cover
Filter by Year
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
ISSN : 24772348     EISSN : -
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics Education.
Articles
76
Articles
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMPN 1 BOYOLANGU

Noerantika, Rera ( Institut Agama Islam Negeri Tulungagung ) , Latifah, Habibatul ( Institut Agama Islam Negeri Tulungagung )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model kooperatif tipe think pair share berbantu alat peraga ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan aljabar. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (kuasi eksperimen). Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar dan data hasil belajar. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner motivasi dan instrument tes. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan membandingkan nilai rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran think pair share dan model konvesional,data motivasi belajar siswa dianalisis berdasarkan kriteria motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis serta diuji dengan statistik parametrik uji F dan uji t. Hasilnya sebagai berikut. 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar pembelajaran think pair share dibandingkan siswa yang diajar pembelajaran konvensional dengan nilai sig. 0,012 dengan rata-rata 4,74 dan terdapat perbedaan hasil belajar dengan nilai sig. 0,000 dengan rata-rata 13,39. 2) Ada peningkatan motivasi belajar siswa akibat penerapan pembelajaran think pair share dengan nilai sig. 0,000 rata-rata peningkatan 13,55 dan ada peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai sig. 0,000 rata-rata peningkatan 38,23.

PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Priyastutik, Syela, Suhendri, Huri

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kemandirian dan konsep diri terhadap pemecahan masalah matematika, (2) pengaruh kemandirian terhadap pemecahan masalah matematika, dan (3) pengaruh konsep diri terhadap pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang melibatkan siswa SLTP di Kecamatan Pasar Rebo, yaitu: SMP Negeri 184 Jakarta, MTs Negeri 33 Jakarta, dan SMP Negeri 103 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa. Instrumen penelitian berupa angket kemandirian dan konsep diri, serta tes soal essai pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil uji hipotesisnya dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kemandirian dan konsep diri terhadap pemecahan masalah matematika, (2) Terdapat pengaruh kemandirian terhadap pemecahan masalah matematika, dan (3) Terdapat pengaruh konsep diri terhadap pemecahan masalah matematika. Jadi, seseorang yang memiliki kemandirian akan membentuk konsep diri yang positif sehingga mampu memecahkan masalah.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Fedi, Sebastianus ( STKIP Santu Paulus Ruteng )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This research is aim to compare the students critical thinking skills who engaged in a problem-based learning model with students who engaged in conventional learning. This is an experiment research, with posttest only control group design. The population is 50 of Accounting XI students in Widya Bhakti Vocational School in Ruteng, Flores. Samples grouping on nonprobability sampling, that is saturated sampling where all of this population members are used as samples. The sample in the experimental class was all 24 students of class XI Accounting 1 who received treatment problem-based learning, while the control class sample was all 26 students of class XI Accounting 2 who received conventional learning. Data is collected through tests in the form of description questions.A prerequisite test was carried out before testing the research hypothesis: the normality test and homogeneity test. The results of these prerequisite test are data in two groups indicated as normally distributed and both are homogeneous. Then, the research hypothesis was tested using the t test. Obtained , and  on significance level of  and degrees of freedom . Because  then is rejected while is accepted. In this case,  the average value of critical thinking skills in the experimental class,  the average value of critical thinking skills in the control class. The meaning of the results of this analysis are: (1) when compared to conventional learning models, the problem-based learning model has a more positive and significant influence on the formation of students' critical thinking skills; (2) The value of t-count = 4.005 indicates that the average value of critical thinking skills of students using problem-based learning models is so higher than the average value of conventional learning students' critical thinking abilities.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA, MEDIA JARING-JARING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Hikmah, Nurul ( Universitas Indraprasta PGRI, jakarta )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of constructive learning models on mathematics subjects, the benefits of net media on cube and beam material, students 'problem solving abilities on cube and beam material and the influence of constructive approaches and net media on students' problem solving abilities in cube and beam material in class VIII. The method used in this study is an experimental method that aims to determine the effect of each variable. This study also uses quantitative methods with statistical calculations to get the right and definite results. The results of data analysis using the t test are as follows tcount> t table ie (0.146> 5.25) then H0 is rejected. This means that there is the influence of constructive learning models and net media on students' mathematical problem solving abilities.

