan pandangan dan tanggapan dalam memberikan penilaian. Kondisi di lapangan, diperoleh bahwa informasi dan masukan dari karyawan bagian Satpam (Security) di PT Wilmar Nabati Indonesia Gresik bahwa cara pandang atau dalam mempersepsikan kedisiplinan kerja berbeda-beda antara satu anggota dengan anggota lainnya. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi karyawan bagian Satpam tentang kedisiplinan kerja Satpam di Lingkungan PT Wilmar Nabati Indonesia Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik survey, bahwa dalam penelitian ini nantinya peneliti hanya menggambarkan tentang karakteristik (ciri-ciri) individu, situasi atau kelompok tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 11 atau 23,91% dari jumlah responden dengan kompetensi pendidikan dasar Garda Pratama mempunyai persepsi positif sebesar 100,00%, tidak ada responden yang mempunyai berpersepsi negatif. Kemudian dari 2 responden atau 4,35% dari jumlah responden dengan pendidikan TNI/Polri (Purnawirawan), keseluruhannya menyatakan persepsi positif yaitu sebesar 100,00%. Selanjutnya sebanyak 33 atau 71,74% dari jumlah responden dengan kompetensi pendidikan dasar kedisiplinan non Garda Pratama menyatakan persepsi positif persentasenya sebesar 100,00%, dan tidak ada anggota satpam yang mempunyai persepsi negatif. Dari total responden sebanyak 46,melihat dari kompetensi pendidikan kesatpaman yang berbeda-beda, keseluruhan responden menyatakan persepsi yang positif yaitu sebesar 100,00% dan tidak ada yang menyatakan persepsi negatif.
PENGARUH VARIASI PRODUK DAN DAYA BELI TERHADAP TINGKAT KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FRESH TEA DI KOPERASI SMPN 3 GRESIK
GEMA EKONOMI Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.006 KB)

Abstract

Semakin berkembangnya dunia usaha dan semakin ketatnya persaingan, perusahaan dituntut untuk mampu menciptakan strategi yang tepat dan selalu berorientasi pada selera konsumen tanpa mengabaikan tujuan perusahaan. Tercapainya tujuan tersebut bukanlah suatu kebetulan melainkan suatu pemikiran yang matang dan teliti oleh mereka yang bertanggungjawab atas suatu aktivitas pembelian suatu produk. Cepat atau lambat perusahaan harus memperbaiki kemampuannya.Dalam sudut pandang sistem ekonomi, peran perantara pemasaran adalah mengubah produk yang dibuat oleh produsen menjadi pengelompokan yang diinginkan oleh konsumen. Produsen hanya membuat beberapa jenis produk dalam jumlah besar, tetapi konsumen menginginkan beraneka macam produk dalam jumlah sedikit. Dalam saluran distribusi, perantara membeli barang dalam jumlah besar dari banyak produsen dan kemudian mereka memecah-mecahkannya menjadi jumlah kecil dan lebih beraneka ragam sesuai dengan keinginan konsumen.
ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL SIKLUS PEMBAYARAN GAJI PADA CV. KAYU MULTIGUNA INDONESIA DI GRESIK Fitri, Aida
GEMA EKONOMI Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.747 KB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor penting perusahaan dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan, dimana Gaji merupakan sejumlah uang yang di berikan kepada seseorang baik itu seorang pegawai atau karyawan sebagai imbalan jasa atas usaha atau kerja yang telah dilakukannya terhadap perusahaan. Biaya gaji merupakan suatu masalah yang cukup penting. Biaya gaji merupakan biaya yang membutuhkan jumlah yang cukup besar dibandingkan yang lain. Sehingga pengendalian internal atas penggajian sangat dibutuhkan pada saat pelaksanaan guna menghindari penggandaan gaji.Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, peneliti mencoba untuk menyunsun, mengelola dan menginterprestasikan fakta yang didapat guna menjawab bagaimana peran pengendalian internal dalam menunjang efektifitas atas penggajian pengumpulan data dilakukan dengan wawancara , observasi dan analisis data.
PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT PETROKIMIA GRESIK
GEMA EKONOMI Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.16 KB)

