Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017" : 9 Documents clear
Rancangan Alat Kontrol Pemadam Kebakaran Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega Dengan Menggunakan Sensor Asap, Suhu dan HMI (Human Machine Intrface) di Bandar Udara Kustori, Kustori
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemadam kebakaran selama ini di Bandar Udara ditanggulangi oleh petugas pemadam kebakaran dan belum di bangunnya alat kontrol pemadam kabakaran secara terintegrasi di ruang Terminal Bandara menyebabkan berbagai permasalahan dalam pelayanan jasa pada Bandar Udara sehingga dengan adanya alat pemadam kebakaran otomatis yang menggunkan HMI (Human Machine Interface) di Bandar Udara ini dapat menanggulangi permasalahan selama ini di Bandar Udara. Permasalahan yang di kaji dalam penulisan tugas akhir ini adalah belum di bangunnya alat kontrol pemadam kebakaran yang terintegrasi menggukan HMI (Human Machine Interface) pada Bandar Udara. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendapat suatu rancangan alat pemadam kebakaran otomatis yang menggunakan HMI (Human Machine Interface) di Bandar Udara . Pemadam kebakaran otomatis yang menggunkan HMI (Human Machine Interface) merupakan suatu rancangan alat yang mengunakan sensor sebagai detektor bahwa adanya bahaya pemicu kebakaran dan mikrokontroler sebagai pusat pengelolah data dan sebagai eksekusinya digunakan pompa dan springkler untuk memadamkan api, HMI (Human Machine Interface) disini digunakan untuk memudahkan pengontrolan langsung pada peralatan kebakaran serta ruangan tempat terjadi kebakaran. Selain itu tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya. Dari hasil pengujian alat maka dengan adanya alat pemadam kebakaran otomatis yang menggunakan HMI (Human Machine Interface) dapat menanggulangi permasalahan dan memenuhi kebutuhan akan kenyamanan dan keamanan dalam penyediaan jasa penerbangan di Bandar Udara.
Rancang Bangun Miniatur Constant Current Regulator Augier Diam 4000 Sebagai Media Pembelajaran di Politeknik Penerbangan Surabaya Hartono, Hartono; Rizky, Kurniawan
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Constant Current Regulator adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengatur arus konstan dan brightness dari alat bantu visual yang ada pada Airfield Lighting. Untuk melengkapi peralatan praktikum di Politeknik Penerbangan Surabaya, maka dirancanglah sebuah trainer Constant Current Regulator sebagai media pembelajaran. Rancangan sebuah miniatur Constant Current Regulator dengan menggunakan mikrokontroller sebagai komponen utama untuk mengendalikan besar arus yang mengalir pada rangkaian beban. Hasil pengukuran dari sensor arus akan memberikan data kepada mikrokontroller sebagai bahan pertimbangan jika arus telah sesuai dengan referensi arus yang telah ditetapkan, apabila arus yang diukur tidak sesuai dengan arus referensi maka mikrokontroller akan mengendalikan Solid-State Relay yang berfungsi sebagai switch untuk mengendalikan beban.
Sistem Pendukung Keputusan Optimasi Biaya Dan Rute Pengiriman Barang Dengan Multimoda Menggunakan Algoritma Kruskal Dalam Optimasi Single Moda M., Lady Silk
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia dengan lebih dari 17 ribu pulau. Untuk Negara yang terdiri dari kepulauan dan lautan ini dibutuhkan sistem angkutan antar moda, yang menghubungkan antar pulau yang tersebar, demi menciptakan sistem transportasi yang aman, efektif dan efisien. Pengiriman barang merupakan salah satu proses logistik yang utama, sehingga penting untuk dikaji lebih dalam. Dalam proses pengiriman barang, dibutuhkan suatu sistem yang dapat memberi gambaran tentang waktu dan biaya angkutan multimoda yang paling efektif dan efisien. Pada penelitian ini, dibangun Sistem Informasi yang dapat membantu user dalam mengambil keputusan untuk mengoptimalkan waktu dan biaya pengiriman barang, sehingga dapat menunjukan segala kemungkinan multimoda yang dapat digunakan dalam proses pengiriman barang. Sistem Multimoda yang diterapkan yaitu angkutan dari pabrik menuju ke pangkal jalur utama pertama pada suatu kota asal (stasiun kereta api, kargo pesawat udara, kargo pelabuhan kapal laut) menuju lokasi tujuan/transit. Dan angkutan dari jalur utama pada kota tujuan/transit menuju gudang, atau menuju jalur utama selanjutnya. Pada sistem informasi ini, hal yang dipertimbangkan adalah biaya dan waktu perjalanannya dari 4 moda, yaitu Darat, Laut, Udara dan Kereta Api, dengan mempertimbangkan segala kemungkinan multimoda yang dapat digunakan. Sistem ini juga dapat menghitung untuk lokasi tujuan yang hanya dapat dilalui moda tertentu saja. Pada perhitungan single moda, digunakan Algoritma Kruskal dalam perhitungan rute terpendek.
