Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
ISSN : 26157764     EISSN : 26155788
Jurnal Triac merupakan Jurnal Ilmiah di bawah naungan Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal TRIAC diterbitkan pertama kali pada bulan desember 2014, dan diterbitkan dua kali dalam setahun. Jurnal Triacs berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi bidang-bidang : Teknik Elektro, Multimedia, Mekatronika, Jaringan serta hasil Penelitian lainnya yang terkait dengan bidang-bidang tersebut.
Articles
18
Articles
IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PADA SHORT RANGE RADAR UNTUK PENGAMANAN BT (BASIS TEMPUR) TINGKAT REGU

Destiawan, Danang - ( Universitas Merdeka Malang ) , Arman Prasetya, Dwi ( Fakultas Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang ) , Ansori, Muhammad ( cPoliteknik Kodiklat AD )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3024.374 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi di dalam suatu negara adalah sebuah kunci untuk bangkit dalam dunia yang semakin modern. Apabila suatu negara berhasil menciptakan dan mengembangkan suatu teknologi yang canggih untuk menjaga kedaulatan negara maka negara tersebut akan langsung diperhitungkan atau disegani oleh negara lain. Maka teknologi akan terus di angkat oleh negara tersebut agar semakin canggih dan bisa bersaing dengan alutsista negara lain.BT (Basis Tempur) adalah batu loncatan sebagai kedudukan sementara pasukan kita yang lepas dari induknya untuk melaksanakan operasi di daerah musuh (ke dalam daerah musuh). Basis tempur selalu berada di daerah tempur. Dalam patroli daerah ini di sebut daerah penyelaman. Dimana dalam melaksanakan sistem pengamanan khususnya pada malam hari masih terbatas hanya dengan pengamatan visual mata saja, yang dimana pengamatan manusia pada malam hari terbatas karena tidak adannya cahaya. Dengan memanfaatkan gelombang ultrasonik dan gelombang infra red yang dihasilkan oleh sensor ultrasonik dan sensor pir dan dengan menggunakan metode fuzzy logic control sehingga dapat diperoleh hasil deteksi manusia yang tertampil pada lcd sehingga manusia yang akan masuk basis tempur dapat terdeteksi sehingga dapat diambil keputusan secepatnya yang merupakan suatu keuntungan dalam peperangan. Hasil derajad dan ploting pada lcd menggunakan fuzzy logic control dalam pengolahan datanya

Rancang Bangun Tongkat Cerdas Untuk Penyandang Tunanetra Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Fuzzy Logic metode Sugeno

Fauroq, Achmad ( Program Studi Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura ) , Rahmawati, Diana ( Program Studi Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura ) , Alfita, Riza ( Program Studi Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4681.721 KB)

Abstract

Orang yang memiliki kekurangan dalam hal penglihatan khususnya bagi penyandang tunanetra sering kali mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Berjalan dapat diambil sebagai contoh. Tidak sedikit penyandang tunanetra menabrak tembok atau benda di depannya. Disamping itu keteika mereka menemui genangan air atau api akan kesulitan menghindarnya. Dari permasalahan di atas penulis membuat alat bantu untuk penyandang tunanetra yaitu rancang bangun tongkat cerdas berbasis mikrokontroler. Alat ini akan membantu memberikan informasi ke pengguna agar dapat menghindari halangan, genangan air dan api. Alat ini dilengkapi dengan 4 sensor yaitu dua sensor ultrasonik HC-SR04, sensor api dan sensor air untuk diproses di mikrokontroler sebagai inputan, buzzer dan getar sebagai output. Menggunakan metode fuzzy sebagai pengambilan keputusan pada output dengan 3 parameter output yaitu pelan (75 PWM), sedang (165 PWM) dan cepat (255 PWM). Dari hasil percobaan, sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Proses metode fuzzy pada alat ini berjalan sesuai dengan algoritma di arduino mega 2560. Sensor api pada alat dapat mendeteksi api dengan sudut 60 derajat dengan jarak maksimal 75 cm. Jika terdeteksi api, mikrokontroler akan mengaktifkan buzzer dan vibrator. Sensor air akan mendeteksi keberadaan air dengan output bunyi buzzer. Error rata-rata pembacaan sensor jarak terhadap halangan sebesar 1.8, semakin jauh objek yang dideteksi maka tingkat error semakin besar.Kata kunci : Ultrasonik, Sensor Api, Sensor Air, Mikrokontroler, fuzzy.

