JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER
ISSN : 25025899     EISSN : 25407635
Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer diterbitkan dua edisi jurnal dalam satu tahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer mencakup bidang-bidang ilmu teknologi informasi antara lain teknik komputer, ilmu komputer, sistem informasi, komputerisasi akuntansi, manajemen informatika dan teknik elektro.
Articles
37
Articles
‚Äč
PEMETAAN APOTEK DI KOTA KENDARI BERBASIS WEB GIS ( Geographic Information System )

Saputra, Achmad Fadri, Patombongi, Andi

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.823 KB)

Abstract

Sistem Informasi Geografis adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data bereferensi geografis atau geospital, untuk membantu salah satunya dalam mencari lokasi. Pada penulisan ini, penulis membuat Sistem Informasi Geografis apotek di Kota Kendari berbasis web dengan menggunakan Google Maps API untuk menampilkan peta Kendari, bahasa pemrograman PHP dan Javascript serta pengelolaan database menggunakan MySQL yang nantinya akan ditampilkan diwebsite. Sistem yang dibuat diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi dalam menemukan lokasi apotek di Kota Kendari.

APLIKASI E-COMMERCE PADA TOKO KHAIRUNNISWA BERBASIS WEB

Burhanudin, Burhanudin, Baharuddin, Baharuddin

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (991.949 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah sistem informasi berbasis e-commerce pada Toko Khairunniswa untuk membantu dan meningkatkan penjualan agar dapat melakukan pemesanan secara online dan memberikan informasi produk terbaru yang dijual kepada pelanggan melalui halaman website.Toko Khairunniswa adalah toko yang bergerak dalam bidang penjualan busana muslim seperti Gamis, Jilbab Khimar, Mukena dan lain-lain. Pengembangan aplikasi e-commerce Toko Khairunniswa menggunakan beberapa tahap sesuai dengan langkah-langkah yang ada pada pembangunan perangkat lunak model waterfall, diantaranya yaitu tahap analisis, desain, implementasi, dan testing. Hasil yang dicapai bahwa sistem ecommerce membutuhkan sistem penjualan yang berbasis website e-commerce, dengan adanya website ecommerce ini diharapkan dapat mempermudah baik bagi pihak Toko Khairunniswa dalam mengelola transaksi penjualan produk maupun pelanggan dalam melakukan pemesanan produk dengan memanfaatkan media Internet sehingga dapat bekerja secara efektif dan efisien sehingga target penjualan dapat berkembang. Kesimpulan yang dapat diambil adalah internet merupakan sebuah media yang dapat membantu dan mendukung dalam pengembangan bisnis.

SISTEM PAKAR MENDIAGNOSIS PENYAKIT MULUT DAN GIGI BERBASIS ANDROID DENGAN METODE BACKWARD CHAINING

Leonardo, Herianto, Henny, Henny

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.703 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek social. Dengan seiring perkembangan teknologi perangkar mobile lebih sering dan lebih banyak digunakan dari pada perangkat lain. Dengan ini kebersihan mulut dan gigi merupakan salah satu hal yang paling penting bagi kesehatan manusia. Dengan melihat tingginya angka kesakitan dan rendahnya kunjungan ke Dokter gigi, untuk itu telah dilakukan penelitian yang bertujuan merancang dan membuat aplikasi sistem pakar di perangkat mobile untuk mendeteksi penyakit mulut dan gigi yang sering diderita dan dapat diobati sendiri dirumah tanpa harus ke dokter karena dapat memakan biaya besar bagi masyarakat yang kurang mampu. Dalam penelitian ini aplikasi andorid atau native mobile yang berjalan pada sistem operasi android. Dengan menggunakan UML sebagai perancangan sistem yang terdiri dari use case diagram, sequence diagram, dan activity diagram. Aplikasi Sistem pakar mendiagnosis penyakit mulut dan gigi berbasis android menghasilkan suatu sistem pakar untuk membantu dokter gigi dalam mendokumentasikan ilmu dan pengalaman kedokteran yang dimiliki dan nantinya dapat digunakan oleh perawat maupun yang bukan pakar dalam mendeteksi penyakit mulut dan gigi, dan membuat aplikasi sistem pakar berbasis android untuk mendiagnosis penyakit mulut dan gigi pada manusia.

