cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan
ISSN : 25488090     EISSN : 25488104     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Approach-Jurnal Teknologi Penerbangan diharapkan mampu memberikan pendidikan dan pengetahuan bagi masyarakat terutama khususnya taruna dan civitas akademika Politeknik Penerbangan Surabaya serta masyarakat umum, sehingga lebih melek teknologi dan kritis dalam menyikapi perkembangan dunia penerbangan saat ini.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Rancangan Monitoring Dan Kontrol Fasilitas Ruang Kelas Dengan Graphic User Interface Berbasis Raspberry Pi Menggunakan Smartphone Di Politeknik Penerbangan Surabaya Satriaji, Dimas; Suprapto, Yuyun; Herminingsih, Herminingsih
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 2 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.429 KB)

Abstract

Politeknik Penerbangan Surabaya merupakan pendidikan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. Salah satu gedung di kampus Politeknik Penerbangan Surabaya adalah gedung laboratorium terintegrasi. Gedung laboratorium terintegrasi ini merupakan salah satu gedung untuk belajar mengajar yang didalamnya terdapat banyak ruang kelas. Masing-masing ruang kelas memiliki fasilitas ruang kelas berupa lampu, air conditioner (AC), dan proyektor. Fasilitas ruang kelas dikontrol menggunakan saklar manual dan remote untuk AC dan proyektor, sehingga untuk mengontrolnya perlu masuk ke dalam kelas. Pemakaian fasilitas ruang kelas terkadang terjadi human error seperti lupa untuk mematikan fasilitas ruang kelas sehingga mengakibatkan pemborosan listrik dan dapat menimbulkan terjadinya konsleting listrik/arus pendek listrik yang berakibat kebakaran.  Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem monitoring dan kontrol fasilitas ruang kelas dengan raspberry pi yang dapat diakses melalui smartphone dengan tampilan graphic user interface untuk memudahkan user dalam mengontrol fasilitas ruang kelas sehingga pemborosan listrik dan konsleting listrik dapat dicegah. Raspberry pi merupakan salah satu mikroprosessor yang digunakan sebagai suatu sistem monitoring dan kontrol jarak jauh. Sehingga pengendalian on/off lampu, AC, dan proyektor dapat secara jarak jauh dan tidak perlu memasuki ruang kelas karena pengendalian perangkat ruang kelas tersebut dapat melalui smartphone maupun laptop yang terkoneksi jaringan wireless raspberry pi.
Rancangan Penunjuk Waktu Atom Menggunakan GPS (Global Positioning System) Dan NTP (Network Time Protocol) sebagai Analisa Perbandingan Keakuratan Waktu Darma, Dewa Ketut Bayu Semara; Bagus, Bambang; Setiyo, Setiyo
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 2 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.266 KB)

Abstract

National Institute of Standards and Technology - NIST (Lembaga Nasional Standar dan Teknologi Amerika Serikat) mempertahankan keakuratan 10−9 detik per hari, dan ketepatan yang sama dengan frekuensi radio pemancar  memompa maser hingga saat ini akhirnya di ketemukan sebuah Jam Atom yang mempertahankan keakuratan 10−9 detik per hari mempertahankan skala waktu yang stabil dan berkelanjutan, yaitu Waktu Atom Internasional (International Atomic Time) (TAI). Tujuan penelitian ini adalah membuat membuat penunjuk waktu atom yang diambil melalui media GPS ( Global positioning Sistem ) secara Auto Reload dengan bentuk data mentah keluarannya adalah format data NMEA 0183. Pada data $GPGGA yang terdapat waktu UTC, latitude, dan longitude, dimana data tersebut akan di proses lebih lanjut untuk koordinat GPS receiver berada yang di terima 3 atau 4 dari satelit sebagai penentu posisi. Dari posisi tersebut akan menjadi acuan untuk pemrograman pada Arduino, Karena perbedaan posisi berpengaruh terhadap perbedaan waktu yang di berikan, dengan batas longitude dan latitude zona waktu di Indonesia sehingga waktu UTC yang dikirimkan sama ke setiap tempat oleh satelit akan dapat disesuaikan dengan zona waktu yang berada di Indonesia yaitu WIB, WITA , WIT. Selain itu menggunakan NTP ( Network Time Protocol) untuk mengambil waktu yang berada pada jaringan internet. Jaringan ini terhubung dengan server Jam atom di darat. Pengambilan data waktu menggunakan Bahasa pemrograman yang meminta data waktu dari server, sehingga server akan mengirimkan data waktu yang akurat pada client yang meminta di wilayahnya. Bahasa pemrograman pada Arduino digunakan Untuk membuat waktu UTC yang presisi di setiap wilayah dan bagaimana cara kerja garis bujur (longitude) dan Garis Lintang (latitude) berpengaruh terhadap pemberian waktu yang tepat di setiap tempat yang berbeda. Tanpa adanya Jam Atom maka navigasi GPS akan menjadi mustahil, Internet tidak akan sinkronisasi, untuk penyaluran data penting pada dunia penerbangan seperti Target pada radar, komunikasi ATC, dan lain-lain. Dengan rancangan ini akan di peroleh perbandingan waktu pada GPS Receiver dan NTP (Network Time Protocol) yang bersumber pada jam atom yang berada di tempat berbeda.
Analisis Performansi Protokol Routing SeeR Pada Teknologi Delay-Tolerant Networks Berbasis Kendaraan Maulana, Sendy Achdika; Yovita, Leanna Vidya; Wibowo, Tody Ariefianto
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 2 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.91 KB)