Implementasi Fuzzy Logic Terhadap Pengukuran Kecepatan dan Penentuan Arah Angin

Wijaya, Mahar Adi ( universitas merdeka malang ) , Boedi, Aries ( Teknik Elektro, Universitas Merdeka Malang ) , Saputra, Jeki ( Teknik Elektronika Sistem Senjata, Politeknik Kodiklatad )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3240.8 KB)

Abstract

Angin adalah udara yang bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah atau dari suhu udara yang rendah ke suhu udara yang lebih tinggi. Kebanyakan pada operasi penerjunan khususnya kursus terjun militer, Jump Master (pelatih) mengarahkan penerjun masih menggunakan alat manual yaitu hanya dengan melihat Wind shock sebagai tolak ukur. Baik penerjun Freefall maupun Para dasar setelah penerjun keluar dari pintu exit mereka tidak tahu kondisi angin di pendaratan oleh karena itu banyak terjadinya kecelakaan saat mendarat yang diakibatkan  oleh perubahan kecepatan arah angin.Kata Kunci— Rotary encoder, Sensor magnet UGN3503U, Mikrokontroler Arduino Nano dan Monitor Komputer.

SISTEM KENDALI JARAK JAUH SENJATA SS2 PADA PASUKAN DENGAN METODE PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE (PID)

wati, krisna krisnawati ( universitas merdeka malang ) , Sari, Anggraini Puspita, Supadmana Muda, Nur Rachman ( Jurusan teknik Telekomunikasi, Politeknik Angkatan Darat )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengamanan perbatasan atau wilayah merupakan bagian penting dari suatu operasi militer perang (OMP), hal ini dilakukan untuk mencegah dan menghindari kemungkinan adanya infiltrasi atau pihak lawan yang akan memasuki  wilayah perbatasan kita. Salah satu upaya adalah dibuat pos  penjaga perbatasan disetiap titik wilayah perbatasan yang dianggap rawan. Hal ini dapat menimbulkan kerawanan karena tergantung oleh kemampuan prajurit selama 24 jam untuk menjaga pos pengamanan tersebut, faktor kelengahan dapat terjadi karena kurang disiplin dalam menjaga pos tersebut. Dengan demikian dibutuhkan suatu peralatan yang dapat membantu prajurit dalam menjaga tempat yang rawan sehingga kemungkianan tindakan penerobosan atau infiltrasi pihak musuh dapat dicegah. Ide dari peneliti bertujuan untuk membuat sistem kendali jarak jauh senjata SS2 pada pasukan dengan metode PID. Sistem alat ini dapat memantau tempat/daerah rawan secara otomatis, karena dilengkapi oleh kamera yang dipancarkan keoperator dipos kendali dan apa bila menangkap gerakan atau infiltrasi pasukan musuh maka operator dapat melakukan penembakan dari jarak jauh sistem kendali jarak jauh menggunakan telemetri, WiFi dikendalikan oleh joystick yang dilengkapi LCD untuk melihat tampilan dan ponsel android.

Sistem Koreksi Senjata SS1 Pada Lesan Tembak Jarak 25 meter Dengan Metode Morfologi Citra

Prathias, Jeffry Rhian ( Universitas Merdeka Malang ) , Rabi, Abd. ( Fakultas Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3916.762 KB)

Abstract

Senapan adalah salah satu alat perlengkapan pendukung TNI. Fungsi dasar senapan yaitu untuk menembak peluru dengan tepat mengenai sasaran yang dikehendaki petembak, sehingga ketrampilan menembak salah satu kemampuan yang mutlak dimiliki oleh setiap personel prajurit TNI khususnya Angkatan Darat. Sarana untuk melatih kemampuan prajurit harus secara bertahap, bertingkat dan berlanjut sehingga  diharapkan mahir dalam menggunakan senjata. Sebelum latihan menembak yang berkelanjutan, maka terlebih dahulu melaksanakan suatu tahap latihan menembak dasar senapan yang bertujuan untuk melatih pernafasan, melatih ketajaman mata dalam membidik lesan tembak, serta melatih cara meremas picu senjata. Berdsarkan uraian diatas, maka dalam latihan menembak dasar senapan muncul ide bagaimana merancang dam membuat sistem koreksi senjata secara otomatis, sehingga dapat mempermudah para petembak dasar melakukan koreksi senjata secara mandiri.Kata kunci – Senapan, Lesan tembak

PENGEMBANGAN VOICE BASED IDENTIFICATION SEBAGAI PENGAMAN ROOM DOOR LOCK SYSTEM

Mehendra, Dhimas Bayu ( Program Studi Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura ) , Joni, Koko ( Program Studi Teknik Elektro,Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura ) , Wibisono, Kunto Aji ( Program Studi Teknik Elektro,Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2884.66 KB)

