cover
Filter by Year
Multitek Indonesia : Jurnal Ilmiah
Multitek Indonesia : Jurnal Ilmiah is a journal published by the Technic Faculty, Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) in collaboration with Universitas Muhammadiyah Ponorogo Research and Community Service. Published twice a year (June and Desember), contains six to ten articles and receive articles in the field of technic review studies with research methodologies that meet the standards set for publication. Manuscript articles can come from researchers, academics, practitioners, and other technic observers who are interested in research in the field of tehnic.
Articles
57
Articles
​
PEMANFAATAN APLIKASI MOODLE DALAM PEMBELAJARAN STATISTIK PADA MAHASISWA INFORMATIKA

Riyanto, Slamet, Nugrahanti, Fatim

MULTITEK INDONESIA Vol 12, No 1 (2018): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dari segi metode dan media pembelajaran. Salah satu teknologi informasi yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran adalah aplikasi Moodle. Aplikasi Moodle telah banyak digunakan banyak orang untuk proses pembelajaran e-learning.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pemanfaatan aplikasi moodle dalam pembelajaran statistik pada mahasiswa informatika. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan pola nonequivalent control group design (postest yang tidak ekuivalen). Variabel yang digunakan adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda t test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan aplikasi Moodle memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan aplikasi Moodle. Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dinilai signifikan. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi moodle dalam pembelajaran statistik dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa

SISTEM KOMUNIKASI RF (RADIO FREKUENSI) ROBOT TEMPUR DENGAN MENGGUNAKAN ENKRIPSI PADA DTMF (DUAL TONE MULTIPLE FREQUENCY).

Firmansyah, Firmansyah, Setiawan, Aries Boedi, Minggu, Desiderius

MULTITEK INDONESIA Vol 12, No 1 (2018): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Robot tempur merupakan robot yang didesain untuk melakukan peperangan dimedan pertempuran, dalam hal ini robot tempur didesain untuk mempunyai fungsi lain selain berperang yaitu mampu memotong rumput di masa damai, dengan teknologi yang berkembang saat ini peneliti berusaha membuat robot yang dapat dikendalikan dari jarak jauh untuk mengurangi kerugian personil di saat pertempuran  terjadi, dan disaat damai robot tersebut dapat membantu meringankan tugas personil yang penuh dengan kegiatan latihan. Oleh Karena itu, peneliti membuat suatu robot yang dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan RC (Remote Control), robot ini diharapkan dapat membantu pekerjaan personil TNI, baik saat bertempur maupun di masa damai.

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Rambu-Rambu Lalu Lintas Berbasis Android

Syakur, Muhammad Ali, Anamisa, Devie Rosa

MULTITEK INDONESIA Vol 12, No 1 (2018): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Optimalisasi kualitas sekolah tergantung pada pemahaman untuk proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. sekolah berkualitas menunjukkan kapasitas kemampuan siswa dalam mengotpimalkan program tertentu seperti dalam pembelajaran berlalu lintas. Pelajaran ini difokuskan pada pengamatan mengajar berupa pengenalan kesadaran berlalu lintas. Proses belajar dengan menggunakan pendekatan kualitatif,seperti grounded theory berbasis android belum pernah diperkenalkan pada siswa-siswi sekolah dasar (SD). Pendekatan ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan perangkat pembelajaran menjadi solusi baru dalam perkembangan dunia pendidikan sebagai pembelajaran interaktif. Selain itu, penanaman kesadaran berlalu lintas sebaiknya dilakukan sejak dini. Masa anak-anak merupakan fase awal dalam kehidupan manusia untuk memulai sosialisasi eksternal di luar lingkungan keluarga intinya dan pada fase ini anak-anak cenderung lebih mudah untuk menyerap nilai-nilai termasuk pengetahuan berlalu lintas karena pada nantinya akan selalu berinteraksi dengan sistem lalu lintas dan jalan raya dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut maka khususnya siswa-siswi Kelas II SD sangat membutuhkan metode pembelajaran ini untuk mengenalkan rambu-rambu lalu lintas, khususnya rambu peringatan, larangan, perintah dan petunjuk berbasis android sebagai pembelajaran interaktif, dengan harapan agar dapat memotivasi siswa-siswi dalam membantu belajar memahami dan mengerti konsep-konsep rambu rambu lalu lintas tanpa harus membawa buku dan pengajaran menjadi lebih menarik sehingga dapat memotivasi belajar siswa-siswi SD baik di sekolah maupun diluar sekolah. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu sekolah menjadi SD yang berkualitas dengan menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas sadar akan hukum berlalu lintas.

