cover
Contact Name
Leonardi Paris Hasugian
Contact Email
leonardiparishasugian@unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
leonardiparishasugian@unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Informasi
ISSN : 20882270     EISSN : 26556839     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) diterbitkan oleh Fakultas Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Bandung secara berkala (setiap enam bulan sekali) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan lain-lain.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)" : 6 Documents clear
Sistem Informasi Penjualan Batik Berbasis Website Pada Toko Kencana Ayu Sukarta, Sintya; Santoso, Novel Kurniawati
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v4i1.798

Abstract

Toko Kencana Ayu bergerak pada bidang penjualan. dalam transaksi penjualan, Toko Kencana Ayu masih menggunakan cara manual seperti menggunakan bon – bon pemesanan lalu mengumpulkannya, sehingga membuat proses pengolahan data membutuhkan waktu yang lama dan sering terjadi kesalahan. Untuk itu maka perlu dibangun sebuah sistem informasi yang bisa menangani permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem yang berjalan, membuat perancangan sistem, melakukan testing dan implementasi sistem informasi penjualan. Dengan adanya sistem informasi ini pihak Toko Kencana Ayu dapat mengatasi masalah pengolahan data pesanan, pengolahan data konsumen dan pengolahan data pembelian bahan bakuMelihat permasalahan di atas, maka digunakan metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode pengumpulan data, metode pengembangan sistem, metode pendekatan sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk metode pengembangan sistem penulis menggunakan metode waterfall, sedangkan untuk alat bantu analisis menggunakan Bagan Alir Dokumen (Flow Map), Diagram Konteks (Conteks Diagram), Diagram Arus Data (Data Flow Diagram), dan Kamus Data (Data Dictionary). Dalam pembuatan perangkat lunaknya menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan pembuatan database menggunakan phpMyAdmin.Hasil dari penelitian menunjukan sistem yang berjalan masih menggunakan cara manual dalam proses transaksinya, sehingga penelitian melakukan perancangan sistem informasi penjualan pada Toko Kencana Ayu yang dapat meningkatkan kinerja pengolahan data, mengimplementasikan sistem informasi yang meliputi perangkat lunak, perangkat keras, basis data antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan. Tahapan akhir dari penelitian adalah testing terhadap perangkat lunak yang dibuat dengan metode pengujian Black Box.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN OBAT (Studi Kasus : Apotek Emulinda Bandung) Hasti, Novrini; Setiadi, Dani
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v4i1.797

Abstract

Emulinda Pharmacy is a pharmacy that is growing and moving in the field of health care, especially in the case of sale of drugs both prescription and no prescription. Pharmacy plays a very important for the health of the general public. In the process of the sales transaction, Emulinda Pharmacy requires data accuracy and time efficiency when serving customers for consumer satisfaction itself.. In addition there are many issues that arise in the current system, as well as difficulty finding medical supplies and information reporting process and the purchase of medical supplies sales take a long time. So to overcome these problems, designed a information systems and database applications that can accommodate large amounts of data so that when done accessing the data through an application process that is built to make it easier for users to obtain information. The purpose of this research was to determine the Sales and Purchase Information Systems running drugs in Emulinda Pharmacy and give a description of the systems running on this Emulinda Pharmacies, then create system design, implementation, and testing of Information Systems Sales and Purchasing Drugs proposed to to answer or solve the problems faced and to facilitate the work in data management.The design of the system used by the author using data-oriented approach (data oriented) and the development of systems using model prototype, analysis and structured programming as a tool for the process, while the database application development tool using Java programming language Netbeans IDE 7.1, XAMPP MySQL as database / database server, and creating reports using iReport 5.5.0.From the results of the development of the system and the results of this research of the Sales and Purchasing Information System computerized drug that can facilitate in the sales and purchases data processing can be faster also reduces errors in data recording process, and reduce the delay in submission of the report.
APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: MADRASAH AR - RAHMAN BANDUNG) Permatasari, Deasy; Falah, Andri
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v4i1.802