Abstract

Rumah Sakit tidak lagi sebagai lembaga yang berfungsi sosial mengfasilitasi pelayanan kesehatan saja, tetapi juga bergeser menjadi usaha bisnis sosial ekonomi. Manjemen Rumah Sakit telah berusaha mengubah paradigma manajemen dalam menjalankan bisnis menjadi lebih efektif, bertahan dan bekembang dalam lingkungan bisnis yang telah berubah. Rumah Sakit semakin berinovatif dalam membuat strategi pemasaran dengan memberikan pelayanan yang dapat menciptakan kepuasan pasien.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Petrokimia Gresik. Penelitian ini berjenis eksplanatif atau eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik Convenience Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Metode pengumpulan data yang terkait dengan masalah penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Hasil penelitian dari 120 responden, menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien. Dari hasil perhitungan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 18.00 for windows, diperoleh pada variabel Strategi Bauran Pemasaran nilai F hitung sebesar 79,346 dengan tingkat p value sebesar 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi α = 0,05 didapat F tabel sebesar 2,103. Dari hasil tersebut maka hitung > t tabel yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Berarti variabel Strategi Bauran Pemasaran yang terdiri dari produk,harga, distribusi, promosi, SDM, Bukti fisik, dan proses secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dalam menentukan loyalitas pasien di Rumah Sakit Petrokimia Gresik.
SEGMENTASI PASAR JASA LAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN MANFAAT YANG DI RASAKAN OLEH PELANGGAN JASA RUMAH SAKIT DI KABUPATEN GRESIK (STUDI PADA RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK DAN RUMAH SAKIT PETROKIMIA GRESIK) Farida, Nur
GEMA EKONOMI Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.409 KB)

Abstract

Market segmentation has long been regarded as one of the most important marketing concepts are available for managers interested in marketing the product. In today’s competitive market. Market segmentation is a market activity which divide the market into groups of buyers who are distinguished according to different needs. The purpose of the division of market into several homogeneous market is for marketers to drive to satisfy the specific needs of each target market.Market segmentation approach involves identifying the benefits sought by different homogeneous groups, which allows the properties and the relevant request is determined and used as a source of service differentiation. This study aims to determine market segmentation Semen Gresik Hospital services and Hospital Petrokimia Gresik is formed based on the benefits perceived by the customer. This research was conducted with descriptive research approach, the sample of 110 respondents. Methods of data analysis used in this research is explanatory factor analysis, cluster analysis and cross tabulation analysis
BEBERAPA RASIO KEUANGAN YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN PT. PG DI GRESIK
GEMA EKONOMI Vol 5, No 1 (2016)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.571 KB)

Abstract

Kesehatan keuangan perusahaan sangat diperlukan untuk menjaga eksistensi perusahaan. SK Menteri BUMN No: Kep-100/MBU/2002 untuk menilai tingkat kesehatan BUMN diperlukan juga untuk menilai kinerja anak perusahaan BUMN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan PT PG di Gresik dari aspek keuangan berdasarkan SK Menteri BUMN No: KEP-100/MBU/2002 kurun waktu empat tahun terakhir. Penilaian tingkat kesehatan dari aspek keuangan menggunakan delapan indikator yaitu ROE, ROI, cash ratio, current ratio, collection periods, perputaran persediaan, TATO dan Total Modal Sendiri terhadap Total Aset. Hasil penilaian tingkat kesehatan keuangan PT PG memperoleh predikat sehat diharapkan mampu selalu meningkatkan kesehatan keuangannya.
PENGARUH PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN MIE INSTAN INDOMIE GORENG DI PASAR BARU GRESIK
GEMA EKONOMI Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.888 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of product, promotion, and againstDecision to purchase Indomie Goreng Instant noodle at Pasar Baru Gresik. This ResearchIs a quantitative study using survey methods. Test value ReliabiltasEach having influence X1 (0.694), X2 (0,573) and Y (0.813) onCronbach Alpa. Research subjects used are buyers in the new Market cityGresik which amounts to 66 people. Data analysis technique using F test at level5% significance. The results showed the significance test of the coefficientDone by consulting the price of F arithmetic (9,784)> F table (3.14) on 5% significance level and in Determination test R of 0.237 or 23.7% which means Shows the strong relationship between the variables of the variations of the influence of the product andPromotion of purchase decision variables, so it can be said hubungganVariable X to Y is strong.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENINGKATNYA PENDAPATAN MASYARAKAT PETERNAK SAPI POTONG DI DESA BOLO - KECAMATAN UJUNGPANGKAH
GEMA EKONOMI Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : GEMA EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.377 KB)

Abstract

Pembangunan subsektor peternakan menjadi bagian pembangunan sektor pertanian yang diarahkan supaya bisa lebih maju dan efisien. Kabupaten Gresik memiliki 18 kecamatan, dan salah satunya adalah kecamatan Ujungpangkah, yang mempunyai banyak usaha pengemukan sapi baik secara individu maupun kemitraan diantaranya seperti Desa Bolo, Desa Kebon Agung, dan Desa Sekapuk.Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh managerial skills, kualitas produk,dan pemasaran secara simultan terhadap meningkatnya pendapatan masyarakat peternak sapi potong di desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah. Penelitian ini dilaksanakan di desa Bolo Kecamantan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Metode Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Managerial skills, kualitas produk dan pemasaran secara parsial berpengaruh terhadap meningkatnya pendapatan masyarakat peternak sapi potong di desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah.

Page 1 of 12 | Total Record : 116