cover
Contact Name
Muhammad Khoiruddin Harahap
Contact Email
choir.harahap@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
choir.harahap@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP)
ISSN : -     EISSN : 2621234X     DOI : -
Core Subject : Science,
JUTIKOMP adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Prima Indonesia yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang teknik Informatika. JUTIKOMP adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis dibidang Ilmu Komputer terbit 2 kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 59 Documents
Analisa Pencarian Rute Tercepat Menuju Telaga Sarangan Menggunakan Algoritma Greedy Saifulloh, S; Fitriyani, Riski Eka
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.561 KB)

Abstract

Abstrak - Pada saat kita hendak berpergian seringkali memikirkan sebuah rute perjalanan yang akan dilalui. Maka dari itu perlu ditentukan sebuah alternatif perjalanan menuju tempat wisata dari tempat satu ke tempat lainnya supaya sampai dengan cepat. Selain itu kita harus mempertimbangkan waktu agar tidak terlalu lama membuang waktu dalam perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute tercepat dari Madiun (node A) ke Telaga Sarangan (node J) dengan mempertimbangkan jarak dan waktu menggunakan algoritma greedy. Dalam hal ini terdapat tiga pilihan rute perjalanan dari node A menuju node J.  Pilihan rute pertama yaitu dari node A→B→C→F→I→J, kemudian rute kedua yaitu dari node A→B→C→G→I→J, dan rute yang ketiga yaitu A→D→E→H→I→J. Untuk menentukan rute perjalanan dengan jarak terpendek dan waktu yang cepat dapat dilakukan dengan menggunakan solusi pendekatan algoritma Greedy. Algoritma Greedy membentuk solusi langkah per langkah dan terdapat beberapa pilihan yang memberikan hasil terbaik dengan membuat pilihan optimum lokal pada setiap langkah sehingga diperoleh solusi optimum global. Metode pengumpulan data menggunakan teknik studi literatur, observasi dan wawancara dalam memahami permasalahan objek penelitian selanjunya dilakukan alur penelitian untuk memudahkan dalam implementasi analisa pemilihan rute. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada objek penelitian diperoleh hasil penelitianpencarian rute terpendek dari node A menuju node J yaitu rute dari Alun-Alun Madiun → Maospati → SPBU Sukomoro → Pasar Baru Magetan → Pasar Sayur Plaosan → Telaga Sarangan dan dinyatakan dengan node rute A→D→E→H→I→J dengan jarak 34.86 Kilometer.  
Animasi Infografis Produk Asuransi Bumiputera Manokwari Menggunakan Adobe After Effect CS 6 Akbar, Yaumil Amne; Yuliawan, Kristia
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.306 KB)

Abstract

Bumiputera merupakan salah satu jenis asuransi jiwa yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan meyediakan dana pendidikan, kesehatan serta investasi. Terkhusus di daerah Manokwari terdapat kantor cabang asuransi bumiputera yang memasarkan beberapa produk asuransi diantaranya asuransi pendidikan dan juga investasi, namun dalam pemasaran dan publikasi produk asuransi yang ditawarkan masih digunakan media cetak berupa brosur, hal ini kurang efektif karena media yang digunakan rentan terhadap kerusakan dan tidak bertahan lama serta pembaca dituntut memiliki pemahaman literasi yang untuk dapat bisa memahami isi brosur tersebut.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka penulis membuat Animasi Infografis Produk Asuransi Bumiputera Manokwari Menggunakan Adobe After Effects cs6. Dengan adanya animasi ini memudahkan karyawan dinas luar bumiputera dalam hal publikasi produk asuransi yang dipasarkan dan dapat memberi informasi bagi masyarakat luas, khususnya bagi calon Nasabah
Analisa Frekuensi Hasil Enkripsi Pada Algoritma Kriptografi Blowfish Terhadap Keamanan Informasi Riza, Ferdy; Sridewi, Nurmala; Husein, Amir Mahmud; Harahap, Muhammad Khoiruddin
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1139.424 KB)

