cover
Filter by Year
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Published by STKIP Kusuma Negara
ISSN : 20857144     EISSN : 26230380
Articles
52
Articles
EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN OLAHRAGA KARATE DI KLUB BANK SUMSEL BABEL PALEMBANG

Norito, Tri Bayu

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 9 No 1 (2017)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode CIPP menggunakan pendekatan kualitatif. Daniel Stufflebeam’s mengatakan bahwa CIPP terdiri dari empat tahapan, yaitu : context, input, prosess dan product.Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengevaluasi latar belakang program, tujuan program pembinaan olahraga karate di klub Bank Sumsel Babel, 2) mengevaluasi pelaksanaan seleksi penerimaan atlet, pelatih dan asisten pelatih, sarana dan prasarana, dan pembiayaan pelaksanaan program pembinaan olahraga karate di klub Bank Sumsel Babel, 3) mengevaluasi pelaksanaan program latihan, sistem promosi dan degradasi, konsumsi, kesejahteraan, transportasi dan koordinasi pada pembinaan olahraga karate di klub Bank Sumsel Babel, dan 4) mengevaluasi keberhasilan program pembinaan olahraga karate di klub Bank Sumsel Babel. Populasi penelitian ini adalah atlet karate di klub Bank Sumsel Babel. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, penelusuran dokumen, dan triangulasi data. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan 1) latar belakang dan tujuan pembinaan yang jelas dalam pendirian Bank Sumsel Babel karate club, 2) pelaksanaan penerimaan pelatih dan asisten pelatih, penerimaan atlet berdasarkan seleksi. Kebugaran jamani atlet Bank Sumsel Babel karate clubsebagai evaluasi atlet binaan. Sarana dan prasarana yang dimiliki Bank Sumsel Babel karate club lengkap dan dana pembinaan Bank Sumsel Babel karate club berasal dari Bank Sumsel Babel, 3) Pelatih Bank Sumsel Babel karate clubmemiliki program latihan. Bank Sumsel Babel karate club menerapkan sistem promosi dan degradasi. Ketepatan pelayanan dalam pelaksanaan konsumsi dan kesejahteraan para atlet dan pelatih. Tidak disediakannya transportasi khusus bagi atlet dan pelatih. Koordinasi yang terjalin pada stakeholder yang terkait, 4) Prerstasi yang diraih Bank Sumsel Babel karate club membanggakan Bank Sumsel Babel dan Sumatera Selatan

KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM ERA GLOBALISASI DI INDONESIA

Nurwiatin, Neng

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kebijakan Pendidikan Dalam Era Globalisasi Di Indonesia. Kebijakan pendidikan Dalam Era Globalisasi Di Indonesia. Untuk memasuki era globalisasi pendidikan harus bergeser ke arah pendidikan yang berwawasan global. Pendidikan harus memiliki wawasan dan bersifat tidak hanya mementingkan nilai. Tetapi mengutamakan pemahaman, penalaran, dan penerapan ilmu yang di dapat. Kita akan dapat memahami lebih baik keadaan diri kita sendiri apabila kita dapat memahami hubungan terhadap masyarakat lain. Serta perlu pemahaman isu-isu global lainnya. Maka dari itu, sebagai pendidik harus mampu memahami isu isu global yang ada dan mampu berfikir kritis untuk menanggapinya. Kami menyarankan kepada pmerintah untuk lebih meningkatkan mutu SDM yang berkualitas dan bermoral agar dapat lebih siap untuk menerima darnpak positif maupun dampak negatif dari adanya globalisasi. peningkatan mutu SDM bisa ditingkatkan melalui program pendidikan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. Hendaknya pemerintah juga lebih memperhatikan tentang dampak globalisasi karena dampak globalisasi tidak hanya merugikan warga negaranya akan tetapi hal itu juga dapat berimbas pada pemerintah sendiri.

PENGARUH KONSEP DIRI, ADVERSITY QUOTIENT DAN KREATIVTAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Hilal, Samsu

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengarult Konsep Diri, Adversity Quotient, Dah Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Fislka The cim of this reseorch is to know the effect of self-concept, adversity quotient , and creativity to physics learning achievement . The research method wish was used in the research is survey method. Analysis using multiple regression and correlation techniques. The population of research is all student in senior high school I Gurungari in Serang Regency from Banten Privincy. samples are taken by simple random sampling, consisted of 96 students. The instrument used was a questionaire to measure the self-concept, adversity quotient, and creativity instrument and physics learning achievement instrument that haye been validated. The hypothes'is testing resulted conclution: 1) there is a positive effect and significant of self-concept, adversity quotient, and creativity to physics learning achievement. 2) there is a positive effect and significant of self-concept to physics learning achievement. 3) there is a positive effect and significant of adversity quotient to physics learning achieventent. 4) there is a negative effect and no significant of creativity to physics learning archievement.

