cover
Contact Name
Didik Efendi
Contact Email
di2kefendi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
di2kefendi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG)
ISSN : 25483005     EISSN : 26556375     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 11 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini akan memuat minimal 3 (tiga) artikel dari luar Kota Madiun .Terbit 4 (empat) bulan sekali.
Arjuna Subject : -
Articles 72 Documents
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Gradient Garis Lurus Melalui Metode Belajar Aktif Model Gabungan Ceramah Dan Kerja Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMPN 13 Madiun Tahun Pelajaraan 2017/2018
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.38 KB)

Abstract

Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam  hal ini guru harus mencari metode untuk mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus bisa membangkitkan kembali memori itu.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,29%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok materi pelajaran dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SMP Negeri 13  Kota Madiun serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika
Peningkatan Kompetensi Penelitian Dan Pengembangan Serta Optimalisasi Kualitas Kepengawasan Supervisi Manajerial Oleh Pengawas Sekolah Di SMP Negeri 2 Winongan Kabupaten Pasuruan ., Kustiati
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.262 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah: 1) Melaksanakan dan membuat laporan upaya peningkatan kompetensi penelitian dan pengembangan oleh guru baik secara mandiri maupun terprogram; 2) Menyusun perangkat pembelajaran untuk satu mata pelajaran lengkap; 3) Menyusun laporan observasi pembelajaran di kelas terhadap beberapa guru dalam upaya mencapai standar kompetensi lulusan; 4) Mengembangkan model penilaian yang secara umum dapat dipandang lebih baik dari apa yang telah dikembangkan di sekolah, baik yang menyangkut mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaiannya; 5) Melaksanakan pengkajian terhadap program kepengawasan di sekolah binaan yaitu SMP Negeri 2 Winongan berkenaan dengan implementasi 8 standar nasional pendidikan (SI, SKL, Proses, Penilaian, Pengelolaan, Sarpras, Tendik, Pembiayaan). Setelah penulis sebagai pengawas sekolah melaksanakan kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah mulai awal sampai akhir pelaksanaan kegiatan, maka kompetensi supervisi manajerial penulis sebagai pengawas sekolah dapat meningkat, kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) meningkat, dengan melaksanakan supervisi guru dan kepala sekolah, maka kompetensi supervisi manajerial penulis semakin meningkat, meningkatnya kompetensi penulis dalam menyusun perangkat pembelajaran.
Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Anak Melalui Permainan Bola Kecil Siswa Kelas III Semester I SDN 02 Pandean Kota Madiun ., Suwarno
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.894 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya kemampuan gerak dasar  siswa kelas III SDN 02 Pandean Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan gerak dasar dengan penerapan permainan bola kecil siswa kelas III SDN 02 Pandean Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian melalui pengamatan (observasi) terhadap aktivitas siswa, dengan subyek penelitian berjumlah 25 anak. Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar . Teknik analisa data secara deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdapat tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode observasi adalah adanya perubahan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Adanya peningkatan kemampuan gerak dasar dengan tes diakhir pembelajaran. Adapun peningkatannya yaitu nilai rata-rata siklus I sebesar 68 dan siklus II sebesar 83.  Kenaikan nilai rata-rata siklus I sampai dengan siklus II sebesar 15. Manfaat penelitian ini bagi khalayak sebagai pengembangan wawasan kegiatan pembelajaran dan bagi guru merupakan solusi alternatif dalam pemanfaatan permainan bola kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani.
Peningkatan Hasil Belajar Menulis Surat Untuk Teman Sebaya Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS) Siswa Kelas IV SDN 2 Banyudono Kecamatan Ponorogo Fadilah, Siti
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.532 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan penguasaan konsep Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita melalui pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS), 2) Mengetahui kemampuan guru dalam upaya merenovasi pelaksanaan pelajaran Bahasa Indonesia melalui pengembangan model pembelajaran, 3) Memperluas wawasan guru terhadap perlunya pengembangan model pembelajaran, 4) Mengetahui peningkatan penguasaan konsep Bahasa Indonesia khususnya Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dapat ditingkatkan dengan pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS). Hal ini dapat dibuktikan adanya kenaikan nilai rerata kelas dalam setiap siklusnya. Masing-masing adalah, pada siklus I 73,00, siklus II 77,50, dan siklus III 83,50. Peningkatan ini juga diikuti dengan kenaikan tingkat ketuntasan belajar yaitu pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas belajar adalah 70,00%, siklus II 80,00% dan siklus III 100%.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Perbandingan Dan Skala Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal ., Sunarto
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.043 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan Perbandingan dan Skala melalui metode Learning Expeditions pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa keterampilan siswa untuk dalam bidang Matematika khususnya pada materi ajar Perbandingan dan Skala sangat rendah, yakni hanya 55,56% dari jumlah siswa dinyatakan tuntas belajar dan nilai rerata yang dicapai hanya 60,53. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Peranan Model Pembelajaran Learning Expeditions dalam meningkatkan keterampilan Matematika materi ajar Perbandingan dan Skala ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 72,40; siklus II 76,30, dan siklus III 81,48. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 70,37%, siklus II meningkat menjadi 81,48%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 92,60%.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Oleh Guru Dan Optimalisasi Program Kepengawasan Akademik Dan Manajerial Pengawas Sekolah Di SMP Negeri 1 Tutur Kabupaten Pasuruan
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.319 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah Kepengawasan ini bertujuan: 1) Melaksanakan dan membuat laporan upaya peningkatan kompetensi penelitian dan pengembangan oleh guru baik secara mandiri maupun terprogram; 2) Menyusun perangkat pembelajaran untuk satu mata pelajaran lengkap; 3) Menyusun laporan observasi pembelajaran di kelas terhadap beberapa guru dalam upaya mencapai standar kompetensi lulusan; 4) Mengembangkan model penilaian yang secara umum dapat dipandang lebih baik dari apa yang telah dikembangkan di sekolah, baik yang menyangkut mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaiannya; 5) Melaksanakan pengkajian terhadap program kepengawasan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan (SMP Negeri 1 Tutur) berkenaan dengan implementasi 8 standar nasional pendidikan (SI, SKL, Proses, Penilaian, Pengelolaan, Sarpras, Tendik, Pembiayaan). Dengan telah dilaksanakannya kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah mulai awal sampai akhir pelaksanaan kegiatan, maka kompetensi supervisi akademik penulis sebagai pengawas sekolah dapat meningkat, kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) meningkat, dengan melaksanakan supervisi guru dan kepala sekolah, maka kompetensi supervisi akademik penulis semakin meningkat, meningkatnya kompetensi penulis dalam menyusun perangkat pembelajaran
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Puisi Melalui Metode Kerja Kelompok Bagi Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Kawedanan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.791 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Kerja Kelompok yang dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII-A Semester II SMP Negeri 2 Kawedanan  tahun pelajaran 2016/2017, Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan siklus penelitian, yaitu siklus 1 dilanjutkan siklus 2, dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan, yang dalam tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A Semester II SMP Negeri 2 Kawedanan tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 22  anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan metode Kerja Kelompok dapat  meningkatkan kemampuan menulis puisi  siswa kelas VII-A Semester II  SMP Negeri 2 Kawedanan tahun pelajaran 2016/2017. Perolehan rata-rata siklus 1 67,27, siklus 2  71,36 dan nilai rata-rata siklus 3 adalah 79,31. Hasil peningkatan ketuntasan klasikal upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi  melalui penerapan metode Kerja Kelompok pada siswa kelas VII-A Semester II SMP Negeri 2 Kawedanan tahun pelajaran 2015/2016 mengalami peningkatan dari siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Dengan prosentase peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 40,40%, siklus 2  72,72% dan siklus 3 sebesar 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Kerja Kelompok  dapat meningkatkan  kemampuan menulis puisi siswa kelas VII-A Semester II SMP Negeri 2 Kawedanan tahun pelajaran 20162017.
Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Pembelajaran Take And Give PadMata Pelajaran PKN Kelas IV Semester II SD Negeri 2 Serang, Kejajar, Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.837 KB)