Abstract

The ease of sending data with the development of internet technology technology is now a concern, especially the problem of data confidentiality, integrity and information security. Cryptography is one of the techniques used to maintain data confidentiality and information security, the application of cryptographic techniques for information security and data integrity is highly dependent on the formation of keys. In this study proposed a frequency analysis approach to measure the level of information security of blowfish encryption results to determine the distribution form of each character used in the text and find out the exact frequency of each character used in the test text data. The encryption algorithm and description of blowfish method against plaintext are proven to be accurate, but the longer the key character used will greatly affect the level of information security that came  from encryption process, this is based on the results of the frequency analysis conducted.
PERANCANGAN LAYOUT DAN GRAFIS APLIKASI GAME EDUKASI TEBAK GAMBAR BERBASIS ANDROID Ramli, Ramli; Batubara, Muhammad Taufik; Saragih, Billy Mariza Akbar
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (923.401 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah banyak melahirkan jenis-jenis aplikasi yang bertujuan memberi nilai edukasi bagi penggunannya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir melalui aplikasi-aplikasi game yang bersifat mengenalkan, seperti pengenalan nama-nama pahlawan nasional, pengenalan huruf, pengenalan waktu, pengenalan hewan, pengenalan gambar yang ditujukan bagi usia anak-anak. Banyak juga dari aplikasi-aplikasi itu sulit untuk dipahami oleh anak-anak baik atau juga kurang menarik minat anak-anak untuk menggunakannya, salah satu penyebabnya adalah hasil tampilan yang disajikan. Berdasarkan hal tersebut penulis menjadikannya sebuah objek penulisan artikel ini yaitu perancangan layout dan grafis aplikasi game edukasi tebak gambar. Aplikasi ini dibangun berbasis android. Tujuan dari perancangan layout dan grafis game edukasi ini adalah untuk membuat tampilan grafik dari permainan tebak gambar menjadi semenarik mungkin  sehingga pengguna khususnya anak-anak usia 7 tahun keatas dapat meningkatkan keinginan bermain sambil belajar dan  tidak membosankkan. Metode analisis yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi literatur untuk mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan penulisan ini, kemudian dilanjutkan dengan observasi untuk pengumpulan data dan objek gambar untuk desain layout yang diperlukan.  Sebagai akhir dari tulisan yang berjudul perancangan layout dan grafis aplikasi game edukasi tebak gambar berbasis android adalah membuat tampilan game semenarik mungkin sehingga pengguna merasa tertarik dan terhibur dan bernilai pendidikan berbasis android.
PEMBUATAN IKLAN TANAMAN HIAS PADA UB. DIKA FLOWERS BERBASIS WEB DENGAN METODE ICING DEVICE Ramli, Ramli; Wulan, Nur; Harditriani, oko Agung
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.932 KB)

Abstract

Saat ini banyak sekali jenis periklanan yang telah dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Mulai dari periklanan yang ditampilkan di televisi, radio atau spanduk dan lain sebagainya. Namun untuk produk tanaman hias, banyak toko yang berada di tanjung morawa masih mengunakan sistem yang manual untuk memasarkan dan mengiklankan produk tanaman hias mereka, seperti hanya sekedar memasang spanduk-spanduk didepan toko atau outlet mereka. Hal inilah yang mungkin sekiranya perlu diubah dalam memasarkan produk agar lebih terjangkau lagi dengan masyarakat luas. Yaitu dengan memasang iklan berbasis website, dimana website ini dapat memasarkan produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, serta masyarakat pun diberi kemudahan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Iklan aneka tanaman hias di UB.Dika Flowers ini pembuatannya memakai bahasa pemrograman php dan database mysql untuk penyimpanan dan pengolahan datanya. Dan website ini dibuat dengan metode periklanan, yaitu metode icing device dengan menggunakan kata-kata bijak / quotes mengenai tanaman tersebut. Dan tujuan pembuatan iklan aneka tanaman hias berbasis website ini adalah memperluas promosi serta penyampaian berbagai informasi mengenai aneka tanaman hias tersebut kepada para pelanggan/konsumen. Untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengakses informasi iklan dan juga memfasilitasi perusahaan dalam mengiklankan produk mereka, agar pemasarannya lebih efektif dan efisien.
APLIKASI KAMUS BAHASA INGGRIS DILENGKAPI DENGAN FASILITAS TEKNOLOGI TEXT TO SPEECH BERBASIS ANDROID Sari, Ika
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.345 KB)

Abstract

  The ability of the android opening system on the mobile device is getting the day has provided a range of benefits to the application developer. Text to speech is one of android technologi whose benefits are widely used to help a job. In principle, the system TTS (Text To Speech) is a system that can do the conversion from text to speech. In this study, the author intends to design and produce a media application as a tool for learning English, especially in SDN 107400 by utilizing technology to speech as its text. Applications will be aimed at students using smartphone media, especially smartphone with android operating system. The application of text to speech will be used as tools in understanding of various materials as well as the conversations that have been provided applications. With this feature expected in learning English, especially in everyday conversation can be easily done and understood why text to speech will provide an understanding of its users directly via voice.
Kajian Infrastruktur TI Menurut Standar COBIT 5 : Studi Kasus Sekolah NanYang Zhi Hui Medan Tan, Hita; Wong, Robin
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.108 KB)

