JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen
ISSN : 20860455     EISSN : 2338929X
JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen adalah wadah informasi berupa hasil peneltian, studi kepustakaan dalam rangka meningkatkan penelitian dan ilmu pengetahuan.
Articles 83 Documents
ANALISIS EKUITAS MEREK KARTU SELULER MENTARI (Suatu Survey Pada Pengguna Kartu Seluler Merek Mentari Di Regional Jawa Barat) Wahdiniwaty, Rahma
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 2 No 2: Oktober 2012
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v2i2.385

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this research is to know respondent assessment on brand equity cellular card MentariThe research uses descriptive survey and explanatory survey method. The population research are cellular card user of Mentari brand in West Java Region. The sampling technique used is cluster judgment sampling with size of each stratum use proportional size with population stratum. The collection of data is conducted by observation technique, interview and questionnaire which first organize try-out to 30 respondents to saw its validity and reliability. Subsequently, if try-out to them was valid and reliable, then continued by disseminated questionnaire with sample of 425 respondents who use Mentari‟s cellular card which is distributed around the five cities/regencies that are Bandung, Tasikmalaya, Purwakarta, Cirebon, and Sukabumi. The qualitative analysis uses the category determination in the term of percentage for each sub-variable.The results of research indicate that Mentari equity is assessed high.Keywords :brand equity
IKLIM ORGANISASI DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA (SURVEY PADA TELEMARKETING PT. BANK UOB BUANA BANDUNG ) Wulantika, Lita; Koswara, Reza Purwa
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 3 No 1: April 2013
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v3i1.406

Abstract

Iklim organisasi dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan. Konflik disfungsional yang terjadi pada di PT. Bank UOB Buana Cabang Jl.Jamika no.22 Bandung khususnya dibagian telemarketing memicu timbulnya kesenjangan antara pegawai dan adanya karakteristik pekerjaan yang mengharuskan pegawai untuk mencapai target tertentu sehingga menyebabkan kepuasan kerja pegawai rendah. Kondisi ini  mengakibatkan Turn Over pegawai di bagian telemarketing tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : iklim organisasi, karakteristik pekerjaan, kepuasan kerja pegawai di PT. Bank UOB Buana Cabang Jl.Jamika no.22, untuk mengetahui besarnya pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai, besarnya pengaruh karakteristik pekerjaan  terhadap kepuasan kerja pegawai,serta besarnya pengaruh iklim organisasi dan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja pegawai.Populasi penelitian meliputi seluruh karyawan telemarketing di PT. Bank UOB Buana Cabang Jl. Jamika No.22 Bandung yaitu sebanyak 105 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan metode stratified random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 55orang . Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara responden. Metode survey yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Data disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis dengan metode multiple regression analysis dengan menggunakan software program SPSS 10.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklim organisasi dan karakteristik pekerjaan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Iklim organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Karakteristik pekerjaan memberikan pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja yang berarti bahwa peningkatan dari karakteristik pekerjaan akan mengakibatkan peningkatan kepuasan kerja para pegawai. iklim organisasi memberikan pengaruh terhadap tingginya tingkat kepuasan kerja. Diantara kedua variabel independen, karakteristik pekerjaan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan kerja pegawai dibanding iklim organisasi.
MANAJEMEN KAS PENGARUHNYA TERHADAP LIKUIDITAS PADA PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR KS) CIMAHI, JAWA BARAT Supyan, Iva Yustisia; Ismawati, Linna
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 5 No 1: April 2015
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v5i1.422

Abstract

Manajemen Kas sangat penting diterapkan bagi semua perusahaan, karena tujuan manajemen kas adalah untuk memaksimumkan pemanfaatan kas tanpa menghambat likuiditas. Oleh karena itu perusahaan seharusnya mampu mempertahankan jumlah kas yang optimal bagi perusahaan, agar tidak terlalu banyak, sehingga keuntungan tidak berkurang, tetapi tidak juga sedikit agar tidak mengganggu likuiditas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kas terhadap likuiditas pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR KS) Cimahi, Jawa Barat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan unit analisis manajemen kas yang bersumber dari kas di perusahaan dan likuiditas yang tertera dalam laporan neraca keuangan. Sedangkan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis regresi, analisis korelasi product moment, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan taraf signifikan () yang digunakan adalah 0,05. Dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 12 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan manajemen kas menunjukkan kondisi yang kurang baik, dikarenakan jumlah kas yang ada di perusahaan sering kekurangan dan berlebih. Likuiditas mengalami kenaikan dan penurunan, namun semua itu masih dalam kondisi yang baik, hal itu dikarenakan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek berubah-ubah. Manajemen kas berpengaruh terhadap likuiditas, dengan hasil korelasi menyatakan bahwa besarnya r adalah -0,4961 yang menandakan hubungan negative,  yang artinya jika manajemen kas menurut Ghutman naik maka likuiditas akan turun, demikian sebaliknya, sedangkan hubungan yang ditimbulkan oleh  manajemen kas model ghutman terhadap likuiditas adalah sedang. Sedangkan pengaruh yang ditimbulkan manjemen kas model ghutman terhadap likuiditas sebesar 24,6% sisanya 76,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti realisasi kredit, penarikan tabungan, deposito jatuh tempo dan kas di bank lain. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kas menurut ghutman terhadap likuiditas.Kata Kunci : Manajemen Kas, Manajemen Kas Menurut Ghutman dan Likuiditas
INFLUENCE INFLATION OF COMPOSITE STOCK SHARE PRICE INDEX LISTED IN BEI JAKARTA Parlina, Nurhana Dhea
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 7 No 1: April 2017
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v7i1.440

