cover
Filter by Year
Jurnal Manajemen Informatika
ISSN : 20884125     EISSN : 26556960
Jurnal Manajemen Informatika, merupakan kumpulan dari jurnal, artikel, gagasan, ide, konsep, teori maupun hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi yang merupakan karya dari para staf pengajar di lingkungan Universitas Komputer Indonesia dan Perguruan Tinggi Lainnya. Buku ini dapat dijadikan media informasi atau referensi ilmu yang ada kaitannya dengan teknologi informasi.
Articles
90
Articles
RANCANG BANGUN SISTEM REPOSITORY AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA

Radliya, Nizar Rabbi, Sidik, Rangga

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.332 KB)

Abstract

Akreditasi program studi Manajemen Informatika diperlukan sebagai bentuk pengakuan pemerintah terhadap standarisasi operasional program studi. Pengusulan akreditasi dilandaskan pada borang akreditasi yang telah disusun oleh BAN PT. Program studi Manajemen Informatika diwajibkan memenuhi setiap standar yang diterapkan dengan melengkapi setiap dokumen pendukung. Namun dalam penyusunan borang akreditasi, program studi sering kali mengalami kesulitan dalam memenuhi kelengkapan dokumen setiap standar mulai dari standar satu sampai dengan standar tujuh. Adanya kesemrawutan penyimpanan dokumen-dokumen pendukung borang menjadi salah satu hambatan yang muncul. Akibat dari pada pengelolaan dokumen yang kurang baik maka berdampak juga terhadap kefektifan penyusunan borang akreditasi. Dari masalah tersebut maka peneliti melakukan penelitian dalam merancang dan membangun sistem repository dokumen akreditasi program studi Manajemen Informatika. Dengan menggunakan metode pendekatan objek dan penggunaan alat analisis UML (Unified Modelling Language) di harapkan dapat menggambarkan kebutuhan sistem secara pasti dan dalam pembangunannya menggunakan model pengembangan sistem waterfall. Hasil akhir yang diharapkan adalah menciptakan sebuah sistem repositori dokumen akreditasi program studi Manajemen Informatika untuk memenuhi pengelolaan dokumen yang berkaitan dengan akreditasi BAN PT.

Pengembangan Aplikasi Perhitungan Energi Menggunakan Formula Harris Benedict Untuk Membantu Dalam Menentukan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Rahmatya, Myrna Dwi, Fauzan, Rauf, Putra, Yusran Panca

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Hasil survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2012 menyatakan bahwa status gizi ibu selama kehamilan sangatlah penting bagi perkembangan bayi di dalam rahim. Gizi merupakan zat-zat yang didapat dari makanan (karbohidrat, lemak, dan protein, oksidasi) yang dapat menghasilkan energi untuk kebutuhan tubuh dalam melakukan aktivitas. Jadi untuk mengetahui kebutuhan gizi seseorang harus dilakukan perhitungan energi yang dibutuhkan. Perhitungan kebutuhan energi dapat dilakukan dengan menggunakan formula Harris Benedict. Formula Harris Benedict digunakan untuk menghitung jumlah kalori (satuan energi) yang dibutuhkan seseorang setiap harinya. Dalam proses perhitungannya formula Harris Benedict membutuhkan nilai BMR (Basal Metabolic Rate). Energi dibutuhkan untuk beberapa fungsi vital tubuh seperti bernafas, denyut jantung, pengaturan suhu tubuh, pemeliharaan tonus otot, sekresi enzim, metabolisme makanan, sekresi hormon, dan transmisi elektrik pada otot. Khusus untuk ibu hamil nilai BMR ini akan ditambahkan dengan angka kecukupan gizi berdasarkan usia kehamilan (trimester kehamilan). Faktor lain yang mempengaruhi nilai kebutuhan energi adalah tingkat aktivitas fisik, usia, berat badan dan tinggi badan. Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi berbasis android dan web untuk perhitungan energi menggunakan formula Harris Benedict. Hasil dari perhitungan energi dapat digunakan untuk membantu ibu hamil dalam menentukan kebutuhan gizi, sehingga dapat membantu ibu hamil dalam menjaga status gizi selama masa kehamilan.

PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN PROGRAM KERJA DAN PENGELOLAAN DATA PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

Dhaniawaty, Rani Puspita, Susilawati, Erna

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.71 KB)

Abstract

Dosen kemahasiswaan program studi sistem informasi (Prodi SI) masih kesulitan dalam melakukan pengelolaan data pengurus himpunan mahasiswa sistem informasi (HIMA SI) karena tidak memiliki data lengkapnya. Selain itu masih terdapat miskomunikasi berkaitan dengan jadwal program kerja (proker) masing-masing, sehingga mengharuskan pengurus HIMA SI membagi anggota untuk mengerjakan proker HIMA SI dan membantu proker Prodi SI. Pembuatan laporan dosen kemahasiswaan dilakukan setiap bulan dengan melihat dana dan data proposal proker yang diajukan dan LPJ proker HIMA SI yang sudah dilaksanakan, adanya kebutuhan data ini mengharuskan HIMA SI untuk melakukan pelaporan dengan tepat waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan sistem informasi prototype. Sistem informasi yang sudah dibuat pada penelitian ini membantu dosen kemahasiswaan dalam mengelola data pengurus HIMA SI, mengintegrasikan jadwal proker Prodi SI dengan HIMA SI, selain itu dosen kemahasiswaan dapat melakukan laporan bulanan proker HIMA SI dengan menggunakan data yang akurat dan tepat waktu.

PROTOTIPE SISTEM PERSONAL ASSISTANT UNTUK KETUA PROGRAM STUDI BERDASARKAN ANALISA TERHADAP PROSES PERSIAPAN AKREDITASI

Savitri, Peti, Solihin, Hanhan H., Rahayu, Riska, Arifin, Muhammad Rosyid

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.286 KB)

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian awal dari proyek pembangunan sebuah Sistem Personal Assistant Ketua Program Studi yang bertujuan untuk: menghasilkan sebuah rancangan atau desain prototipe sistem personal assistant bagi ketua program studi sebagai pemanfaatan dari borang isian akreditasi progam studi yang selalu dipersiapkan secara periodik ketika melakukan akreditasi atau reakreditasi program studi, membantu ketua program studi melakukan pengelolaan program studi sekaligus memonitoring dan mengevaluasi capaian program studi yang dipimpinnya, dan membantu mempersiapkan pengajuan akreditasi kembali secara cepat.  Analisa dan desain  menggunakan metode berorientasi objek dengan bantuan Visual Paradigm, sedangkan prototipe dengan teknik digital mockup dibuat melalui software Justinmind.  Penelitian ini menghasilkan sebuah prototipe sistem Personal Assistant dalam bentuk konsep dan digital mock up.

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA TEMU HILANG KENDARAAN DI POLRESTABES BANDUNG

Hamdani, Dani, Rahmayanti, Rima

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.094 KB)

Abstract

Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah lembaga pemerintah yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta pelayanan kepada masyarakat. Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat diharapkan untuk meningkatkan kegiatan pelayanan polisi kepada masyarakat. Salah satu jenis layanan yang diharapkan akan dibantu oleh kemajuan teknologi informasi adalah mencari keluhan atau informasi tentang kendaraan yang hilang. Karena laporan dari kendaraan yang hilang Seringkali subjek pengaduan masyarakat selama periode Beberapa tahun, tetapi dari penulis diperoleh data menunjukkan bahwa ada kesenjangan antara jumlah kendaraan yang hilang dengan sejumlah kendaraan telah ditemukan. Dan sejauh ini, masyarakat juga kurang mendapatkan informasi tentang kendaraan yang hilang dari data yang telah ditemukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat website portal yang bisa menjadi solusi untuk masalah pelaporan kendaraan hilang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang lebih terfokus pada pemecahan masalah yang reflektif dan kolaboratif. Sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototyping. alat pemodelan sistem informasi yang digunakan adalah diagram konteks, data flow diagram, dan diagram hubungan entitas. Dari hasil penelitian menunjukkan Beberapa fakta seperti penyebab kurangnya kendaraan hilang diselesaikan dan menciptakan sistem pencarian informasi kendaraan yang hilang untuk membantu polisi untuk menyebarkan informasi mengenai status kendaraan yang hilang.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN KONSENTRASI MATA KULIAH (STUDI KASUS PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIKOM)

