cover
Contact Name
Suhanto
Contact Email
suhanto@poltekbangsby.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mail@poltekbangsby.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian
ISSN : 19786832     EISSN : 26225948     DOI : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018" : 9 Documents clear
Investigasi Perbandingan Posisi Rectangular Flat Plate Vortex Generator dengan Posisi Straight pada Wing Airfoil NACA 43018 S.P, Setyo Hariyadi; Widodo, Wawan Aries; Junipitoyo, Bambang; Suryono, Wiwid; Supriadi, Supriadi
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesawat terbang merupakan aplikasi ilmu mekanika fluida yang sangat memperhatikan aspek aerodinamika karena berkaitan dengan performa pada penerbangan. Satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pendesainan suatu pesawat yaitu pemilihan airfoil dan modifikasinya. Modifikasi airfoil dilakukan untuk  menunda separasi aliran dan meningkatkan performa airfoil, salah satunya dengan  vortex generator. Modifikasi pada airfoil dilakukan untuk meningkatkan performansi dari airfoil. Hal ini dapat diindikasikan dengan tertundanya separasi aliran yang melintasi permukaan atas dari airfoil. Dengan tertundanya separasi ini maka gaya lift akan semakin besar dan gaya drag akan semakin kecil. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penambahan vortex generator pada permukaan atas airfoil dapat menunda terjadinya separasi aliran. Hal ini disebabkan aliran lebih tahan melawan gaya gesek dan adverse pressure gradient. Topik yang dikaji dalam penelitian ini adalah aliran melintasi airfoil NACA 43018 dengan penambahan vortex generator. Airfoil NACA 43018 digunakan pada sayap pesawat terbang ATR 72. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan karakteristik aliran fluida dengan dan tanpa penambahan vortex generator. Profil vortex generator yang digunakan adalah rectangular flat plate vortex generator dengan konfigurasi straight dan ditempatkan pada x/c = 10% dan 20% arah chord line dari leading edge. Variasi yang digunakan adalah bilangan Reynolds (Re) dan sudut serang (α) pada airfoil. Kecepatan freestream yang digunakan yaitu kecepatan 12 m/s atau Re = 7,65 x 105 dan kecepatan 17 m/s atau Re = 9 x 105, dan pada sudut serang (α) 0o, 3o, 6o, 9o, 12o, 15o, 19o, dan 20o. Parameter yang dievaluasi meliputi koefisien tekanan (Cp), profil kecepatan, lift, drag, dan rasio CL/CD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan performansi dari airfoil NACA 43018 dengan penambahan vortex generator dibandingkan dengan tanpa vortex generator. Adanya vortex generator, dapat menunda terjadinya separasi. Dengan penambahan vortex generator terjadi peningkatan lift sekitar 5% dan menaikkan drag sekitar 1,5%. Rasio CL/CD meningkat sekitar 5 %.
Peningkatan Hasil Belajar Modal Auxiliary Melalui Penggunaan Flipped Classroom Taruna Teknik Pesawat Udara Angkatan II POLTEKBANG Surabaya Fatmawati, Fatmawati
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran yang dirancang oleh dosen harus menggunakan metode yang sesuai dengan situasi atau kondisi pembelajaran, media yang digunakan dan kompetensi yang ingin dicapai sehingga tercipta pembelajaran efektif, efesien dan menyenangkan bagi taruna yang belajar dan pada akhirnya taruna mendapatkan pengalaman yang bermakna bagi dirinya. Peneliti ingin mengetahui peningkatan hasil belajar Modal Auxiliary melalui penggunaan Flipped classroom taruna Teknik Pesawat Udara Angkatan II C Poltekbang Surabaya.Saat belajar Modal Auxiliary seringkali taruna melakukan kesalahan saat membuat dan menggunakan kata - kata tentang spelling, pronounciation, intonasi, dan kosa kata reading. Hal ini dikarenakan dosen tidak tepat dalam memilih metode pembelajaran. Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar taruna Teknik Pesawat Udara Angkatan II C Poltekbang Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017 kurang mampu dalam Modal Auxiliary. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar Modal Auxiliary taruna Teknik Pesawat Udara Angkatan II C Poltekbang Surabaya tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan karena penelitian tindakan adalah merupakan penelitian yang lebih sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dosen, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kualitas taruna, serta mencapai tujuan pembelajaran atau pendidikan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah 24 taruna Teknik Pesawat Udara Angkatan II C Poltekbang Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan, serta verifikasi refleksiBerdasarkan pengamatan dalam pembelajaran pada siklus pertama diperoleh data hasil belajar taruna rata-rata 71,67 pada siklus pertama ini yang tuntas ada 13 taruna (54,17) yang tidak tuntas ada 11 taruna (45,83%). Berdasarkan pengamatan pembelajaran pada siklus kedua hasil belajar taruna rata-rata 86,67 dan pada siklus kedua yang tuntas ada 24 taruna (100%) . Kualitas pembelajaran siklus pertama memperoleh skor 3 (baik), dan siklus kedua memperoleh skor 4 (sangat baik).
