El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA
ISSN : 20873638     EISSN : 26557746
El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA adalah terbitan berkala yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (e) 2655-7746, (p) 2087-3638. El-Tsaqâfah: Jurnal Jurusan PBA menjadi salah satu jurnal alternatif untuk mempublikasikan artikel ilmiah hasil kajian, hasil laporan penelitian, seminar dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan, dan bahasa Arab.
Articles
39
Articles
PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASISANTI RADIKALISME MELALUI BUKU SAKU MAHASISWAPROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM

Karim, Abdul

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 2 (2018): Juli – Desember
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengembangan kosakata Bahasa Arab berbasis anti radikalismemelalui buku saku mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Mataram adalahpenelitian yang menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atauResearch and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkanprosedur pengembangan buku saku bahasa Arab yang layak digunakan untukpembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, mendeskripsikanketerlaksanaan pembelajaran, dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaranmenggunakan buku saku Bahasa Arab di Program Studi Pendidikan BahasaArab. Salah satu faktor yang mendorong peneliti mengangkat tema iniadalah maraknya tindakan radikalisme ataupun terorisme yang dilakukanoleh person maupun kelompok dan mengatasnamakan agama untukmeligetimasi tindakan tersebut. Kekerasan dan radikalisme disebut denganbeberapa istilah al-‘unf, at-tatarruf, al-guluww, dan al-irhab.Al-‘unf adalahantonim dari ar-rifq yang berarti lemah lembut dan kasih sayang. Abdullahan-Najjar mendefiniskan al-‘unf dengan penggunaan kekuatan secarailegal (main hakim sendiri) untuk memaksanakan kehendak dan pendapat.Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 29 orang mahasiswa semestertiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) produk yang dikembangkandilakukan dengan tiga tahap meliputi, tahap analisis, penyusunan draftproduk awal, pengembangan produk, evaluasi, dan produk akhir. 2) Kualitasbuku saku ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspekpenyajian, dan aspek kegrafisan secara keseluruhan berkualitas “baik” danlayak digunakan. 3) Buku saku Bahasa Arab berbasis Antiradikalisme terbuktiefektif meningkatkan rerata skor pemahaman mahasiswa 80,3%. Selain itu,penggunaan buku saku juga mampu melatih penguasaaan kosakata BahasaArab.

PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ASING PADA ANAK TK DENGAN METODEDRILLING

Akmaluddin, A, Adawiyah, Rabiatul

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 2 (2018): Juli – Desember
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pemebelajaran bahasa bahasa asing pada berbagai jenjang pendidikancenderung lebih menekankan siswa mengerti tentang bahasa, bukan agarsiswa mampu menggunakan bahasa yang dipelajari. Untuk meminimalisasikebiasaan ini, metode pengajaran bahasa asing harus ditata ulang.Berdasarkanhal tersebut, penelitian ini hadir dengan tujuan untuk menjelaskan metodepengajaran bahasa asing yang cukup efektif yaitu metode drilling. Sebagaisebuah metode, drillingtepat digunakan untuk melatih siswa menghafalkosakata baru. Data dalam penelitian ini berupa kosakata bahasa asing yangdiajarkan pada anak TK. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakanadalah metode observasi yaitu mengamati proses pembelajaran bahasa asing(bahasa Arab dan Inggris) yang diverbalisasikan secara kontinyu oleh gurudan siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah analisis kualitatif komparatif. Artinya semua data yang terkumpuldianalisis dan dibandingkan. Berdasarkan analisis tersebut dapat dilihat kelaskata yang paling dominan dikuasai siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kata yang paling dominandikuasai siswa TKIT Anak Sholeh Kediri adalah kelas kata kerja dengantingkat persentase penguasaan mencapai 88%, setelah itu kata benda denganpersentase penguasaan mencapai 87%, kemudian disusul kata sifat denganpesentase penguasaan mencapai 83% dan terakhir kata bilangan denganpersentase penguasaan mencapai 73%.