Abstract

Pintu adalah sebuah bukaan pada dinding / bidang yang memudahkan sirkulasi antar ruang-ruang yang dilingkupi oleh dinding / bidang tersebut.Pintu biasanya ditemukan pada bangunan, misalnya rumah.Sebagai penghubung utama untuk keluar dan masuk ke dalam rumah, pintu menjadi salah satu bagian vital pengaman rumah.Maka perlu pengamanan khusus untuk pintu agar tidak sembarangan dapat dibuka dan dimasuki.Dengan menggunakan suara yang memiliki perbedaan antaran suara seseorang dengan orang lain dapat dibuat sebuah sistem pengaman modul kunci. Dalam sistem ini perbedaan frekuensi suara dideteksiksi menggunakan microphone yang prosesnya dilakukan menggunakan software RAD Studio XE 7 kemudian suara yang masuk dikonversi menjadi sinyal dan dijadikan sebagai parameter yang disimpan kedalam database yang kemudian diberikan rule-rule untuk hak akses bagi pemilik suara tertentu yang dapat mengakses pintu yang dikunci dengan selenoid lock, sedangkan microcontroller hanya sebagai media yang mengirimkan sinyal elektrik ke selenoid untuk dikonversi menjadi energi mekanik yang dapat membuka pintu yang telah diimplementasikan sistem kunci otomatis.Kata Kunci— Pengenalan Suara, FFT, System Security, solenoid.

Rancang Bangun Sistem Kontrol Dan Pemantau ROV (Remotely Operated Vehicles) Berbasis Android

Zaman, Muchammad Badruz ( Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya ) , Taufiqurrohman, M. ( Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2744.673 KB)

Abstract

Smartphone berbasis android adalah perangkat yang saat ini umum digunakan oleh masyarakat luas. Pada saat ini sudah banyak masyarakat yang mempunyai smartphone android dengan dukungan konektifitas bluetooth. Dengan teknologi konektifitas bluetooth masyarakat umum bisa bertukar data dari satu perangkat ke perangkat lain dengan jangkauan yang terbatas. Pada penelitian ini penulis mengembangkan sebuah aplikasi android yang berfungsi sebagai  kontrol jarak jauh pada Remotely Operated Vehicles (ROV)dengan menggabungkan teknologi wireless menggunakan modul Bluetooth yang terhubung langsung dengan smartphone android.Perangkat padaROV ini terdiri dari beberapa komponen seperti Mikrokontroler Arduino, Motor DC, Driver Motor H-Bridge, Modul Bluetooth HC-05, LCD (Liquid Crystal Display)16x2, dan IP (Internet Protocol) kamera sebagai pemantau yang di tempatkan pada ROV yang dapat di akses secara realtime pada aplikasi android. Perangkat kontrol pada ROV tersebut nantinya akan terhubung langsung dengan smartphone android yang terkoneksi dengan Bluetooth. Cara kerja ROVtersebut mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai pemantau jarak jauh menggunakan IP kamera dan control jarak jauh dengan menggunkan smartphone android yang tergabung menjadi satu kesatuan dalam bentuk aplikasi android yang sudah dibuat oleh penulis. Manfaat dalam perancangan ROV ini nantinya menjadi suatu terobosan baru dalam perkembangan teknologi kelautan khususnya memberi kemudahan dalam melakukan observasi di bawah air. Kata kunci: Smartphone Android, Bluetooth, IP Camera, ROV

RANCANG BANGUN TRAINER ROBOT BERGERAK BERBASIS MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ROBOTIKA

Suharijanto, Suharijanto ( Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Lamongan )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2402.656 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat trainer atau alat peraga robot bergerak berbasis mikrokontroler. Trainer atau alat peraga merupakan alat pembelajaran yang dapat diamati melalui panca indra dan sebagai pembantu dalam proses belajar mengajar agar lebih efektif. Dan ini dilakukan untuk membantu mahasiswa dalam mendalami mata kuliah robotika yang diajarkan di Prodi Teknik Elektro UNISLA. Ada tiga tahapan dalam merancang bangun robot bergerak ini, yaitu tahapan perencanaan, tahapan pembuatan dan tahapan uji coba. Pada tahapan perencanaan  ini, kita merencanakan apa yang akan kita buat, sederhananya, kita mau membuat robot bergerak  yang seperti apa? berguna untuk apa?. Hal yang perlu ditentukan dalam tahap ini: jenis motor DC yang digunakan, arah pergerakan/sensor dan metode pengontrolan  yaitu bagaimana putaran motor dikontrol dan digerakkan, mikroprosesor yanga digunakan, dan blok diagram sistem. Tahapan pembuatan, dimana ada dua perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu pembuatan mekanik, elektronik, dan programming. Tahapan terakhir adalah uji coba, yaitu setelah kita mendownload program ke mikrokontroler berarti kita siap melakukan tahapan terakhir dalam membuat robot bergerak. Dalam tahapan ini  mulai di uji robot bergerak di arena yang ada garis hitamnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1 set  trainer atau alat peraga berupa robot bergerak atau mobile robot yang bergerak mengikuti garis hitam dengan tinggi 8cm, lebar(diameter) 13cm dan panjang 15cm..Kata kunci : Trainer, Robot Bergerak, Mikrokontroler

