cover
Contact Name
Jurnal Mandiri
Contact Email
jurnalmandiri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmandiri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Mandiri
ISSN : 25803220     EISSN : 25804588     DOI : -
The MANDIRI Journal: Science, Art and Technology (P-ISSN: 2580-3220 and E-ISSN: 2580-4588) was published by the Institute for the Study of Democracy and Community Empowerment (LKD-PM). The MANDIRI journal is an Indonesian-based open access peer-reviewed journal that is officially doubled (June and December). MANDIRI Journal: Science, Art, and Technology contain ideas or results of research and scientific work that comes from research and community service with the aim of developing science, art, and technology. In addition, this Journal is also expected to be able to support the improvement of lecturer competencies and an alternative for the public in publishing the results of their work. As far as the focus and seriousness consists of: Science: Economics, Business, Management, Accounting, Islamic Economics, Entrepreneurship, State Administration, Public Administration, and Development Administration. Art: Music, Dance and Cultural Arts. Technology: Information Technology, Information Systems, and Computer Science.
Arjuna Subject : -
Articles 45 Documents
KONTRIBUSI PEMBERIAN KREDIT DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN UKM DI KOTA MADIUN 2015 Pratama, Aditya
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.494 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.5

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan persaingan sebuah usaha semakin lama semakin ketat diikuti dengan perkembangan perekonomian yang ada. Pemberian kredit dan kemampuan manajerial diduga merupakan variabel yang memiliki kontribusi dengan tingkat pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kontribusi pemberian kredit dan kemampuan manajerial terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh UKM pada tiga kecamatan di Kota Madiun sebanyak 113 UKM, sedangkan sampel penelitian ini diambil sebanyak 90 UKM. Sampel tersebut diambil dengan teknik propotionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil: Berdasarkan uji hipotesis dibuktikan bahwa: (1) Terdapat kontribusi pemberian kredit terhadap tingkat pendapatan UKM (2) Terdapat kontribusi kemampuan manajerial terhadap tingkat pendapatan UKM (3) terdapat kontribusi pemberian kredit dan kemampuan manajerial terhadap tingkat pendapatan UKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian kredit dan kemampuan manajerial berkontribusi langsung terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-MUSRENBANG DI KELURAHAN GONDRONG, KECAMATAN CIPONDOH, KOTA TANGERANG Nazir, Ahmad
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.835 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.6

Abstract

Tujuan dilakukannya Penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengidentifikasi harapan warga Kelurahan Gondrong dengan adanya perencanaan pembangunan Melalui Musrenbang Kota Tangerang. Dan untuk menganalisis Implementasi Kebijakan penerapan e-Musrenbang Di Kelurahan Gondrong Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kelurahan Gondrong Kecamatan Cipondoh alamat : Jl. Ki Hajar Dewantoro Kel Gondrong Kec Cipondoh Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Deskriptif Menurut Kuncoro adalah “Penelitian deskriptif meliputi kegiatan pengumpulan data untuk menjawab pertanyaan mengenai status terakhir dari subyek penelitian, karena dalam penelitian ini dilakukan dengan berinteraksi langsung dengan pemangku kepentingan program musrembang Kota Tangerang dan masyarakat yang terlibat dalam Perencanaan Pembangunan pada pelaksanaan Musrenbang di Kota Tangerang. Musrenbang dilaksanakan dalam rangka melaksanakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Daerah, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2006 tentang Tatacara Penyusunan Rencana Pembangunan, Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana KerjaP emerintah Daerah (RKPD). Tiga kelompok variabel yang mempengaruhi keberhasilan implementasi: Karakteristik dari masalah, Karakteristik kebijakan/undang-undang, dan karakteristik lingkungan, ketiga variable ini mampu membuktikan implementasi E-Musrenbang di Kelurahan Gondrong Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Di kelurahan Gondrong Kecamatan Cipondoh berimbang antara yang senang dan yang kurang menyenangi berbilang seimbang, hal ini memberi sinyal kuat bahwa bagi para pegawai kelurahan lebih senang dengan menggunakan elektonik dikarenaka efisiensi dan teransparan, sedang dari kalangan RW dan RT masih belum menginginkan penggunaan musrenbang elektronik, dengan alasan membingungkan dalam hal pengajuan.
TAADDUD AL-JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB Nasution, Ahmad Yani
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.13 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.7