Abstract

Inflation is factor that influence the (IHSG) Composite Stock Share Price Index. Above also explains, if Inflation rates rise then the Composite Stock Share Price Index will go up, but we see that the theory will not be the same forever with the practice or application. For that we intend to see if it was true what was mentioned by the theory. To find out we took Composite Stock Share Price Index data that listed on BEI Jakarta from the period 1 January 2013 - until 31 December 2015. Then we took the Inflation rate data from the period 1 January 2013 - until 31 December 2015. Inflation is the one of economic factor can influence Composite Stock Share Price Index. If the inflation more high than before it can impact of Composite Stock Share Price Index. Otherwise, In this study we will examine Composite Stock Share Price Index from the results obtained output of coefficient over than 0.05 as much as 0.159 so the final inflation isn’t influence of Composite Stock Share Price.   Key Words: Inflation and Composite Stock Share Price Index.
PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAIN RAJUT Shiratina, Aldina; Afiatun, Pipit
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 7 No 1: April 2017
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v7i1.472

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya penurunan penjualan produk kain rajut dalam kurun waktu 2015. Penurunan penjualan ini diikuti adanya penurunan keputusan pembelian konsumen pada produk kain rajut ditengah persaingan yang ketat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi konsumen, motivasi konsumen, dan pengambilan keputusan, pengaruh persepsi konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian, motivasi konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian dan pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriktif dan verifikatif dengan pendekatan kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah persepsi konsumen, motivasi konsumen, dan keputusan pembelian di CV. SINAR AGUNG. Teknik penentuan data yang digunakan adalah metode judgmental sebanyak 80 responden. Untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian digunakan analisis statistic yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t, dengan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kain rajut di CV. SINAR AGUNG. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa persepsi konsumen dan motivasi konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kain rajut di CV. SINAR AGUNG. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi persepsi konsumen dan motivasi konsumen maka keputusan pembelian produk kain rajut di CV. SINAR AGUNG akan semakin meningkat. Kata kunci : Motivasi konsumen, persepsi konsumen dan keputusan pembelian
PELAKSANAAN SPONSORSHIP DAMPAKNYA TERHADAP BRAND 3SECOND PADA CLOTHING TRUNOJOYO BANDUNG Nurjanah, Nurjanah; Novianti, Windi
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 5 No 2: Oktober 2015
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v5i2.401

Abstract

The implementation of sponsorship is a marketing strategy and innovation company that has an impact on changing the existing competition, where the execution of the company's brand 3second  will have the eyes of the customer added value compared to other companies. Knowing the purpose of this study is the response of respondents to the implementation of sponsorship activities, knowing the brand 3second , and determine how far the implementation of sponsorship impact on brand 3second  at Linecoltd Clothing.The method used is survey with descriptive and verification approaches. The study population numbered 400, and sampling techniques using random sampling to obtain a sample of 80 consumers. Techniques of data collection using interviews, observation, questionnaires and documentation. Analysis method using Pearson product moment and coefficient of determination, as well as t test using SPSS 15.0 for Windows.The results mentioned implementation of sponsorship based on the responses of respondents with good results, while brand 3second  showed good results. Results of analysis showed that the implementation of sponsorship impact on brand 3second  shows the degree of relationship is that of 0574, with the contribution of the impact of 32.94%, and the remaining 67.06% influenced by other factors not examined by the authors. 
FAKTOR PENENTU PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN KANTOR DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Rukhviyanti, Novi
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 4 No 2: Oktober 2014
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v4i2.417

