AL MURABBI
ISSN : 24778338     EISSN : 25481371
Jurnal Al-Murabbi invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education Curriculum, philosophy, Management, history, theology, sociology, anthropology, political science and others.
Articles 71 Documents
KEBIJAKAN POLITIK KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PADA MASA REFORMASI

Ahmad Ma’ruf, Ahmad Ma’ruf

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.975 KB)

Abstract

Secara formal pada saat ini ada dua kementerian yang bertanggung jawab dalam membina lembaga kebijakan Pendidikan Islam di Madrasah Dalam Peraturan Perundang-Undangan Masa reformasi pendidikan, yaitu pertama Kementerian Pendidikan Nasional yang membina lembaga-lembaga pendidikan umum, seperti SD, SLTP, SMU, dan pendidikan tinggi, negeri dan swasta, dan kedua adalah Kementerian Agama yang membina, seperti MI, MTs, MA dan Pendidikan Tinggi Agama/UIN/IAIN negeri maupun swasta.

HUKUM NIKAH MUT’AH DALAM KUTUBUS SITTAH: TINJAUAN KRONOLOGIS-HISTORIS

Saifulah, Saifulah

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1771.923 KB)

Abstract

Kutubussittah merupakan kitab-kitab yang memuat tentang hadits-hadits Nabi SAW.yang telah diakui oleh para alim ulama bahkan sudah terkenal dalam dunia Islam sebagai rujukan menggali hukum-hukum Islam.Nikah mut’ah merupakan fenomena yang menarik serta unik untuk dikaji baik kajian yang berkaitan dengan sosiologi, historis, moralitas, dan kajian tentang landasan kebera-daannya.Keberadaan nikah mut’ah merupakan suatu yang kontroversial di mana Nabi Saw sendiri pernah memperbolehkannya, tetapi dalam sisi lain Nabi Saw juga pernah melarangnya.Kontroversi semacam itu terjadi sampai sekarang, hal ini memang wajar dan tidak boleh menyalahkan antara yang satu dengan lainnya, karena pada dasarnya Nabi Muhammad SAW.sendiri juga pernah memperbolehkan pada shahabat kemudian Nabi Muhammad SAW. Melarangnya.

IMPLEMENTASI METODE APEL DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA GUNA MENINGKATKAN DAYA INGAT SANTRI MADIN CHILDERN

Ali Mohtarom, Ali Mohtarom

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.347 KB)

Abstract

Metode merupakan seperangkat cara dan teknik yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran, misalkan metode apel. Apel tersebut dilaksanakan setiap hari sebelum masuk kelasnya masing-masing, yang mana apel ini mampu melatih dalam menghafal dan daya ingat santri. Maka dari itu peneliti mencoba untuk mengungkap adanya implementasi metode apel dalam menghafal Juz ‘amma guna meningkatkan daya ingat santri. rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.Adapun sumber data dan pengumpulan data akan diperoleh dari data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara/interview serta data sekunder yang diperoleh lewat orang lain atau dokumen-dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.Implementasi metode apel yang diterapkan di Madin Childern sangat baik dan memuaskan. Dan sudah dikatakan dapat meningkatkan perkembangan santri dalam hal menghafal, selain itu juga dapat melatih santri untuk membiasakan membaca bacaan-bacaan tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena bacaan yang dibaca dalam apel, meliputi do’a-do’a harian, asmaul husna dan surat-surat pendek (Juz ‘amma). Seluruh santri diwajibkan mengikuti apel, meskipun  tidak keseluruhan dari santri yang ikut membacanya karena mereka masih belum lancar dalam membacanya, misalkan bacaan surat-surat pendek (Juz ‘amma). Untuk tingkat daya ingat pada santri yang menghafal Juz ‘amma dasarnya masih minim kira-kira 60% karena untuk anak yang seusia dini butuh penerapan metode pembiasaan, salah satunya dengan menggunakan metode apel. Dengan mengulang-ngulang bacaannya maka tingkat kemampuan daya ingat santri  meningkat kira-kira 85%, jadi santri lebih mudah didalam menghafal dan mengingatnya.