Abstract

Vehicular networks merupakan jaringan dengan node berbasis kendaraan yang dinamis, sehingga memiliki konektivitas yang tidak dapat diperkirakan jalurnya. Bahkan dalam kondisi tertentu, jalur dari sumber ke tujuan belum terbentuk dengan sempurna menyebabkan delay yang beragam. Arsitektur Delay-Tolerant Networks (DTNs) diciptakan untuk menghadapi keterbatasan konektivitas seperti ini. Penelitian ini berdasarkan hasil simulasi teknologi DTNs menggunakan kendaraan sebagai node utama yang melintasi jalur pada peta yang ditentukan. Analisis protokol routing Simulated Annealing-based (SeeR) dilakukan dengan memperhatikan peningkatan jumlah kendaraan, penggunaan relay node serta model pergerakannya terhadap nilai rata-rata delay dan rasio pengiriman. Hasil uji terbaik, SeeR mampu menekan hingga 50% lebih nilai rata-rata delay dengan rasio pengiriman mencapai 98%.
Desain dan Implementasi Konverter DC-DC Topologi SEPIC Termodifikasi dengan Gain Statis yang Tinggi untuk Aplikasi pada Photovoltaic Suryoatmojo, Heri; Dilianto, Indra; Suwito, Suwito; Mardiyanto, Ronny; Setijadi, Eko
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 2 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.242 KB)

Abstract

Dalam merancang sistem pembangkit photovoltaic terhubung jala-jala, diperlukan konverter DC-DC untuk meningkatkan tegangan keluaran photovoltaic. Dalam perancangan konverter DC-DC, biasanya digunakan konverter dengan gain statis yang tinggi dengan tujuan untuk meningkatkan tegangan keluaran photovoltaic dan memperoleh efisiensi konversi yang tinggi. Salah satu jenis konverter yang digunakan adalah konverter topologi SEPIC. Namun, konverter DC-DC konvensional seperti konverter topologi SEPIC memiliki gain statis dengan tegangan keluaran yang rendah. Konverter SEPIC konvensional hanya dapat meningkatkan tegangan keluaran sebesar 5 kali dari tegangan masukan ketika Duty Cycle bernilai 0.8182. Untuk memenuhi standard gain statis yang tinggi, maka diperlukan tegangan keluaran sebesar 10 kali dari tegangan masukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penulis mengusulkan menggunakan topologi konverter DC-DC SEPIC termodifikasi. Modifikasi pada konverter SEPIC konvensional dilakukan dengan menambahkan kapasitor dan dioda. Konverter DC-DC SEPIC termodifikasi dapat menaikkan tegangan keluaran hingga 10 kali dari tegangan masukan. Dengan diterapkannya topologi ini, maka diharapkan dapat diperoleh tegangan keluaran konverter yang tinggi untuk aplikasi pada photovoltaic.
Desain Dan Pengembangan Smart Baggage Handling System Pada Bandara Berbasis Eco Airport Ihsan, Mohammad; Martolis, Martolis
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 2 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.162 KB)

