cover
Contact Name
Leonardi Paris Hasugian
Contact Email
leonardiparishasugian@unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
leonardiparishasugian@unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Informasi
ISSN : 20882270     EISSN : 26556839     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) diterbitkan oleh Fakultas Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Bandung secara berkala (setiap enam bulan sekali) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan lain-lain.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMPN 36 BANDUNG Sukarta, Sintya; Sukma, Dea Ramadhanisa
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v3i2.793

Abstract

Akademik merupakan salah satu bentuk kegiatan dibidang pendidikan, sisteminformasi akademik di SMPN 36 Bandung dinilai belum efektif dimana pencatatan data siswa, data guru, data nilai dan penjadwalan masih dicatat dalam pembukuan sehingga mudah rusak atau hilang serta pembuatan laporannya memakan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan, membuat perancangan dan mengembangkan sistem informasi akademik yang diusulkan.Dalam pengembangan sistem informasi akademik penulis menggunakan metode pendekatan terstruktur dengan menggunakan alat bantu berupa data flow diagram serta entity relathionship diagram. Metode pengembangan menggunakan metode prototype. Bahasa pemograman yang digunakan dalam mengembangkan sistem informasi akademik adalah java netbeans dan database yang digunakan adalah mySQL.Melalui hasil dari penelitian di SMPN 36 Bandung yang berupa sistem informasi akademik diharapkan dapat membantu bagian Tata Usaha dalam mengelola data siswa, data guru, data nilai dan penjadwalan lebih cepat dan dapat mengurangi kesalahan dalam proses pencatatan data serta mengurangi kesalahan dalam penyampaian laporan.
TEKNIK DATA MINING MENGGUNAKAN METODE BAYES CLASSIFIER UNTUK OPTIMALISASI PENCARIAN PADA APLIKASI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PASUNDAN – BANDUNG) Br Ginting, Selvia Lorena; Trinanda, Reggy Pasya
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v3i2.794

Abstract

Data mining merupakan serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basis data. Salah satu metode data mining adalah klasifikasi yaitu proses pencarian model klasifikasi yang dapat membedakan objek label kelasnya. Naïve Bayes Classifier adalah salah satu teknik yang dapat dipakai untuk membangun model klasifikasi. Pada penelitian ini metode Naïve Bayes Classifier diterapkan sebagai teknik yang membangun model klasifikasi (pengelompokan) dari dokumen-dokumen yang ada di sebuah perpustakaan. Perpustakaan merupakan tempat dimana pengunjung memperoleh akses terhadap informasi dan pengetahuan. Mengingat banyaknya data buku yang dimiliki perpustakaan, pengelompokan dokumen sangat perlu dilakukan. Oleh karena itu sangat diperlukan sebuah perangkat lunak yang handal untuk mengatasi pengelompokan dokumen tersebut, demi terciptanya kenyamanan pencarian data buku yang dilakukan oleh pengunjung. Cara kerja dari metoda lunak Naïve Bayes Classifier menghitung peluang dari satu kelas dari masing-masing kelompok atribut yang ada dan menentukan kelas mana yang paling optimal, artinya pengelompokan dapat dilakukan berdasarkan kategori yang pengguna masukkan pada perangkat lunak. Hasil pengujian diperoleh Naïve Bayes Classifier mengklasifikasikan beberapa judul dan ketegori yang terdapat pada database perpustakaan kemudian pencarian akan dilanjutkan lebih mendalam dengan melibatkan deskripsi dari setiap buku, sehingga akan menampilkan lebih banyak referensi sebagai hasil pencarian. Tentunya referensi tersebut berkaitan dengan kata yang di masukkan oleh pengunjung pada mesin pencarian di aplikasi perpustakaan tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat membantu pengunjung dengan memperoleh peluang yang lebih besar dalam pencarian buku yang diinginkan.
SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB DI SMA TAMANSISWA SUKABUMI Winanti, Marliana Budhiningtias; Prayoga, Endry
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v3i2.795