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan metode pembelajaran take and give dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di kelas IV di SD Negeri 2 Serang. (2) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah metode pembelajaran take and give sesuai sintaks yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn di kelas IV di SD Negeri 2 Serang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral yang masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat disimpulkan (1) Penerapan metode take and give  membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Jika dihitung maka tingkat keaktifan siswa menggunakan skala likert ini adalah 70,3 (aktif) pada siklus I dan 78,3 (sangat aktif) pada siklus II. (2) Penerapan metode take and give  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Serang. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar yang diperoleh siswa, yaitu pada kegiatan pra siklus nilai rata-rata 59,8. Kemudian pada kegiatan siklus 1 meningkat menjadi 68,1 dan meningkat lagi di siklus 2 menjadi 75,1. Dari ketuntasan 36,4% (pra siklus), 72,7% (siklus 1), dan 86,4% (siklus 2).
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Short Functional Text Tulis Slogan Pendek Lingkungan Dengan Model Pembelajaran ENE (Example Non Example) Kelas VIII C SMPN 9 Madiun
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.482 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah:  Meningkatan hasil belajar siswa materi short functional text tulis Slogan  lingkungan dengan model pembelajaran Example Non Example Kelas VIII C SMPN 9 Madiun. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Desain penelitian proses kajiannya menggunakan empat tahap, rencana tindakan, implementasi tindakan, observing-monitaring, refleksi. Tindakan penelitian terdiri dari 2 (dua) siklus dengan 2 (dua) tindakan yakni tindakan I dan tindakan II yang akan dilaksakan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Instrumen untuk memperoleh data adalah berupa hasil tes tulis siswa, yaitu untuk memperoleh data kuantitatif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus mengalami peningkatan yang signifikan yaitu  71  pada siklus I, menjadi  76  pada siklus 2.
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Drama Pendek Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (Eb) Siswa Kelas VI SDN 1 Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Kalsum, Umi
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.214 KB)

Abstract

Dari data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa keterampilan siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada kompetensi dasar Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan sangat rendah, yakni hanya 50,00% dari jumlah siswa dinyatakan tuntas belajar dan nilai rerata yang dicapai hanya 57,08. Hal semacam ini jika dibiarkan, maka akan membawa dampak yang kurang baik. Peneliti menganggap masalah tersebut merupakan sesuatu yang urgen. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Elaborasi. Apabila guru menerapkan model pembelajaran Elaborasi diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa terampil dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2x35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode Elaborasi pada siswa Kelas VI, Peranan Model Pembelajaran Elaborasi dalam meningkatkan hasil belajar Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) yakni : pada siklus I  67,91; siklus  II 75,42, dan siklus III 81,25. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 66,67%, siklus II meningkat menjadi 79,17%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.