تعليم تراكيب الجمل العربية لطلاب مدرسة “إصلاح الأطفال” المتوسطة الإسلامية رومأ كديري لومبوك الغربية نوسا تنجارا الغربية

Maujud, Fathul, Yanti, Ainul

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 2 (2018): Juli – Desember
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

اللغة. وفى تعليم اللغة العربية ، لابد للطلاب من معرفة عناصر اللغة العربية ومهاراتها.وأما العناصر اللغوية فهي الأصوات والمفردات والتراكيب. وأماالمهارات اللغوية فهيالاستماع والكلام والقراءة والكتابة. ويهدف هذا البحث لمعرفة عملية تعليم تراكيبالمتوسطة الإسلامية » إصلاح الأطفال « الجمل العربية والعوامل المعرقلته لطلاب مدرسةرومأ كديري لومبوك الغربية نوسا تنجارا الغربية. وأما مدخل البحث المستخدم فهومدخل البحث الكيفي. ونتيجة البحث أن عملية تعليم تراكيب الجمل العربية تبدأبشرح المادة ثم وكتابة بعض الأمثال كالجملة الاسمية والفعلية. ويليه بسؤال المعلم علىالطلاب واعطاء التدريبات. وأما العوامل المعرقلة فهي العوامل الداخلية والخارجية.وأما العوامل الداخلية تأتي من الطلاب مثل خلفية الطلاب وكفاءتهم المختلفة ونقصالدوافع والرغبة و الميول في التعلم. والعوامل الخارجية تأتي من بيئة المدرسة والمجتمعوالأسرة

PENGARUH LINGKUNGAN BERBAHASA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X MA PONDOK PESANTREN USWATUN HASANAH CEMPAKA PUTIH DESA AIK DAREK KECAMATAN BATUKLIANG

Junaidi, A, Hidayah, Fitriatun

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 2 (2018): Juli – Desember
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkunganberbahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab bagi siswa kelasX MA Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Cempaka Putih Desa Aik DarekKecamatan Batukliang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,karena data yang dikumpulkan bereupa angka-angka. Dalam penelitian iniada beberapa instrumen yang peneliti gunakan dalam menumpulkan datapenelitian yang dibutuhkan, diantaranya : (1) Pedoman observasi atau ceklis,yakni berupa sebuah daftar jenis kegiaan yang mungkin timbul dan akandiamati. (2) Pedoman Wawancara. Pedoman wawancara ada dua macamyaitu berstruktur dan tak berstruktur. Yang berstruktur dimaksudkanadalah jawaban telah disediakan lebih dahulu, sedangkan responden tinggalmemilih diantara jawaban yang disediakan atau kalau berbeda, jawabannyatidak terlalu jauh dari yang digunakan atau bisa dikategorikan pada jawabanyang sudah disediakan. Sedangkan tidak berstruktur adalah pertanyaan yangdiberikan adalah pertanyaan bebas sehingga memungkinkan respondenuntuk menjawab sesuai dengan keinginannya. Dalam keperluan penelitianini maka peneliti menggunakan pedoman wawancara tak berstruktur yangberarti bahwa peneliti akan mengajukan pertanyaan bebas kepada respondenatau mengenai tentang data penelitian yang diketahuinya. (3) Angketatau Quesioner. Angket atau questionnaire adalah daftar pertanyaan yangdidistribusikan melalui pos untuk diisi dan dikembalikan atau dapat jugadijawab di bawah pengawasan peneliti. Responden ditentukan berdasarkanteknik sampling. Angket digunakan untuk mendapakan keterangan darisampel atau sumber yang beraneka ragam yang lokasinya sering tersebar didaerah yang luas, nasional ada kalanya internasional. Angket pada umumnyameminta keterangan tentang fakta yang diketahui oleh responden atau jugamengenai pendapat atau sikap. Analisis data yang digunakan adalah regresisederhana. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada PengaruhLingkungan Berbahasa Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa ArabBagi Siswa Kelas I MA Uswatun Hasanah Cempaka Putih Tahun Ajaran2008/2009. Hal ini terbukti dengan angka yang peneliti dapatkan setelahmelakukan penelitian dengan hasil F hitung = (71,9) dan F tabel (4,03), makaF hitung > F tabel.

PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGARAF DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN 7 MONTONG BA

Syafi’i, Lalu

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 2 (2018): Juli – Desember
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan setiap materipada berbagai mata pelajaran merupakan salah satu penentu keberhasilanpembelajaran. Media pembelajaran yang tersedia di lingkungan sekitarsangat banyak, namun terkadang tidak pernah dimanfaatkan oleh guru.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitaspenggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar BahasaIndonesia materi mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secarasederhana dengan bahasa tulis pada siswa kelas II SDN 7 Montong Baan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket/tes,dan wawancara. Hasil penelitian tindakan ini adalah menunjukkan bahwahasil belajar Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan tumbuhan ataubinatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis pada siswa kelas IISDN 7 Montong Baan sebelum dilakukan tindakan sangat rendah. Hal inidibuktikan dengan persentasi keberhasilannya adalah 19%. Setelah dilakukantindakan penggunaan media gambar hasil belajar tergolong sangat baik. Halini terbukti dengan persentasi keberhasilan pada variabel hasil belajar siswapada siklus I yaitu 57,69% dengan kriteria baik dan siklus II adalah 84,61%dengan kriteria sangat baik.