Rancang Bangun DC-DC Konverter 300 Volt Jenis Buck Konverter S., Rifdian I.
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DC chopper jenis buck dengan beberapa aplikasi telah banyak dibuat. Namun dalam penelitian tersebut hanya menggunakan tegangan masukan yang dturunkan terlebih dahulu oleh trafo step down. Selain itu, dalam beberapa penelitian dengan DC chopper buck tidak pernah memperhitungkan seberapa besar pengaruh efek parasitik terhadap tegangan keluaran yang dibutuhkan. Komponen pensaklaran yang digunakan dalam beberapa penelitian juga tidak dibahas secara mendalam. Dari beberapa topologi konverter arus searah, konverter jenis buck dipilih karena konverter ini menghasilkan tegangan keluaran yang memiliki nilai maksimal sama dengan tegangan masukan Selain itu, buck converter memiliki efisiensi yang tinggi dan riak pada tegangan keluaran yang rendah. Dalam penelitian ini akan dibahas respon DC Chopper Buck dengan catu daya utama tegangan AC jala-jala satu fasa yang disearahkan yang meliputi tegangan masukan, arus masukan, tegangan keluaran, arus keluaran, dan efisiensi. Berdasarkan hasil pengujian, tegangan yang digunakan untuk mensuplai DC Chopper buck ini sebesar 300 Volt dengan variasi beban resistif dan beban dominan induktif. Variasi beban resistif yang digunakan yaitu 40Ω, 100Ω, dan 300Ω. Efisiensi yang dihasilkan ketika diberi beban resistif 40Ω dengan tegangan 30V-210V yaitu sebesar 62,60%-98,08%, beban 100Ω sebesar 42,05%-97,18%, sedangkan pada beban 300Ω efisiensi yang dihasilkan sebesar 37,32%-90,90%.
Meningkatan Hasil Belajar Writting Aviation Job Melalui Pemanfaatan Model Group Investigation Taruna Teknik Lisrik Bandara XI B ATKP Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017 Fatmawati, Fatmawati
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat pembelajaran memahami Writting Aviation Job seringkali taruna melakukan kesalahan. Hal ini dikarenakan dosen tidak tepat dalam memilih metode pembelajaran. Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar taruna Teknik Listrik Bandara kelas XIB ATKP Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017 kurang mampu dalam pembelajaran memahami Writting Aviation Job. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan metode group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar Writting Aviation Job taruna Teknik Listrik Bandara kelas XIB ATKP Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas karena penelitian tindakan kelas adalah merupakan penelitian yang lebih sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dosen, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kualitas taruna, serta mencapai tujuan pembelajaran atau pendidikan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah 24 taruna Teknik Listrik Bandara kelas XIB ATKP Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan, serta verifikasi refleksi.
Performa Mesin Bensin Berbahan Bakar Ethanol Dengan Pengaturan Kompresi Rasio Junipitoyo, Bambang
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ethanol merupakan bahan bakar yang menghasilkan polutan yang rendah, bahan bakar yang aman, titik nyala etanol tiga kali lebih tinggi dibandingkan bensin dan emisi hidokarbon lebih sedikit. Ethanol 50 merupakan campuran premium 50% - Bioethanol 50% yang mempunyai nilai kalor lebih rendah dari premium. Pengaruh rasio kompresi pada kinerja mesin Bensin dengan 50% bioethanol gasoline bahan bakar dicampur diselidiki pada dinamometer rem air. Sifat bioetanol diukur berdasarkan pada American Society for Testing Material (ASTM) standar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui unjuk kerja mesin bensin yang menggunakan bahan bakar Ethanol E50 dengan pengaturan kompresi rasio. Penelitian dilakukan pada Mesin Bensin 2 silinder 650 cc pada variable speed 2000 - 5000 rpm, metode yang digunakan adalah dengan mengatur kompresi rasio. Kompresi rasio yang digunakan pada penelitian ini sebesar 9 , 10 dan 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengaturan kompresi rasio pada mesin bensin berbahan bakar Ethanol 50, pada kompresi rasio 11 diperoleh kenaikan torsi, daya mengalami kenaikan sebesar 9 %, 4,25% terhadap E50 standar. dibandingkan dengan menggunakan bensin murni pada kompresi rasio 9,6. Sedangkan pengaruh rasio kompresi menambahkan pada E50 dapat mengurangi bsfc oleh 12,25% dan meningkatkan thermal efisiensi dengan 14,2%.
Karakteristik Aliran Di Belakang Gundukan (Bump) Segitiga Pada Plat Datar P., Setyo Hariyadi S.