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA OBAT BERBASIS CLIENT SERVER PADA APOTEK MITRA FARMA KENDARI

Kati, Oktaviani, Rahman, Baharuddin

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2867.137 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk merancang suatu sistem informasi penjualan obat pada Apotek Mitra Farma yang berguna mengelolah sistem penjualan dan pembuatan laporan dengan cepat dan akurat, yang kini masih melakukan sistem penjualan dan pembuatan laporan dengan cara manual, dengan kata lain masih melakukan pengolahan data dengan cara mencatat dibuku catatan biasa. Dampak yang dapat dirasakan dari sistem yang dirancang ini adalah kemudahan dalam mengelolah usaha penjualan barang, khususnya bagi pemilik Apotek Mitra Farma sendiri, metode yang digunakan dalam merancang sistem ini adalah metode perancangan DFD, metode perancangan database menggunakan ER dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Delphi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Pengolahan Data Obat Berbasis Client Server yang khusus pada Apotek Mitra Farma.

APLIKASI PENGOLAHAN DATA PERKARA CERAI PADAKANTOR PENGADILAN AGAMA KELAS 1A KENDARIMENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0

Nurmiati, Nurmiati, Gafrun, Gafrun

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3513.785 KB)

Abstract

Pentingnya Aplikasi pengolahan data perkara cerai yaitu membantu kinerja karyawan dalam melakukan pendaftaran perkara cerai sampai di putuskannya tanggal sidang, dampak yang dirasakan yaitu memudahkan kinerja karyawan untuk mengolah data pendaftaran, data pihak berpekara, data jenis perceraian, data kelurahan, data pembayaran dan data jadwal sidang, adapun metode yang digunakan yaitu metode perancangan menggunakan DFD, metode perancangan database, menggunakan ERD. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah pemrograman Visual Basic. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi pengolahan data mulai dari pendaftaran, pihak berpekara hingga pada diputuskannya jadwal sidang.

APLIKASI MOBILE BERBASIS ANDROID UNTUK DETEKSI PENYAKIT AUTISME PADA ANAK DENGAN ATURAN DIAGNOSTIC AND STATISTICAL MANUAL (DSM-IV )

Ilham, Trisno, Said, Muhammad Sadly

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.008 KB)

Abstract

Saat ini jumlah pertumbuhan anakpenyandang Autisme di Indonesiamenunjukan angka yang semakin besar dantingkat penyebarannya semakin luas, tidakhanya di perkotaan tetapi sampai di desa-desadan daerah yang terpencil. Autismemerupakan salah satu bentuk gangguantumbuh kembang, berupa sekumpulan gejalaakibat adanya kelainan syaraf-syaraf tertentuyang menyebabkan fungsi otak tidak bekerjasecara normal sehingga mempengaruhitumbuh kembang, kemampuan komunikasidan kemampuan interaksi sosial seseorang.Kendala yang sering dihadapi oleh masyarakatkhususnya orang tua dalam mengetahuipenyakit autisme ini ialah kurangnyapemahaman mengenai apa itu autisme dancara penanganannya. Tujuan dalam penelitianini yaitu membuat sebuah aplikasi mobileberbasis android untuk deteksi penyakitautisme pada anak dengan aturan diagnosticand statistical manual (DSM-IV). Denganmembuat sebuah aplikasi mobile berbasisandroid untuk deteksi penyakit autisme padaanak diharapkan dapat membantu masyarakatmengetahui penyakit autisme. Aturan yangdigunakan dalam mendeteksi penyakit autismeialah DSM-IV (Diagnostic and StatisticManual). Sebagai hasil akhir dari penelitianini ialah sebuah aplikasi yang dapatmembantu masyarakat khususnya orang tuadalam mendeteksi penyakit autisme pada anak.

