Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018" : 8 Documents clear
Rancang Bangun “Pencatat Kebugaran Tubuh” Berbasis Indeks Masa Tubuh Setiawan, Ariyono; Susrama, I Gede; Kholis, Moch
Jurnal Penelitian Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi pencatat kebugaran tubuh adalah suatu aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam memantau berat badan seseorang. Tujuan dari pembuatan aplikasi pencatat kebugaran tubuh ini yaitu dapat mempermudah pengguna untuk mengetahui nilai dari indeks massa tubuh, tingkat metabolisme, kadar air, berat badan ideal, dan kategori berat badan berdasarkan indeks massa tubuh. Pada saat ini beberapa orang masih mengukur berat badan dengan cara menggunakan media kalkulator dalam menghitung berat badan, dari kasus diatas maka dibuatlah perhitungan untuk mendapatkan sebuah indeks massa tubuh yang diiniginkan dengan menggunakan perhitungan Body Mass Index (BMI) dan Basal Metabolisme Rate (BMR). Dengan adanya perhitungan tersebut dapat dihasilkan tingkat kebugaran tubuh berdasarkan dari nilai BMI, apakah masuk kedalam kategori kurus, normal, gemuk, ataupun obesitas. Dari hasil peneliitian tersebut dapat dianalisa dan dikembangkan menjadi beberapa funsionalitas meliputi aplikasi mampu menghitung nilai dari indeks massa tubuh, berat badan ideal, angka metabolisme, dan kadar air yang terdapat pada tubuh. Kemudian pada menu histori ini user akan ditampilkan sebuah list view yang berfungsi untuk melihat berat badan sesuai dengan tanggal yang telah diinputkan.
Rancangan Kontrol AC dan Lampu Kelas dengan Komputerisasi dari Jarak Jauh Berbasis Mikrokontroller Kustori, Kustori; Rokhmat, Basuki
Jurnal Penelitian Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengendalian ac dan lampu merupakan penelitian desain data yang diperoleh dari hasil pengujian rancangan berdasarkan pengukuran dan pengamatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengontrol ac dan lampu kelas secara jarak jauh. Sistem pengontrolan jarak jauh ac dan lampu pada kelas di Politeknik Penerbangan Surabaya merupakan sebuah perubahan dari sistem sebelumnya yaitu secara manual. Serta terobosan sangat efektif untuk penghematan energi yang mana energi takkan terbuang percuma pada beban yang besar. Karena sistem ini juga dilengkapi dengan sistem sleep (waktu untuk hidup dan mati secaraotomatis dapat kita atur).
Pengaruh Vocabulary Preparation untuk Peningkatan Kemampuan Pemahaman Listening Rochmawati, Laila
Jurnal Penelitian Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini berkaitan dengan penelitian tentang pengaruh vocabulary preparation terhadap kemampuan pemahaman mendengarkan pada kinerja kosakata L2 peserta didik di poltekbang Surabaya. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok dimana mereka diberi tiga waktu persiapan yang berbeda untuk mempelajari kosakata baru yang akan diperdengarkan dalam kegiatan pemahaman listening. Instrumen yang digunakan adalah tes kosakata dan tes pemahaman listening. Hasil menunjukkan bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan dalam tes kosakata tetapi tidak dalam tes pemahaman listening. Tes kosakata dan pemahaman listening yang konsisten menunjukkan bahwa semakin banyak waktu persiapan mereka memiliki, skor yang lebih tinggi yang mereka capai.
Analisa Efisiensi Generator pada Generator Sinkron Tiga Fasa dengan Penggerak Turbin Angin I.S, Rifdian; hartono, Hartono
Jurnal Penelitian Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembangkit listrik tenaga bayu sebagai sumber energi alternatif untuk menghasilkan energi yang efisien, efektif dan handal. Alat ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi di daerah belum dijangkau PLN dan tidak berpengaruh terhadap cuaca sehingga dapat menghasilkan energi yang optimal. Alat ini dibuat dalam beberapa tahapan yaitu (1) verifikasi potensi kecepatan dan arah angin, (2) rencana penggunaan beban, (3) generator yang digunakan, dan (4) tahap uji generator. Tahap uji generator terdiri dari: (1) uji tahann isolasi, (2) pengujian polarisasi index, (3) pengujian tegangan lebih (4) pengujian step voltage. Alat ini bekerja menggunakan generator AC 3 phase. Salah satu jenis generator generator adalah generaror arus bolak balik untuk mengubah tenaga makanis menjadi tenaga listrik. Sumber penggerak dari generator tersebut menggunakan sumber energi angin. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa alat kincir Angin ini dapat bekerja dengan baik. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil uji alat dengan baik dan data dapat terpenuhi. Efisiensi generator maksimum dan minimum yang dihasilkan berturut-turut adalah 20,68% dan 3,10%.
