KOMPUTEK
ISSN : 26140985     EISSN : 26140977
Jurnal Mahasiswa Teknik (Mesin, Elektro dan Informatika) Universitas Muhammadiyah Ponorogo ISSN : 2614-0985 (media cetak) ISSN : 2614-0977 (media online)
Articles 41 Documents
PERANCANGAN SISTEM APLIKASI E-REPORT LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT PONOROGO SMARTCITY KABUPATEN PONOROGO

Nasrudin, Rido Muhamad, Masykur, Fauzan, Triyanto, Andy

KOMPUTEK Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v1i1.111

Abstract

Perancangan sistem aplikasi e-report layanan masyarakat pada Ponorogo Smartcity di kabupaten Ponorogo dirancang sebagai sarana informatif yang cepat dan efektif antara masyarakat dan pemerintah kabupaten Ponorogo dalam melaporkan kejadian yang ada disekitarnya. Konsep smartcity digunakan dalam perancangan ini guna membantu masyarakat dan pemerintah terintegrasi dalam meningkatkan efisiensi pengoperasian sebuah kota, memberi informasi yang tepat dan meningkatkan pelayanan, serta mendukung ke dalam inovasi. Adapun data diperoleh dari studi pustaka dan wawancara langsung pada kantor Humas Ponorogo Sub Bagian Pengaduan Masyarakat. Methode yang digunakan dalam perancangan ini adalah methode waterfall, dimana metode waterfall menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Dan untuk pengujian aplikasi ini menggunakan methode blackbox. Dari hasil perancangan sistem menggunakan methode tersebut menghasilkan aplikasi yang dapat meningkatkan pelayanan terhadap laporan pengaduan masyarakat Kabupaten Ponorogo.

SISTEM PAKAR MENENTUKAN TINGKAT PERAWATAN ATAU KERUSAKAN PADA KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA V-IXION

Arganata, Akzha Nabella Putra, Widaningrum, Ida, Mustikasari, Dyah

KOMPUTEK Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v1i1.118

Abstract

Aplikasi sistem pakar menentukan tingkat perawatan atau kerusakan pada kendaraan bermotor yamaha v-ixion dengan menggunakan metode waterfall berisi pengetahuan gejala-gejala kerusakan dan beberapa macam kerusakan pada motor yamaha v-ixion. Setiap gejala yang dipilih akan menentukan jenis kerusakan pada motor. Sistem ini menggunakan rule pada pertanyaan saat konsultasi dengan menentukan alur atau aturan dalam menentukan jenis kerusakan pada kendaraan bermotor yamaha v-ixion. Metode waterfall merupakan metode yang memberikan solusi yang tepat karena perancangan sistemnya terstruktur dan berurutan. Sistem pakar untuk menentukan tingkat perawatan atau kerusakan pada kendaraan bermotor yamaha v-ixion menggunakan metode waterfall berbasis web dapat mempermudah pengguna dalam mencari informasi jenis kerusakan pada kendaraan bermotor yamaha v-ixion serta dapat langsung mendiagnosa kerusakan dan perawatan dari kerusakan tersebut.

SISTEM OTOMATISASI FOTOSINTESIS BUATAN PADA AQUASCAPE BERBASIS ARDUINO

Raharjo, Sinug, Kurniawan, Edy, Nurcahya, Eka Dwi

KOMPUTEK Vol 2, No 1 (2018): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v2i1.66

Abstract

Aquascape merupakan sebuah seni mengatur tanaman air dan batu pada sebuah akuarium. Berbeda dengan akuarium pada umumnya aquascape menjadi tempat hidup dan berkembang ikan sekaligus tumbuhan air. Tumbuhan air untuk berkembang akan membutuhkan energi melalui proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses sintesis karbohidrat dari bahan bahan anorganik (CO2 dan H2O) pada tumbuhan berpigmen dengan bantuan energi cahaya matahari. Proses fotosintesis tumbuhan air memerlukan pencahayaan sebagai pengganti sinar matahari. Selain pencahayaan, suhu dan tingkat kekeruhan air merupakan faktor penting dalam keberhasilan suatu fotosintesis. Sehingga dibuatlah suatu sistem otomatisasi fotosintesis buatan tumbuhan air dan ramah bagi ikan pada aquascape. Sistem ini berbasis Mikrokontroler Arduino Uno yang terhubung dengan sensor suhu DS18B20, sensor kekeruhan air dan modul RTC(Real Time Clock). Dari hasil penelitian dan analisa data, Sensor suhu dapat mengontrol suhu ideal air pada suhu <28°C, ketika suhu melebihi batasan maka Cooling fan akan bekerja. Sensor kekeruhan air mengontrol tingkat kekeruhan air dengan batasan <25 NTU(Nephelemetric Turbidity Unit), jika kekeruhan air melebihi batasan maka Ekstenal filter akan bekerja. Pencahayaan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode) yang dikontrol dengan RTC dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00 (8 jam per hari).

