cover
Contact Name
Myrna Dwi Rahmatya
Contact Email
myrna@email.unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
myrna@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Informatika
ISSN : 20884125     EISSN : 26556960     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Informatika, merupakan kumpulan dari jurnal, artikel, gagasan, ide, konsep, teori maupun hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi yang merupakan karya dari para staf pengajar di lingkungan Universitas Komputer Indonesia dan Perguruan Tinggi Lainnya. Buku ini dapat dijadikan media informasi atau referensi ilmu yang ada kaitannya dengan teknologi informasi.
Arjuna Subject : -
Articles 103 Documents
SISTEM INFORMASI KEGIATAN PENYULUHAN AGAMA DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG Pasmika, Airlangga Dwi Testa; Mauluddin, Syahrul
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 6 No 2 (2016): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Prodi Manajemen Informatika, FTIK, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.836 KB) | DOI: 10.34010/jamika.v6i2.610

Abstract

Penyuluh Agama Islam merupakan pelaksana tugas dari kantor kementerian agama kabupaten/kota yang ditempatkan di setiap kantor urusan agama per kecamatan yang bertanggung jawab penuh melaksanakan program bimbingan dan penyuluhan berkaitan dengan keagamaan bagi majelis taklim dan ormas Islam yang berada diwilayah kerja penyuluh. Beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan penyuluhan adalah sulitnya melakukan penjadwalan penyuluhan sehingga sering berulangnya memberikan materi penyuluhan yang sama, konsultasi agama terbatas dengan cara tatap muka langsung, dan lamanya proses pembuatan laporan kegiatan penyuluhan.Dalam penelitian ini kami menggunakan metode pendekatan berorientasi objek dan metode pengembangan sistem dengan model prototipe. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sistem informasi ini yaitu bahasa PHP dengan database mysql.Dengan adanya sistem informasi kegiatan penyuluhan agama ini diharapkan dapat memudahkan pihak KUA khususnya petugas penyuluh agama islam dalam melakukan penjadwalan penyuluhan, pengelolaan materi penyuluhan, pembuatan laporan kegiatan penyuluhan dan kegiatan konsultasi dengan masyarakat / lembaga binaan.Kata kunci: Sistem Informasi, penyuluhan agama, KUA
PEMBUATAN APLIKASI VERIFIKASI PEMBAYARAN DENGAN METODE WEB SCRAPING PADA PENGEMBANGAN APLIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (STUDI KASUS: POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG) Mulyana, Yana; Savitri, Peti
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Prodi Manajemen Informatika, FTIK, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.088 KB) | DOI: 10.34010/jamika.v5i2.647

Abstract

Aplikasi verifikasi pembayaran adalah aplikasi yang akan menggantikan proses manusia dalam hal verifikasi pembayaran. Pada penelitian ini dengan menggunakan metode web scraping maka data transaksi pembayaran yang masuk ke dalam rekening bank dapat diambil untuk mengotomatisasi pembayaran. Web Scraping adalah metode untuk proses pengambilan sebuah dokumen semi-terstruktur dari internet, umumnya berupa halaman-halaman web dalam bahasa markup seperti HTML atau XHTML. Metodologi untuk pengembangan perangkat lunak menggunakan Web Engineering yang terdiri dari penggunaan pendekatan sistematis dan terukur untuk mencapai spesifikasi, implementasi, operasi, dan pemeliharaan aplikasi web berkualitas tinggi. Hasil dari penelitian ini, berupa aplikasi verifikasi pembayaran yang dapat memberikan kemudahan pada proses pendaftaran mahasiswa baru karena dapat melayani pendaftaran sampai selesai secara otomatis tanpa bantuan panitia.
INFORMATION SYSTEM FOR PROCESSING FILE SALES EXECUTIVE IN VOTA MOTOR BANDUNG Suwandi, Herwan
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 3 No 1 (2013): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Prodi Manajemen Informatika, FTIK, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.238 KB) | DOI: 10.34010/jamika.v3i1.664

Abstract

When information technology hit Indonesia in the early 90s, Executive Information System (EIS = Exekutive Information System) is one of the many features offered by the software maker to the company. Modules are intended for members of the Board of Directors and Senior Manager offers easy - certain facilities for the main actors of this business to conduct direct control cheaf of the company.Executive Information System that the author made is the development of database applications, namely MIS (Management Information System). Design and character of these information systems tailored to the acceleration of existing facilities adjusted acceleration of activities undertaken. The tendency of executives looking at an information must be poured neatly within the existing scope of analysis, rather than mere observation of the data that already exists. Problems that occur during this on company case studies that the authors make is how to get the management of dynamic data in the presentation of information and support executives to obtain important information and how to create an information system that can display data or reports each layer management. With built-party management application is expected to more easily obtain important information from the application of the SIE.
SIMULASI SISTEM PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Noviyasari, Citra
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.121 KB)

Abstract

Proses produksi merupakan fungsi pokok dari suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur, untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat merencanakan dan mengendalikan proses produksi tersebut. Salah satu hal yang sering terjadi akibat tidak adanya perencanaan dan pengendalian produksi adalah pemborosan.Penelitian ini menggunakan teknik pengembangan system prototype, metode yang digunakan dalam penulisannya system MRP II (Manufacturing Resource Planning, dalam menentukan jumlah peramalan penjualan menggunakan Model Rata-rata Bergerak (Moving Averages Model).
PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY PADA KATALOG PRODUK KECANTIKAN "WARDAH" Kurniawan, Andri; Destiarmand, Achmad H; Mutiaz, Intan R
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.895 KB) | DOI: 10.34010/jamika.v8i1.899

Abstract

Kemajuan teknologi beberapa tahun kebelakang ini didominasi oleh aplikasi pendukung smartphone yang bersaing menciptakan sesuatu yang baru. Seperti penggunaan augmented reality pada game pokemon go pada tahun 2016 yang sudah diunduh sebanyak 100 juta kali hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan sejak dirilis pertama kali. Augmented reality sendiri sebenarnya adalah penggabungan dari dunia digital dan dunia realita atau kenyataan yang saling berkaitan. Dengan kelebihan yang dimiliki oleh augmented reality ini, diharapkan dapat memberi kontribusi pada media informasi atau promosi sebuah produk atau brand dari segala bidang. Salah satunya adalah brand atau produk kecantikan. Sebuah brand pada umumnya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri dibanding para pesaingnya di rana yang sama. Produk – produk kecantikan pada umumnya menawarkan produk yang ekslusif dan mahal, akan tetapi beberapa konsumen memperhatikan kehalalan dalam sebuah produk. Halal yang dimaksud adalah dari sisi komposisi penggunaan bahan mentah yang digunakan dalam produk kecantikan tersebut, seperti adanya campuran bahan dari hewan haram dan buas, serta mengandung unsur tubuh manusia, darah maupun hewan halal yang penyembelihannya tidak sesuai dengan syariat islam. Wardah merupakan produk dalam negeri yang menawarkan produk kecantikan yang memiliki nilai jual dengan mengedepankan produk halal, tidak mahal tetapi tetap berkelas. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat katalog digital dari produk wardah dengan memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai media inovasi pendukung untuk menginformasikan produk wardah kepada target audience. Metode perancangan yang akan digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mencari fakta dengan interpretasi yang tepat. Pemanfaatan teknologi augmented reality pada katalog ini dimaksudkan dapat mesimulasikan produk wardah kedalam bentuk digital untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang produk yang akan dibeli oleh target audience serta memberikan digital experience yang informatif. Dengan menggabungkan media cetak katalog yang hanya sebuah kertas namun dapat memiliki kesan digital, sehingga dapat memberi informasi yang informatif dan efektif serta interaktif yang hanya dapat dilakukan oleh teknologi augmented reality.
ANALISIS DAN PEMODELAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI JADWAL KULIAH DENGAN ALGORITMA ABC (ARTIFICIAL BEE COLONY) Fitriawati, Mia; Rahmatya, Myrna Dwi; Mauluddin, Syahrul; Nursikuwagus, Agus
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.985 KB) | DOI: 10.34010/jamika.v8i2.1258

Abstract

Kegiatan penjadwalan kuliah di perguruan tinggi merupkan aktifitas rutin setiap semester yang sangat kompleks dan biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Semakin banyak aturan dan batasan maka semakin banyak jadwal yang harus dicek dan jika tidak teliti besar kemungkinan jadwal bentrok pun banyak terjadi. Kesulitan pembuatan jadwal kuliah ini dirasakan oleh bagian penjadwalan di program studi ilmu komunikasi, selain memerlukan waktu yang lama juga masih sering banyak jadwal yang bentrok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebagai tahap awal dilakukan analisis dan pemodelan sistem informasi jadwal kuliah dengan menggunakan algoritma ABC (Artificial Bee Colony). Metode penelitian yang digunakan mengacu kepada metode pengembangan sistem prototipe dan metode pendekatan berorientasi objek. Penelitian ini menghasilkan gambaran sistem dan model penerapan algoritma ABC pada sistem informasi jadwal kuliah.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN KERJA BERBASIS ANDROID DI UNIKOM BANDUNG Fachrizal, Muhammad Rajab; Aji W, Galih Sukmo
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 7 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Prodi Manajemen Informatika, FTIK, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.408 KB) | DOI: 10.34010/jamika.v7i1.483

