JRA: Jurnal Riset Akuntansi
ISSN : 20860447     EISSN : 26555484
JRA diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom setiap 6 bulan sekali dengan tujuan menyebarluaskan informasi hasil riset akuntansi kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan lainnya meliputi bidang akuntansi dan ekonomi.
Articles 49 Documents
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PERUSAHAAN DAGANG Rachmanto, Adi
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (882.267 KB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi penjualan adalah seperangkat sumber daya dan modaldalam suatu organisasi yang dibangun untuk menyajikan informasi keuangan yangdiperoleh dari pengumpulan dan pemerosesan data-data yang saling berhubungan,dan dioperasikan secara bersama-sama untuk melaksanakan aktivitas utama suatuorganisasi perusahaan, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan yang ditetapkan.Tujuan dibentuknya sistem informasi akuntansi adalah untuk menghasilkan informasikeuangan yang penting dan diperlukan oleh pimpinan perusahaan dalam mengambilkeputusan. Sistem informasi akuntansi harus dapat menjaga keamanan hartaperusahaan, dengan adanya pengendalian yang baik dalam sistem informasiakuntansi. Maka penyelewengan, penggelapan harta perusahaan dan kesalahan dapatditahan seminimal mungkin.Tujuan sistem informasi akuntansi yang pertama yaitu meningkatkan informasiyang berarti tepat waktu, tepat guna (relevance) dan terpercaya. Dengan kata lainsistem infromasi akuntansi harus dengan cepat dan tepat dapat memberikan informasiyang diperlukan dengan kandungan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.Adapuntujuan yang kedua yaitu menigkatkan metode internal cek dan pengendalian yangdiperlukan agar dapat mengamankan kekayaan perusahaan.Sistem informasiakuntansi bertujuan pula untuk menekan biaya tata usaha hal ini berarti bahwa di pihaklain biaya tata usaha untuk menerapkan sistem informasi akuntansi (biaya tata usaha berupa tenaga, alat tulis, dan kertas) harus dimanfaatkan seefisien dan seefektifmungkin.Sistem informasi akuntansi akan memberikan manfaat bagi para pemakainya,apabila memiliki karakteristik tertentu Karakteristik sistem informasi akuntansi terdiridari Kegunaan, Ekonomis, Keandalan, Pelayanan langganan, Kapasitas, Kesederhanaan, Fleksibilitas.  
Kajian atas Perbedaan atas Akuntansi Konvensional dengan Akuntansi Syariah (Review antar Jurnal) Komala, Adeh Ratna
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3902.04 KB)

Abstract

Secara keseluruhan baik Askary maupun Hameed memaparkan beberapakelebihan dari Akuntansi Islam, diantarnya:  - Akuntansi Islam memiliki dasar hukum yang jelas yaitu Al-Quran (Wahyu),  - Akuntansi Islam bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan manusia,  - Akuntansi Islam dalam penerapannya terkandung campur tangan Sang Pencipta. Hal ini  menumbuhkan rasa optimis dalam menjalankannya.  Agama (agama Islam) dan akuntansi bukan hal yang terpisah.  Agama adadidalam akuntansi.  Al-quran secara gamblang memberikan arahan yang jelas dalammenerapkan Akuntansi.  Perlunya menerapkan Akuntansi Islam bahkan sampai padapengukuran akuntansi, diatur dalam Al-quran.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA BERSIH Anggadini, Sri Dewi
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 10, No 1 (2018): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1003.271 KB)

Abstract

This research empirically examines partially the influence of operating cost and inventory turnover to net income and conducted on the food and baverages companies listed in Indonesian stock exchange period 2011-2015. The problems that occur are the decrease of net income despite the operating cost are decrease inventory and turnover are increased. This research uses descriptive analysis verification with the unit of analysis in this research is financial statement of the food and bavarages companies listed in Indonesian stock exchange period 2011-2015. And the population is 70 financial statements from 14 companies with sample select by using purposive sampling so obtained samples is 45 financial statements from 9 companies. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis and helped by using application program SPSS statistics version 16. These results indicate that net income is influenced by operating cost with negative related, and inventory turnover is influenced with positive related. Partially inventory turnover has more dominant influence than the operating cost.
PENGARUH MANAJEMEN ASET TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA BARAT Widilestariningtyas, Ony
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1234.635 KB)