ANALISA KALOR BAKAR BRIKET BERBAHAN ARANG KAYU JATI, KAYU ASAM, KAYU JOHAR, TEMPURUNG KELAPA DAN CAMPURAN

Handoko, Rio, Fadelan, Fadelan, Malyadi, Muhamad

KOMPUTEK Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v3i1.198

Abstract

Biomassa merupakan bahan alami yang biasanya dianggap sebagai limbah dan sering dimusnakan dengan cara dibakar. arang adalah hasil pembakaran bahan yang mengandung karbon yang terbentuk padat dan berpori. Briket arang adalah arang yang diolah lebih lanjut menjadi bentuk briket (penampilan dan kemasan yang menarik) yang digunakan untuk keperluan energi sehari-hari. Nilai kalor yang paling besar dan tinggi nilai kalornya terdapat pada briket tempurung kelapa dengan rata-rata 6971,866 kal/gram. Pada kadar abu terendah terdapat pada briket asam dengan kadar abu 0,41%. Pada kadar air nilai kadar air terendah terdapat pada briket asam dengan rata-rata 5,1795%. Kadar zat menguap yang paling rendah nilai zat yng menguap terdapat pada persamaan briket johar dengan rata-rata 21,718%.

RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS MI MA’ARIF PATIHAN KIDUL)

Franciska, Mita Bela, Setyawan, Mohammad Bhanu, Zulkarnain, Ismail Abdulrazzaq

KOMPUTEK Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v2i2.140

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan teknologi augmented reality yang dapat membantu siswa sekolah dasar kelas 1 dalam memahami pelajaran bahasa inggris. Aplikasi ini dapat menampilkan objek 3D yang menarik dan disertai dengan suara serta teks. Selain itu user interface serta objek 3D dibuat semenarik mungkin karena pada tahap pendidikan anak usia sekolah dasar siswa cenderung lebih tertarik dengan suatu hal yang terdapat gambar animasi serta warna-warna cerah. Hal ini akan membuat siswa lebih mudah mengingat suatu bentuk atau tulisan yang memiliki  warna menarik dan bentuk yang komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode perancangan waterfall, dimana alur penelitian akan mengikuti tahap berurutan yang ada di waterfall. Aplikasi ini akan dibangun dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK.

SISTEM INDIKATOR PADA DAUN MENGGUNAKAN SENSOR WARNA BERBASIS MIKROKONTROLER AT-MEGA32

Octavia, Windy, Masykur, Fauzan, Prasetyo, Angga

KOMPUTEK Vol 2, No 1 (2018): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v2i1.72

Abstract

Pakcoy adalah sejenis tanaman sayuran daun yang mirip dengan sawi. Daun tanaman ini memiliki manfaat yang dapat berguna untuk kesehatan mata, pencernaan, mengurangi kolesterol dan tanaman ini juga mengandung banyak mineral. Tingginya minat konsumen terhadap sayur pakcoy membuat para penyedia harus menyiapkannya dalam jumlah besar dan dengan kualitas yang baik, karena tenaga manusia yang kurang efektif dan efisien maka digantilah dengan sebuah alat yang dapat memilah kualitas sayur. Dalam pembuatan alat ini menggunakan sensor warna TCS230 dimana sensor warna ini sering digunakan pada aplikasi mikrokontroler untuk mendeteksi warna objek. Mikrokontroler adalah suatu sistem komputer yang dirancang untuk keperluan pengontrolan sistem. Mikrokontroler yang digunakan dalam pembuatan alat ini adalah produksi Atmel dengan generasi AVR (Alf and Vegard’s RISC processor). Mikrokontroler AVR AT-Mega32 merupakan salah satu mikrokontroler yang menerapkan sistem arsitektur Harvard. Dimana, arsitektur ini ditujukan untuk mengatasi masalah bottle neck pada arsitektur sebelumnya yaiut von Neumann architecture. Hasil pengujian dari alat menunjukkan bahwa semua modul input dan modul output yang digunakan mampu bekerja sesuai dengan rancangan menggunakan Mikrokontroler AT-Mega32. Alat dapat melakukan intruksi pembacaan warna dan keluaran berupa frekuensi sesuai prosedur yang diharapkan dengan benar. Pada pengujian pertama dengan warna daun hijau tua menghasilkan output tiga LED warna hijau yang berarti kondisi daun layak (segera digunakan). Pada pengujian kedua dengan warna daun hijau muda menghasilkan output semua LED warna hijau yang berarti kondisi daun layak (bisa disimpan). Dan pada pengujian ketiga dengan warna daun hijau keputihan, hanya menghasilkan output satu LED warna merah yang berarti kondisi daun tidak layak.

PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN LOKASI RUMAH SAKIT DAN KLINIK DI WILAYAH KOTA MADIUN BERBASIS ANDROID

Putra, Afrian Dwi, Alwi, Aslan

KOMPUTEK Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v2i2.135

Abstract

Di era perkembangan dan kemajuan teknologi di masa sekarang ini, kebutuhuan manusia akan penggunaan smartphone android dari tahun ke tahun semakin pesat. Kota Madiun saat ini memiliki banyak tempat pelayanan masyarakat seperti rumah sakit dan klinik. Sering kali masyarakat kurang tau menau letak layanan kesehatan yang akan dituju karena letak geografis Kota Madiun yang begitu luas. Tentu saja pelayanan ini dapat bermanfaat terhadap masyarakat sekitar maupun dari luar kota. Tujuan dari penulisan ini adalah membantu memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari informasi rumah sakit dan klinik yang ada di Kota Madiun berbasis android. Dalam pembuatan aplikasi ini memanfaatkan fitur android yang berupa GPS (Global Positioning System) untuk memberikan letak lokasi layanan yang akan dituju. Metode penelitian yang dipakai adalah menggunakan metode Waterfall.

PERANCANGAN APLIKASI SISTEM TATA KELOLA KEUANGAN DESA BERBASIS JAVA NETBEANS (Studi Kasus Pelaporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Pupus)

Saputro, Dedy Dwi Cahyo, Aliyadi, Aliyadi, Setyawan, Moh. Bhanu

KOMPUTEK Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v1i1.115

Abstract

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, selanjutnya disebut APBDesa, adalah rencana keuangan tahunan Pemerintah Desa. Dalam hal keuangan desa, Pemerintah Desa wajib menyusun Laporan Realisasi Pelaksanaan APBDesa dan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa. Laporan ini dihasilkan dari suatu siklus pengelolaan keuangan desa, yang dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan penatausahaan; hingga pelaporan, pengawasan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa. Desa Pupus belum memiliki sistem serta dukungan sarana dan prasarana untuk membantu Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) yang cepat, efektif dan efisien. Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dirancang menggunakan Bahasa Pemrograman Java. Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek, atau lazim disebut dengan istilah Objek Oriented Programming (OOP). Java bersifat multiplatform yang dapat dijalankan pada berbagai platform dan bersifat dinamis sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang.

PERANCANGAN APLIKASI PROMOSI DAN PENCARIAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI PONOROGO BERBASIS ANDROID

Hakim, Nizar Faisal, Aliyadi, Aliyadi, Buntoro, Ghulam Asrofi

KOMPUTEK Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v2i2.141

Abstract

Media promosi yang tepat dapat membantu meningkatkan penjualan produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Di sisi lain, ketersediaan informasi tentang produk dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga sangatlah penting dan diperlukan oleh konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media atau aplikasi yang dapat mempromosikan produk UMKM serta menyediakan informasi produk tersebut dengan tepat dan efektif. Aplikasi merupakan suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, permainan, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet yang telah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Dengan menggunakan aplikasi berbasis Android diharapkan akan membantu pelaku bisnis maupun konsumen dalam memenuhi kebutuhan akan media promosi yang tepat dan efektif. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode waterfall. Perancangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan PHP, sedangkan basis datanya menggunakan Firebase. Berdasarkan uji coba implementasi dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini berupa aplikasi berbasis Android yang menampilkan promosi dari suatu produk dari sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Ponorogo, serta menampilkan informasi produk dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah tersebut. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pencarian yang memudahkan konsumen atau pengguna dalam mencari lokasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah maupun mencari suatu produk dari usaha tersebut.

PENGARUH KENAIKAN TEMPERATUR TERHADAP ANGKA VISKOSITAS OLI SEPEDA MOTOR MATIC

Nasroni, Nasroni, Sudarno, Sudarno, Munaji, Munaji

KOMPUTEK Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.24269/jkt.v1i1.110

Abstract

Sistem transmisi pada kendaraan terbagi menjadi transmisi manual dan otomatis. Keduanya memiliki oli dan fungsi oli yang berbeda. Oli sepeda motor matic berfungsi melumasi mesin dan sebagai penghantar mekanisme perpindahan gigi transmisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan temperatur dan berapa prosentase perubahan angka viskositas oli sepeda motor matic. Telah dilakukan penelitian pengaruh temperatur terhadap angka viskositas beberapa jenis oli sepeda motor matic. Pengujian dilakukan dengan viscometer bola jatuh. Pengukuran dilakukan pada suhu 27 dan suhu 85 . Dari hasil penelitian beberapa jenis oli sepeda motor matic. Viskositas Enduro Matic SAE 10W-30 adalah 0.0346 poise, Top 1 Action Matic SAE 10W-40 adalah 0.0240 poise, BM 1 Matic SAE 10W-30 adalah 0.0240 poise, Federal Matic SAE 10W-30 adalah 0.0191 poise, Motul Scooter SAE 10W-30 adalah 0.0193 poise dan Castrol Activ Matic SAE 10W-30 adalah 0.0213 poise. Prosentase Penurunannya adalah Enduro Matic SAE 10W-30 3.26%, Top 1 Action Matic SAE 10W-40 3.02%, BM 1 Matic SAE 10W-30 3.4%, Federal Matic SAE 10W-30 3.5%, Motul Scooter SAE 10W-30 3.44% dan Castrol Activ Matic SAE 10W-30 3.2%.