Rancang Bangun Sistem Proteksi Arus Listrik Dan Tegangan Pada Kabel Line Listrik Berbasis Mikrokontroller Arduino Mega

Widiantoro, Anang ( Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM-Surabaya) ) , Songgo P, Dwi ( Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM-Surabaya) ) , Hidayat, Achmad Nur ( Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM-Surabaya) )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3405.739 KB)

Abstract

Dalam merancang sebuah sistem kelistrikan banyak parameter yang harus dipikirkan terutama dalam masalah proteksi karena proteksi merupakan hal yang sangat penting dalam sistem kelistrikan. Sistem proteksi digunakan untuk menjaga kontinuitas penyaluran tenaga listrik serta mengamankan baik peralatan jaringan listrik maupun beban listrik atau konsumen akibat adanya gangguan. Koordinasi sistem proteksi yang baik dapat meningkatkan keandalan suatu sistem dan menjaga keberlangsungan kontinuitas supply beban sehingga didapatkan hasil yang maksimal dalam hal penyaluran daya. Pembahasan rancang bangun sistem proteksi arus listrik dan tegangan pada kabel line listrik berbasis mikrokontroller Arduino Mega, terdiri dari komponen seperti sensor arus ACS712, sensor tegangan Zmpt101B, Mikrokontroller Arduino Mega 2560, Lcd 20x4, Relay, dan komponen pendukung lainnya. Sebagai evaluasi diperlukan pengkalibrasian sistem, supaya tidak terjadi kesalahan pada proses pengamanan saluran, kesalahan pembacaan sensor arus 1 sebesar 0,21 % kemudian kesalahan pembacaan sensor arus 2 pada saat pengujian 0,21 % dan kesalahan pembacaan sensor arus 3 sebesar 0,19 % . Hasil akhir menunjukkan, pada saat pengujian sensor tegangan 1 terjadi kesalahan pembacaan sebesar 0,85 %, sensor tegangan 2 terjadi kesalahan pembacaan sebesar 0,85 % dan sensor tegangan 3 terjadi kesalahan pembacaan sebesar 0,85 % Pada masing-masing sensor arus dibatasi maksimal 1 Ampere dan sensor tegangan dibatasi minimum 190 Volt. Apabila terjadi beban lebih dari yang ditentukan dan tegangan kurang dari batas yang ditentukan, maka sistem proteksi akan memutus saluran. Kata kunci: Sensor Arus ACS712, Sensor Tegangan ZMPT101B, Mikrokontroller Arduino Mega 2560, dan Relay.

RANCANG BANGUN SISTEM PENJEJAK MATAHARI SATU SUMBU (AXIS) MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC UNTUK OPTIMALISASI DAYA

Amirudin, Rizki Fajar ( Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya ) , Winarno, Istyo ( Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya )

Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Publisher : Program Studi teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2056.137 KB)

Abstract

Masalah energi merupakan topik penelitian yang menarik sepanjang peradaban umat manusia. Upaya mencari sumber energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil masih tetap ramai dibicarakan. Energi matahari merupakan energi yang berjumlah  sangatlah besar dan masih sangat sedikit digunakan. Pada dasarnya prinsip dari memanfaatkan energi matahari adalah mengkonversi  cahaya matahari yang diserap oleh panel surya diubah menjadi listrik. Panel surya dapat optimal ketika berhadapan langsung dengan pancaran sinar matahari, dalam artian posisi panel surya harus tegak lurus dengan cahaya yang datang. Penelitian ini menggunakan sistem kendali fuzzy logic untuk mengatur posisi panel surya agar selalu tegak lurus menghadap matahari dengan manggunakan sensor cahaya (LDR) untuk mendeteksi posisi matahari. Pada kondisi cuaca yang hampir sama panel surya dengan sistem penjejak menghasilkan daya rata-rata 42,04 Watt sedangkan panel tanpa sistem penjejak meghasilkan daya rata-rata 38,52 Watt. Panel surya dengan sistem penjejak mempunyai keluaran daya rata-rata 3.52 Watt lebih besar daripada panel surya tanpa sistem penjejak.Kata kunci : Energi Alternatif, Solar Cell, LDR, Fuzzy Logic