Fadillah, Annisa Paramitha, Fachrizal, Muhammad Rajab

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.733 KB)

Abstract

UNIKOM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terkenal di Bandung. UNIKOM memeiliki beberapa program studi yang cukup besar salah satunya program studi sistem informasi. Prodi sistem informasi menerapkan kurikulum yang mewajibkan mahasiswa pada semester 6 untuk memilih konsentrasi mata kuliah berdasarkan minatnya. Akan tetapi mahasiswa terkadang merasa kesulitan untuk memililh konsentrasi mata kuliah tersebut, sehingga mahasiswa biasanya akan meminta saran dosen wali. Pada penelitian sebelumnya dengan judul “penerapan naïve bayes classifier untuk pemilihan konsentrasi mata kuliah” [1] telah dipaparkan mengenai pemodelan menggunakan metode naïve bayes itu sendiri. Pada penelitian ini akan membahas mengenai perancangan sistem pendukung keputusan yang didalamnya menggunakan metode naïve bayes. Diharapkan dengan adanya sistem pendukung keputusan ini, dapat mempermudah dalam memberikan rekomendasi pemilihan konsentrasi mata kuliah baik untuk mahasiswa maupun dosen wali.. Penggunaan naïve bayes classifier, dikarenakan naïve bayes classifier merupakan metode yang mudah dipahami dan cukup sederhana.

ANALISIS DAN PEMODELAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI JADWAL KULIAH DENGAN ALGORITMA ABC (ARTIFICIAL BEE COLONY)

Fitriawati, Mia, Rahmatya, Myrna Dwi, Mauluddin, Syahrul, Nursikuwagus, Agus

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.985 KB)

Abstract

Kegiatan penjadwalan kuliah di perguruan tinggi merupkan aktifitas rutin setiap semester yang sangat kompleks dan biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Semakin banyak aturan dan batasan maka semakin banyak jadwal yang harus dicek dan jika tidak teliti besar kemungkinan jadwal bentrok pun banyak terjadi. Kesulitan pembuatan jadwal kuliah ini dirasakan oleh bagian penjadwalan di program studi ilmu komunikasi, selain memerlukan waktu yang lama juga masih sering banyak jadwal yang bentrok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebagai tahap awal dilakukan analisis dan pemodelan sistem informasi jadwal kuliah dengan menggunakan algoritma ABC (Artificial Bee Colony). Metode penelitian yang digunakan mengacu kepada metode pengembangan sistem prototipe dan metode pendekatan berorientasi objek. Penelitian ini menghasilkan gambaran sistem dan model penerapan algoritma ABC pada sistem informasi jadwal kuliah.

PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY PADA KATALOG PRODUK KECANTIKAN “WARDAH”