Abstract

Masalah utama yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana pendapat para ulama Madzhab mengenai Ta'addud al-Jumat. Ta'addud al-Jumat adalah berbilang-bilangnya pelaksanaan shalat Jumat dalam satu desa atau kota. Berbilang-bilangnya pelaksanaan Jumat berpengaruh kepada terbaginya jumlah jamaah. Secara otomatis jamaah akan memilih Masjid yang lebih dekat dengan rumahnya. Sehingga dapat mengikis esensi atau hikmah dari pelaksanaan shalat jumat tersebut. Sementara tujuan pensyariatan jumat ini adalah untuk mempersatukan masyarakat desa atau kota. Seringnya berintraksi dapat menumbuhkan kasih sayang dan saling tolong menolong diantara mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan mengkaji sumber data utama berupa kitab-kitab empat mazhab yang memuat uraian tentang hukum Ta'addud al-Jumat. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana hukum Ta'addud al-Jumat dari kalangan ulama ditinjau dari empat madzhab. Data yang Penulis kumpulkan baik dari sumber primer, sekunder maupun pendukung akan diproses secara deskriptif analisis. Diantara kitab empat mazhab yang akan ditelaah adalah kitab Al-fiqhu la Mazahib Al-arbaah, Syarhu Fathul qadhir, Mukhtasor Al-Mujni, Al-Bahru Ar-Roiq, Al-Umm, Mughni Al-Muhtazh, Al-Hawy AL-Kabir,  Al-Fiqhu Al-Maliki Wa Adillatuhu, Ibnu Muflih, Al-Iqna, Al-Mughni Ibnu Quddamah, dan Mawahibu Al-Jalil. Setelah terkumpul pendapat semua mazhab, kemudian dikomparasi antara pendapat mazhab yang satu dengan yang lainnya kemudian di klasifikasikan pendapat yang sama dan pendapat yang berbeda.
ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA Priyanto, Aria Aji
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.645 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, financial leverage dan ukuran perusahaan terhadap perataan laba pada perusahaan cosmetic,household dan houseware yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama period 2007-2011 .Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebagai obyek perusahaan adalah perusahaan cosmetic,household dan houseware yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan periode penelitian tahun 2007 sampai 2011 sebanyak 6 perusahaan dan yang dijadikan obyek penelitian (sampel) yaitu sebanyak enam perusahaan. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive judgement sampling. Data diuji menggunakan analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan financial leverage terhadap perataan laba tetapi untuk variable profitabilitas dan ukuran perusahaan  tidak berpengaruh terhadap perataan laba. Sedangkan berdasarkan uji f (simultan) tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari ketiga variable independent tersebut terhadap perataan laba.
PENGARUH MAKRO EKONOMI TERHADAP PASAR SAHAM LIQUID DI INDONESIA Lubis, Iman
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini menggunakan variabel makro ekonomi yaitu Suku Bunga BI, Indeks Harga Konsumen, Kurs Beli, Jumlah Uang Beredar dalam arti luas (M2), dan Ekspor. Variabel yang dipengaruhinya adalah pasar liquid di Indonesia yaitu Indeks LQ45. Pengunaan data bulanan dari Januari 2010 sampai dengan Desember 2016 dan metode yang digunakan adalah Vector Error Correction Model (VECM). Hasil dari penelitian adalah tidak ada hubungan dan berpengaruh jangka pendek dari variabel makro ekonomi terhadap pasar liquid selain Kurs Beli dengan lag ke-2 meskipun variabel makro ekonomi  memiliki hubungan dan berpengaruh jangka panjang pada pasar liquid tersebut  
PENGEMBANGAN MODEL KERJA SAMA LINK AND MATCH UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA BAGI LULUSAN SMK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI KOTA SEMARANG Putranto, Ivan
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.755 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model kerja sama link and match untuk meningkatkan kesiapan kerja bagi lulusan SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang, (2) mengetahui model kerja sama link and match yang efektif untuk diterapkan guna meningkatkan kesiapan kerja bagi lulusan SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Lokasi penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 9 Semarang, SMK LPI, dan SMK Perintis 29-01 Jurusan Bisnis Manajemen Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) pasangan. Penetapan informan sebagai sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi untuk mengembangkan model kerja sama link and match untuk meningkatkan kesiapan kerja, sedangkan metode kuantitatif dilakukan dengan pengisian angket untuk analisis kebutuhan penelitian. Keabsahan data diperoleh melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmatory. Analisi data kualitatif: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan data dan verifikasi, kuantitatif: validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan model kerja sama link and match untuk meningkatkan kesiapan kerja dilakukan dengan menambahkan komponen sosialisasi kompetensi siswa, keterlibatan DUDI dalam penerimaan siswa baru dan identifikasi kompetensi kebutuhan oleh DUDI (2) model kerja sama link and match dikatakan efektif bilamana model model kerja sama link and match mengantarkan standar kompetensi lulusan SMK sama dengan kompetensi harapan DUDI
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR Woro, Kus
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.87 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengembangan modul pembelajaran ekonomi berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, (2) menganalisis keefektifan penggunaan pembelajaran ekonomi berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Penelitian pengembangan modul pembelajaran ekonomi ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 8 tahap. Analis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis hasil belajar siswa menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis deskriptif modul pembelajaran ekonomi berbasis guided inquiry disimpulkan bahwa validasi ahli media sebanyak 98,28% dengan kriteria sangat baik, ahli materi 95,90% dengan kriteria sangat baik, dan ahli praktisi sebanyak 95,90% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji keefektifan dengan menggunakan software IBM SPSS 17 dengan rumus t-test, nilai thitung yang didapatkan dari posttest kelas kontrol dan eksperimen adalah 7,853 dengan nilai ttabel adalah 1.980, dengan demikian thitung> ttabel yang berarti peningkatan nilai hasil belajar ekonomi kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Selanjutnya, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 <α (0,05), yang menunjukkan bahwa H1 diterima berarti kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran ekonomi berbasis hasil pengembangan lebih meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dibandingkan tanpa menggunakan modul pembelajaran berbasis guided inquiry. Kesimpulan. Kesimpulannya adalah modul pembelajaran ekonomi berbasis ekonomi berbasis guided inquiry valid dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
ANALISIS MODEL BISNIS DAN STRATEGI PERUSAHAAN START UP E-COMMERCE Nizar, Nefo Indra
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.346 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.12