Comparasion Unjuk Kerja Mesin Bensin dengan Bahan Bakar Premium dan Bioethanol [E-15] Junipitoyo, Bambang
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bio-Ethanol merupakan bahan bakar yang menghasilkan polutan yang rendah, Bioethanol  merupakan bahan bakar yang  aman digunakan sebagai bahan bakar, titik nyala etanol tiga kali lebih tinggi dibandingkan bensin, Emisi hidokarbon lebih sedikit. Bioethanol E-15 merupakan campuran premium 85% - Bioethanol 15%. Kinerja mesin tertinggi diperoleh pada campuran premium 85%-bioethanol 15% [E-15] dengan peningkatan torsi, daya output 10,15%, dan konsumsi bahan bakar spesifik meningkat 2,22%. Penelitian ini dilakukan pada mesin Bensin dengan sistem pemasukan bahan bakar port injection dengan variable speed antara 1000-5000 rpm dengan interval 500 rpm, dimana Campuran Bioethanol-Premium [E15] dimasukkan ke dalam ruang bakar melalui injector. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unjuk kerja mesin bensin dengan bahan bakar bensin dan E-15. Hasil yang diharapkan mendapatkan nilai pengaturan rasio kompresi dan waktu pengapian yang maksimal serta nilai unjuk kerja yang dinyatakan dalam: daya, torsi, efisiensi thermal, sfc.
Increasing Cadet's Reading Comprehension Through Questioning and Answering Method S., Meita Maharani
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aims of this research were to find out whether there was a significant difference of cadets’ reading comprehension achievement before and after being taught through questioning and answering method and to find if there was an increase of cadets’ reading comprehension after the instruction. The sample of this research was course TNU 10 A/B in Aviation Polytechnic of Surabaya. The research applied one group pre-test postest design. The result of the reading study by using questioning and answering method showed that there was a significant difference on cadets’ reading comprehension. The average of postest score was higher than that of pre-test, and it has gain. It means that there is an increase of cadets’ reading comprehension achievement after being taught through questioning and answering method type of cooperative learning
Rancangan Explosive Detector dengan Membandingkan Besar Nilai Medan Magnet Menggunakan Arduino Uno Suprapto, Yuyun; Warsito, Totok; Akbar, Erwin; P, Romma Diana
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desain ini dibuat sebagai alternatif peralatan Explosive Detektor serta memberikan bantuan tambahan jika di bandara tidak disediakan peralatan yang tepat. Peralatannya belum tersedia Explosive Detector di beberapa bandara dan peralatannya yang mahal, penulis ingin membuat desain Explosive Detector dengan biaya rendah dan dirancang dengan teknologi terbaru. Desain Explosive Detector mampu mendeteksi keberadaan dan jenis bahan peledak dengan menghitung besar medan magnet serta besar medan magnet  yang diperbandingkan sehingga mereka akan tahu jenis bahan peledak apa yang terdeteksi. Rancangan Explosive Detector menggunakan sensor Magnetometer sebagai konsep dasar.
Rancangan Kontrol dan Monitoring Constant Current Regulator (CCR) Pada Precision Approach Path Indicator (PAPI) Menggunakan Android Berbasis Arduino di Bandar Udara Internasional Lombok Kustori, Kustori; P., Romadhani A.
