cover
Contact Name
Fenni Supriadi
Contact Email
fennisupriadi@unmuhpnk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fennisupriadi@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL PRODUKTIVITAS
ISSN : 23551038     EISSN : 26215098     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Produktivitas ISSN: 2355-1038 (Print) ISSN: 2621-5098 (Online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk mempublikasikan hasil riset/penelitian di bidang ekonomi dan bisnis khususnya ilmu Manajemen. Jurnal Produktivitas Terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 81 Documents
Pengaruh Solvabilitas, Likuiditas dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi Yang Terdaftar di BEI Bahari, Samsul; Hariyanto, Dedi; Safitri, Heni
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Produktivitas 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.008 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v5i1.1258

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of solvency by using Debt to Equity Ratio (DER) and Debt to Asset Ratio (DAR), liquidity by using Current Ratio (CR) and Cash Ratio (CHR) and activities by using Total Assets Turn Over (TATO) and Working Capital Turnover (WCT) on Profitability by using Return on Assets (ROA) on service companies in the infrastructure, utility and transportation sectors listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This type of research uses quantitative descriptive method. Data collection techniques used in this study are documentation techniques. The analysis technique used is normality test, multicollinearity test, autocorrelation test, heteroscedasticity test, linearity test, multiple regression analysis, analysis of multiple correlation coefficients (R), analysis of coefficient of determination (R2), simultaneous influence test (f test) and partial influence test (t test). The result of the multiple correlation coefficient R of 0.722 means that the variables DER, DAR, CR, CHR, TATO and WCT have a strong relationship to ROA. The results of the coefficient of determination (R2) obtained the results of the six independent variables DER, DAR, CR, CHR, TATO and WCT of 0.419. This means that the influence of DER, DAR, CR, CHR, TATO and WCT is 41.9% on ROA, the remaining 58.1% is explained by other variables not included in the research variable. The result of simultaneous influence test (test f) shows that the six independent variables, namely DER, DAR, CR, CHR, TATO and WCT together have a significant influence on ROA, as evidenced by the calculated F value of 5.087 and F table of 2.43 and has a sig value of 0.001 smaller than 0.05. While the results of the partial effect test (t test) shows that the Debt to Asset Ratio (DAR) variable has a significant negative effect on the variable Return on Assets (ROA), while the Cash Ratio (CHR) and Total Assets Turn Over (TATO) variables have a positive effect significant to the variable Return on Assets (ROA). The Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR) and Working Capital Turnover (WCT) variables do not have a significant effect on the Return on Assets (ROA) variable.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PADA PD. LOUTI MEBEL KECAMATAN TEBAS Ropikoh, Ropikoh; Suryadi, Edy; Supriadi, Fenni
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Produktivitas 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.738 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v4i2.817

Abstract

Dewasa ini hampir seluruh masyarakat terutama yang sudah berumah tangga sangat membutuhkan perabot rumah tangga untuk memperindah rumah. PD. Mebel Louti  adalah salah satu perusahaan industri yang memproduksi perabot rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Lemari Pada PD. Louti Mebel Kec. Tebas”.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli lemari pada PD. Louti Mebel dengan sampel sebanyak 100  responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode incidental sampling. Analisis data yang dilakukkan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji kelayakan model.Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen bauran pemasaran dan keputusan pembelian ulang menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Hasil regresi linear sederhana menunjukkan persamaan : Y = 1,599 +0,501 X. Hasil uji koefisien korelasi 0,422 terdapat korelasi antara bauran pemasaran dengan keputusan Konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang rendah dan positif antara bauran pemasaran dengan keputusan konsumen membeli lemari pada PD. Louti Mebel.Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,195, yang berarti bahwa 19,5% keputusan membeli lemari pada PD. Louti Mebel dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran sedangkan sisanya sebesar 80,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji kecocokan model diperoleh nilai F hitung (23,743) lebih besar dari F tabel (3,94) dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 (lebih kecil dari 0,05), artinya model regresi linear sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran. Kata kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, PD. Louti.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMILIH JASA PENGIRIMAN SURAT BIASA PADA PT. POS INDONESIA KANTOR POS CABANG (KPC) KECAMATAN PEMANGKAT Ananto, Dwi; Muiszudin, Muiszudin; Maswardi, Neni Triana
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Produktivitas 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.386 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v4i1.785

