Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP)
ISSN : -     EISSN : 2621234X
JUTIKOMP adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Prima Indonesia yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang teknik Informatika. JUTIKOMP adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis dibidang Ilmu Komputer terbit 2 kali setahun.
Articles
37
Articles
Analisis Perancangan Sistem Pencatatan Akuntansi Kas Pada P3B Sumatera UPT Pematangsiantar

Lubis, Muhammad Ridwan

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 2 (2018): Jutikomp Volume 1 Nomor 2 Oktober 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.565 KB)

Abstract

Sistem Pencatatan Akuntansi kas yang dilakukan oleh bagian keuangan diantaranya adalah pencatatan transaksi yang diterima. Sistem yang dibangun hanya untuk penyusunan laporan kas masuk dan keluar .Metode pemecahan masalah dilakukan dengan mendeskripsikan sistem akuntansi, menganalisa sistem akuntansi dan selanjutnya melakukan koreksi dan memberikan alternatif terhadap kekurangan-kekurangan yang mungkin ditemukan pada pelaksanaan sistem pencatatan Akuntansi Kas sebagai alat pengendalian intern yang semakin maju dan canggih adalah dengan membuat sistem pencatatan yang menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai bahasa pemrograman dan juga Database SQL Server 2000 sebagai databasenya. Yang mana dalam pembuatan sistem informasi ini penelitian menggunakan metode perancangan sistem Flowchart, Yang bertujuan agar sistem informasi ini menghasilkan laporan data akurat, relevan dan tepat waktu.

An ANALISIS QoS PADA IMPLEMENTASI MANAJEMEN BANDWITH MENGGUNAKAN METODE QUEUE TREE dan PCQ (PER CONNECTION QUEUEING)

Faisal, Ilham, fauzi, Ahmad

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1247.845 KB)

Abstract

Penggunaan internet saat ini memiliki mobilitas yang sangat tinggi, baik digunakan untuk browsing informasi, download maupun upload data, dan penggunaan fasilitas internet yang lain. Untuk itu diperlukannya bandwidth management untuk mengatur setiap data yang lewat, sehingga pembagian bandwidth menjadi merata dengan menggunakan metode Queue Tree dan PCQ yang diterapkan pada MikroTik. Dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode queue tree dan PCQ (Peer Connection Queue) untuk mengoptimasikan bandwidth internet. Menganalisis QoS (Quality of Service) manajemen bandwidth internet menggunakan Queue Tree dan PCQ (Peer Connection Queue) dari segi throughput, delay, dan  jitter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualiatas jaringan dengan menggunakan metode antrian Queue tree dan PCQ lebih optimal, hal ini dikarenakan bandwidth akan terbagi sesuai dengan rule yang diterapkan pada bandwidth management dan tidak menyebabkan client saling berebut bandwith..

Aplikasi Pengenalan Wajah Menggunakan Algoritma Backpropagation dan Voila Jones

Rahman, Sayuti, Aliff S, Emil Fitranshah, Elhanafi, Andi Marwan

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.275 KB)

Abstract

Saat ini, teknologi sistem keamanan semakin berkembang pesat. Para ilmuan dibidang teknologi terus-menerus membuat ataupun menemukan cara baru untuk berupaya meningkatkan sistem keamanan pada komputer, terutama sistem keamanan dengan menggunakan metode-metode dari visi komputer seperti identifikasi ataupun berbentuk pengenalan suatu benda. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini terutama dibidang visi komputer diharapkan mampu untuk menjawab seluruh tantangan dari sistem keamanan. Salah satu sistem keamanan dari visi komputer yang paling popular adalah sistem identifikasi atau pengenalan suatu objek atau gambar dengan menggunakan algoritma tertentu. Oleh karena itu, pada penelitian menerapkan sistem pengenalan wajah menggunakan algoritma backpropagation. Dimana, sebuah foto wajah seseorang akan dikenali berdasarkan jarak antar fitur-fitur wajah seperti: mata,hidung, dan mulut kemudian hasil dari temuan jarak fitur tersebut akan menjadi input layer pada algoritma backpropagation kemudian dengan memasukkan target output akan memunculkan idetitas pada foto atau gambar tersebut. Dari hasil pegujian 10 gambar yang dilakukan, 8 gambar berhasil dikenali 2 gambar tidak berhasil, maka tingkat akurasi aplikasi tersebur adalah 80%