Optimasi Simulasi Routing OSPF (Open Shortest Path First) di Bandara Soekarno Hatta Moonlight, Lady Silk
Jurnal Penelitian Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta adalah bandara terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 18 km2, dengan rute penerbangan mencapai 1657 penerbangan setiap hari, yang merupakan penerbangan terbanyak se-Indonesia. PT. Angkasa Pura II merupakan Badan Usaha Milik Negara yang mengelola pelayanan jasa kebandar-udaraan di Bandara Soekarno Hatta. Bandara ini memiliki 3 Terminal Penumpang yaitu T1, T2, dan T3. Masing-masing terminal tersebut mempunyai beberapa sub terminal. Oleh karena begitu luas area pengelolaan dan begitu padat aktifitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, maka perlu adanya topologi dan konfigurasi jaringan yang tepat untuk mengoptimalkan koneksi antar terminal di Bandara Soekarno Hatta. Pada Penelitian ini, digunakan routing OSPF (Open Shortest Path First) dengan berbagai jenis topologi dan konfigurasi area untuk menentukan routing yang paling optimal yang dapat diterapkan di Bandara Soekarno Hatta.
Sistem Monitoring Private Automatic Branch Exchange dengan Tampilan Personal Computer Berbasis Wirelless Suprapto, Yuyun; Maarif, Syamsul; Warsito, Tot```ok; Eriyandi, Eriyandi
Jurnal Penelitian Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The telephone is a communication tool that can connect someone with others quickly. Communication using the phone has become a primary need for the community, especially in large cities, agencies, to large enterprises. The phone service users in bulk urgently need a alatyang is the development of telephone communication tool known as the PABX (Private Automatic Branch Exchange). In this study the author uses the theory of the resistors, capacitors, diodes LED, optocoupler, Pro wireless XBee, XBee Pro adapter, PABX theory, the theory of the phone, Atmega 16 microcontroller and programming languages. The method used in this research is to study literature, comparative studies of the lecturers, field studies and through experiments in the laboratory. The conclusion of this design are the technicians who worked on the PABX unit can determine the condition of the telephone line clearly and be more efficient in monitoring the telephone line with a distance of affordable, especially if there is damage to phone lines can directly send on display Personal Computer.
Efek Penggunaan Vortex Generator Terhadap Karakteristik Aliran pada Airfoil NACA 43018 S.P, Setyo Hariyadi; Widodo, Wawan Aries
Jurnal Penelitian Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perancangan pada sayap pesawat terbang bertujuan menghasilkan lift yang setinggi-tingginya dan drag yang sekecil-kecilnya. Penundaan separasi menjadi hal yang penting dan sangat mempengaruhi kinerja aerodinamika-nya. Vortex generator merupakan salah satu alat yang memiliki pengaruh signifikan terhadap performasi tersebut. Dengan penambahan vortex generator ini separasi aliran dapat tertunda dan performansi sayap dapat meningkat.Topik yang dikaji dalam penelitian ini adalah aliran pada airfoil NACA 43018 dengan penambahan vortex generator. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan karakteristik aliran fluida plain wing dan dengan penambahan vortex generator. Profil vortex generator yang digunakan adalah flat plate vortex generator dengan konfigurasi straight dan ditempatkan pada x/c = 10% dan 20% arah chord line dari leading edge. Variasi yang digunakan adalah bilangan Reynolds (Re), sudut serang (α) dan peletakan vortex generator pada airfoil. Kecepatan freestream yang digunakan yaitu kecepatan 12 m/s atau Re = 7,65 x 105 dan kecepatan 17 m/s atau Re = 9 x 105, dan pada sudut serang (α) 0o, 3 o, 6 o, 9 o, 12 o, 15 o, 19 o, dan 20 o. Parameter yang dievaluasi meliputi koefisien tekanan (Cp), profil kecepatan, gaya lift, gaya drag, dan rasio CL/CD.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan performansi dari airfoil NACA 43018 dengan penambahan vortex generator dibandingkan dengan tanpa vortex generator. Adanya vortex generator, meningkatkan Turbulent Kinetic Energy dan mempercepat perubahan dari aliran laminar ke turbulen. Separasi dapat tertunda dengan adanya vortex generator.
Studi Rancang Bangun Antenna J-Pole pada Komunikasi Aerodrome Surface Rifai, Moch
Jurnal Penelitian Vol 3 No 4 (2018): Jurnal Penelitian Desember 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi permukaan bandar udara ( aerodrome surface) membutuhkan peralatan dengan mobilitas tinggi, terutama peralatan yang terpasang pada mobil patroli landas pacu. Penelitian ini bertujuan mendapatkan rancangan antenna dengan ketahanan tinggi terhadap mobilitas mobil patroli landas pacu dengan pola pancaran omnidirectional. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan simulasi antena J-Pole untuk VHF pada frekuensi 126 MHz dengan menggunakan software CST 2014. Antena J-Pole dirancang menggunakan bahan Besi (Fe) agar tahan terhadap medan mobilitad mobil patroli. Hasil simulasi menunjukkanband frekuensi operasi / band width yang didapatkan dari selisih nilai frekuensi terendah dari VSWR<1:1.5 dan nilai frekuensi tertinggi dari VSWR<1:1.5.sebesar 3.49 Mhz. Frekuensi kerja dari rancangan antenna dengan nilai VSWR terendah 1.23 adalah 125.9 MHz. Hasil simulasi juga menunjukkan lebar band yang sama diperoleh dengan return loss<-10 dB pada rentang rekuensi 123.99 MHz sampai dengan 127.49 MHz dengan bandwidth 3.70 MHz. Pola radiasi antena hasil simulasi menggambarkan omnidireksional dengan gain pengukuran pada frekuensi 126 MHz sebesar 3.08 dB.

Page 1 of 1 | Total Record : 8