cover
Contact Name
Mulabbiyah
Contact Email
mulabbiyah@uinmataram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mulabbiyah@uinmataram.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI
ISSN : 20878389     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
El-Midad adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. Skop dan fokus jurnal El-Midad meliputi beberapa bidang kajian yang berhubungan dengan pendidikan dasar yaitu: IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan Pendidikan Jasmani.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Kemampuan Number Sense Mahasiswa Jurusan PGMI FTK UIN Mataram dalam Pemecahan Masalah Matematika Nugraha, Yandika
EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.147 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense mahasiswa Jurusan PGMI FTK UIN Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa PGMI konsentrasi matematika. Pada penelitian ini terbagi menjadi dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap formatif meliputi pembuatan instrumen, uji pakar, uji validitas data, dan uji lapangan. Instrumen yang dipergunakan yaitu menggunakan instrumen tes yang terlebih dahulu divalidasi oleh pakar yaitu tiga orang dosen matematika. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan yaitu melakukan penskoran, melakukan persentase tiap kategori, serta menghitung kemampuan number sense mahasiswa berdasarkan komponen-komponen number sense. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata dari kelima kategori menunjukkan bahwa mahasiswa berada dikategori kurang.
Phobia dalam Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar Mulhamah, Mulhamah
El Midad Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.147 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fobia matematika. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi pustaka atau biasa disebut dengan istilah library research. Dalam hal ini, penulis mengumpulkan referensi baik dari buku, artikel jurnal, maupun dari prosiding yang terkait fobia dalam suatu pembelajaran matematika di pendidikan dasar. Ketiga jenis referensi tersebut akan memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan topik yang diangkat oleh peneliti. Referensi tersebut akan dipelajari dengan seksama untuk memperoleh penjelasan secara rinci tentang apa itu fobia matematika, penyebab dari fobia matematika, serta solusi dalam mengatasi fobia matematika di pendidikan dasar. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu faktor utama penyebab fobia matematika bukanlah karena bodoh ataupun malas, akan tetapi lebih mengarah kepada kecemasan dan ketakutan yang timbul. Kecemasan ini lebih disebabkan oleh suatu hal yang bersifat abstrak, berbeda dengan ketakutan yang lebih disebabkan oleh sesuatu yang tampak dan nyata. Oleh sebab itu, fobia berkaitan erat dengan perasaan atau emosi yang memunculkan rasa takut ataupun cemas. Guru merupakan salah satu faktor kunci selain dari faktor orangtua, intelektual, dan lingkungan dalam mencegah serta mengatasi fobia matematika.
Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKn di SDN 11 Mataram Anwar, Khairil; Marudin, Marudin
El Midad Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.147 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dalam materi pemerintah desa kelas IV SDN 11 Mataram dan mengetahui tingkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKN di SDN 11 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalaham yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi, ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dengan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dan keterampilan berbicara, berfikir, dan mengulangi, melalui auditory, intellectualy, repetition (AIR). Berdasarkan analisis penelitian diperoleh data hasil evaluasi pada siklus I adalah yang mempunyai nilai ≥75 sebanyak 10 siswa, yang tidak tuntas secara individu sebanyak 20 siswa. Jumlah seluruh siswa adalah 37 orang. adapun persentase ketuntasan klasikal mencapai  45,94%. Sedangkan pada siklus ke II jumlah siswa yang mengikuti evaluasi sebanyak 37 siswa. Jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 36 siswa dan tidak tuntas adalah 1 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 97,29%, Jadi hasil penelitian yang didapatkan semakin meningkat dari tiap siklus. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) pada sub pokok materi pemerintah desa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mataram. Peneliti menyarankan agar model AIR ini dapat dilaksanakan khususnya untuk yang memiliki permasalahan yang sama dan perlunya manajemen waktu yang baik, sehingga pembelajaran dengan model AIR ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dalam pembelajaran.
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media Kokami untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Raehanah, Raehanah; Hudari, Ahmad; Djuwita, Warni
EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.147 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru sangat jarang menerapkan model dan menggunakan media dalam proses pembelajarn dan juga masih bersifat satu arah atau masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kokami pada siswa kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Hasil belajar yang diukur yaitu nilai kognitif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa metode observasi dan tes. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Skor aktivitas siswa sebanyak 59,72% dengan kategori aktif meningkat menjadi 85,41% dengan kategori sangat aktif pada siklus II. Begitu juga skor aktivitas guru dari 68,66% dengan kategori terlaksana baik meningkat menjadi 92,10% dengan kategori terlaksana sangat baik pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 60,86%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 1 orang dengan ketuntasan klasikal 95,65%. Dengan demikian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kokami dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA Kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri tahun pelajaran 2017/2018.