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Precsicion approach path indicator atau biasa disebut PAPI merupakan alat bantu pendaratan yang paling vital untuk penerbang, diperlukan kepresisian tinggi untuk dapat membantu seorang penerbang atau pilot untuk mendaratkan pesawat udara. Dalam kenyantaannya PAPI di bandara seringkali mendapat masalah yang menyebabkan kepresisian PAPI dipertanyakan. Oleh karena itu dalam tugas akhir ini penulis ingin membuat suatu alat yang dapat mengatur kepresisian PAPI dari jarak jauh dengan bantuan motor dc dan microcontroller AT89S51 yang terhubung secara computerized
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Suportif, Palayanan dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Taruna Lalu Lintas Udara Angkatan VIII untuk Mengoptimalkan Daya Serap Lulusan Politeknik Penerbangan Surabaya S.P, Aulia Regia; Wasito, Bambang; Lestari, Sri; Radix Agustiono, R. Moh.
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study is entitled "Analysis of the Effect of Supportive Leadership Style, Learning Services and Facilities on Learning Achievement of Air Traffic Youth Class VIII to optimize the Absorption of Graduates at Aviation Polytechnic of Surabaya Supportive leadership style influences the learning achievement of cadets at Aviation Polytechnic of Surabaya Services affect the learning achievements of cadets Air Traffic Surabaya Flight Polytechnic. Learning facilities have an effect on the learning achievements of cadets at Aviation Polytechnic of Surabaya Air Traffic cadets learning achievements affect the absorption capacity of Surabaya Aviation Polytechnic graduates.
English Learning Strategy as Foreign Language Relating to Demographic Factors on First Grade Cadets of POLTEKBANG Rochmawati, Laila; Wijanarko, Aris; Fatmawati, Fatmawati; S., Meita Maharani
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The determing of language learning strategies that are often used by cadets in the Surabaya aviation polytechnic and knowing the correlation between the age, gender, major and educational background of each cadet are the goals in this reseach. Chi-Square test and Pearson product moment correlations test was used in order to determine whether or not common effect of age, gender, major and educational background of each cadet displayed significant differences on Language Learning Stratrgy of students. The results stated that the most frequently-used strategies were metacognitive strategies. The least frequently-used ones were affective strategies. The results of Pearson product moment correlations revealed that gender were the only demografic factors that were significantly correlated with the learners’ learning strategy. The relationship between learners’ learning strategy and gender was found to be positively significant .002 (sig < .005), learning strategy use associated with gender were significantly correlated.
Rancang Bangun Sistem Pengukuran Keccepatan Putar Generator Pada Turbin Angin Menggunakan Optocoupler Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535 S., Rifdian I.; Hartono, Hartono
Jurnal Penelitian Vol 3 No 3 (2018): Jurnal Penelitian September 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecepatan angin dan desain sudu mempengaruhi besarnya kecepatan putaran generator, sehingga data kecepatan putar sudu dan kecepatan putar generator menjadi salah satu acuan untuk berbagai keperluan seperti mendesain sudu turbin, data pembanding dengan output generator dalam menentukan kinerja generator dan sistem keamanan turbin. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang alat pengukur kecepatan putar (rpm) generator yang dihasillkan dari pergerakan turbin angin. Prinsip kerja dari alat ini yaitu menembakkan cahaya infra merah pada bidang reflektif yang akan memantulkan cahaya inframerah yang kemudian diterima oleh detektor. Alat pengukur kecepatan putar ini menggunakan sensor led inframerah yang dapat memancarkan cahaya inframerah yang tidak kasat mata. Cahaya inframerah merupakan gelombang cahaya yang berada pada spektrum cahaya tak kasat mata yang ditembakkan ke daerah reflektif kemudian ditangkap oleh phototransistor sebagai receiver. Output receiver akan dikonversi dalam bentuk kecepatan putar (rpm) oleh mikrokontroler. Nilai rpm akan ditampilkan melalui display lcd. Berdasarkan hasil pengujian alat diperoleh bahwa error pengukuran paling kecil pada kecepatan 6000 RPM dengan prosentase error sebesar 0.00 %, sedangkan prosentase error terbesar pada kecepatan 500 RPM sebesar 0.04 %. Dari data hasil pengujian yang telah dilakukan , hasil pengukuran masih dalam batas toleransi yaitu sebesar ±10%.

Page 1 of 1 | Total Record : 9