Implementasi Steganografi Menggunakan Algoritma Diversity Pada Citra Digital

Siregar, Dodi, Ramadhani, Roji, Siregar, Yunita Sari

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.229 KB)

Abstract

Providing security and confidentiality to information is very important when exchanging information though a communication network. It is intended that the information sent by the sender can be fully accepted by the recipient without interference from parties who are not interested in the information. Steganography techniques can be used to secure secret massages. Steganography is a method for hiding information on a media. Can be in the form of image, sound or video media. The most important aspect of steganography is the level security in hiding information, which refers to how much the third party is unable to detect hidden information. The goal is to avoid suspicion. Steganography commonly used is the hiding of text information on image media. The method used is Diversity. From the results of the trial, it is known that with Diversity insertion and extraction of massages can be done well.

Monitoring Suhu udara Kawasan Gunung Aktif berbasis IoT

Lubis, Abdul Jabbar, Aulia, Rachmat, Haris, Haris

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.987 KB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk membuat alat monitoring suhu pada gunung - gunung aktif dengan menggunakan sensor LM35 sebagai sensor suhu pada objek yang diteliti, Arduino sebagai pemrosesan data dan memanfaatkan teknologi Internet Of Things (IOT) sebagai sarana informasi secara cepat dan akurat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototype. Alat ukur ini dibuat menggunakan modul Arduino ESP6288 yang diprogram dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan komputer sebagai antarmuka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat ukur yang dirancang dapat mengukur suhu pada sistem dapat memberikan informasi suhu pada LCD, Internet Of Things (IOT) secara tepat dan akurat.

Rancangan Media Penyimpanan Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Raspberry Pi sebagai Mini Server Portabel

Diansyah, Tengku Mohd, Ilyanda, Elza

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.648 KB)

Abstract

Pada saat ini teknologi kabel sudah tidak banyak digunakan lagi, karena teknologi nirkabel memungkinkan pengguna menggunakan media penyimpanan dengan lebih efesien. Aplikasi media penyimpanan mini berbasis mikrokontroler dengan raspberry pi sebagai server dimaksudkan untuk mempermudah pengguna dalam penyimpanan data karena bersifat portabel. Hardware yang diimplementasikan menggunakan metode client server dalam arsitekturnya. Dari hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa server raspberry pi yang telah dibangun tidak dapat menumpung terlalu banyak user karena spesifikasi dari raspberry pi yang masih tergolong rendah. Setelah dianalisa diketahui bahwa setelah 10 user mengakses server raspberry pi secara bersamaan maka salah satu perangkat dari user akan mengalami Request Time Out atau biasa disebut error page. Oleh sebab itu kiranya perlu mengupgrade hardware raspberry pi ke versi terbaru yang peformanya lebih unggul agar dapat menampung lebih banyak user untuk mengakses server secara bersama-sama.

Aplikasi 2D untuk Pengenalan Tematik “Diriku” pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Bahasa Inggris dengan Metode Waterfall

Damayanti, Fera, Harliana, Putri, Dharmawati, Dharmawati, Annisa, Annisa

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.291 KB)

Abstract

Secara harfiah, bagian tubuh manusia terdiri dari dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. Pada kurikulum pendidikan anak usia dini pada tahun 2013, anak anak diwajibkan untuk mengenali bagian luar pada tubuh. karna alasan inilah penulis dari skripsi ini merancang suatu aplikasi program untuk membuat proses belajar dan mengajar dalam pembahahasan pengenalan bagian tubuh luar lebih mudah dan efisien untuk dimengerti. Penulis membuat program ini dengan menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kedua bahasa ini juga akan berguna untuk mengembangkan bahasa para anak didik. Aplikasi ini dirancang menggunakan software Construct 2. Aplikasi ini hanya bisa dijalankan pada smartphone yang berbasis android. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi 2D yang digunakan untuk pengenalan tematik diriku. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah metode waterfall.