PENGEMBANGAN MODEL MOTTVATION BOOK (MOTIBOO) DALAM RANGKA PENINGKATAN MOTIVASI SEBUAH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (R&D) TERHADAP KARYAWAN LEMBAGA PENGEMBANGAN PERBANKAN INDONESIA

Harini, Hegar

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengembangan Model Motivation Book (Motiboo) Dalam Rangka Peningkatan motivasi : Sebuah Penelitian Dan Pengembangan (R&D) Terhadap Karyawan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia. The model of Motivation Book (MOTIBOO) is a literature that focused an the employee motivation, which developed by Borg and Gall, (1953).The purpose o1 this study is to give more contribution on the field of knowledge of motivation, and gain the practical experience on the employee motivation.This study employeed the methodology that used by Borg and Gall to analysed the motivation. It consisted of four stages : 1) pre research; 2) planning; 3) development, field analysis, model test review and; 4) post research. I picked this model, as the obiective of study which analysed the motivation of IBI employees. Closely relates to the method of Borg and Gall, it also gave nxore flexible measurement to obsert'e the employee attitude to perform their works.This analys resulted the data that MOTIBOO can be used as an alternative method in order to improve the employee motivation in IBI, and it can increase the employee performance.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN JAJARGENJANG

Tamalene, Hanisa

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran conceptual Understanding procedures (cups) Daram Pembelaiaran Matematika Pada Materi Persegi paniang Dan Jajargenjang Kemampuan untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika merupakan salah satu kompetensi yang diharapkan tumbuh dalem pembelajaran matematika, tetapi pada kenyataanya kemampuan ini kurang dimiliki oleh para siswa hal ini karena proses pembelajaran yang terjadi selalu berpusat pada guru (Teacher Center) sehingga mengakibatkan siswa kurang memahami konsep-konsep matematika dan sulit untuk mengaplikasikannya dalam kehi dupan sehari-hari. Model pembelajaran conceptual Understanding Procedures(CUPs) merupakan sarah satu model pembelajaran yang berlandaskan pada teori kostruktivisme yang menitikberatkan pada pengenalan konsep baru melatih kemampuan berpikir induktif dan melatih berpikir analisis Berkaitan dengan hal tersebut, tulisan ini bertujuun untuk memaparkan secara teoritis Model pembelajaran conceptuar understanding procedures (CUPs). Melalui moder ini mendefinisikan konsep, mengidentifikasi dan memberi contoh atau bukan contoh dari konsep. Sehingga dengan menggunakan Model pembelajaran conceptuar Undersranding procedures (CUPs) akan mempunvai kontribusi yang sangat  baik pada kemampuan pemahaman konsep siswa.

PENGARUH ASPIRASI KOMPENSASI IKLIM KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA TIIE EFFECT OF ASPIRATION COMPENSATION WORK CLIMATE AND MOTIVATION TOWARD JOB SATISFACTION

Sudjoko, Sudjoko

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengaruh Aspirasi, Kontpensasi, Iktim Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja The Effect of Aspiration, compensation, work climote, And motivation Toward Job Satisfaction. The research objective is to exam the hypothesis formulated before, actually, it will observe the empiric data that is influence of aspiration, compensation, workclimate, and motivation on job satisfaction. The research method uses quaatitative paradigm, in a Causal Study, it is called (a causal ordering). The dependent variable (Y) is job satisfaction, and independent 'rariables are aspiratiin, compensarion, workclimate, and motivation. The collecting data uses the quetionair as instrumJnt, in five options of choosen (very disagree, disagree, undecided, agree, very agree). The research population is ell of lecturers, the target is the constant lecturers. The simpk of the reseach consist.t of sixty-eight (68) respondends inrandomll,. Theresearchresultj all-of hypothesis are accepted, there are positive effects of; aspiratian on job satisfaction,  ompeniation on iob saiisfactiott, workclimate on job satisfaction, motivation on job:.satisfaction. Independent variable of aspiration, compensation, work climate, and motivation have to effect together on dependent variabte ofjob satisfaction.

ALTERNATIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

Yatha, Yuni

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Alternatif Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Generalisasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Dalam sebuah penelitian terutama pada bidang keahlian pendidikan matematika selalu saja rnenjadi hal yang tersulit dalam menentukan variabel yang akan diteliti. Akhirnya hampir semua skripsi mahasiswa pada prodi pendidikan matematika khususnya di STKIP Kusumi Negara selaiu meneliti "hasil  belajar matematika" sebagai variabel terikatnya. Padahal yang merupakan hasil belajar banyak bagian - bagiannya, diantararrya kemampuan komunikasi dan generalisasi matematis. Kemampuan ini perlu diketahui oleh seluruh mahasiswa dan dosen agar dapat mengarahkan peneliti bimbingannya kepada variabel-variabel yang lebih spesifik, fokus dan tidak terlalu umum seperti hasil belajar matematika.

THE EFFECT OF TEACHING METHOD AND PERSONALITY TOWARDS STUDENT’S SPEAKING SKILL AT PRIVATE HIGH SCHOOL IN DEPOK

Pardede, Sihar

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 1 (2016)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Adapun penelitian ini dilakukan adalah  untuk memahami bagaimanakah metode-  metode yang diterapkan oleh para pengajar di dalam proses pembelajaran terhadap siswa, sehingga berpengaruh kepada siswa untuk mencapai kecakapan atau kemampuan dalam berbicara serta untuk memahami bagaimana penagaruh metode itu terhadap kepribadian siswa.Penelitian ini dilakukan di tingkat SMP kelas IX Sekolah Swasta, SMP Taruna Bhakti dan SMP Al-Hidayah Depok.Implementasi Penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan “ Experimental Research Method.Tekhnik pelaksanaanya adalah,pengumpulan data,questioner dan evalusi atau tes tertulis.Instrument yang digunakan adalah berdasarkan validity dan reabilitry.Sebelum melakukan suatu analisa,perlu memperhatikan populasi sehingga dapat menentukan test yang tepat untuk pembagian populasi secara normal . Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP di sekolah yang berbeda.  sebagai kelas eksperimen dan   sebagai kelas kontrol. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogesnitas, dan uji keseimbangan. Setelah ketiga uji tersebut terpenuhi, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Diperoleh t-observasi .Maka dari analisa data dapat diamati suatu hasil yang jelas apakah ada suatu pengaruh atau tidak.Dari jenis populasi yang homogenitas,maka dalam penelitian ini hasil test dari kategori metode antara metode Suggestopedia Method dan Convesional Method dalam pengajaran adalah 0.625(>0.05). dengan suatu kesimpulan bahwa tidak terdapat sesuatu yang signifikan terhadap kecakapan siswa berbicara.

PENERAPAN METODE` MIND MAPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Deswita, Deswita

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 1 (2016)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan gambaran yang tepat mengenai Penerapan Metode Mind Maping  untuk meningkatkan hasil belajar  matematika siswa di SDN Mekarjaya 5 yang valid, praktis dan efektif, dan (2) mengembangkan kegiatan berpikir  divergen dan kreatif. Produk pembelajaran yang dikembangkan adalah proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi di dalam otak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5A SD Negeri Mekarjaya 5. Sampel yang diambil adalah kelas 5A yang berjumlah 30 siswa yang  diambil secara purposive sampling. Data yang terkumpul dalam penelitian ini berupa kemampuan siswa dalam membuat mind map, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind map dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa. Kemampuan siswa membuat mind map sebesar 75% kategori baik sekali, 19% kategori baik dan 6% dengan kategori cukup. Selain itu siswa merespon baik (78%) setelah diterapkan pembelajaran menggunakan teknik mind map

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS

Pratama, Muhammad Adzkia

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 1 (2016)
Publisher : STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Langsung Perhatian Orang Tua terhadap kemampuan literasi Sains, pengaruh langsung Kreativitas Siswa terhadap Kemampuan Literasi Sains ,pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap kreativitas siswa, pengaruh tidak langsung  perhatian orang tua terhadap Kemampuan Literasi Sains melalui kreativitas Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel berukuran 96 orang yang diambil secara random dan berstrata berdasarkan perbandingan jumlah siswa di SMA dan MA diwilayahTebet Jakarta Selatan. Uji statistik dengan bantuan SPSS. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober sampai dengan Januari 2015. Hasil penelitian menunjukan: (1)Terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap kemampuan literasi sains ditunjukkan dengan koefisien korelasidan t Hitung 0,435 dan 3,095,(2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kreativitas siswa terhadap kemampuan literasi sains dengan koefisien korelasidan t Hitung,0,679 dan 3,931`(3)Terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap kreativitas siswa ditunjukkan angka koefisien korelasidan t Hitung 0,517 dan 5,862dan (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap kemampuan Literasi Sains melalui kreativitas siswa dengan koefisien korelasi dan t Hitung 0,438 dan 4.528