Abstract

Perkembangan bisnis dengan platform e-Commerce di Indonesia sudah maju pesat. Pemerintah sangat mendukung pertumbuhan  bisnis dengan platform e-Commerce, dengan paket kebijakan ekonomi dan memberikan panduan dan peta jalan industri e-Commerce. Salah satu transaksi perdagangan yang potensial dapat digarap melalui platform e-Commerce adalah UMKM. Barang dan jasa UMKM memberikan kontribusi besar untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor. GerobakOnline.Com sebagai perusahaan start up e-Commerce memiliki visi dan misi untuk menjadi perusahaan marketplace terkemuka melayani UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi  dan model bisnis GerobakOnline sebagai perusahaan start up e-Commerce. Analisis model bisnis menggunakan kerangka e-model bisnis Osterwalder dan Pigneur. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik wawancara. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dan gambaran secara menyeluruh mengenai model bisnis dan strategi GerobakOnline. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa GerobakOnline sebagai perusahaan start up e-Commerce memiliki 6 strategi inti pengembangan bisnis untuk meraih visi dan misi yang memberi solusi dan nilai tambah kepada pasar UMKM. Model bisnis GerobakOnline sejalan dengan 6 strategi inti perusahaan. Tiga pilar model bisnis : Infrastructure Management, Product Innovation, dan Customers Relationship menunjukkan bagaimana perusahaan melalui semua aspek memberikan value sebesar-besarnya kepada UMKM sebagai target mitra bisnis. Financial Aspect sebagai pilar ke empat menunjukkan struktur biaya lebih besar dari aliran pendapatan yang disebabkan oleh beban biaya penyusutan dan biaya pengembangan TI
ANALISIS STRATEGI DAN PROSPEK BISNIS HARIAN UMUM SINAR PAGI Ruddin, Syam
Jurnal Mandiri Vol 1 No 1: Juni 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.905 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i1.13