Pendingin Otomamtis Akuarium Menggunakan Mikrokontroler

Asih, Munjiat Setiani, Hasibuan, Ade Zulkarnain, Syahputri, Nenna Irsa

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.84 KB)

Abstract

Penghobi ikan hias saat sekarang ini semakin banyak, hal ini disebabkan ketenangan yang didapatkan oleh beberapa orang ketika melihat ikan berenang kesana kemari. Untuk mendapatkan ikan peliharaan yang sehat dan aktif ada beberapa faktor yang harus diperhatikan salah satunya suhu air didalam akuarium. Jika suhu didalam akuarium terlalu rendah ataupun terlalu tinggi maka hal ini menyebabkan ketidak nyamanan ikan peliharaan. Saat ini sudah ada alat yang dapat digunakan untuk mengatur suhu air akuarium secara otomatis, hanya saja harga yang ditawarkan sangatlah mahal dan belum tentu bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Untuk mengatur suhu air didalam akuarium dapat menggunakan teknologi mikrokontroler yang praktis dan murah. Dalam hal ini dibutuhkan sensor suhu dan fan yang digunakan untuk mengatur suhu dalam air akuarium. Suhu air didalam akuarium dapat diatur menggunakan sinyal PWM pada driver motor yang dihubungkan ke fan. PWM (Pulse Width Modulation) adalah teknik modulasi yang digunakan untuk mengubah lebar pulsa dengan amplitudo dan frekuensi yang tetap.

Penerapan Teknologi RFID Untuk Pengendalian Ruang Kelas Berbasis Mikrokontroler

Hasibuan, Ade Zulkarnain, Harahap, Herlina, Sarumaha, Zulkardin

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.481 KB)

Abstract

Ruangan kelas merupakan salah satu fasilitas yang hamper digunakan setiap hari saat adanya proses perkuliahan. Biasanya ketika kuliah berlangsung didalam kelas ada saja permasalahan kecil yang timbul, hal ini bias menggangu proses perkuliahan. Oleh karena itu penerapan teknologi RFID pada ruangan kelas dapat membantu permasalahan saat akan dilakukannya proses belajar mengajar ataupun ketika proses belajar mengajar selesai. Dengan diterapkannya teknologi RFID pada ruangan kelas, dosen cukup melakukan scan pada tag RFID untuk membuka pintu, menghidupkan lampu, menghidupkan AC, dan menghidupkan infokus. Untuk menerapkan teknologi RFID ini pada ruangan  kelas dibutuhkan rangkaian pengendalinya, untuk mengendalikannya dapat menggunakan mikrokontroler yang sudah dibuat dalam bentuk papan pengendali utama yaitu Arduino. Teknologi RFID ini dapat mengurangi permasalahan terutama masalah operasional listrik kammpus, dimana saat proses perkuliahan selesai maka seluruh perangkat yang berhubungan dengan listrik akan dimatikan secara otomatis ketika pintu dikunci.

Prototype Buka Tutup Pintu Berbasis Arduino Uno Dan Android

Sembiring, Arnes, Lubis, M. Rizky Pahlepy

Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.897 KB)

Abstract

Pada prinsipnya tujuan penciptaan robot adalah untuk mempermudah kegiatan manusia bahkan menggantikan peran manusia dalam suatu fungsi tertentu, salah satunya yaitu dalam hal membuka dan menutup pintu rumah. Salah satu usaha untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi manusia tersebut adalah melalui pengembangan sistem otomasi pada rumah yang dapat membuka dan menutup pintu secara otomatis. Robot ini dirancang dengan sebuah perangkat pengaman pada pintu bebasis Arduino Uno. Alat ini berisi rangkaian mikrokontroler seperti Arduino uno, motor servo, bluetooth dan satu buah smartphone. Alat pengaman Bluetooth ini bekerja memakai arduino uno sebagai mikrokontroler. Motor servo sebangai alat untuk membuka dan menutup pintu tersebut dan sebagai media transmisi dan smartphone digunakan sebagai remender serta pengaplikasian password pada smartphone android. Alat ini bekerja berdasarkan motor servo yang digunakan untuk membuka dan menutup pintu dengan motor servo. Motor servo akan membuka dan menutup sesuai perintah yang diinginkan dengan cara menekan tombol button yang tersedia di Android.