Kurniawan, Andri, Destiarmand, Achmad H, Mutiaz, Intan R

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.895 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi beberapa tahun kebelakang ini didominasi oleh aplikasi pendukung smartphone yang bersaing menciptakan sesuatu yang baru. Seperti penggunaan augmented reality pada game pokemon go pada tahun 2016 yang sudah diunduh sebanyak 100 juta kali hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan sejak dirilis pertama kali. Augmented reality sendiri sebenarnya adalah penggabungan dari dunia digital dan dunia realita atau kenyataan yang saling berkaitan. Dengan kelebihan yang dimiliki oleh augmented reality ini, diharapkan dapat memberi kontribusi pada media informasi atau promosi sebuah produk atau brand dari segala bidang. Salah satunya adalah brand atau produk kecantikan. Sebuah brand pada umumnya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri dibanding para pesaingnya di rana yang sama. Produk – produk kecantikan pada umumnya menawarkan produk yang ekslusif dan mahal, akan tetapi beberapa konsumen memperhatikan kehalalan dalam sebuah produk. Halal yang dimaksud adalah dari sisi komposisi penggunaan bahan mentah yang digunakan dalam produk kecantikan tersebut, seperti adanya campuran bahan dari hewan haram dan buas, serta mengandung unsur tubuh manusia, darah maupun hewan halal yang penyembelihannya tidak sesuai dengan syariat islam. Wardah merupakan produk dalam negeri yang menawarkan produk kecantikan yang memiliki nilai jual dengan mengedepankan produk halal, tidak mahal tetapi tetap berkelas. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat katalog digital dari produk wardah dengan memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai media inovasi pendukung untuk menginformasikan produk wardah kepada target audience. Metode perancangan yang akan digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mencari fakta dengan interpretasi yang tepat. Pemanfaatan teknologi augmented reality pada katalog ini dimaksudkan dapat mesimulasikan produk wardah kedalam bentuk digital untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang produk yang akan dibeli oleh target audience serta memberikan digital experience yang informatif. Dengan menggabungkan media cetak katalog yang hanya sebuah kertas namun dapat memiliki kesan digital, sehingga dapat memberi informasi yang informatif dan efektif serta interaktif yang hanya dapat dilakukan oleh teknologi augmented reality.

SISTEM INFORMASI MONITORING TOPOLOGI JARINGAN PERANGKAT PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk

Winanti, Marliana Budhiningtias, Tahir, Faisal

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sistem Informasi Monitoring Topologi Jaringan Perangkat adalah salah satu Teknologi Informasi yang dibangundengan tujuan untuk meningkatkan ke efektifan dan ke efisienankinerja dari Divisi Information & System Center PTTELKOM dalam memonitoring data perangkat yang berada di beberapa lokasi di seluruh Indonesia beserta jaringan antar perangkatnya, sehingga dalam memantau status perangkat dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan akurat. Sistem Informasi ini memiliki kemampuan untuk menyimpan file konfigurasi perangkat di setiap wilayah beserta link untuk menuju ke lokasi perangkatnya, menampilkan dan mengelola data lokasi yang telah terintegrasi dengan data historis perangkat dan kontak PIC yang bertugas dalam bentuk map, mengelola data PIC per lokasi, melakukan sharing informasi dan mengelola data gangguan per bulan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Object Oriented Program (OOP)yang menggunakan alat bantuUnified Modeling Language. Dan menggunakan metode pengembangan system prototype yang bertujuan agar dalam proses perancangan dan hasil akhir aplikasi yang dibuat dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Simulasi sistem yang di analisadan dibangun dapat berfungsi sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu terciptanya Sistem Informasi Monitoring Topologi Jaringan Perangkat untuk menunjang manajemen yang efektif, efisien serta akan dapat menjawab dan mengatasi permasalahan yang muncul dalam pengolahan topologi jaringan perangkat yang telah berjalan.

PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SURAT PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIKOM

Wibawa, Julian Chandra, Radliya, Nizar Rabbi

Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.437 KB)

Abstract

Sejalan dengan visi, misi, dan budaya organisasi UNIKOM, yaitu PIQIE (Profesionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence), serta untuk meningkatkan standar mutu pendidikan, program studi Sistem Informasi sangat membutuhkan sistem infomasi berbasis Information Technology yang dapat memudahkan kegiatan akademik, terutama pada pengelolaan surat di program studi sistem informasi. Penelitian ini bermaksud untuk melakukan pembangunan sistem informasi pengelolaan surat yang akan diterapkan pada program studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia. Sistem informasi yang dibangun bertujuan untuk proses migrasi pengelolaan surat ke arah pemanfaatan Teknologi Informasi (TI), sehingga permasalahan-permasalahan yang ada dapat terselesaikan. Metodologi penelitian yang dilakukan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (research and development) yang dikomendasikan dengan model waterfall.