REKONSTRUKSI MUJTAHID KLASIK MENUJU MUJTAHID KONTEMPORER

Nur Rokhmatulloh, Nur Rokhmatulloh

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.696 KB)

Abstract

Pemahaman terhadap keislaman sangatlah penting diberikan wawasan luas terutama tentang hak asasi manusia, demokrasi, pluralisme agama, kesetaraan gender, masyarakat madani, ras, budaya, etnik dan bahasa, sehingga wawasan keislaman akan mampu merespon kebutuhan masyarakat sepanjang zaman. Oleh karena itu haruslah ada perubahan paradigma baru dalam merumuskan kurikulum PAI diantaranya melalui konsep metode berfikir yang diplopori oleh Charles S. Piere,  M. Abid Al Jabiry, dengan menggunakan pendekatan Penelitian yang dipelopori oleh Richard C Martin, Charles J. Adams, Kim Knott, dengan, pendekatan berbasis maqashid Menurut Jasser Auda akan mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan ushul fiqh, karena teori maqashid cocok dengan criteria metodologi dasar yang bersifat rasional, kegunaan, keadilan dan moralitas.

PENGARUH PENGELOLAAN LIMBAH KARDUS MIE INSTAN SEBAGAI MEDIA BAGAN POHON TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN TAJWID DI MADRASAH DINIYAH NURUL MUSTOFA PAREREJO PURWODADI.

Askhabul Kirom, Askhabul Kirom

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.931 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tajwid di Madrasah Diniyah Nurul Mustofa Parerejo Purwodadi sebelum dan sesudah penggunaan media bagan pohon.Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan populasi yang digunakan adalah seluruh siswa-siswi Madrasah Diniyah Nurul Mustofa Parerejo Purwodadi Pasuruan  tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 82 responden. sampelnya adalah siswa-siswi kelas III yang berjumlah 12 siswa dengan menggunakan tehnik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan Analisis Uji-t Paired sebesar Sig data 0,00, untuk uji normalitas Sig data 0,696 pada pre test dan 0,486 pada post test, pada uji validitas nilai r hitung 0,547 dan uji reabilitas nilai Cronbach’s Alpha adalah 0,707.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data Uji-t Paired (Paired sampel t test), diperoleh Signifikansi 0,00. Karena signifikansi yang menyertai lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat perngaruh prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tajwid di Madrasah Diniyah Nurul Mustofa Parerejo Purwodadi sebelum dan sesudah penggunaan media bagan pohon diterima. Dengan demikian penggunaan media bagan pohon menyebabkan perubahan pada prestasi belajar siswa dengan baik. Jadi semakin meningkat penggunaan media bagan pohon dalam pembelajaran tajwid maka akan meningkat pula prestasi belajar siswa.

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AQUILA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 1 PURWOSARI

Muhammada, Muhammada

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.741 KB)

Abstract

Metode Aquila (Active Question Luar Biasa), ialah merupakan sebuah metode yang mengkolaborasikan antara metode sosiodrama, role playing dan juga metode STAD. Penelitian yang dilakukan di  kelas VII SMP Negeri Purwosari tahun pelajaran 2014/2015 ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas secara kolaboratif maksudnya adalah upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran tidak dapat dilakukan sendiri oleh peneliti di luar kelas (dosen), tetapi ia harus berkolaborasi dengan guru.Tidak semua  jenis metode pembelajaran yang digunakan itu selalu sama, melainkan harus bisa menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu penting sekali bagi seorang guru untuk menguasai berbagai macam metode pembelajaran, bahkan untuk di era sekarang ini seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengunakan metode dan media pembelajaran.Sebelum menerapkan metode Aquila (Active Question Luar Biasa) maka terlebih dulu peneliti melakukan pretes untuk mengukur tingkat keaktifan siswa dalam bertanya dan juga menyampaikan pendapat. Seperti apa yang dimaksud dengan peristiwa hijrah ke madinah, kapan peristiwa tersebut terjadi, hikma apa yang diperoleh dari peristiwa tersebut dan  seterusnya. Dan sebelumnya dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Purwosari telah menggunkan metode ceramah dan juga metode lesson study.

MEDIA LIMBAH BOTOL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI DI RA MIFTAHUL KHOIR I KARANGREJO PURWOSARI

Wiwin Fachrudin Yusuf, Wiwin Fachrudin Yusuf

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.712 KB)