APLIKASI PENGOLAHAN DATA PENJUALAN, SERVICE DAN JASA PENCUCIAN MOBIL PADA BENGKEL JAYA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI 7.0

Buana, Iken surya, Supit, Yonal

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.025 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ialah untuk memudahkan dalamproses pengelolahan data transaksi mulaipenginputan, pencarian data, hingga rekap data,serta untuk memudahkan pimpinan perusahaandalam mengetahui keuangan dan transaksi yangterjadi. Untuk itu, penulis mengangkat judulAplikasi Pengolahan Data Penjualan, Service DanJasa Pencucian Mobil Pada Bengkel JayaMenggunakan Bahasa Pemrograman Delphi 7.0,adapun metode yang digunakan yaitu metodeperancangan sistem menggunakan Data FlowDiagram (DFD), metode perancangan databasemenggunakan Entity Relationship Diagram (ERD),sedangkan bahasa pemrograman yang digunakanyaitu bahasa pemrograman Delphi 7.0. Hasil daripenelitian ini yaitu, memudahkan pimpinan dalammelakukan pengecekan atau untuk mengetahuitransaksi yang terjadi.

APLIKASI PENGOLAHAN DATA PADA RECREATION AND HEALTH CLUB (RHC ) FITNESS CENTER SWISS-BELHOTEL KENDARI DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI 7.0

Sarpina, Sarpina, Bahtiar A, LaOde Muhammad

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3393.296 KB)

Abstract

Tujuan dari Aplikasi Pengolahan Data padaRecreation and Health Club(RHC)Fitness CenterSwiss-belHotel Kendari yaitu dapat membantu kinerjakaryawan yang bertugas dalam pengolahan data dandapat mempermudah proses registrasi member danbentuk penyimpanannya tersimpan didalam database.Aplikasi Pengolahan Data pada Recreation and HealthClub(RHC)Fitness Center Swiss-belHotel Kendarimenggunakan metode yang digunakan dalam pembuatansistem yaitu metode perancangan menggunakan DFD,Diagram Konteks, Level Nol. Metode perancangandatabase menggunakan ERD dan Relasi. Bahasapemrograman yang digunakan adalah menggunakanpemrograman Borland Delphi 7.0.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LOGISTIK PADA GUDANG BANTUAN DI DINAS SOSIAL KOTA KENDARI MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

ishak, Jeremmy Januar, Sutardi, Sutardi

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1580.107 KB)

Abstract

Dinas Sosial Kota Kendari memilikipermasalahan dalam pengolahan datanya, yang masihmenggunakan Microsoft Excel sebagai penampungandatanya sehingga pencarian data sering memilikipermasalahan. Karena harus mencari data satupersatu yang biasa memerlukan waktu yang cukuplama untuk pengecekan datanya, karena itu perludibuatkan sebuah aplikasi berbasis sistem informasiyang bisa memudahkan dalam pencarian datanyasehingga mampu lebih mempercepat waktunya tanpaharus mencarinya secara manual (membuka tiap-tiapfolder atau sheet-sheet dalam MS Excel) yangtentunya akan memakan waktu yang lamamenyebabkan keterlambatan informasi.Metode yang digunakan dalam tugas akhir iniadalah metode SDLC (system development life cycle)sedangkan gambaran sistem yang dibangunmenggunakan Flowchart bisnis, DFD (Data FlowDiagram), dan ERD (Entitas Relationship Diagram).Hasil dari aplikasi yang dibangun ini yaituaplikasi yang dapat mempermudah Bagianpergudangan pada kantor Dinas Sosial Kota Kendariuntuk mengolah data gudang agar lebihmengefisienkan dalam pemberian informasi.

SISTEM INFORMASI DATA PASIEN PUSKESMAS KELILING PADA PUSKESMAS LABIBIA MENGGUNAKAN BAHASA PEMPROGRAMAN DELPHI 7.0

Samsinar, Samsinar, Dewi, Anita Puspita

JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER Vol 2 No 1 (2017): April 2017
Publisher : STMIK Catur Sakti Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1360.547 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk membuat sistem informasi data pasien puskesmas keliling pada puskesmas labibia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obeservasi, wawancara, studi literatur dan internet untuk memudahkan mendapatkan informasi mengenai informasi data pasien puskesmas keliling. Metode perancangan database yang digunakan adalah Entity Relationship Diagram (ERD), database dengan menggunakan Microsoft Access 2007. Hasil penelitian ini adalah untuk membuat data pasien puskesmas keliling pada puskesmas labibia menggunakan bahasa pemprograman delphi 7.0 dalam pembuatan program ini terdiri dari menu login, menu utama, menu data pasien, menu data obat, menu data penyakit, menu data perawat, menu data posyandu, menu data pemeriksaan dan menu data stok obat serta laporan.