Abstract

Informasi lowongan pekerjaan merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa lulusan baru. Dengan demikian, maka universitas harus mampu menyediakan informasi lowongan pekerjaan yang cepat, terkini, dan terpercaya agar para lulusan dapat banyak terserap di dunia kerja. Di Unikom, pengelolaan informasi lowongan kerja dilakukan baik oleh Divisi Career Development Center maupun oleh masing-masing Program Studi. Informasi lowongan perkerjaan saat ini disajikan dalam bentuk media kertas pengumuman, poster, hingga website. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya perangkat dan aplikasi berbasis mobile, saat ini telah banyak penggunaanya karena dapat membantu kegiatan sehari-hari manusia dalam mendapatkan informasi dengan cepat, mudah didapat di manapun dan kapanpun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang media penyebaran informasi lowongan kerja dalam bentuk aplikasi berbasis mobile Android sehingga diharapkan lebih efektif. Selain itu, aplikasi ini dirancang agar dapat digunakan juga untuk melamar pekerjaan. Metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype, dimulai dari pengumpulan data dan kebutuhan pengguna, analisis dan desain aplikasi menggunakan pendekatan berorietntasi objek, membuat mock-up aplikasi, testing fungsionalitas mock-upaplikasi dengan metode Black Box, dan evaluasi mock-up aplikasi. Dengan aplikasi berbasis Android ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam mencari informasi lowongan kerja dan melamar pekerjaan.
PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KEPRIBADIAN PROAKTIF TERHADAP KINERJA BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS) Hastini, Lasti Yossi; Mariyanti, Eka; Mustika, Mona Satria
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 7 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Prodi Manajemen Informatika, FTIK, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.679 KB) | DOI: 10.34010/jamika.v7i1.633

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan bukti empiris pengaruh locus of control dan kepribadian proaktif terhadap kinerja belajar mahasiswa secara parsial dan secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel.Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner, yang terkumpul sebanyak 115 responden. Sampel yang diambil adalah mahasiswa Universitas Dharma Andalas khususnya Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis .Analisis data dengan menggunakan SPSS 21 memperlihatkan hasil bahwa locus of control dan kepribadian proaktif tidak berpengaruh kepada kinerja belajar mahasiswa baik secara parsial maupun bersama-sama.
SISTEM INFORMASI PENILAIAN UJI KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA WK, Wahyu Nurjaya; Saputra, Sandy Yudha
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Prodi Manajemen Informatika, FTIK, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (944.028 KB) | DOI: 10.34010/jamika.v3i2.659

Abstract

Dunia teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat hingga memasuki berbagai kegiatan, aktifitas dan kehidupan manusia. Termasuk salah satunya pada bidang akademik yang sudah dimiliki oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia yaitu SIMITA (Sistem Informasi Skripsi dan TA). Adapun tahapan yang harus dilewati oleh mahasiswa untuk bisa mengambil tugas akhir atau skripsi oleh mahasiswa seperti uji program. Uji program ini dibentuk pada tahun 2006 dimana uji program ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar peminatan atau kompetensi mahasiswa dalam memahami bahasa pemrograman. Namun uji program yang di laksanakan dari tahun ketahun terdapat perbaikan dari pelaksanaan uji program dan sistem penilaiannya. Dengan adanya pengelolaan data administrasi yang baik dan juga sistem penilaian yang objektif akan lebih mudah mengetahui peminatan, atau kompetensi mahasiswa pada bidang bahasa pemrograman sebelum mengambil skripsi atau tugas akhir. Seperti penyusun yang akan buat yaitu Sistem Informasi Penilaian Uji Kompetensi Pada Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis perancangan sistem informasi berorientasi objek. Sistem informasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai tempat penyimpanan data. Metode pengembangan sistem yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode prototype. Yang diawali dengan melakukan pengumpulan kebutuhan, perancangan prototype, pembangunan prototype, evaluasi prototype dan perbaikan prototype. Setelah program selesei dibuat, dilanjutkan ke tahap pengujian pada program. Jika pengujian telah dilakukan dan program yang sudah dibuat layak, maka program yang dibuat akan diimplementasikan pada Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia sebagai salah satu alternatif pelaksanaan dan penilaian uji program.Dengan adanya Sistem Informasi Penilaian Uji Kompetensi yang sudah dikembangkan diharapkan dapat membantu proses administrasi uji program, dan penilaian uji program menjadi lebih tepat, cepat, efektif, dan efisien, sehingga memudahkan Panitia Tugas Akhir dan Skripsi dalam melakukan tugasnya.
SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN OBAT (STUDI KASUS : APOTEK ADI CIPTA PARMA JL. SIRNARASA NO.49 CIMAHI) Hardiyana, Bella
Jurnal Manajemen Informatika JAMIKA Vol 2 No 1 (2012): Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)
Publisher : Prodi Manajemen Informatika, FTIK, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jamika.v2i1.675

Abstract

Apotek Adi Cipta Parma adalah apotek yang baru berdiri pada pertengahan tahun 2010. Dalam pelaksanaannya sistem yang berjalan di Apotek Adi Cipta Parma dinilai belum optimal. Ini diketahui dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh penulis, hal ini dikarenakan sistem yang digunakan adalah masih manual yang artinya masih menggunakan arsip-arsip dan kertas. Permasalahannya adalah pengendalian stok obat serta pembuatan laporan-laporan, sehingga tidak jelas rincian pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mendukung aktivitas di perusahaan tersebut.Sistem yang dibangun adalah sistem informasi pembelian dan penjualan obat yang sudah terhubung dengan database yang berbasis client-server, sehingga dapat diakses oleh beberapa komputer. Sistem yang dibangun sudah dapat melakukan validasi data, kodefikasi otomatis, serta fasilitas pembuatan laporan-laporan.

Page 1 of 11 | Total Record : 103