Abstract

Dalam rangka belajar kitab suci Al Quran, membaca dan memahami isi dan arti setiap ayat dari Al -Qur'an yang kita baca tentu saja kita perlu mengetahui belajar tajwid tanda baca dalam surat-surat dari masing-masing ayat Al -Qur'an. Untuk pembacaan adalah sebagai alat untuk membuatnya lebih mudah, mengetahui panjang pendek , untuk mengetahui lafaz dan hukum membaca Al - Quran . Karena tajwid yang diterapkan pada usia dini , anak-anak yang mudah lupa dan sulit untuk memahami bacaan material. Tujuan dari pembuatan mempelajari aplikasi Tajwid untuk memfasilitasi anak-anak untuk memahami dan menguasai pembacaan materi.Penulis menggunakan metode penelitian pengumpulan data , termasuk penggunaan observasi , wawancara , dan kuesioner . Metode yang digunakan adalah pengembangan dari RUP ( Process Amerika Rasional ) dan pendekatan berbasis obyek . Peralatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini menggunakan pemodelan UML Use Case Diagram meliputi , Activity Diagram , Class Diagram , Sequence Diagram , dan diagram Kolaborasi dan perangkat lunak yang digunakan oleh penulis adalah Android Development Tools ( ADT ) dan SQLite sebagai database.Dengan penerapan pembelajaran Tajwid, anak-anak dimudahkan untuk memahami tentang materi tajwid ini dan juga memudahkan pembacaan dengan mempertimbangkan berbagai bacaan hukum dan tanda baca serta menentukan kemampuan anak dengan latihan navigasi dalam aplikasi pengajian . Aplikasi ini akan diimplementasikan pada platform Android dengan platform opensource.
PEMANFAATAN WEB-ERP UNTUK SISTEM INFORMASI AKUTANSI DI PERUSAHAAN Fauzan, Rauf
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v4i1.801

Abstract

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi terintegrasi yang dapat mengakomodasikan kebutuhan – kebutuhan sistem informasi secara spesifik untuk departemen – departemen yang berbeda pada suatu perusahaan. ERP Terdiri dari bermacam – macam modul yang disediakan untuk berbagai kebutuhan dalam suatu perusahaan, dari modul untuk keuangan sampai modul untuk proses distribusi. Penggunaan ERP menjadikan semua sistem di dalam suatu perusahaan menjadi satu sistem yang terintegrasi dengan satu database, sehingga beberapa departemen menjadi lebih mudah dalam berbagi data, dan lebih mudah pula dalam melakukan komunikasi. WEBERP adalah sistem ERP yang digunakan untuk membantu proses akutansi diperusahaan dan hanya membutuhkan web browser untuk digunakan.WEBERP memiliki berbagai fitur yang cocok untuk banyak bisnis terutama didistribusikan bisnis di distribusi grosir dan dan manufaktur. webERP dikembangkan dengan menggunakan PHP (PHP Hypertext Pre-Processor) yang bersifat opensource.
Mengajarkan Critical Thinking untuk Mahasiswa Jenjang S1 dalam Memecahkan Masalah Andriani, Diana
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v4i1.800

Abstract

Penelitian bertujuan ini untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan metode critical thinking pada lima topik yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan analisis data menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas SI-5 dan kelas SI-6 jurusan Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik random sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel secara acak. Pengujian persyaratan analisis data terdiri dari uji normalitas dengan metode uji Liliefors dan uji homogenitas dengan metode uji Barltlet. Berdasarkan hasil pengujian persyaratan analisis data disimpulkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal dan homogen. Instrumen variabel kemampuan berpikir kritis adalah kasus-kasus dari topik yang dipilih dan dilihat juga parameter lain seperti pengetahuan, critical spirit, dan reason assesment. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang diajar dengan metode critical thinking lebih tinggi dari pada dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa  sebaiknya dosen menggunakan metode critical thinking.
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) MENGGUNAKAN ADEMPIERE Sitanggang, Andri Sahata
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v4i1.799

Abstract

Enterprise Resource Planning (ERP) [1] adalah sistem informasi terintegrasi yang dapat mengakomodasikan kebutuhan – kebutuhan sistem informasi secara  spesifik untuk departemen- departemen yang berbeda pada suatu perusahaan. ERP Terdiri dari bermacam -macam modul yang disediakan untuk berbagai kebutuhan dalam suatuperusahaan, dari modul untuk keuangan sampai modul untuk proses distribusi. Penggunaan ERP menjadikan semua sistem di dalam suatu perusahaan menjadi satu sistem yang terintegrasi dengan satu database, sehingga beberapa departemen menjadi lebih mudah dalam berbagi data, dan lebih mudah pula dalam melakukan komunikasi. Perangkat lunak ERP yang beredar di pasaran, tidakhanya dalam versi komersial saja, tetapi juga sudah tersedia dalam versi open source. Penerapan ERP dalam suatu perusahaan tidak harus dalam satu sistem yang utuh, tetapi dapat diterapkan dengan hanyamenggunakan satu modul saja dulu sebagai pilot project. Jika penerapansatu modul dinilai berhasil, maka dapat menerapkan modul lain dengan referensi modul yang sudah berhasil. Proses bisnis yang berbeda antara satu perusahaan satu dengan perusahaan lain, memungkinan dilakukan kustomisasi ERP dalam penerapannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6