RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
ISSN : 26542684     EISSN : 26219700
RESISTOR adalah jurnal yang berisi dan menerima sumbangan artikel tentang elektronika, material elektronika, kendali, telekomunikasi, tenaga listrik dan komputer. RESISTOR terbit pada Mei dan November.
Articles 21 Documents
Perancangan dan Implementasi Security System pada Sepeda Motor Menggunakan RFID Sensor Berbasis Raspberry Pi

Isyanto, Haris, Solikhin, Akhmad, Ibrahim, Wahyu

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 2, No 1 (2019): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24853/resistor.2.1.29-38

Abstract

Di era modern seperti saat ini, sepeda motor sudah menjadi kebutuhan pokok untuk keperluan transportasi bagi hampir semua kalangan. Selain karena harganya yang terjangkau, penggunaan dan perawatannya yang mudah menjadi alasan mengapa banyak orang yang menggunakannya. Tetapi bersamaan dengan itu, tindak kriminal pencurian sepeda motor pun semakin meningkat. Atas latar belakang itulah maka dirancang sebuah alat pengaman tambahan pada penelitian ini. Alat yang dibuat menggunakan 3 (tiga) buah sistem keamanan, yaitu RFID scanner, RF modul communication, dan GPS function. RFID scanner berfungsi sebagai kunci tambahan, di mana selain kartu (tag) yang didaftarkan tidak ada kartu lain yang bisa digunakan untuk menyalakan relay. RF module communication berfungsi agar apabila pengemudi dan sepeda motor terpisah sejauh n meter, maka mesin sepeda motor akan mati secara otomatis. GPS berfungsi untuk memonitor / melacak di mana lokasi sepeda motor berada. Hasil yang didapatkan pada perancangan alat ini adalah RFID scanner dapat men scan kartu pada jarak 0 – 4 cm dan pada sudut 0 - 60° & 120 - 180°. RF modul dapat berkomunikasi pada jarak 0 – 20 meter tanpa penghalang, dan GPS modul dapat merespon SMS dari pengguna dalam waktu 27 detik dengan tingkat akurasi 10 meter.

Control Switch Otomatis pada Tegangan Energi Alternatif dan Tegangan Sumber PLN Menggunakan Raspberry Pi

Muchtar, Husnibes, Sumanjaya, Riyan

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 2 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.741 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.2.97-102

Abstract

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia, tanpa adanya listrik dunia akan gelap gulita. Tanpa adanya listrik kita tidak bisa menyalakan barang – barang elektronik seperti televisi, kulkas, mesin cuci dan barang elektronik rumah tangga lainnya. Sekarang listrik disuplai dari sumber PLN dan memberikan energi listrik ke banyak rumah maupun pabrik. Kadang sumber listrik PLN tidak bisa terus – menerus menghasilkan listrik, karena adanya faktor yang lainnya seperti cuaca yang buruk, kebakaran (dari transformator gardu induk maupun distribusi) dan kesalahan dalam jalur kabel dalam hal distribusi ke konsumen. Akibatnya perabotan jadi gampang rusak yang diakibatkan listrik mendadak OFF saat digunakan. Untuk mencegah hal tersebut dengan membuat kontrol switch otomatis dari sumber tegangan PLN ke energi alternatif yang dapat mengontrol listrik bila dari sumber tegangan PLN mendadak OFF, langsung di alihkan ke pembangkit alternatif lainnya sehingga listrik 24 jam standby sehingga mengurangi kerusakan perabotan rumah tangga yang diakibatkan listrik mendadak OFF dan penerangan berlangsung menerus tanpa adanya gangguan dari PLN maupun cuaca buruk, kita juga tidak perlu repot – repot untuk menyalakan generator untuk menyalakan listrik karena sudah dikontrol secara otomatis.                Hasil dari perancangan menghasilkan sebuah alat yang akan dipasang di antara sumber tegangan PLN dan energi alternatif yaitu Sensor Tegangan, Relay. Sensor Tegangan sebagai pembaca nilai yang terdapat di jalur Line dan Netral di sumber PLN dan energi alternatif. Relay  sebagai pengatur pengalihan dari sumber PLN ke energi alternatif maupun sebaliknya. Sistem ini menggunakan mikrokontroler Raspberry Pi sebagai pengendali Relay dan Arduino sebagai ADC dari Sensor Tegangan

Audit Energi Listrik Pabrik

Almanda, Deni, Kusuma, Bayu

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 1 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.762 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.1.25-34

Abstract

Audit energy adalah teknik yang digunakan untuk menghitung besarnya konsumsi energi pada suatu gedung dan mengetahui cara-cara untuk penghematan. Audit energy merupakan aktifitas berkala untuk mengetahui ada tidaknya penyimpangan dalam suatu kegiatan menelusuri dimana dan berapa energi yang digunakan, mengidentifikasikan ketidakseimbangan beban yang menimbulkan losses secara teknis serta mengevaluasi tingkat kelayakan. Adapun tujuan analisa ini adalah untuk mengevaluasi kualitas daya terhadap pengaruh faktor daya, unbalance load dan harmonisa akibat sistem mengkonsumsi beban secara tidak seimbang dan juga beban yang bersifat non-linear serta dampak yang ditimbulkannya terhadap sistem, dengan mengacu pada standar Institute of Electrical and Elecronic Engineers (IEEE) 519.1992.