PENGARUH TES POTENSI AKADEMIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Susilo, Ganjar ( Universitas Balikpapan ) , Nur'aini, Tri Astuti ( Universitas Balikpapan )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of students' academic potential tests on mathematics learning achievement. This research was conducted in class XI students of Kutai Kartanegara District Senior High School in Academic Year 2018/2019. The sampling technique uses stratified cluster random sampling which is based on the national average test scores for the mathematics year 2017/2018. In the upper category schools, selected Tenggarong Superior 3 High School, selected middle school category Samboja 1 Public High School and 1 Muara Jawa Public High School, selected lower category school Sangasanga 1 High School. The data analysis technique uses multiple regression analysis. Based on the results of the study it was found that there was an effect of the academic potential test on the mathematics learning achievement of the students of Class XI Public High School in Kutai Kartanegara DistrictTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tes potensi akademik siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling yang berdasarkan nilai rata–rata ujian nasional mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2017/2018. Pada sekolah kategori atas, terpilih SMA Negeri 3 Unggulan Tenggarong, sekolah kategori sedang terpilih SMA Negeri 1 Samboja dan SMA Negeri 1 Muara Jawa, sekolah kategori bawah terpilih SMA Negeri 1 Sangasanga. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh tes potensi akademik dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri Kelas XI di Kabupaten Kutai Kartanegara.

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Priatina, Yuliana ( SMP Islam Terpadu At-Taufiq Kota Depok )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika  siswa melalui metode kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP Islam Terpadu At-Taufiq pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode yang digunakan adalah action research atau tindakan kelas. Sampel yang diambil sejumlah 25 siswa.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Seruni, Seruni ( Universitas Indraprasta PGRI )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII di SMP Ibnu’Aqil Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Sedangkan, teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel 60 peserta didik yang diambil dari 2 kelas yaitu 30 peserta didik dari kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan 30 peserta didik dari kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrument dalam penelitian ini menggunakan soal tes essay yang berjumlah 7 soal setelah diuji validitas. Pengolah data dengan menggunakan SPSS 16.0 didapat uji persyaratan data bersifat nrmal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis didapat nila sig < 0.05, Maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik khususnya pada materi segiempat.

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Syafa'atun, Syafa'atun ( Universitas Indraprasta PGRI )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Matematika adalah pengetahuan umum dan wajib dikuasai oleh setiap peserta didik. Tujuan umum dari pelajaran matematika adalah menekankan pada penataan nalar, dasar dan pembentukan sikap peserta didik pada ketrampilan dalam penerapan matematika. Penelitian ini mengenai permasalahan rendahnya nilai hasil belajar matematikia peserta didik kelas VIII di SMP AT-TAQWA. Penelitian ini, model pembelajaran yang ingin diterangkan pada peserta didik adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan bentuk desain Pre-Eksperimen Designs (nondesaigns). Responden yang diambil adalah peserta didik kelas VIII SMP AT-TAQWA, Jakarta Pusat pada tahun ajaran 2013-2014. Selama penelitian, perlakuan diberikan sebanyak 6 kali pertemuan. Diperoleh nilai tertinggi 88 nilai terendah 48. Rata-rata skor 68,65. Median 68,875 Modus 69,5. Simpangan baku 10,26. Dan varians 113,19. Disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share  lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan metode klasikal.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP BERBASIS ANDROID

Komariah, Siti ( Universitas Indraprasta PGRI ) , Suhendri, Huri ( Universitas Indraprasta PGRI ) , Hakim, Arif Rahman ( Universitas Indraprasta PGRI )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan software Construct 2 pada materi bilangan untuk siswa SMP kelas VII, VIII, dan IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) analysis (analisis), meliputi: analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan analisis kurikulum, (2) design (perancangan), meliputi: pembuatan flowchart, storyboard, dan desain antarmuka, (3) development (pengembangan), meliputi: pengumpulan materi, pembuatan produk dan revisi, (4) implementation (implementasi), dalam hal ini peneliti tidak melakukan tahap implementasi karena keterbatasan waktu, (5) evaluation (evaluasi), meliputi: angket penilaian oleh ahli materi, angket penilaian kualitas media pembelajaran oleh ahli media, dan angket ahli desain pengembangan. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran matematika tingkat SMP dengan software Construct 2 berbasis android mendapat nilai para ahli materi berupa persentase yaitu sebesar 85,3%, ahli media 80%, dan ahli desain pengembangan 93% sehingga dapat dikategorikan sangat baik dan telah memenuhi kualifikasi valid. Dengan kata lain, media yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai layak dan sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE RESITASI PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP TEKNOLOGI PILAR BANGSA TANGERANG

Gulo, Yupiter Carlis ( SMPN 2 Sepatan )

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1 (2018): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Publisher : JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah  memperbaiki proses belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dengan metode resitasi kelas VII SMP Teknologi Pilar Bangsa Tangerang. Jenis penelitian ini adalah  penelitian kualitatif  yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), model pembelajaran yang digunakan adalah model MC Tanggart dan Kemmis.. Penerapan metode ini dilakukan dalam III siklus. Siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa  57.  siklus II diperolehnilai rata-rata siswa 65. Pada siklus III nilai rata-rata siswa  yang diperoleh 81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode resitasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan menyenangkan bagi siswa.