Abstract

SMA Tamansiswa Sukabumi merupakan salah satu sekolah swasta unggulan di kota Sukabumi sehingga menjadikan sekolah ini banyak dijadikan pilihan oleh calon orang tua siswa saat ini karena sekolah ini cukup maju, akan tetapi proses pengolahan data akademik di sekolah ini masih belum terintegrasi. Sistem akademik yang sedang berjalan masih menggunakan aplikasi Ms. Excel, tanpa adanya database. Akibat dari hal tersebut banyak kendala yang dihadapi oleh pihak sekolah dalam urusan administrasi akademiknya seperti pada pengolahan data siswa, data guru, pembagian kelas, jadwal pelajaran, absensi siswa, nilai siswa dan raport. Selain itu, penyajian informasinya masih kurang cepat, tepat dan akurat karena media penyampaian informasi saat ini hanya berupa alat “tradisional” seperti mading dan dokumen fisik seperti selembaran dan rapor.Metode penelitian yang digunakan adalah metode prototype yang sekaligus menjadi metode pengembangan sistem, apabila pada tahap yang sedang berjalan terdapat kekurangan pada tahap sebelumnya dapat dilakukan penambahan atau perbaikan langsung tanpa harus menyelesaikan tahap akhir terlebih dahulu. Adapun alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa diagram alir data (FlowMap), diagram konteks, dan data flow diagram (DFD), serta dalam perancangan basis data menggunakan kamus data, normalisasi, dan Entity Relation Diagram (ERD). Dalam perancangan Sistem Informasi Akademik ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Mysql sebagai database.Sistem informasi Akademik berbasis web yang dibuat diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data dan pengarsipan data akademik seperti data siswa, data guru, data mata pelajaran, jadwal pelajaran, absensi siswa, nilai siswa dan raport, serta menjadikan media alternative bagi siswa untuk mendapatkan informasi nilai tanpa menunggu raport dibagikan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian, terbuatnya Sistem Informasi Akademik Berbasis Web.
ANALISA RANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA APLIKASI COMPIERE ERP BERBASIS CLOUD COMPUTING Fauzan, Rauf
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v3i2.790

Abstract

Makin pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini, membuat banyak perusahaan berusaha mengadopsi teknologi informasi terbaru untuk membantu kelancaran bisnis. Teknologi tidak lagi dipandang hanya sebagai pelengkap, tetapi sudah menjadi salah satu penentu atas terlaksananya sasaran atau strategi bisnis perusahaan. Sehingga menimbulkan tantangan baru bagi perusahaan untuk menyediakan suatu sistem yang mampu mengintegrasikan kebutuhan informasi yang ada serta yang dibutuhkan perusahaan. ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sekumpulan paket sistem informasi yang dibangun dan diimplementasikan sebagai fasilitator terwujudnya konsep ERP dalam suatu perusahaan. Kendala utama yang harus dihadapi perusahaan untuk mengimplementasikan ERP adalah biaya yang cukup mahal dan implementasinya tidak mudah.Untuk itu, penulis akan melakukan review terhadap rancangan arsitektur enterrise yang telah diimplementasikan oleh salah satu aplikasi open source ERP, Compiere ERP berbasis Cloud Computing. Sehingga kita akan mengetahui sejauh mana efektifitas implementasi ERP terhadap perusahaan dengan menggunakan aplikasi open source berbasis Cloud Computing.
AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA CV. X Handayani, Aditya; Imelda, Imelda
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v3i2.796

