cover
Contact Name
Leonardi Paris Hasugian
Contact Email
leonardiparishasugian@unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
leonardiparishasugian@unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Informasi
ISSN : 20882270     EISSN : 26556839     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) diterbitkan oleh Fakultas Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Bandung secara berkala (setiap enam bulan sekali) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan lain-lain.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI QRCODE SEBAGAI TIKET MASUK EVENT DENGAN MEMPERHITUNGKAN TINGKAT KOREKSI KESALAHAN Nurdiansyah, Edwin Fajar; Afrianto, Irawan
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (897.786 KB) | DOI: 10.34010/jati.v7i2.491

Abstract

Tiket merupakan suatu dokumen yang sangat penting dalam suatu acara (event) karena tiket menentukan apakah seseorang memiliki akses untuk memasuki acara tersebut atau tidak. Untuk melakukan verifikasi tiket, petugas yang berjaga di pintu masuk harus memastikan bahwa setiap orang yang masuk dapat menunjukan tiket. Kesederhanaan sistem verifikasi tiket ini, banyak disalahgunakan untuk mendapatkan akses masuk ke dalam acara secara cuma-cuma. Tidak adanya proses identifikasi dan validasi tiket dengan data yang dimiliki oleh penyelengara acara membuat kecurangan tetap saja terjadi.Dari permasalahan yang ada, maka dilakukan penelitian untuk memanfaatkan QR code sebagai tiket masuk event dengan memperhitungkan tingkat koreksi kesalahan. Penelitian ini mencoba memperbaharui sistem verifikasi tiket dengan sistem komputerisasi dengan mengganti bentuk fisik tiket menjadi QR code. Telah dilakukan pengujian alpha dan pengujian kemampuan pembacaan QR code untuk mengetahui apakah tingkat koreksi kesalahan mempengaruhi kemampuan pembacaan QR code.Hasil dari pengujian alpha menunjukan bahwa sistem verifikasi tiket yang dibangun bebas dari kesalahan sintaks dan berjalan sesuai dengan fungsinya. Hasil dari pengujian kemampuan pembacaan QR code menyatakan bahwa tingkat koreksi kesalahan mempengaruhi kemampuan pembacaan QR code untuk QR code yang mengalami kerusakan atau bentuknya tidak utuh. Semakin tinggi tingkat koreksi kesalahan, semakin baik kemampuan pembacaan QR code.Kata Kunci : Tiket, e-Ticketing, Sistem Verifikasi Tiket, QR code, QR scanner, Koreksi Kesalahan, Reed-Solomon.
RANCANGAN PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MELALUI ADOBE FLASH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Susilawati, Erna
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.49 KB) | DOI: 10.34010/jati.v7i2.492

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang seharusnya dikuasai oleh setiap orang untuk memudahkan berkomunikasi dengan negara lain. Pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan sejak dini sangat bagus untuk pengembangan skill siswa/siswi dalam berbahasa inggris. Namun hal tersebut kadang terbentur dengan masalah kerumitan grammar dalam belajar Bahasa inggris dimana bagi sebagian orang hal tersebut merupakan hal yang rumit dan membuat mereka kesulitan dalam memahami Bahasa inggris. Faktanya banyak siswa/i yang kemampuan berbahasa inggrisnya tidak berkembang sama sekali baik itu dari segi writing,reading, listening ataupun speaking. Berangkat dari masalah tersebut maka diperlukan suatu terobosan baru agar proses belajar mengajar berubah jadi menyenangkan sehingga siswa/siswi tertarik untuk mempelajari bahasa inggris. Untuk mewujudkan hal itu tentu diperlukan suatu tools yang dapat mengemas pelajaran Bahasa Inggris agar lebih menarik salah satunya yaitu dengan menggunakan suatu aplikasi multimeunakan menggunakan metode objek.dia interaktif untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar melalui adobe flash. Dengan adobe flash ini pembelajaran Bahasa inggris dapat dilakukan melalui media audio,video, gambar dan memahami kosakata dalam Bahasa inggris dengan menggabungkan tulisan dengan gambar. Metode pendekatan sistem yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan berorientasi objek dengan alat bantu pemodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Games,kuis dan materi yang dibuat akan disesuaikan dengan kelas mereka masing-masing sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dengan adanya metode pembelajaran melalui multimedia interaktif adobe flash ini diharapkan kemampuan Bahasa inggris siswa/i dapat meningkat dengan Fun English.Kata kunci: Reading, Listening, Writing, Adobe Flash Player CS6, Bahasa Inggris
Penerapan QR Code Untuk Sistem Absensi Siswa SMP Berbasis Web Herlina, Elin; Hidayatulloh, Taufik
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.268 KB) | DOI: 10.34010/jati.v7i2.865