Penerapan Model Pembelajaran Fleming-VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Thohir Yasin pada Muatan Pelajaran IPA Mulabbiyah, Mulabbiyah; Ismiati, Ismiati; Sulhan, Ahmad
El Midad Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.147 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Fleming-VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Thohir Yasin tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap sikus terdiri dari empat tahapan yang berkesinambungan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengukur aktifitas mengajar pendidik dan aktifitas belajar peserta didik sedangkan tes digunakan untuk mengukur hasil kegiatan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Fleming-VAK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi. Peningkatan dapat diketahui dari hasil perhitungan, diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar pendidik siklus I memperoleh skor 74 % dengan kategori terlaksana cukup baik dan pada siklus II meningkat dengan perolehan skor 85 % dengan kategori terlaksana baik. Demikian juga untuk aktivitas belajar peserta didik pada siklus I memperoleh skor 68 % dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 79 % dengan kategori aktif. Untuk hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68 dengan persentase ketuntasan klasikal 58,33% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan klasikal 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Fleming-VAK dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas IV MI Thohir Yasin.
PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KARAKTER SISWA Husnaini, Nani; A'yun, Qurrata
El Midad Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.147 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaanmedia sosial terhadap karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ex post facto, yang dilakukan di MIN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian terdiri dari keseluruhan siswa kelas V yang berjumlah 75 siswa dengan sampel 62 orang. Pengambilansampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dengan skala likert.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptifyang digunakan berupa tabel, persentase dan kategorisasi. Selanjutnya statistik inferensial yangdigunakan berupa analisis regresi sederhana, korelasi product moment dan koefisien determinan, dan uji signifikansi, yang diawali dengan pengujian persyaratan/asumsi yaitu uji normalitas danuji lineritas data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, makadapat disimpulkan bahwa “Tidak ada pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadapkarakter siswa kelas V MIN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dari hasil perbandingan Fhitung = 2,68 dan nilai F tabel = 4,00 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan H0 diterima dan Ha ditolak. Tidak berpengaruhnya intensitas penggunaan media sosial terhadap karakter siswa MIN 2 Mataramtahun ajaran 2017/2018 adalah karena terdapat faktor lain yang lebih besar dan menutupi faktor intensitas penggunaan media sosial tersebut.
KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN AUTENTIK Hajaroh, Siti; Adawiyah, Raudatul
El Midad Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.147 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaianautentik dan apa saja kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datayang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yangdigunakan adalah teknik analisis Mulles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penilaianautentik di MIN 1 Lombok Tengah diterapkan dengan cukup baik oleh para guru dan sudah sesuai aspek-aspek yang ada dalam penilaian autentik yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan danaspek keterampilan. Tetapi dalam menerapkan model penilaian ini, masih terdapat beberapa guru yang belum memahami dan mengalami kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik ini.Adapun kesulitan yang dihadapi guru di MIN 1 Lombok Tengah yaitu: kesulitan dalammenentukan kriteria penilaian, kesulitan dalam memberi skor, kesulitan dalam memanfaatkanwaktu dan kesulitan dari perbedaan karakter siswa. Solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi kesulitan tersebut yaitu, mengikuti berbagai pelatihan, bermusyawarah dengansesama guru dan belajar secara autodidak.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA Sabahiyah, Sabahiyah; Iman, Nurul; Huda, Khairul
El Midad Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.147 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IlmuPengetahuan Sosial siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif make a matchpada kelas IV Madrasah IbtidaiyahI Maraqitta’limat Mamben Lauk kecamatan Wanasabakabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdapat empat fase kegiatan yaitu, fase perencanaan (planning),fase pelaksanaan (action), fase observasi/pemantauan (observation), dan fase refleksi (reflection).Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Maraqitta’limat Mamben Lauksebanyak 28 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Data mengenai motivasi diperoleh melalui penyebaran angket dan data mengenai hasil belajar diperoleh melalui tes berbentukpilihan ganda, setelah data-data tersebut terkumpul kemudian dianalisis secara deskritif. Datamotivasi dan hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I rerata motivasibelajar siswa 29.82 berada pada kategori baik dan pada siklus II sebesar 32.79 dengan kategori sangat baik sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rerata sebesar 68.77 denganketuntasan sebesar 71% (tidak tuntas) dan pada siklus II sebesar 72.89 dengan ketuntasansebesar 93% (tuntas). Berdasarkan data yang diperoleh pada penelitian ini, maka dapatdisimpulankan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV MadrasahIbtidaiyah Maraqitta’limat Mamben Lauk kecamatan Wanasaba kabupaten Lombok Timur tahunpelajaran 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2018 2018