Abstract

Saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang memanfatkan teknologi sistem informasi dalam aktivitas akademisnya, baik sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi. Pemanfaatan teknologi ini ditujukan untuk menunjang proses pendidikan dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas kinerja pendidikan di lembaga pendidikan. Dengan adanya teknologi tersebut, maka perlu diadakannya pengauditan untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola teknologi di lembaga pendidikan tersebut dengan menggunakan tools yang sudah terstandarisasi. Melalui penilaian tersebut sangat diharapkan dapat membawa lembaga pendidikan ke arah pengelolaan yang lebih baik di masa yang akan datang. Metoda Analisis yang digunakan adalah Kerangka kerja COBIT 5. Metode ini digunakan sebagai acuan dalam melakukan evaluasi tata kelola teknologi informasi dan untuk mengukur capability level pada Sekolah Nanyang Zhi Hui Medan. Dari data hasil penilaian capability level masing-masing proses, dilakukan perhitungan untuk mengetahui besarnya rata-rata capability level yang telah dicapai oleh Sekolah Nanyang Zhi Hui Medan. Dari hasil perhitungan, disimpulkan bahwa capability level pada Sekolah Nanyang Zhi Hui saat ini berada di level 2. Dengan demikian makan dapat dinilai bahwa pengelolaan IT di Sekolah Nanyang Zhi Hui ini sudah baik.
Aplikasi Pendeteksi Asap Berbasis Arduino Uno pada Platform Android Fitriana, Liza; Ananda, Frinanta
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1186.858 KB)

Abstract

Asap merupakan efek samping dari hasil pembakaran yang tidak sempurna dari suatu bahan bakar. Selain memberikan dampak yang merugikan, asap juga dapat diperlukan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti: pembasmian hama, aroma therapy, dan lain-lain. Kehadiran asap dapat suatu ruangan, selain yang disengaja untuk memberikan manfaat,  dapat mengindikasikan terjadinya kebakaran. Umumnya jika terjadi kebakaran dalam suatu gedung, korban yang meninggal akibat menghirup asap yang terlalu lama akan lebih banyak dibandingkan dengan korban yang terbakar. Untuk itu diperlukan suatu perangkat yang dapat mendeteksi kehadiran asap tersebut. Dalam hal ini, kami merancang suatu alat yang menggunakan arduino untuk mendeteksi kehadiran asap yang mana hasilnya berupa pemberitahuan, baik pada layar komputer ataupun pada gawai (gadget). Pemberitahuan tersebut berisi tentang keadaan udara pada saat itu, apakah baik, buruk ataupun lainnya, dimana klasifikasinya disesuaikan dengan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan.
PENGEMBANGAN APLIKASI KUMPULAN RUMUS MATEMATIKA SMA BERBASIS ANDROID Hidayat, Dody; Ramli, Ramli; Purba, Tenti Astria
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.172 KB)

Abstract

Rumus matematika adalah ringkasan atau ketetapan ilmu matematika yang dilambangkan dalam bentuksimbol, huruf atau angka dan dinyatakan dalam bentuk ringkas. Rumus-rumus matematika sangatmembantu para siswa dalam proses mempelajari matematika. Untuk mempermudah para siswa dalammenggunakan rumus-rumus matematika dikembangkan sebuah Aplikasi Kumpulan Rumus MatematikaSMA Berbasis Android dalam bahasa pemrograman Java menggunakan Eclipse IDE mengikuti alur metodeSDLC Watefall Model. Adanya Aplikasi Kumpulan Rumus Matematika SMA Berbasis Android ini dapatmempermudah para siswa dalam mencari rumus-rumus matematika dan menyajikan penggunaan rumusrumusmatematika dalam bentuk contoh soal.
SISTEM EDUKASI PENGENALAN WAKTU PADA ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIMEDIA DI TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ATHFAL MEDAN David, David
Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) Vol 1 No 1 (2018): JUTIkomp Volume 1 Nomor 1 April Periode 2018
Publisher : Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1808.489 KB)

Abstract

Pengenalan waktu sangat penting untuk diketahui oleh manusia. Pada zaman dahulu manusia mengenali waktu berdasarkan tanda-tanda alami yang ditunjukan oleh alam. Saat ini manusia mengetahui waktu dengan mempergunakan jam. Pengenalan waktu ini diajarkan pada anak-anak sejak dini melalui berbagai cara, antara lain dengan alat peraga. Adapun cara yang penulis ajukan adalah dengan mempergunakan media interaktif berupa permainan dimana cara ini lebih atraktif dibandingkan dengan metode konvesional. Sebelumnya diharapkan dengan adanya aplikasi ini siswa/siswi TK Bustanul Athfal Medan dapat mengenali waktu dengan benar.