Studi Kelayakan Core Iron Stator Dengan Metode Loop / ELCID Test

Samsinar, Riza, Purnomo, Nurritwan, Almanda, Deni

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 2 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1920.014 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.2.103-116

Abstract

Core iron adalah Inti besi stator yang terbuat dari bahan ferromagnetic atau besi lunak disusun berlapis-lapis untuk tempat terbentuknya fluks magnet. Agar pembangkit listrik dioperasikan secara  efisien, ketersediaan komponen harus memiliki kualitas yang tinggi dan dicapai oleh generator. Untuk memastikan hal ini, kondisi generator harus diperiksa secara teratur dan direncanakan secara prediktif. Inti besi stator generator yang berumur selalu berada di bawah beban selama beroperasi dan diakibatkan oleh tekanan mekanik, termal, dan listrik. Secara khusus, isolasi antara ribuan laminasi individu dapat rusak selama operasi berlangsung dan pada saat generator bekerja. Isolasi yang rusak bisa menghasilkan arus eddy yang lebih tinggi dan hot spot lokal, yang berangsur-angsur menyebar. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa isolasi antar laminar tetap utuh, untuk mencegah kerusakan akibat konsekuensi seperti pembakaran inti atau kerusakan pada isolasi batang. Kerusakan pada isolasi batang dapat menyebabkan gangguan antar elemen stator dan kegagalan mesin secara tuntas, EL CID adalah tes Fluks Ring (fluks penuh) yang membutuhkan pasokan listrik besar, tenaga kerja yang cukup, dan kamera pengamat inframerah yang mahal.Hasil dari penelitian ini mengahatui bagaimana kondisi core iron stator pada tiga generator dengan daya yang sama dan tahun pemasangan yang berbeda masih layak digunkan atau tidak dengan menggunakan alat Elcid test yang terdiri dari ELCID ,Manual trolley ,Chattock ,kabel eksitasi ,regulator tegangan  manual switch box / terminal , dan Laptop

Analisa Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid PLTD-PLTS di Pulau Tunda Serang Banten

Chamdareno, Prian Gagani, Hilal, Hamzah

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 1 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.007 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.1.35-42

Abstract

Pulau Tunda mempunyai jumlah penduduk 2000 jiwa, dimana sistem kelistrikannya disuplai oleh genset dengan kapasitas 100 kW yang beroperasi selama13 jam setiap hari. Dengan sumber daya Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dapat dikembangkan yaitu energi surya dengan potensi rata-rata sebesar 5,08 KWh/m2/hari. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan kapasitas pembangkit hibrid dari PLTD-PLTS, yang berdasarkan Net Present Cost (NPC) dan hasil analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan simulasi dengan menggunakan software HOMER. Berdasarkan hasil simulasi tersebut kemudian akan dilakukan analisis untuk mengukur seberapa layak sistem pembangkit hibrid ini apabila diterapkan. Dari hasil simulai sistem pembangkit hirbrida PLTD-PLTS yang direncanakan didapat hasil total produksi listrik 206.961 kWh/tahun  dengan kondtribusi PLTD 81,3 % dan kontirbusi PLTS 18,7 %, dimana NPC sebesar $ 2.180.000, biaya listrik $0.919 per kWh, kelebihan listrik sebesar 42.711 kWh/tahun, emisi CO2 yang dihasilkan pada sistem ini adalah sebesar 147 ton pertahun, terjadi penurunan jumlah emisi CO2 sebesar 27 ton pertahun atau 15,5 %.   

Eksperimen dan Simulasi Rangkaian Band Pass Filter (BPF) dengan Resistor dan Kapasitor

Fadliondi, Fadliondi, Asriyadi, Asriyadi

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 2 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.215 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.2.69-78

Abstract

Eksperimen dan simulasi pada rangkaian band pass filter dengan resistor dan kapasitor telah dilakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa ketika frekuensi dinaikkan sampai nilai tertentu, amplitudo juga meningkat, tetapi setelah itu, amplitudo kembali menurun. Hasil simulasi dan hasil eksperimen menunjukkan hasil yang hampir sama.

Perancangan Sistem Kontrol dan Monitoring Beban Listrik Menggunakan Raspberry Berbasis Ip

Muchtar, Husnibes, Nasirudin, Muhammad Danit, Adhitama, Rifki

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 1 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.608 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.1.1-6

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan  teknologi saat ini ditandai dengan bermunculannya alat-alat yang menggunakan sistem kontrol digital dan otomatis. Teknologi menjadi hal yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, mulai dari teknologi mekanik, listrik, dan tentunya teknologi telekomunikasi. Di era globalisasi seperti sekarang ini teknologi sangat membantu aktivitas manusia agar lebih mudah dan lebih efisien. Penggunaan teknologi website saat ini dapat diaplikasikan sebagai sistem kontrol dan monitoring, yang digunakan untuk mengendalikan peralatan elektronika, sehingga user cukup mengontrol dari PC atau smartphone yang telah dihubungkan dengan jaringan internet. Dalam hal ini pengontrolan menggunakan mini PC Raspberry Pi yang memiliki beberapa keunggulan seperti low power dan relatif mudah apabila dihubungkan dengan web server dibandingkan dengan mikrokontroler. Dengan memanfaatkan mini PC Raspberry Pi sebagai web server dapat menggantikan fungsi PC pada umumnya.