ANALISIS UNSUR INTRIN SIK KITAB “BARZANJI” KARYA JA’FAR AL BARZANJI (NASKAH DITERJEMAHAN OLEH ABU AHMAD NADJIEH) PERSPEKTIF PONDOK PESANTEREN ITTIHADIL UMMAH KARANG ANYAR MATARAM

Najamuddin, N

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 2 (2018): Juli – Desember
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

“Barzanji” merupakan aktivitas pembacaan riwayat NabiMuhammad SAW. Kitab ini merupakan karya sastra karena lebih menonjolkanaspek keindahan bahasa (sastra). Kitab ini ada dua macam yang satu dalambentuk prosa dan lainnya dalam bentuk puisi. Isi keduanya mengkisahkanriwayat kehidupan Nabi Muhammad SAW terutama dalam bentuk peristiwakelahirannya.Penelitian ini berdasarkan pertimbangan bahwa naskah “Barzanji”KaryaSyekh Ja’far Al-Barzanji Husin bin Abdul Karim belum dideskripsikan padaaspek intrinsiknya. Dengan demikian, diperlukan penelitian secara spesifik,yang membentuk unsur intrinsik dari Naskah “Barzanji” seperti Plot,Setting,Point of View (sudut pandang), Character (Penokohan), Style (Gaya),Theme(Tema) dan Atmosphere (Suasana) Perspektif Pondok Pesanteren IttihadilUmmahKarang Anyar Mataram”Membaca kitab Barzanji sangat berguna dan bermanfaat bagi kita, dan sangatdisayangkan apabila tidak dilantunkan oleh generasi selanjutnya. Oleh karenaitu harus tetap dilestarikan. Usaha melestarikan membaca naskah Barzanjisangatlah perlu terus dilakukan pengembangan, dokumenas, dan penelitianlebih lanjut. Selanjutnya, sebagai usaya untuk masyarakat, membaca Barzanjiterus lantunkan bukan saja pada acara-acara keagamaan tetapi juga untukmenambahwawasandan pengetahuanterkaitnilai agama, kehidupan sosial,dan lainnya.

EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENJELASKAN PROSES PEMILU DAN PILKADA PADA SISWA KELAS VI SDN 7 MONTONG BAAN

Sahnun, S

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 2 (2018): Juli – Desember
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Metode diskusi adalah metode pembelajaran berbentuk tukarmenukar informasi, pendapat dan unsur-unsur pengalaman secara teraturdengan maksud untuk mendapat pengertian yang sama. Prinsip ini perluditanamkan pada siswa sebagai sarana belajar mengungkapkan gagasan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metodediskusi dalam meningkatkan hasil belajar PKn materi Menjelaskan prosesPemilu dan Pilkada pada siswa kelas VI SDN 7 Montong Baan. Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelasVI SDN 7 Montong Baan. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah observasi, angket/tes, dan wawancara. Observasi digunakan untukmengamati jalannya proses tindakan yang dilakukan. Angket/tes digunakanuntuk mengetahui hasil belajar yang dicapai. Sedangkan wawancaradigunakan untuk mendapatkan informasi tentang penerapan metode diskusidalam proses pembelajaran.Hasil penelitian tindakan ini adalah menunjukkan bahwa hasil belajar PKnmateri Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada pada siswa kelas VI SDN 7Montong Baan sebelum dilakukan tindakan sangat rendah. Hal ini dibuktikandengan persentasi keberhasilannya adalah 42,86%. Setelah dilakukantindakan penggunaan metode diskusi hasil belajar tergolong sangat baik. Halini terbukti dengan persentasi keberhasilan pada variabel hasil belajar siswapada siklus 1 yaitu 71,43% dengan kriteria baik dan siklus 2 adalah 91,43%dengan kriteria sangat baik.

PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ASING PADA ANAK TK DENGAN METODE DRILLING

Suryanirmala, Neni, Akmaluddin, A, Adawiyah, Rabiatul

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 2 (2018): Juli – Desember
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pemebelajaran bahasa bahasa asing pada berbagai jenjang pendidikancenderung lebih menekankan siswa mengerti tentang bahasa, bukan agarsiswa mampu menggunakan bahasa yang dipelajari. Untuk meminimalisasikebiasaan ini, metode pengajaran bahasa asing harus ditata ulang.Berdasarkanhal tersebut, penelitian ini hadir dengan tujuan untuk menjelaskan metodepengajaran bahasa asing yang cukup efektif yaitu metode drilling. Sebagaisebuah metode, drillingtepat digunakan untuk melatih siswa menghafalkosakata baru. Data dalam penelitian ini berupa kosakata bahasa asing yangdiajarkan pada anak TK. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakanadalah metode observasi yaitu mengamati proses pembelajaran bahasa asing(bahasa Arab dan Inggris) yang diverbalisasikan secara kontinyu oleh gurudan siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah analisis kualitatif komparatif. Artinya semua data yang terkumpuldianalisis dan dibandingkan. Berdasarkan analisis tersebut dapat dilihat kelaskata yang paling dominan dikuasai siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kata yang paling dominandikuasai siswa TKIT Anak Sholeh Kediri adalah kelas kata kerja dengantingkat persentase penguasaan mencapai 88%, setelah itu kata benda denganpersentase penguasaan mencapai 87%, kemudian disusul kata sifat denganpesentase penguasaan mencapai 83% dan terakhir kata bilangan denganpersentase penguasaan mencapai 73%.

PEMBERANTASAN BUTA HURUF ARAB (HURUF HIJAIYAH) PADA IBU-IBU RUMAH TANGGA DI DESA BAYAN KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

Nurman, Muhammad

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 16 No 1 (2017): Januari - Juni
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Permasalahan dalam kegiatan desa binaan ini adalah bagaimakahpemberantasan buta huruf Arab (Huruf Hijaiyah) pada ibu-ibu rumahtangga di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Tujuandari pogram ini adalah mengatasi buta huruf Arab (Huruf Hijaiyah)yang dialami oleh ibu-ibu rumah tangga di Desa Bayan Kecamatan BayanKabupaten Lombok Utara. Sasaran pemberantasan buta aksara al-qur’anini adalah ibu-ibu rumah tangga yang selanjutnya disebut warga belajar.Tutor adalah yang mempunyai potensi dan kecakapan hidup yang dimiliki,latar belakang pendidikan, domisili dan berpengalaman dalam pendidikanorang dewasa, dalam hal ini yang menjadi tutor adalah mahasiswa KKP diDesa Bayan. Tempat pelatihan direncanakan di posko KKP atau tempat lainyang representatif. Pelaksanaan proses belajar dilakukan selama empat kalipertemuan. Peserta dikatakan tuntas secara individual apabila memperolehnilai 70 ≥ dan ketuntasan klasikal apabila memperoleh 80 % ≥. Berdasarkanhasil kegiatan desa binaan ini, dapat disimpulan bahwa kemampuan wargabelajar menunjukan peningkatan dalam menulis dan membaca hurufhijaiyah, hal ini dilihat dari hasil evaluasi di tiap-tiap pertemuan.

PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA BESAR

Suryani, Erma, Wahyuni, Ayu

El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA Vol 17 No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Jurusan PBA FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar siswadalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa. Pendekatan penelitianyang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data yang diinginkanberupa angka. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas merupakanvariabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atautimbulnya variabel terikat. Berdasarkan pengertian tersebut maka yangmenjadi variabel bebas pada penelitian ini adalah Sumber Belajar (X). danVariabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadiakibat, karena adanya variabel bebas. Berdasarkan pengertian tersebut makayang menjadi variabel terikat pada penelitian ini adalah Minat belajar (Y).Ada beberapa teknik yang bisa dipergunakan untuk mengumpulkan data,satu sama lain punya fungsi yang berbeda , dan hendaknya dipergunakansecara tepat sesuai dengan tujuan penelitian dan jenis data yang ingin digaliserta keadaan subjek (sumber informasi) penelitian. Teknik-teknik yangbisa dipergunakan untuk menggali data adalah: angket atau kuesioner,wawancara atau interviu, dan observasi atau pengamatan. Analisis datamenggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisisdata dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sumber belajar terhadapminat belajar Bahasa Arab siswa kelas VII tahun pelajaran 2016/2017. Halini dapat dilihat dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus regresisederhana dan mendapatkan nilai . Hasil persamaan regresi diperoleh Fhitung = 2.204 dan F tabel =4.300 maka F tabel ≥ F hitung dengan demikianf tabel ≥f hitung ( 4.300 ≥ 2.204 ).