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen memilih jasa pengiriman surat biasa pada PT. Pos Indonesia Kantor Pos Cabang (KPC) Kecamatan Pemangkat dengan bentuk penelitian analisis deskriptif menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memilih jasa pengiriman surat biasa, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan syarat konsumen minimal telah menggunakan layanan pengiriman KPC PT. Pos Indonesia Kecamatan Pemangkat sebanyak 3 kali, berusia lebih dari 18 tahun dan mengirim sendiri (tanpa perantara).Hasil uji vadilitas dan reliabilitas instrumen bauran pemasaran dan loyalitas konsumen menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Hasil persamaan regresi linier sederhana adalah Y = 2,900 + 0,150 X, yang artinya apabila bauran pemasaran bernilai nol, maka loyalitas konsumen adalah sebesar 2,900 dan apabila bauran pemasaran meningkat sebesar satu-satuan, maka  loyalitas konsumen menggunakan jasa pengiriman surat biasa pada PT. Pos Indonesia KPC Pemangkat akan meningkat sebesar 0,150 satuan. Untuk hasil koefisien korelasi (r) menjelaskan bahwa nilai korelasinya sebesar 0,150 yang artinya bauran pemasaran dan loyalitas konsumen memiliki hubungan cukup rendah, sedangkan nilai dari hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,014 yang artinya pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen menggunakan jasa pengiriman surat biasa pada PT. Pos Indonesia KPC Pemangkat adalah sebesar 1,4% sedangkan sisanya yaitu sebesar 98,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Konsumen, PT. Pos Indonesia.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pondok Burdas Merdeka Pontianak Alfitra, Fikri; Samsuddin, Samsuddin; Kurniasari, Fita
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Produktivitas 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jpr.v5i1.1249

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the marketing mix on consumer loyalty of Pondok Burdas Merdeka Pontianak. The research method used in this research is quantitative method. The population in this study were all consumers of Pondok Burdas Merdeka Pontianak, with a sample of 100 consumers. Validity and reliability test results show that all items (statements) are valid and reliable. The results of the normality test show that the data is normally distributed. The results of simple linear regression analysis show the equation: Y = 0,992 + 0,593 X. The correlation coefficient test results show the R value of 0,390, so it can be concluded that the marketing mix has a low relationship with consumer loyalty of Pondok Burdas Merdeka Pontianak. The coefficient of determination test shows R2 value of 0,152 which means that 15,2% of consumer loyalty in Pondok Burdas Merdeka Pontianak is influenced by the marketing mix, while the rest (84,8%) is influenced by other variables not examined in this study. The results of the model feasibility test show that the F value is 17,540> F table 3,94. So it can be concluded that a simple linear regression model can be used to predict consumer loyalty in Pondok Burdas Merdeka Pontianak which is influenced by the marketing mix.
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELINDETERJEN RINSO DI KOTA PONTIANAK Lestari, Nana; Muiszudin, Muiszudin; Batubara, Santy Mayda
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Produktivitas 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.221 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v4i2.808

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan konsumen membeli deterjen Rinso di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, kuesioner, dan mempelajari data-data dan informasi yang diperoleh dari PD. Andhika Primajaya dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode Sampling Purposive sebanyak 100 sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek yang terdiri dari atribut produk, kualitas produk, kegunaan produk, pengguna, atribut organisasi, kepribadian merek, dan simbol secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasinya menunjukan bahwa citra merek memiliki pengaruh sebesar 10% terhadap keputusan pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain dan hubungannya dinyatakan sangat rendah.
ANALISIS NILAI WAJAR SAHAM DAN PEMBENTUKAN PORTOFOLIO PADA SUB SEKTOR PERDAGANGAN ECERAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Pranata, Yuda; Samsuddin, Samsuddin; Batubara, Santy Mayda
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Produktivitas 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.119 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v5i2.1265

Abstract

Purpose in this study is to find the reasonable value shares at subsector retail trade listed on the Indonesian stock, and the formation of portfolio shares at subsector retail trade with Capital Asset Pricing Model (CAPM), and analyzes the difference between intrinsic value and value of the stock market at subsector retail trade listed on the Indonesian stock. Method in this research to count intrinsic value shares whit the ways Dividend Discount Model (DDM), while the formation of portfolio use Capital Asset Pricing Model (CAPM), the result of research showed that the price of stock that is in the market is not shows a value that truth and in the results research no issuers having stock prices being in a condition of balance between intrinsic value and that the value of the market (Correctly Valued), and there is no significant difference where the benefits of natural and value of the market in companies registered on a stock.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH KAMAR STANDARD TWIN PADA HOTEL MERPATI PONTIANAK Latif, Abdul; Muiszudin, Muiszudin; Supriadi, Fenni
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Produktivitas 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.164 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v4i1.750

Abstract

Strategi bauran pemasaran merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan, salah satunya oleh Hotel Merpati Pontianak, dimana kebijakan bauran pemasaran pada Hotel Merpati Pontianak dapat mempengaruhi keputusan konsumen pada Hotel Merpati Pontianak.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen memilih kamar standard twin pada Hotel Merpati Pontianak, dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah menggunakan kamar standard twin pada Hotel Merpati Pontianak, dengan sampel sebanyak 100 responden.Hasil penelitian pada uji koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,371, nilai ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bauran pemasaran dengan variabel keputusan konsumen memilih kamar standard twin pada Hotel Merpati Pontianak adalah rendah karena nilai intervalnya berada di 0.200 – 0.399. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,138 atau 13,8% keputusan konsumen menggunakan kamar standard twin pada Hotel Merpati Pontianak dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran, sedangkan sisanya yaitu sebesar 86,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA MERK KARTU PERDANA IM3 PT. INDOSAT.TBK DI KOTA PONTIANAK Maisur, Maisur; Muiszudin, Muiszudin; Hariyanto, Dedi
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Produktivitas 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.463 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v4i1.799