Abstract

Keberadaan sebuah instansi dalam bentuk apapun, baik dalam skala besar maupun kecil tidak terlepas dari unsur sumber daya manusia. Sumber daya manusia dengan produktivitas kerja yang tinggi memungkinkan untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi / instansi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja, diantaranya adalah semangat dan disiplin kerja. Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penentu produktivitas kerja karyawan pada Kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air. Penelitian ini terdiri dari tiga (3) Variabel, metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif dan Verifikatif. Penelitian ini menggunakan jenis sensus, yaitu seluruh populasi yang berjumlah 62 orang dijadikan sampel. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data utama, dengan  analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi simultan dan parsial, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t, dengan alat bantu data software SPSS 14.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien regresi Y = 3,348 + 0,231X1+0,443 X2, Koefisien Determinasinya (R2) = 0,853. Kesimpulan penelitian yaitu semangat dan disiplin kerja, baik secara simultan maupun parsial berpengaruh nyata terhadap produktivitas kerja karyawan di Kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air.
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. KERETA API (PERSERO) BANDUNG (Suatu Survei Pada Konsumen Pengguna Kereta Api Argo Lawu Bandung – Surabaya di Stasiun Bandung) The Influence of Corporate Image To Consumer Purchasing Decision At PT. Kereta Api (Persero) Bandung (A Survey on Consumer Users Argo lawu Train Bandung – Surabaya Bandung Station) Tirtamahya, Darmazakti Natajaya
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 4 No 1: April 2014
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v4i1.433

Abstract

The image is one of the most important asset of the company or organization should be established and maintained continuously. A good image is a powerful tool, not only to attract consumers in choosing products or companies, but also can improve the attitudes and customer satisfaction to the company. Meanwhile, consumer purchasing decisions as an individual process of selecting, organizing, and interpreting the input information to create a meaningful picture of the world. The purpose of this research is to know company image at. Kereta Api (Persero) Bandung, and examine the influence of corporate image on consumer purchasing decisions at. Kereta Api (Persero) Bandung Research developed by using and survey method. This research also using descriptive and verifikatif  methods. Population 850 consumer, and the technique of sample this reseach which using a acccidental sampling with the result that for obtainabl 90 consumer as sample. Technique in collecting data by use of interview, observation, questioners and documentation. The analyze method by use of a correlation of product moment, and coefficient of determination, as well as test of t with by use of help SPSS 13.0 for windows. Results of research on the influence of corporate image shows quite good results, as well as with consumer purchasing decisions showing good results. Results of analysis showed the influence of corporate image on consumer purchasing decisions at. Kereta Api (Persero) Bandung indicates a strong degree of correlation with the contribution of influence as much as 60.84%, and the rest as much 39.16% influenced by other factors which not analyzed , namely initiator, influences, Devider, buyer,service and the price.  Keywords :  Corporate Image, Consumer Puchasing Decisions, at PT. Kereta Api (Persero) Bandung 
MODEL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI BAGI MANAJER ACCOUNT OFFICER (AO) (STUDI DI BANK BADAN USAHA MILIK DAERAH (BUMD) DI JAWA BARAT) Kusumastuti, Dyah
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 7 No 2: Oktober 2017
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v7i2.460

Abstract

The purpose of this resarch is to find the competencies that predict to lead to an effective performance for Account Officer (Funding Sales) managers and that AO can be developed through these competencies. Research Methodology use sample AO managers that average and superior performance at a government bank which numbered 40 in West Java. Data was collected by questionnaire ordinal of competence and questions about the need for technical competence. Respondents were shown a selection of the level of competence and technical competence. Then the data is processed by classifying AO average and superior performance, furthermore use statistically test with Mann-Whitney test. Research Finding that there are eight competencies that differentiate AO average and superior performance, namely: Achievement Orientation, Information Seeking, Relationship Building, Problem Solving, Self Confidence, Organization Commitment, Communication and Flexibility. The implications of this research could be used for development & training AO, through Competencies are means of ensuring that an organization’s investment in her people supports the achievement of strategic goals. They can be used to hire the best available people, align behaviour with organizational strategies and values. Keywords: Competency, Superior Performance, Training
MODEL PEMETAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BISNIS ONLINE PADA TOKO ARENA DAN DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN Soegoto, Eddy Soeryanto
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 8 No 1: April 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (967.114 KB) | DOI: 10.34010/jurisma.v8i1.996

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuat model bagaimana sebuah toko online dapat menjalankan bisnisnya melalui web site. Didasarkan model layanan online peneliti melakukan survei terhadap 100 konsumen untuk diteliti bagaimana tanggapan mereka mengenai layanan online tersebut. Temuan riset membuktikan bahwa secara keseluruhan media sosial sebagai sarana bisnis online toko Arena tersebut memiliki kemudahan dalam mengakses dan dianggap penting oleh konsumen dalam fungsinya sebagai  layanan online. Variable layanan Lookbook memperoleh tanggapan paling penting dibandingkan ke lima variable lainnya. Sedangkan Variable Layanan How to buy mendapatkan tanggapan kurang penting bagi konsumen. Selanjutnya media social bisnis online berpengaruh terhadap minat beli konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan oleh toko Arena tersebut. Kata Kunci: Media social, bisnis online, minat beli konsumen