Abstract

Pelayanan bagasi atau baggage handling, merupakan salah satu airport service pada sisi udara (Air side). Pada baggade handling banyak terjadi kecelakaan kerja (safety) dikarenakan annaccessary movement; ketidak efisien waktu dan biaya oprasional (efficiency); ketidak tepatan pelayanan (service); dan beberapa kali terjadi tindakan kriminal berupa pencurian (security). Hal ini di sebabkan banyaknya rantai kegiatan yang terlibat seperti baggage Car, airport tractor, car crew, baggage conveyor for plane. Seiring majunya infrastruktur bidang penerbangan pada bandara berbasis Eco Airport, salah satunya adalah pengembangan Smart Baggage Handling System. Pengembangan teknologi ini akan memangkas rantai kegiatan konvensional pemindahan bagasi dari pesawat ke penumpang, dengan cara otomatisasi dengan sistem pengangkutan menggunakan conveyor melalui terowongan (tunneling) dari pesawat langsung ke penumpang. Tunnel ini dapat dimanfaatkan untuk Auxiliary Power Unit, fuel dan lavatory. pengembangan teknologi ini tentunya membantu stakeholder yang berkecimpung di penerbangan dalam menyelesaikan masalah-masalah diatas.
Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Smart Class Menggunakan Media Power Line Carrier Suwito, Suwito; Anam, Sjamsul; Faizah, Fiqqih
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 2 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.691 KB)

Abstract

Kebutuhan listrik dalam kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang penting, terutama dalam jenjang pendidikan tinggi. Meningkatnya biaya pembayaran listrik ini disebabkan oleh pemborosan beberapa fasilitas yang ruang kelas seperti lampu, AC, komputer dan proyektor. Pengaturan sistem kelistrikan di ruang kelas pada umumnya masih dikendalikan oleh perseorangan, belum dikontrol secara terpusat melalui bagian pengajaran. Sistem kontrol peralatan listrik smart class yang dikendalikan secara terpusat dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas manajemen penggunaan energi listrik di kampus ITS. Sistem ini merupakan sebuah sistem smart class dimana semua kontrol peralatan listrik pada ruang kelas dapat dipantau melalui suatu sistem di ruang pengajaran yang terintegrasi dengan web. Pengiriman komunikasi data dari ruang kelas ke bagian pengajaran akan menggunakan power line carrier. Power Line Carrier mengirimkan data komunikasi dengan menumpangkan frekuensi komunikasi diatas frekuensi standar tegangan. Hasil pengujian keseluruhan sistem didapatkan persentase keberhasilan sistem sebesar 97%. Kegagalan sistem terjadi karena adanya kesalahan data pada slave. Kegagalan sistem dapat diatasi dengan melakukan kontrol melalui web.
Pengembangan Jarak dan Arah Haluan Kapal Berbasis Peta Digital Web Dengan Konsep Segitiga Bola Pada Simulator Purba, Damoyanto; Sugiharto, Rudy; Susanto, Heru; Jama’an, Aris
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 2 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.145 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran simulator yang berkualitas baik. Media pembelajaran simulator berupa software digunakan untuk menentukan jarak dan arah haluan kapal yang di desain menyerupai alat navigasi ECDIS (Electronic Chart Display and Information System). Penelitian yang diusulkan merupakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi. Pengembangan media pembelajaran simulator terdiri atas 4 tahap yaitu 1) Tahap Studi Pendahuluan, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Validasi dan Revisi, 4) Tahap Ujicoba dan Revisi, dengan subjek penelitian taruna diploma 3 jurusan nautika. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Hasil validasi media simulator, kemampuan dosen menggunakan simulator, banyak respon positif taruna, hasil belajar taruna lulus kompetensi.
Rancangan Smart Charger untuk Berbagai Variasi Cahaya Matahari Hartono, Hartono; Utomo, Wasito; Hariyadi, Slamet; Irianto, Rifdian
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 2 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.893 KB)