Abstract

QR Code is a type of two-dimensional bar code in the form developed by Denso Wave, a division of Denso Co. Corporation, a perudahaan in Japan, which was published in 1994. Barcode is a symbol marking the real object made of sticks pattern of black and white in order manage computer is easy to recognize a good student attendance data is needed to be able to provide ease in generating student attendance data and is one of the important factors in managing a good attendance data. Management of student attendance by using a QR Code-based Web is an application that will be built in "SMP Negeri 11 of Sukabumi" because attendance is still used is conventional systems, such as pengabsensian with books attendance and report absences still slow, so it can hinder time , to overcome the above problems, the authors propose a way of solving that is the making of a computer application which is expected with this system can reduce and minimize errors and problems that occur. QR Code is a type of two-dimensional bar code in the form developed by Denso Wave, a division of Denso Co. Corporation, a perudahaan in Japan, which was published in 1994. Barcode is a symbol marking the real object made of sticks pattern of black and white in order manage computer is easy to recognize a good student attendance data is needed to be able to provide ease in generating student attendance data and is one of the important factors in managing a good attendance data. Management of student attendance by using a QR Code-based Web is an application that will be built in "SMP Negeri 11 of Sukabumi" because attendance is still used is conventional systems, such as pengabsensian with books attendance and report absences still slow, so it can hinder time , to overcome the above problems, the authors propose a way of solving that is the making of a computer application which is expected with this system can reduce and minimize errors and problems that occur.Keywords : QR Code, Attendance, Web
METODE MARKERLESS UNTUK MEMBANGUN APLIKASI PEMANDU WISATA WILAYAH CIAYUMAJAKUNING BERBASIS MOBILE ANDROID Ginting, Selvia Lorena Br; Pamungkas, Meylly; Ginting, Yogie Rinaldy
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.451 KB) | DOI: 10.34010/jati.v7i2.494

Abstract

Ciayumajakuning, memiliki banyak jenis wisata menarik yang ditawarkan seperti wisata alam, wisata budaya, sampai wisata sejarah, yang diharapkan dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Bagi setiap wisatawan yang baru pertamakali akan berkunjung ke wilayah Ciayumajakuning tentunya sangat membutuhkan informasi dan data mengenai lokasi-lokasi wisata yang berada di wilayah Ciayumajakuning, serta rute untuk mencapainya. Penggunaan peta dan pemandu wisata (tour guide), dapat menjadi solusi bagi para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke wilayah Ciayumajakuning agar dapat memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan tersebut, tetapi peranan pemandu wisata dan peta terkadang tidak cukup dan tidak memberikan informasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh wisatawan tersebut. Untuk menggantikan peran pemandu wisata dan peta tersebut, maka dibangun sebuah aplikasi pemandu wisata yang dapat memberikan informasi kepada wisatawan mengenai objek wisata yang terdapat di wilayah Ciayumajakuning beserta rute untuk mencapainya. Agar solusi tersebut dapat dicapai maka sistem ini akan dipasang pada smartphone Android. Aplikasi ini mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR). Selain itu aplikasi yang dibangun mencakup data-data yang biasanya dibutuhkan oleh wisatawan yaitu informasi posisi wisatwan berada, informasi objek wisata, jarak dari posisi wisatawan berada dengan posisi objek wisata, rute dan informasi waktu tempuh, serta objek-objek penting yang terdapat dalam perjalanan.Kata kunci :Objek Wisata, Ciayumajakuning, Wisatawan, Augmented Reality
TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS PQR BERBASIS FRAMEWORK COBIT 4.1 Ikbal, Iskandar
Jurnal Teknologi dan Informasi Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (966.207 KB) | DOI: 10.34010/jati.v7i2.495

Abstract

UNIVERSITAS PQR adalah salah satu Perguruan Tinggi (PT) swasta yang ada di Indonesia, telah mengimplementasikan Teknologi Informasi (TI) dalam mendukung dan mempermudah jalannya operasional organisasi / institusinya. Namun pada kenyataannya implementasi dan pemanfaatan TI di UNIVERSITAS PQR masih belum terkelola dengan baik dilihat dari beberapa indikator yaitu perencanaan dan pengembangan strategis TI yang masih dilakukan secara sporadis, nilai tambah dari implementasi dan pemanfaatan TI masih sangat kecil, penggunaan sumber daya TI belum menunjukkan kepada tingkat efisiensi dan efektivitas, serta dari sisi keamanan dan risiko TI dirasa kurang begitu mendapat perhatian. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan bentuk tata kelola TI yang sesuai dengan UNIVERSITAS PQR.Dari hasil penilaian proses-proses TI terpilih sebanyak tujuh belas proses secara mayoritas tingkat kematangan tata kelola TI UNIVERSITAS PQR saat ini berada pada level satu atau Ad Hoc/Initial. Target tingkat kematangan tata kelola TI yang ingin dicapai adalah pada level tiga atau Defined.Untuk mencapai target tingkat kematangan yang diinginkan, dapat direkomendasikan lima hal yaitu restrukturisasi struktur internal divisi IT, mendokumentasikan kebijakan dan standard operating prosedur (SOP), melaksanakan program awareness, mengadakan pelatihan dan pendidikan terhadap SDM TI, dan memanfaatkan best practice sebagai acuan dalam tata kelola TI.Kata Kunci : Tata Kelola, Teknologi Informasi, COBIT.
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SURAT KEPUTUSAN PADA UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA Fredianto, Dias Eka; Permatasari, Deasy
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.245 KB) | DOI: 10.34010/jati.v7i2.489