Studi Pemilihan Sistem Pendingin pada Panel Surya Menggunakan Water Cooler, Air Mineral dan Air Laut

Almanda, Deni, Bhaskara, Doddy

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 2 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (896.657 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.2.43-52

Abstract

Permasalahan utama dari solar cell adalah perbedaan jenis solar cell yang mengakibatkan perbedaan kinerja pada solar cell tersebut. Besarnya daya keluaran yang dihasilkan relatif tidak konstan karena dipengaruhi oleh besarnya intensitas matahari  serta  suhu  lingkungan  di  sekitarnya.  Untuk mengatasi masalah tersebut maka penelitian ini dirancang untuk melakukan perbandingan panel surya monocrystalline jenis vertikal dan jenis fleksibel.Dari hasil pengujian dan analisa dengan simulasi pencahayaan matahari langsung menggunakan sistem pendingin panel surya fleksibel menghasilkan efisiensi lebih baik dibanding panel surya vertikal, yaitu 20.40%, sedangkan panel surya vertikal menggunakan heatsink, yaitu 16.75%. Dari hasil pengujian dan analisa dengan simulasi pencahayaan lampu menggunakan sistem pendingin heatsink panel surya vertikal menghasilkan efisiensi lebih baik dibandingkan dengan panel surya vertikal, yaitu 17.39%, sedangkan panel surya fleksibel menggunakan heatsink sebesar 15.30%. Dari hasil pengujian dan Analisa dengan simulasi pencahayaan matahari langsung dengan system tanpa pendingin heatsink telah didapatkan hasil Analisa atau percobaan bahwa panel surya fleksibel menghasilkan efisiensi yang lebih baik dibandingkan panel surya vertikal, yaitu 19.39%, sedangkan panel surya vertikal mempunyai efisiensi 18.55%. dari hasil percobaan dan Analisa dengan simulasi pencahayaan lampu tanpa menggunakan system pendingin heatsink dari hasil percobaan dan Analisa telah didapatkan bahwa panel surya vertikal menghasilkan efisiensi yang lebih baik dari pada panel surya fleksibel, yaitu 18.50%, sedangkan panel surya fleksibel menghasilkan efisiensi sebesar 17.37%.

Pengaplikasian Sensor Hujan dan LDR untuk Lampu Mobil Otomatis Berbasis Arduino Uno

Widianto, Mochammad Haldi

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 2 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.869 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.2.79-84

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi mendorong sektor industri untuk lebih kreatif dalam membuat sebuah alat sederhana yang dapat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya pada lampu kendaraan. Dalam rangka mengembangkan teknologi pada lampu kendaraan untuk mengurangi peluang terjadinya kecelakaan, dilakukan pengaplikasian sensor hujan dan sensor cahaya pada lampu mobil secara otomatis berbasis Arduino sehingga mempermudah pemakaian lampu pada kendaraan, terutama untuk kemajuan industri mobil. Sensor LDR (Light Dependent Resistor) dan sensor hujan digunakan untuk memberikan informasi kepada Arduino sehingga lampu pada bagian depan dan belakang mobil akan menyala secara otomatis.

Sistem Monitoring Besaran Listrik dan Energi Penerangan Jalan Umum Secara Realtime Berbasis Web

Samsinar, Riza, Fitria Mulyadi, Redi Rahman, Prambudi, Dwi Arief

RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR) Vol 1, No 1 (2018): RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.96 KB) | DOI: 10.24853/resistor.1.1.7-12

Abstract

Pengembangan energi terbarukan merupakan suatu penghasil energi yang sudah menggunakan cahaya matahari sebagai bahan bakar utamanya (PLTS) juga menjadi salah satu alternative pembangkit listrik yang ramah lingkungan yang sudah diterapakan pada Penerangan Jalan Umum (PJU). Seiring dengan sudah banyaknya dipasang PJU dengan tenaga surya maka sering ditemukan kerusakan pada unit yang masih dibilang susah dalam pemantauan kerusakannya karena harus melihat langsung ke lokasi yang posisinya susah dijangkau karena cukup tinggi. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi sistem monitoring yang dapat dijadikan alat untuk memonitoring sebuah sistem PJU secara realtime. Aplikasi web yang dimaksud adalah sebuah tampilan web dengan sebuah mikrokontroller arduino yang mengontrol sebuah sistem PJU yang akan tertampil pada halaman web yang dilakukan terhadap parameter-parameter yang ada pada saat operasi sistem PJU sehingga pengendalian dan pengamatan jarak jauh dapat dilakukan dan action dari user pun dapat dilakukan lebih dini ketika kondisi sistem PJU tidak normal.

Page 1 of 3 | Total Record : 21