EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI
ISSN : 20878389     EISSN : -
El-Midad adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. Skop dan fokus jurnal El-Midad meliputi beberapa bidang kajian yang berhubungan dengan pendidikan dasar yaitu: IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan Pendidikan Jasmani.
Articles
5
Articles
Penerapan Model Pembelajaran Fleming-VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Thohir Yasin pada Muatan Pelajaran IPA

Mulabbiyah, Mulabbiyah, Ismiati, Ismiati, Sulhan, Ahmad

EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.288 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Fleming-VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Thohir Yasin tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap sikus terdiri dari empat tahapan yang berkesinambungan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengukur aktifitas mengajar pendidik dan aktifitas belajar peserta didik sedangkan tes digunakan untuk mengukur hasil kegiatan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Fleming-VAK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi. Peningkatan dapat diketahui dari hasil perhitungan, diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar pendidik siklus I memperoleh skor 74 % dengan kategori terlaksana cukup baik dan pada siklus II meningkat dengan perolehan skor 85 % dengan kategori terlaksana baik. Demikian juga untuk aktivitas belajar peserta didik pada siklus I memperoleh skor 68 % dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 79 % dengan kategori aktif. Untuk hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68 dengan persentase ketuntasan klasikal 58,33% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan klasikal 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Fleming-VAK dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas IV MI Thohir Yasin.

Kemampuan Number Sense Mahasiswa Jurusan PGMI FTK UIN Mataram dalam Pemecahan Masalah Matematika

Nugraha, Yandika

EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.081 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense mahasiswa Jurusan PGMI FTK UIN Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa PGMI konsentrasi matematika. Pada penelitian ini terbagi menjadi dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap formatif meliputi pembuatan instrumen, uji pakar, uji validitas data, dan uji lapangan. Instrumen yang dipergunakan yaitu menggunakan instrumen tes yang terlebih dahulu divalidasi oleh pakar yaitu tiga orang dosen matematika. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan yaitu melakukan penskoran, melakukan persentase tiap kategori, serta menghitung kemampuan number sense mahasiswa berdasarkan komponen-komponen number sense. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata dari kelima kategori menunjukkan bahwa mahasiswa berada dikategori kurang.

Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKn di SDN 11 Mataram

Anwar, Khairil, Marudin, Marudin

EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.858 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dalam materi pemerintah desa kelas IV SDN 11 Mataram dan mengetahui tingkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKN di SDN 11 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalaham yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi, ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dengan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dan keterampilan berbicara, berfikir, dan mengulangi, melalui auditory, intellectualy, repetition (AIR). Berdasarkan analisis penelitian diperoleh data hasil evaluasi pada siklus I adalah yang mempunyai nilai ≥75 sebanyak 10 siswa, yang tidak tuntas secara individu sebanyak 20 siswa. Jumlah seluruh siswa adalah 37 orang. adapun persentase ketuntasan klasikal mencapai  45,94%. Sedangkan pada siklus ke II jumlah siswa yang mengikuti evaluasi sebanyak 37 siswa. Jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 36 siswa dan tidak tuntas adalah 1 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 97,29%, Jadi hasil penelitian yang didapatkan semakin meningkat dari tiap siklus. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) pada sub pokok materi pemerintah desa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mataram. Peneliti menyarankan agar model AIR ini dapat dilaksanakan khususnya untuk yang memiliki permasalahan yang sama dan perlunya manajemen waktu yang baik, sehingga pembelajaran dengan model AIR ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dalam pembelajaran.

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media Kokami untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa

Raehanah, Raehanah, Hudari, Ahmad, Djuwita, Warni

EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.291 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru sangat jarang menerapkan model dan menggunakan media dalam proses pembelajarn dan juga masih bersifat satu arah atau masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kokami pada siswa kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Hasil belajar yang diukur yaitu nilai kognitif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa metode observasi dan tes. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Skor aktivitas siswa sebanyak 59,72% dengan kategori aktif meningkat menjadi 85,41% dengan kategori sangat aktif pada siklus II. Begitu juga skor aktivitas guru dari 68,66% dengan kategori terlaksana baik meningkat menjadi 92,10% dengan kategori terlaksana sangat baik pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 60,86%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 1 orang dengan ketuntasan klasikal 95,65%. Dengan demikian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kokami dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA Kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri tahun pelajaran 2017/2018.

Phobia dalam Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar

Mulhamah, Mulhamah

EL-MIDAD: Jurnal Jurusan PGMI Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.145 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fobia matematika. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi pustaka atau biasa disebut dengan istilah library research. Dalam hal ini, penulis mengumpulkan referensi baik dari buku, artikel jurnal, maupun dari prosiding yang terkait fobia dalam suatu pembelajaran matematika di pendidikan dasar. Ketiga jenis referensi tersebut akan memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan topik yang diangkat oleh peneliti. Referensi tersebut akan dipelajari dengan seksama untuk memperoleh penjelasan secara rinci tentang apa itu fobia matematika, penyebab dari fobia matematika, serta solusi dalam mengatasi fobia matematika di pendidikan dasar. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu faktor utama penyebab fobia matematika bukanlah karena bodoh ataupun malas, akan tetapi lebih mengarah kepada kecemasan dan ketakutan yang timbul. Kecemasan ini lebih disebabkan oleh suatu hal yang bersifat abstrak, berbeda dengan ketakutan yang lebih disebabkan oleh sesuatu yang tampak dan nyata. Oleh sebab itu, fobia berkaitan erat dengan perasaan atau emosi yang memunculkan rasa takut ataupun cemas. Guru merupakan salah satu faktor kunci selain dari faktor orangtua, intelektual, dan lingkungan dalam mencegah serta mengatasi fobia matematika.