Abstract

Penggunaan Panel surya sebagai sumber energi terbarukan menjadi sangat optimal jika dilengkapi dengan penyimpan energi berupa baterei. Proses penyimpanan energi ke baterei tergantung kondisi penyinaran cahaya matahari ke panel surya dan metode pada sistim batery charging controller. Pada penelitin ini telah dirancang dan diimplementasi sebuah batery charge controller dengan menggunakan rangkaian buck boost yang dikendalikan dengan metode fuzzy lookup table. Penggunaan buck boost menjadikan sistem mampu melakukan pengisian baterai pada pencahayaan yang cukup redup atau cukup terang, sedangkan metode fuzzy lookup table menjadikan sistem sangat responsip terhadap perubahan beban dan perubahan pencahayaan matahari akibat mendung atau penghalang yang lain. Untuk mengimplementasi fuzzy look up table tersebut digunakan sistem mikrokontroler jenis ATMEGA 328. Hasil dari pengujian sistem menunjukkan efisiensi buck boost sebesar 84% dengan kemampuan daya maksimal 20,48 watt..
Simulasi Dinamika Aliran Turbulen Pada Flat Plate Boundary Layer Menggunakan Turbulent Model k – ε (Standard, Realizable, RNG) Hariyadi S.P., Setyo
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aliran turbulen banyak dijumpai pada kehidupan kita sehari-hari baik di dunia industri, rumah tangga maupun di alam. Besaran-besaran di dalam aliran turbulen terdiri atas komponen rata-rata dan komponen fluktuasi. Di dalam aliran turbulen besaran-besaran seperti kecepatan, densitas, temperatur, entalpi mengalami fluktuasi. Fluktuasi besaran-besaran ini berperan sangat penting terhadap energi kinetik aliran berikut besaran lain yang merupakan derivasi dari fluktuasi tersebut. Studi numerik telah dilaksanakan untuk menguji kinerja aerodinamis pada plat datar dengan menggunakan beberapa turbulen model k – ε (Standard, Realizable, RNG). Kecepatan freestream yang digunakan yaitu kecepatan 10 m/s dan pada kondisi udara standard. Parameter yang dievaluasi meliputi distribusi tekanan, intensitas turbulensi dan turbulence spectra. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa dengan penggunaan turbulent model k – ε Realizable menghasilkan yang terbaik dibandingkan turbulent model yang lain.
Rancang Bangun High Gain Low Noise Amplifier Untuk Meningkatkan Sensitifitas Receiver Pada VHF Air Ground Communication Wildan, Muh; Hermawan, Ibnu; Prihandoyo, Akhmad
APPROACH: Jurnal Teknologi Penerbangan Vol 1 No 1 (2017): April 2017
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.307 KB)

Abstract

Radio receiver VHF A/G communication is a super heterodyne radio system, so that the radio system has a couple of blocks of the circuit and has own function. One part of the radio receiver is a Low Noise Amplifier (LNA). LNA is an important part of a radio receiver system and almost all communication equipment systems. LNA serves to strengthen the extremely weak signals captured by the antenna by adding a little bit of noise and minimize signal distortion. LNA has a specification that must be considered, such as stability, noise figure, gain, bandwidth, linearity, and dynamic range. Therefore, the LNA is very important, it is necessary to design the LNA. To increase the production of the gain can be done by designing a multistage LNA. This multistage LNA was designed using a voltage divider biasing. It was fabricated by using the Print Circuit Board with FR4 material or epoxy and using surface mounting device components. The operating point of amplifier at Ic = 5mA, VCC = 12V and VCE = 8V, requires power consumption DC by 151.2mW. This multistage LNA was simulated and the result of parameter in bandwidth show good performance and still meet the design specification. The value of parameter are stability factor in bandwidth was obtained 1.966-2.15 and noise figure 1.481-1.636dB, gain (S21) 40,168 until 43.28dB, reverse voltage gain (S12) -55.3dB until -53.53dB, output return loss (S22) below -9.4dB, at the center frequency 127.5MHz got S21=42.3dB, S11=-52.3dB, S22=-46.7dB, input VSWR=1.005 and output VSWR=1.01. This design has a good parameter and the corresponding design specifications, is expected to be applied to VHF A/G communication equipment in Sultan Bantilan Tolitoli Airport. By increasing the LNA gain can increase the sensitivity of the equipment VHF A/G communication so that air traffic controller and the pilot did not have communication problems.

Page 1 of 3 | Total Record : 26