Abstract

Salahsatu komponen yang sangat penting dalam proses belajar adalah media. Mengingat kedudukan media pembelajaran ini tidak hanya sekedar alat bantu mengajar, tetapi juga merupakan salahsatu cara untuk memotivasi dan berkomunikasi dengan siswa agar lebih efektif. Selain dapat menggantikan sebagian tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki kegunaan untuk mengatasai hambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik dalam kelas, sikap pasif siswa serta mempersatukan pengamatan mereka. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti mengangkat beberapa masalah yaitu, 1. Bagaimana mendesain media limbah botol  untuk meningkatkan pembelajaran PAI di RA Miftahul Khoir 1 Karangrejo Purwosari? 2. Bagaimanakah penerapan media limbah botol untuk meningkatkan pembelajaran PAI di RA Miftahul Khoir 1 Karangrejo Purwosari? 3. Apa kelebihan dan kekurangan media limbah botol untuk meningkatkan pembelajaran PAI di RA Miftahul Khoir 1 Karangrejo Purwosari?Langkah pertama dalam membuat media adalah mendesain media pembelajaran yang  diawali dengan: menyiapkan botol bekas, menggunting bagian atas botol dan merapikannya, menggunting menjadi 8 bagian, dan seterusnya. Dan langkah kedua adalah penerapan media ini yang diawali dengan: guru menyiapkan media terlebih dahulu, pengarahan guru pada peserta didik tentang media, guru mengacak botol yang sudah tertempel huruf huruf hijaiyah dan peserta didik menyusunnya kembali, dan seterusnya. Dan media ini tentunya menmpunyai kelebihan dan kelemahan, diantaa kelebihannya, botol yang mudah diperoleh, peserta didik lebih semangat, media ini menyenangkan, dan sebagainya, dan diantara kelemahnnya yaitu: media ini kurang efesien, membutuhkan waktu yang lebih dalam menyiapkannya, proses pembelajaran yang cukup lama, dan sebagainya

POLITIK PENDIDIKAN ISLAM MASA MODERN MEMBACA GAGASAN TOKOH PEMBAHARU DI NEGARA TURKI, INDIA, DAN MESIR

M. Anang Sholikhudin, M. Anang Sholikhudin

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.486 KB)

Abstract

Sebagai salah satu pusat pendidikan tinggi, Al-Azhar juga harus memiliki kebebasan yang sama dengan universitas-universitas lainnya. Ia memainkan peranan penting di dalam membentuk peradaban nasional Mesir karena banyaknya mahasiswa, hubungannya yang erat dengan segala golongan masyarakat serta tradisinya sendiri. Namun fungsinya sangat khusus, sebagai pusat studi keagamaan dan sumber kehidupan spiritual bagi negara. Al-Azhar juga dituntut untuk mengajarkan Islam yang sebenarnya sebagai agama kebebasan, sains dan pengetahuan, perkembangan, kemajuan, dan menghargai kehidupan spiritual dan material secara seimbang; ia juga dituntut untuk menanamkan patriotisme territorial dan bukan ide lama tentang nasionalisme religus.

KONSEP DAN IMPLEMENTASI METODE ACTION LEARNING DI SEKOLAH DEMOKRASI PASURUAN 2015

Muhammad Nur Hadi, Muhammad Nur Hadi

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.133 KB)

Abstract

Penerapan metode Action learning di Sekolah Demokrasi Pasuruan 2015tidak hanya sekedar belajar di kelas dan tidak hanya ada ruang belajar di luar kelas, tetapi ada upaya semua peserta belajar kelompok didampingi oleh fasilitator dan penyelenggara. Tujuannya agar semua peserta bisa menyusun naskah perubahan didorongkan untuk menjadi PERDA. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Action learning di Sekolah Demokrasi 2015. Salah satu alasan yang paling utama judul ini diangkat, karena metode Action learning yang diterapkan di Sekolah Demokrasi Pasuruan berbeda dengan metode-metode yang lain. Ada suatu proses pembelajaran yang mandiri dilakukan secara berkelompok, berbasis pada masalah dan belajar berangkat dari masalah, berorientasi pada perubahan dan berorientasi pada penyelesaian masalalah.

STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs DARUT TAQWA

Asrul Anan, Asrul Anan

AL MURABBI Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.884 KB)

Abstract

Sekolah adalah salah satu organisasi pendidikan yang mempunyai suatukekuatan untuk membantu dan mengantarkan peserta didik menuju cita-cita yangdiharapkan. Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa mencetak siswa-siswa yangberprestasi tinggi dan dapat memanfaatkan guru-guru yang berkualitas baik serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sekitar sehingga mutu pendidikan menjadi terjamin dengan meningkatnya prestasi siswa didik sesuai dengan yang diharapkan.Lembaga pendidikan adalah satu sub sistem dari beberapa sub sistem yang ada dalam masyarakat, keberadaan lembaga pendidikan tidak terlepas dari peran serta masyarakat, karena maju tidaknya sebuah lembaga pendidikan dalam semua jenjang dan level tergantung bagaimana lembaga pendidikan tersebut mampu menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat. Permasalahannya terletak bagaimana menjalin hubungan antara sekolah dengan masyarakat, agar mengungkapkan tekhnik hubungan masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan.