KOMPUTA : Jurnal Komputer dan Informatika
ISSN : 20899033     EISSN : -
Jurnal Ilmiah KOMPUTA (Komputer dan Informatika), adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di bidang kelimuan Komputer dan Informatika. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan Oktober.
Articles
48
Articles
‚Äč
SISTEM EVALUASI PENYELENGGARAAN PELATIHAN MENGGUNAKAN SERVQUAL

Larasati, Ratih, Harihayati, Tati

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 2 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.591 KB)

Abstract

Suatu perusahaan biasanya mengadakan pelatihanuntuk meningkatkan kemampuan dan kompetensipara pegawainya. Setiap Pelatihan yang telahdiselenggarakan menghasilkan penilaian yang padaakhirnya akan dievaluasi untuk memutuskan apakahkegiatan pelatihan akan dilanjutkan atau tidak, ataubagaimana mengembangkan kegiatan pelatihan dimasa yang akan datang.Sistem evaluasi penyelenggaraan pelatihan memilikibanyak model dan metode yang digunakan, salahsatunya penilaian kualitas pelatihan berdasarkanmetode Service Quality (ServQual). MetodeServQual merupakan suatu metode yangmenganalisis kualitas suatu pelayanan berdasarkanlima dimensi yaitu bukti langsung, keandalan, dayatanggap, jaminan dan empati.Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat diperolehkesimpulan sistem yang dibangun dapat membantupihak penyelenggara pelatihan dalam membuatlangkah-langkah perbaikan dan penentuan keputusankegiatan pelatihan yang diperlukan, dan membantumerencanakan kegiatan pelatihan selanjutnya.Kata kunci : Sistem, Evaluasi, Penilaian, Pelatihan,ServQual.

PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKRUTMEN PEGAWAI BARU DI PT. ABC

Herdiyanti, Astri, Widianti, Utami Dewi

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 2 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.968 KB)

Abstract

PT. ABC adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyedia barang dan jasa. Adanya perbedaankriteria pegawai pada masing-masing klien membuatperusahaan kesulitan dalam menentukan pegawaiyang tepat dan menyelesaikan proses rekrutmentepat waktu. Oleh karena itu dibangunlah sistempendukung keputusan sebagai solusi daripermasalahan tersebut. Sistem yang dibangungmenggunakan metode Analitycal Hierarchy Process(AHP). Metode ini memberikan prioritas pilihan daribanyak kriteria dan alternatif penilaian. Toolspengembangan perangkat lunak pada sistem inimenggunakan Data Flow Diagram (DFD) untukmenggambarkan model fungsional dan EntityRelationship Diagram (ERD) untuk menggambarpemodelan aliran data dan informasi serta flowmapuntuk menggambar sistem yang sedang berjalan.Berdasarkan hasil pengujian alpha yangmenggunakan Black Box dan pengujian Bethadengan metode wawancara diperoleh hasil bahwaaplikasi ini memudahkan dalam menentukanpegawai sesuai kriteria masng-masing klien danproses rekrutmen berjalan lebih baik karena dapatdiselesaikan lebih cepat

PENGEMBANGAN MODEL ADOPSI TEKNOLOGI E-VOTING

Abdilah, Rahmad, rahardjo, budi, Govindaraju, Rajesri

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 2 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.023 KB)

Abstract

Electronic voting atau e-voting adalah suatumetode pengalihan pemilihan dari manual menjadilebih terkoordinir. Hal ini dilakukan dengankombinasi dari hardware dan software. Pemilih akanberpartisipasi di dalam e-voting dengan syaratmereka tidak akan ditipu. Pemilih ingin mengetahuidan percaya bahwa proses tersebut dapat di pantauoleh masyarakat yang memiliki kemampuan untukmemahami bagaimana sistem dapat bekerja.Model penelitian yang digunakan dalampenelitian ini dikembangkan berdasarkanpenelitian Tsuma dan analisis structural equationmodeling untuk menentukan bentuk model. Bentukmodel diuji dengan 19 pengujian yaitu Chi-squareatau p-value, GFI (Goodness of Fit Index), RMR(Root Mean Square Residual), RMSEA (Root MeanSquare Error of Approximation) ECVI (ExpectedCross-Validation Index), TLI/NNFI (Non-NormedFit Index), NFI (Normed Fit Index), PNFI(Parsimony Normed Fit Index), AGFI (AdjustedGoodness of Fit Index), RFI (Relative Fit Index),CFI (Comparative Fit Index), AIC, CAIC, CN(Critical N), IFI(Incremental Fit Index),PGFI(Parsimony Goodness of Fit Index), NCP(Non-centrality Parameter), CMIN/Df dan SRMR(Standardized RMR).Kata kunci : e-voting, model dan structuralequation modeling.

MODEL INTERFACE UNTUK SITUS PEMERINTAHAN (E-GOVERNMENT

istiqomah, istiqomah

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 1 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.964 KB)

Abstract

E-government atau yang lebih dikenal dengan e-gov adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. Berdasarkan hasil penelitian, saat ini e-gov masih belum berjalan secara maksimal karena masih terdapat beberapa kekurangan, diantaranya yaitu e-gov yang ada saat ini kurang memenuhi fungsionalitas-fungsionalitas yang dibutuhkan oleh penggunanya.Oleh karena itu, dibuatlah penelitian ini untuk membantu lembaga pemerintahan dalam menyediakan fungsionalitas yang dibutuhkan oleh situs pemerintahan (e-gov). Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada beberapa responden. Lalu, dari hasil kuesioner tersebut dihitung dengan menggunakan metode kano. Metode kano adalah metode yang digunakan untuk menentukan fungsionalitas terhadap setiap daftar kebutuhan yang dibuat sedetail mungkin untuk lebih memahami persyaratan apa yang benar-benar perlu ada dalam produk atau layanan akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis terstuktur.

SISTEM PERAMALAN UNTUK PENGADAAN MATERIAL UNIT INJECTION DI PT. XYZ

Gofur, Ade Abdul, Widianti, utami Dewi

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 2 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.849 KB)

Abstract

Peramalan merupakan suatu teknik untukmengidentifikasi suatu model yang dapat digunakanuntuk meramalkan kondisi pada waktu yang akandatang. Berdasarkan hasil peramalan tersebut,bagian manajerial dalam suatu perusahaan dapatmembuat perencanaan dan sebagai pengambilankeputusan yang diperlukan untuk dilaksanakan padawaktu yang akan datang. Metode yang dipilih dalamperamalan adalah Weighted Moving Average(WMA) karena menghasilkan nilai galat dan MeanSquare Error (MSE) terkecil dibandingkan denganmenggunakan metode lain yang termasuk kedalammetode model time series.

SISTEM PENILAIAN PEGAWAI DENGAN METODE PERSONAL BALANCED SCORECARD PADA PT XYZ

Harihayati, Tati, Suwandi, Erian

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 1 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.579 KB)

Abstract

Penilaian pegawai di PT XYZ saat ini menggunakan metode tersendiri dalam kategori penilaian dan pemberian nilai. Hal ini menyebabkan kurang terukurnya nilai yang diberikan oleh Manager pada setiap divisi terhadap bawahannya. Sehingga mengakibatkan penilaian terhadap pegawai yang ada pada perusahaan menjadi tidak obyektif.Penelitian ini mengangkat suatu kasus yaitu melakukan penilaian pegawai pada suatu divisi berdasarkan metode Personal Balanced Scorecard (PBSC). PBSC merupakan suatu metode yang menganalisis Key Performance Indicator (KPI) yang mencakup pada empat perspektif yaitu Internal, Eksternal, Pengetahuan dan Pembelajaran dan Keuangan. Adapun penggunaan pendekatan analisis perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis terstruktur.

GAME EDUKASI PENYAKIT MALARIA DAN CARA PENCEGAHANNYA

Hermawan, Galih, Mahafi, Aditya Galang

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 2 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.949 KB)

Abstract

Malaria merupakan salah satu masalah utamakesehatan masyarakat di Indonesia. Diperkirakanterdapat 15000000 kasus klinis di setiap tahunnya.Beberapa program telah dilakukan oleh pemerintah,di antaranya: memberikan kelambu, brosur, pamflet,penyuluhan, dan penyemprotan DDT (DichloroDiphenyl Trichloroethane). Brosur, pamflet danpenyuluhan sebagai sarana edukasi dan pengetahuanmalaria kurang begitu efisien karena jangkauan yangtidak tercapai, kurangnya jumlah tenaga penyuluhan,dan masyarakat kurang begitu tertarik membacabrosur khususnya anak-anak. Berdasarkannarasumber yang ada pamflet dan penyuluhanmalaria saat ini hanya terdapat pada daerah endemismalaria saja.Pendidikan berkaitan dengan penyakit malariadan cara pencegahannya tentunya sangat dibutuhkanmasyarakat. Secara khusus bagi anak-anak,pengemasan media pendidikan dalam bentuk gameyang mudah digunakan, menarik, danmenyenangkan sangat diharapkan.