Abstract

Sejak tumbangnya rezim Orde Baru, kekebasan di berbagai aspek termasuk dalam mendapatkan informasi mengalir begitu deras, sehingga banyak muncul penerbitan-penerbitan baru. Bahkan bisnis pers di Indonesia terbuka luas sehingga memungkinkan bagi setiap orang untuk terjun menggelutinya. Namun ternyata hal itu tidak signifikan dengan antusiasme masyarakat untuk memperoleh informasi. Terbukti dengan menurunnya daya beli masyarakat. Akibatnya penawaran yang dilakukan tidak meningkat bahkan cenderung menurun karena kecilnya permintaan. Situasi seperti ini membuat perusahaan-perusahaan pers harus melakukan inovasi-inovasi yang dilaksanakan dengan prinsip-prinsip manajerial. Tanpa melakukan hal itu sulit bagi perusahaan untuk berkembang di tengah-tengah kuatnya persaingan bisnis informasi, khususnya pers. Analisis Strategi dan Prospek Bisnis Harian Umum Sinar Pagi merupakan suatu tema penelitian untuk mengetahui strategi yang harus dijalankan dan prospek bisnis perusahaan pada masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan dan memperkirakan penjualan yang dicapai, dan mengaitkannya dengan variabel promosi dan harga. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan pengumpulan data dan analisis data. Dari sisi pemasaran, perusahaan melakukan strategi bauran pemasaran (4P-product, place, price, dan promotion) dan strategi STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor harga dan promosi sangat menentukan tingkat penjualan suatu produk. Terbukti dengan dinaikkannya harga 10% dan biaya promosi 25%, secara perlahan-lahan manajemen perusahaan mampu mengangkat kembali jumlah penjualan. Selanjutnya berdasarkan analisis antara permintaan (QD) dan penawaran (QS), diketahui bahwa QD < QS. Oleh karena itu manajemen perlu menerapkan strategi-strategi pemasaran apabila perusahaan ingin meningkatkan penjualan. Kendati demikian, secara keseluruhan marjin perusahaan masih cukup baik karena ditunjang oleh pendapatan iklan. Tentu, hal ini tidak bisa diteruskan untuk dipertahankan, sebab apabila penjualan terus menurun, maka akan berdampak pada penjualan iklan
PENGARUH NET WORKING CAPITAL DAN CURRENT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSETS (STUDI KASUS PADA PT. INDAH KIAT PULP AND PAPER TBK DI TANGERANG) Patmin, Su
Jurnal Mandiri Vol 1 No 2: Desember 2017
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1695.451 KB) | DOI: 10.33753/mandiri.v1i2.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Working Capital dan Current Ratio terhadap Return On Assets pada PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisa data merupakan kegiatan pengumpulan data dari sumber-sumber yang diperoleh dengan mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenisnya, mentabulasi berdasarkan variabel, menyajikan data berdasarkan variabel yang diteliti, melakukan perhitungan serta penjelasan perkembangan setiap variabel untuk menjawab rumusan masalah, dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan Analisis deskriptif dan Analisis statistik inferesial yaitu: 1. Analisi Regresi Berganda, 2. Koefisien Determinasi (R2), 3. Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut : 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara net working capital terhadap return on assets pada PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk, dengan kontribusi pengaruh sebesar 64,7%. Dan nilai t hitung sebesar 3,029 dengan signifikansi t sebesar 0,029. 2. Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara current ratio terhadap return on assets pada PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk, dengan kontribusi pengaruh sebesar 64,7%. Dan nilai thitung sebesar 2,234 dengan signifikansi t sebesar 0,076. 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara net working capital dan current ratio secara bersama-sama terhadap return on assets pada PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk, dengan kontribusi pengaruh sebesar 79,9%. Dan nilai Fhitung sebesar 7,947 dengan signifikansi F sebesar 0,040.