Abstract

Conducted in the local cities and district government in West Java  this research was tookon 2014 period. The phenomenon encountered in the field is the embodiment of autonomy in theform of asset management that gave a less improvement to the local own-source revenue. The objective of this study is to determine how much influence of the asset managementon  local own-source revenue Cities and District Local Government in West Java. Research method that used in this research were descriptive and verification method withstatistical testing using Simple Linier Regression with secondary data. Sampling method used isto take all of population called census. The results showed that asset management has a significant effect on the local ownsourcerevenuewithapositivedirection,thatmeanthehigherassetmanagementpoint,thehigherlocalown-sourcerevenuewillbe.ThenThestrengthoftherelationshipwasindicatedashighcorrelation.
PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN JOB RELEVANT INFORMATION (JRI) TERHADAP INFORMASI ASIMETRIS Oktavia, Evi
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1078.381 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah partisipasi anggaran dan job relevantinformation mempunyai pengaruh terhadap informasi asimetris. Penelitian inidilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi pada PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yangmeminjam dana ke China Invesment Corporation (CIC) senilai US$1.9 miliar,sementara kas internalnya hanya US$1.7 miliar, setelah ditelusuri ternyata pinjaman keCIC bertujuan untuk membiayai kembali (refinancing) utang sebesar USS 1,2 miliar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dansampel pada penelitian ini adalah karyawan Divisi Perencanaan Strategis pada PT.Bank Jabar Banten. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruhantara partisipasi anggaran dan job relevant information terhadap informasi asimetris .
Analisis Terhadap Financial Distress pada Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate di BEI 2011-2015 Komala, Adeh Ratna
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1208.507 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor properti dan real estate terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2015. Fenomena yang terjadi yaitu pada beberapa perusahaan sub sektor properti dan real estate yang mengalami kesulitan keuangan ketika perusahaan memiliki arus kas dan likuiditas yang sehat. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah arus kas dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap financial distress.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Unit analisis dalam penelitian ini adalah 105 laporan keuangan tahunan perusahaan yang diambil pada tahun 2011-2015. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji t dengan SPSS Versi 16.0 for Windows.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa arus kas berpengaruh terhadap financial distress, demikian juga dengan likuiditas yang berpengaruh terhadap financial distress pada pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
PENGARUH KESEHATAN KEUANGAN BANK TERHADAP NILAI INVESTASI MASYARAKAT DALAM SAHAM BANK Wahyuni, Ning
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.154 KB)

Abstract

Kesehatan keuangan bank merupakan hal penting yang harus dicapai oleh setiapperbankan nasional, baik yang belum maupun yang sudah go publik, karenakesehatan keuangan bank tersebut merupakan cermin dari kemampuan perbankandalam mengelola dan mengalokasikan sumber dayanya. Bagi bank yang sudah gopublik yaitu bank yang sahamnya telah terdaftar di bursa efek Jakarta kesehatankeuangan bank dapat menjadi peringatan dini bagi investor dalam menempatkandananya pada saham bank yang tidak hanya memberikan keuntungan semata tetapijuga keamanan atas dana yang ditanamkannya.Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana variabelkesehatan keuangan bank yang meliputi CAR, CAD, BDR, ROA, BOPO, LDR danNCM terhadap nilai investasi masyarakat dalam saham bank, baik secara parsialmaupun secara keseluruhan untuk periode 2003 sampai dengan 2007.Populasi sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 9 bank yangtelah go publik dari jumlah bank yang terdaftar di bursa efek Jakarta sekitar 27 bank.Metode penelitian yang digunakan adalah explanasi (Explanation Research) atauverificative (Vericative Research). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini denganmenggunakan analisis jalur  (Path Analysis)  dengan  alat bantu untuk mengolah  data dengan SPSS v. 12.0  Hasil pengujian secara keseluruhan untuk variabel kesehatan keuangan bankterhadap Indeks Harga Saham Bank (IHSB) adalah sebesar 90,8% dan sisanya 9,2%dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang diteliti. Sedangkan secara parsialdidapat indikator ROA, BOPO dan LDR yang berpengaruh secara signifikan terhadapIndeks Harga Saham Bank (IHSB) dengan simultan sebesar 87,40%. Untuk IHSBterhadap Nilai Investasi Saham Bank (NISB) diperoleh persamaan NISB = 990.102,3 +0,908 IHSB, yang artinya bahwa dalam setiap peningkatan 1 point Indeks HargaSaham Perbankan (sektoral) akan meningkatkan Nilai Investasi  Saham Bank (NISB)perbankan  sebesar 0,908 kali. Dan pengaruh variabel kesehatan keuangan bankterhadap NISB sektoral secara keseluruhan adalah sebesar 82,90% sisanya 17,90%adalah faktor lain di luar model. Untuk pengaruh secara parsialnya diperoleh indikatorROA, BOPO dan NCM dengan besarnya pengaruh simultan adalah  80,7% sisanya19,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model.
AN ALISIS M AN AJEM EN KONFLIK D AN STRES KERJ A PENG AR UHNY A TERH AD AP KINERJ A K ARY AW AN PAD A PT .XYZ KOT A B ANDUNG (Studi Kasus : Perus ahaan J as a Yang Bek er ja di Bidang Kons ultan IT) Bequimaniar, Nisa
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 8, No 2 (2016): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1227.891 KB)