GAME SHOPPING TIME

Hermawan, Galih, Heryanti, Arizonanataliya

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 1 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.823 KB)

Abstract

Salah satu cara pengenalan uang terhadap anak adalah dengan mengajarkan anak cara berbelanja. Berbelanja merupakan hal yang menyenangkan karena dalam kegiatan berbelanja banyak pembelajaran yang bisa ambil. Dengan nilai pembelajaran yang ada dalam kegiatan berbelanja, maka tema berbelanja tepat untuk diangkat ke dalam media game. Hal ini juga bertujuan agar anak-anak bisa lebih bertanggungjawab dengan uang jajan yang diberikan oleh orang tua mereka.Penggunaan game sebagai sarana pendidikan sebetulnya bukan merupakan hal yang tabu ataupun salah. Pemanfaatan dan penggunaan game edukasi dapat menunjang proses pembelajaran terhadap anak. Pembelajaran yang dimasukkan ke dalam game bisa berupa pengenalan angka, cara berhitung, pengenalan warna, pengenalan huruf, pengenalan benda dan sebagainya sehingga anak akan merasa senang dengan sarana belajar sambil bermain.Permainan Shopping Time merupakan permainan yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran berhitung dan pengenalan warna untuk anak usia 6-12 tahun. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game ini dapat digunakan oleh pengguna sebagai sarana belajar perhitungan sederhana dan pengenalan warna yang menarik serta menghibur.Kata kunci : game edukasi, game

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REVITALISASI TERHADAP BANGUNAN DAN KAWASAN CAGAR BUDAYA KOTA BANDUNG DI DISBUDPAR KOTA BANDUNG

Prabowo, Syahrani Dhimas, Setiawan, Eko Budi

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 2 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1065.938 KB)

Abstract

Pendekatan revitalisasi cagar budaya harusmampu mengenali dan memanfaatkan pula potensiyang ada di lingkungan sekitar seperti sejarah,makna, serta keunikan dan citra lokasi. Masihkurang akuratnya mekanisme dalam perhitungannilai dari setiap kriteria masing-masing bangunandan kawasan cagar budaya menyulitkan petugasdalam menentukan prioritas revitalisasi, sehinggamenimbulkan kurang optimalnya tindakanrevitalisasi yang dilakukan. Analisis cagar budayamemanfaatkan Metode Analytical HierarchyProcess (AHP) sebagai metode dari SistemPendukung Keputusan (SPK) dalam proses analisisdata cagar budaya yang menggunakan beberapakriteria (multikriteria) untuk memilih prioritasrevitalisasi cagar budaya yang tepat. AHP digunakansebagai model untuk pembobotan multiktiteriadalam proses pemilihan prioritas revitalisasi.Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukandapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapatmembantu petugas dalam pengolahan data cagarbudaya, mempercepat waktu analisis cagar budaya,memudahkan proses pengambilan keputusanprioritas revitalisasi cagar budaya Kota Bandungserta mampu mengoptimalkan tindakan revitalisasiyang dilakukan.

ANALISIS DATA MART UNTUK VIRTUALISASI TRAFFIC MONITORING INSIDEN DI ID-SIRTII/CC

Sabariah, Mira Kania, Kustiani, Fiska Mekas

Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2, No 1 (2013): Komputer dan Informatika
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.997 KB)

Abstract

Id-SIRTII/CC (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Center) merupakan pertahanan pertama untuk melindungi para pengguna di Indonesia dari kejahatan yang mungkin terjadi di dunia maya berupa sebuah tim yang bertugas untuk menjaga keamanan informasi data di Indonesia, terutama dari serangan cracker yang banyak menyerang web dan server internet di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara terhadap staf Laboratorium Data Mining Deputy of Researh and Development Id-SIRTII/CC, untuk mengolah insiden web yang telah disusupi oleh peretas, staf mencari informasi di situs Zone-h (http://www.zone-h.org dan Indonesian Defacer (http://indonesiandefacer.org). Data tersebut digunakan untuk traffic monitoring insiden. Adapun tujuan dilakukan traffic monitoring adalah untuk mempermudah melihat website berdomain Indonesia yang telah disusupi oleh peretas. Saat ini, proses penyajian data masih dilakukan secara manual dan belum tervirtualisasi dengan baik, sehingga pada saat proses monitoring mengalami kesulitan saat akan melakukan analisis insiden dari berbagai kondisi.