Abstract

Perkembangan ekonomi di Indonesia didukung oleh berbagai industri, di antaranya adalah industri di bidang teknologi komunikasi. Dengan adanya teknologi komunikasi, memudahkan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan kapan saja, di mana saja, dan dari siapa saja tanpa ada batas ruang dan waktu. Aplikasi dapat dikembangkan, untuk menunjang perekonomian masyarakat, yang selanjutnya dapat mempengaruhi perekonomian negara.  Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen kartu perdana IM3 PT.Indosat,Tbk di Kota Pontianak.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Koefisien regresi (β) bo sebesar 0,476 menerangkan bahwa apabila kepuasan bernilai 0 (nol), maka loyalitas konsumen terhadap produk kartu perdana IM3 PT. Indosat sebesar 0,476. Nilai koefisien regresi sebesar 0,875 menyatakan bahwa jika nilai kepuasan ditingkat satu satuan, maka nilai loyalitas konsumen meningkat sebesar 0,875. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar = 0,792, nilai ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah kuat karena nilai intervalnya berada pada nilai 0.600 – 0.799. Hasil persentase koefisien determinasi (R2) diperoleh nilainya sebesar 0,628. Hal ini berarti bahwa 62,8% (1 x 0,628 x 100%) loyalitas konsumen dipengaruhi oleh kepuasan. Karena nilai koefisien determinasinya sebesar 0,628 artinya lebih mendekati nilai 1 maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 0,372% (1 - 0,372 x 100%) dipengaruhi oleh  variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan Uji-F diperoleh nilai t hitung sebesar 0,205. sedangkan   F tabel diperoleh nilai sebesar 3,94 (df1= k – 1 atau 2 – 1 = 1 dan df2 = n - k atau 97 - 2 = 95). Jadi diperoleh hasil bahwa F hitung > F tabel atau (160,342 > 3,94), maka  Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa model regresi linier sederhana dapat digunakan untuk melakukan prediksi kepuasan loyalitas konsumen kartu perdana IM3 PT. Indosat di Tbk Kota Pontianak. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Loyalitas, Kartu IM3, PT. Indosat
PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMBELI SPAREPART MOBIL PADA JW MOTOR DI PONTIANAK Yuliatin, Yuliatin; Suryadi, Edy; Supriadi, Fenni
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Produktivitas 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.062 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v4i2.831

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak. Sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan diatas, maka yang menjadi tujuan di dalam penelitian yang hendak dicapai dan dilakukan oleh penulis adalah “untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak.Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel (independen) tanpa membuat perbandingan atau mengubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Sparepart mobil Pada JW MOTOR di Pontianak. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 100 responden yang diambil secara accidental sampling dari seluruh konsumen yang membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di PontianakHasil uji regresi linier sederhana menunjukkan persamaan atau estimasi regresi yang dapat dituliskan: Ŷ = 1,760 + 0,640X yang artinya nilai koefisien regresi (β) sebesar 1,760 menerangkan bahwa apabila kepuasan konsumen 0 (nol), maka loyalitas konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak sebesar 1,760. Apabila loyalitas konsumen meningkat sebesar satu satuan maka keputusan konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak akan meningkat sebesar 0,640 satuan. Dari hasil analisis korelasi sederhana (r) menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara kepuasan dengan loyalitas konsumen. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,150. Hal ini berarti bahwa 15,0% loyalitas konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak dapat dijelaskan oleh kepuasan, sedangkan sisanya yaitu sebesar 85,0% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen. 
Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return On Asset, Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks Bisnis 27 Sucimanah, Istifani; Hariyanto, Dedi; Safitri, Heni
JURNAL PRODUKTIVITAS Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Produktivitas 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.357 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v5i1.1263

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of Solvability using Debt to Equity Ratio (DER), Profitability using Return on Asset (ROA) and Net Profit Margin (NPM) to the stock price of a company incorporated in Business Index 27. Sampling technique used in this study is a full sample method. The sample in this research is 27 companies. Analytical techniques used are normality test, multicollinearity, autocorrelation, heteroscedasticity, linearity, multiple linear regression, multiple correlation coefficient (r), the coefficient of determination (R2), hypothesis testing simultaneously by using F test and partially by using t-test.The results of the normality test show all standard distributed data with asymp. Sig. (2-tailed) Unstandardized Residual of 0.188 is higher than 0.05. For simultaneous test results using F, the test shows that the three independent variables DER, ROA, NPM together have no significant effect on the dependent variable (stock price) proved from the value of F arithmetic of 0.191 and had a sig value. Of 0.901 which is higher than 0.05. The result of the partial test by using t-test shows that the three independent variables DER, ROA, NPM has no significant effect on the dependent variable (stock price) proven from the value of t arithmetic DER of 0,531 and has the sig value of 0.600 is more significant than 0.05, the amount of t count ROA of -0.647 and has a sig value. Of 0.524 is higher than 0.05 and the importance of t arithmetic NPM of -0.680 and has a sig value of 0,503 which is higher than 0.05