Abstract

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu upaya pengintegrasian kebutuhanpersonil dengan tujuan organisasi, artinya peningkatan kontribusi yang dapat diberikan oleh parakaryawan dalam organisasi kearah tercapainya tujuan. Demi tercapainya tujuan perusahaan inikinerja karyawan berperan penting dalam kelangsungan perusahaan. Kurangnya komunikasi inibisa menyebabkan konflik dalam diri sendiri, dan konflik ini bila tidak di manajemen dengan baikmaka akan mempengaruhi pekerjaannya. Beban pikiran bertambah, begitu pula beban pekerjaanyang akan menghadapi tekanan dalam dirinya sendiri. Tekanan yang terus menerus ini akanmenimbulkan stress. Dengan ada konflik dan tekanan ini akan menjadikan kinerja seseorangmengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konflik, stress dan kinerjadiperkirakan baik, untuk mengetahui konflik berhubungan dengan stres kerja dan untukmengetahui konflik dan stress kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara positif baikparsial maupun simultan pada PT. XYZ kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sedangkanmetode survey yang digunakan adalah sampling acak jenuh, menyatakan semua anggotapopulasi digunakan sebagai sample. Sedangkan metode statistik yang digunakan adalahpenggunaan lima uji asumsi klasik (uji serial korelasi, uji linieritas, uji normalitas, ujimultikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), regresi linier berganda, uji hipotesis (uji z, uji t danuji F) dan juga menggunakan aplikasi Eviews 8.
STUDI TERHADAP FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN LABA BERSIH (Survei Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016) Puspitawati, Lilis
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 10, No 2 (2018): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.833 KB)

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menguji secara empiris Laba Bersih yang dipengaruhi oleh Hutang dan Modal Kerja pada perusahaan sektor pertambangan Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016, berdasarkan masalah yang terjadi pada perusahaan sektor pertambangan yaitu adanya penurunan Laba Bersih perusahaan ketika kondisi Modal Kerja mengalami peningkatan.Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini  adalah metode deskriptif verifikatif dengan unit analisis yang diteliti adalah laporan keuangan perusahaan sektor pertambangan Batu Bara yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016 sebanyak 24 perusahaan. Jumlah populasi pada penelitian ini sebesar 120 perusahaan, selanjutnya penarikan sample dilakukan melalui teknik Purposive Sampling, sehingga dapat ditentukan ukuran sampel sebesar  55 laporan keuangan dari 11 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan di bantu oleh program aplikasi SPSS versi 25.0.Hasil penelitian ini membuktikan secara empiris jumlah Hutang perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih dan Modal Kerja berpengaruh sinifikan terhadap Laba Bersih pada perusahaan sector pertambangan batu bara yang terdaftar di bursa effek Indonesia pada tahun pengamatan 2012 sampai dengan 2016.
Pengaruh Laba Per Lembar Saham (EPS) dan Rasio Pengembalian Modal (ROE) Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012) Setyanusa, Inta Budi
JRA: Jurnal Riset Akuntansi Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Riset Akuntansi
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1014.635 KB)

Abstract

Harga saham merupakan salah satu informasi penting yang harus dianalisis olehinvestor ketika akan berinvestasi saham di perusahaan. Untuk menganalisis hargasaham, investor dapat menggunakan rasio keuangan seperti earning per share danreturn on equity. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan EarningPer Share, Return On Equity dan harga saham, serta untuk menganalisis pengaruhEarning Per Share dan Return On Equity secara parsial maupun simultan terhadapharga saham. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif denganpendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2012. Pengambilan sampeldilakukan dengan cara purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakanberjumlah 56 laporan keuangan dari 14 perbankan. Pengujian statistik yang digunkanadalah analisis regresi linier berganda, uji hipoetsis dengan bantuan program aplikasiSPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Earning Per Share(EPS) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh secara parsial signifikan dengan arahpositif terhadap harga saham. Secara simultan Earning Per Share (EPS) dan ReturnOn Equity (ROE) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap harga sahampada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di BEI periode 2009-2012.