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aliran viscous yang melewati sebuah pengganggu berbentuk bump, umumnya akan mengalami penurunan tekanan di sisi upstream dan kenaikan tekanan di sisi downstream. Saat momentum aliran fluida tidak dapat melawan kenaikan tekanan dan gesekan dengan permukaan maka aliran fluida akan terseparasi. Titik dimana mulai terjadi gejala separasi disebut titik separasi. Daerah setelah titik separasi mempunyai tekanan yang lebih kecil daripada daerah di sisi upstream sehingga mengakibatkan perbedaan tekanan yang besar. Akibat perbedaan tekanan ini, maka akan terjadi gaya drag pada benda. Bentuk bump yang digunakan pada studi numerik ini adalah segitiga dengan freestream sebesar 9.75 m/s dan 15.5 m/s. Penelitian ini dilakukan dengan simulasi numerik mengunakan software simulasi dengan model turbulen k – ε Realizable. Model benda uji berupa plat datar yang ditambahi dengan bump. Adanya bump pada pelat datar mengakibatkan aliran menjadi terseparasi sehingga menimbulkan penambahan gaya total drag sepanjang pelat datar. Separasi massive pada bump segitiga terjadi akibat momentum aliran tidak mampu mengatasi advarse pressure gradient dan tegangan geser antara permukaan bump dengan aliran fluida, sehingga untuk harga Re yang lebih besar akan mengakibatkan letak titik separasi lebih tertunda.
Pengaruh Motivasi Belajar Taruna Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar Taruna di Politeknik Penerbangan Surabaya Lestari, Sri
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivation learn is the effort someone cadets to provide all energy condition to learn so that he will or wish process study. Lecturer play a part good enough important in the plan and also curriculum execution. Beside that lecturer is planner, curriculum developer and executor to its class, because lecturer also curriculum developer line which is terdepan hence lecturer also which always evaluate and completion to curriculum. From result of calculation with t test above it can be interpreted that cadet motivation / (X1), t value obtained is 17,264 and its significance value is 0.000, this value is smaller than = 0,05,Lecturer competence / (X2), t arithmetic value obtained is 14.255 and the significance value is 0,000, this value is smaller than  = 0,05meaning that cadet motivation (X1) and lecturer competence (X2) are partially significant to achievement learning cadets (Y) atAviation Polytechnic of Surabaya. The result of F Test calculation done with the help of SPSS program obtained F value counted 298,095. The significance value obtained is 0.000, the value of significance is smaller than the value of that is 0.05, meaning that cadet motivation (X1) and lecturer competence (X2) together significantly affect achievement learning cadets (Y) atAviation Polytechnic of Surabaya. The result of SPSS practice on standardized regression coefficient (β) or Standardized of Coefficients Beta, it is known that variable X2 that is cadet motivation has standardized coefficient of standard (β) or Standardized of Coefficients Beta is 2,542 compare with other independent variable variable X2 that is taruna motivation is independent variable that dominant influence dependent variable that isachievement learning cadets (Y) atAviation Polytechnic of Surabaya.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Taruna Manajemen Transportasi Udara Angkatan II di Politeknik Penerbangan Surabaya Radix Agustiono, R. Moh.; S.P, Aulia Regia
Jurnal Penelitian Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Penelitian September 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Achievement of learning achieved by cadets is essentially a reflection of the learning effort. In general the better the learning effort the better the achievements achieved. Of course this is not independent of factors that influence it, among others, interest, motivation, education level of parents, income levels of parents, and so forth. This study discusses the influence factors of interest, motivation, level of old age education, income level of parents, and the number of children dependent parents on learning achievement cadet at Aviation Polytechnic of Surabaya Analysis techniques used descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. Based on the results of descriptive statistical analysis obtained data that cadets air transportation managementat Aviation Polytechnic of Surabaya has (1) interest in learning of 76.53% included in the high category; (3) parent education level 43,88% high school education, including in medium category; (4) income level of old roang 50% having income more than Rp 1,000,000, - per month, included in high category; and (5) parents of students who have dependents of 3-4 children as much as 44.90%, included in the medium category. The learning achievement of airport electrical cadet at Aviation Polytechnic of Surabaya is classified in very satisfactory category, that is 67.35% of students have Achievement Index between 2.76 to 3.50. The result of inferential statistic analysis concludes that interest (X1), learning motivation (X2), parent's education level (X3), parent's income level (X4), and number of parent dependent children (X5) together influence learning achievement (Y) the airport electrical engineering cadet at Aviation Polytechnic of Surabaya shown by the value of Fhitung of 11.275 is greater than the Ftable value of 2.30. The pattern of influence between these six variables is expressed by multiple regression equations: Y = 1,233 + 0,011 X1 + 0,014 X2 + 0,004 X3 + 0,005 X4 + 0,002 X5.

Page 1 of 1 | Total Record : 9