Abstract

In University Computer Indonesia there is a decision letters that is divided into two groups, namely the rector’s decision letter and decision letter of the foundation and of any decrees are divided into various types including the decision letter Policies, decision letter scholarships, decision letter the formation of the team, the decision letter post of structural, letter staffing decisions, decrees the establishment of the unit, a decision letter forming BEM and SMEs. And for each party receiving the decision letter did just a storage archive without putting it into a database and archival storage can allow data is damaged or lost and in search of data can take a long time.By seeing the current issue so I took the research topic "Decision letter of Information Systems at the University of Indonesia computers". To realize that we need a process of making integrated software. Making the software is done by using PHP and MySQL.Results of this final project is the form of the Management Information System Application Decision letter based web. Hopefully with this System can help the performance of the secretariat of the rector and the relevant parties in the University Computer Indonesia.Keywords: Decision letter, Information, Management, System, System Information
RANCANG BANGUN WEBSITE PROFIL HOTEL AGUNG PRABUMULIH MENGGUNAKAN FRAMEWORK BOOTSTRAP Sanjaya, Ridwan; Hesinto, Sebri
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.565 KB) | DOI: 10.34010/jati.v7i2.758

Abstract

Hotel Agung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa penginapan dan dapat ditemui di Kota Prabumulih Propinsi Sumatera selatan. Hotel Agung terletak di Jln.Veteran No.91 Kota Prabumulih, masih di sekitar kawasan Stasiun Prabumulih. Hotel tersebut menyediakan fasilitas berupa kamar -kamar yang beragam jenis seperti Standard room, vip singgel room dan vip double room, serta vip family room. Perbedaan kelas kamar ini didasarkan pada kapasitas, harga, dan fasilitas yang ada di masing-masing kamar. Selain fasilitas kamar hotel Agung Prabumulih juga menyediakan fasilitas-fasilitas lain seperti Laundry, Lobby, hall room, Security Office, dan Parking area. Selama ini Hotel Agung belum mempunyai website sendiri sehingga informasi yang dilakukan oleh pihak hotel pada umumnya hanya berupa selebaran brosur atau media cetak lainnya, dimana informasi yang diberikan sangat terbatas karena adanya keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki, sehingga dalam hal penyebaran informasi dan kinerjanya dirasa kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan penggunaan teknologi komputer seperti website yang diharapkan dapat membantu menyampaikan informasi tentang hotel kepada calon tamu dan pelanggan. Dalam pembuatan website ini penulis menggunakan framework bootstrap, untuk membuat tampilan website yang lebih menarik dan responsive , sehingga memungkinkan tampilan website tersebut tetap rapi sesuai dengan berbagai jenis resolusi.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG PADA KOPERASI KARTIKA SAMARA GRAWIRA PRABUMULIH Nurhayati, Ana Naela; Josi, Ahmat; Hutagalung, Nur Aini
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.542 KB) | DOI: 10.34010/jati.v7i2.490

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah berkembang dengan cepat dan sudah banyak keuntungan yang dirasakan contohnya dalam bidang bisnis. walaupun perkembangan teknologi sudah berkembang dengan cepat, tapi masih banyaknya perusahaan ataupun badan usaha yang belum bisa memanfaatkannya seperti Koperasi Kartika Samara Grawira adalah salah satu badan koperasi yang bergerak dalam bidang usaha. Dalam transaksi sehari-hari Koperasi Kartika Samara Grawira masih menggunakan pencatatan data dan pembuatan laporan menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word. Dengan cara pengolahaan data seperti itu masih sering terjadi kekeliruan pada saat melakukan pembukuan dan pembuatan laporan bahkan masih sangat membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui alur sistem transaksi penjualan dan pembelian yang sedang berjalan di Koperasi Kartika Samara Grawira untuk dapat merancang dan membuat sistem transaksi penjualan dan pembelian barang berbasis web, sehingga pengolahan data dapat di lakukan secara terkomputer untuk mempermudah dan mempercepat proses transaksi, memudahkan pencarian data, memudahkan pembuatan laporan dan meminimalisir kesalahan yang akan terjadi. Metodelogi yang digunakan adalah studi kepustakaan, penelitian langsung terhadap objek yang ditelitidan wawancara.Kata Kunci : Koperasi, Penjualan, Pembelian, Barang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8