Abstract

CV. X telah memiliki dan memanfaatkan unsur-unsur teknologi informasi untuk mengelola aktifitas-aktifitas pendukung perusahaan. Namun dalam penerapannya, masih terdapat kesalahan yang mendasar dalam penerapan teknologi informasi seperti pengelolaan keuangan, pengelolaan barang, sistem pembelian dan penjualan, inventory dan lain sebagainya, dimana apabila terdapat persoalan yang dapat mengganggu kinerja dari infrastruktur TI akan sangat menggangu aktivitas operasional pada perusahaan. Permasalahan muncul ketika adanya kesenjangan (gap) dari tata kelola TI yang ideal dengan kondisi TI pada perusahaan saat ini. Sebagai penyelesaian permasalahan diatas, maka diperlukan pengukuran dalam tata kelola TI agar terjadi penyelarasan tata kelola TI. Salah satu standar yang digunakan untuk mengelola TI adalah ITIL (Information Technology Infrastructure Library) yaitu sebuah konsep kebijakan mengenai pengelolaan TI agar teknologi tersebut dapat diintegrasikan dengan proses bisnis yang dimiliki oleh perusahaan. Penggunaan framework ITIL dalam proses audit TI dikarenakan ITIL dapat menggambarkan panduan dalam manajemen layanan TI, dimana ITIL menyediakan kerangka kerja bagi tata kelola TI dan berfokus terhadap pengukuran terus-menerus dan perbaikan kualitas layanan TI yang diberikan baik dari sisi proses bisnis maupun perspektif pelanggan. Berdasarkan hasil audit pada CV. X, didapatkan beberapa kesimpulan yaitu untuk audit current condition yang dilakukan terhadap tata kelola teknologi informasi pada perusahaan hasilnya adalah 2.27 pada tingkat Repeatable. Dari perspektif proses manajemen menghasilkan tingkatan warna merah (Red)= kurang/low. Dari perspektif pelanggan menghasilkan tingkatan warna kuning (Amber = cukup/ok. Tidak adanya prosedur kebijakan menyangkut tata kelola TI mengakibatkan terjadinya kesenjangan/gap 1 tingkat antara kondisi sekarang dengan kondisi yang ideal baik itu dari maturity level, perspektif proses manajemen maupun perspektif pelanggan.
MEMBANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE PADA TESTTUBE CLOTHING AND DIGITAL PRINTING Permatasari, Deasy; Firniawati, Firniawati
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v3i2.791

Abstract

Testtube Clothing and Digital Printing merupakan usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak dibidang jasa pembuatan merchandise, souvenir dan cetak digital untuk kepentingan pribadi atau promosi perusahaan. Saat ini perusahaan dituntut untuk dapat memberikan kebutuhan dan keinginan pelanggan karena perusahaan sadar akan persaingan bisnis setiap tahunnya semakin meningkat. Sehingga perlu adanya strategi bisnis yang dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan, yaitu dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM).Proses pembangunan website CRM ini mengunakan metode pengembangan Prototype, untuk teknik analisis dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan metode analisis terstuktur,untuk menggambarkan model data menggunakan ERD ( Entity Relationship Diagram ) dan untuk model fungsional menggunakan DFD( Data Flow Diagram ).Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakanuntuk membuat program ini adalah PHP dengan database server MySQL.Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem CRM yang berbentuk sebuah website yang memiliki beberapa menu sesuai dengan kebutuhan strategi bisnis CRM. Website ini juga memiliki kelengkapan informasi yang cukup sehingga pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Dengan adanya perancangan aplikasi CRM ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pelayanan kepada pelanggan yang saat ini masih terbatas, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan dan perusahaan.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN BAYI (Studi Kasus : Posyandu Dahlia RW/RT 12/05 Kec. Baleendah, Kel. Baleendah, Kab. Bandung) Hardiyana, Bella; Suendi, Irfan
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Publisher : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jati.v3i2.792

Abstract

Dengan kemajuan perkembangan teknologi komputer, pelayanan masyarakat khususnya posyandu harus bisa berjalan secara efektif dan efisien. Untuk itu dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitas pendukung tersebut adalah aplikasi yang dapat membantu dalam mengolah data. Mengingat data yang ada di posyandu dahlia adalah data yang bukan merupakan data terkomputerisasi melainkan data dalam bentuk kertas dan tabel, sehingga sering terjadi kesalahan pencatatan data bayi terutama pada saat perekapan data ke buku besar.Aplikasi ini akan mempermudah Kader di Posyandu dalam perekapan data bayi serta pengolahan data untuk pembuatan laporan bulanan dan pengontrolan terhadap bayi yang kurang sehat dapat berjalan denan lancar.Dengan adanya aplikasi pendukung berbasis komputer ini maka pengolahan data bayi di posyandu akan bejalan efektif dan efisien, serta dapat mempermudah dalam pembuatan laporan yang di kirim ke Puskesmas setiap bulannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7