PREDIKSI JUMLAH PERMINTAAN PASAR PRODUK BREM DENGAN MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN METODE PROPAGASI MUNDUR

Nurmayasari, Deviardia Putri, Widaningrum, Ida, Astuti, Indah Puji, Arifin, Rizal

MULTITEK INDONESIA Vol 12, No 1 (2018): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam penelitian ini, jaringan syaraf tiruan dengan metode propagasi-mundur akan digunakan meramalkan jumlah permintaan pasar terhadap produk brem yang dihasilkan oleh industri makanan lokal. Hasil dari penelitian dapat digunakan sebagai acuan para pengusaha brem untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan sesuai dengan permintaan pasar yang tepat. Data penelitian ini diambil dari data pendistribusian produk brem dalam rentang waktu tiga tahun mulai dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini mampu menunjukkan model prediksi jumlah permintaan pasar produk brem dengan tingkat kesalahan yang dapat diterima.

PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEMACETAN LALULINTAS DI KECAMATAN MEDAN KOTA

Haramaini, Tasliyah, Nasution, Khairuddin, Sulaiman, Oris Krianto

MULTITEK INDONESIA Vol 12, No 1 (2018): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kepadatan lalu lintas di kota Medan khususnya di Kecamatan Medan Kota, telah menimbulkan masalah yang cukup serius diantaranya kenyamanan perjalanan terganggu, kebosanan perjalanan, kelelahan perjalanan, pemborosan waktu dan materi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sistem pendukung   keputusan yang dapat membantu mengurangi kemacetan lalulintas.Dalam proses pengambilan keputusan yang melibatkan banyak kriteria dan banyak alternatif, digunakan metode Analytical Hierarchy Procces (AHP) dengan kriteria lebar jalan, jarak kemacetan, lama kemacetan, jumlah kendaraan dan panjang jalan. Data jalan yang digunakan adalah di Kecamatan Medan Kota di Jalan SM Raja (Amplas), Jalan SM Raja (Tirtanadi), Jalan Turi dan Jalan Pelangi. Hasil dari penelitian ini adalah terbangunnya sebuah aplikasi untuk mengetahui tingkat kemacetan jalan lalulintas di Kecamatan Medan Kota dengan menggunakan AHP. Dan penerapan metode AHP dalam menentukan tingkat kemacetan lalulintas di Kecamatan Medan Kota menghasilkan nama jalan yang mengalami tingkat kemacetan tertinggi yaitu pada Jalan SM Raja (Tirtanadi) dengan nilai 0.324605 dan tingkat kemacetan terendah yaitu pada Jalan Turi dengan nilai 0.180769 

DESAIN MODEL PERAMALAN JUMLAH KERUSAKAN SIM CARD

Sari Rochman, Eka Mala, Imamah, Imamah, Rachmad, Aeri

MULTITEK INDONESIA Vol 12, No 1 (2018): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Informasi memiliki arti yang sangat penting dalam era globalisasi seperti saat ini. Kesuksesan seseorang bahkan ditentukan dari kemampuannya mengakses dan mengolah informasi. Alat untuk mengakses informasipun dibuat sesimple dan sepraktis mungkin. Para penyedia layanan provider bersaing untuk memberikan layanan terbaik dalam bidang pengaksesan informasi. Hal terpenting bagi perusahaan provider adalah mengetahui prediksi kerusakan kartu sim per tahun guna mempersiapkan kartu pengganti bagi setiap laporan yang akan diajukan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur penting dari quality of service sebuah perusahaan. Pada penelitian ini mendesain model peramalan menggunakan metode Extreme Learning Machnie (ELM). Sebelum data diolah menggunakan metode ELM, data dinormalisasi kemudian diinputkan pada setiap neuron input. Arsitektur yang digunakan menggunakan 1 lapisan input dengan 5 neron, 1 lapisan hidden layer dengan jumlah neuron sebanyak 5 dan 1 lapisan output.  Metode ELM bobot parameter input dipilih secara random, hingga menghasilkan good generalization performance karena tiap parameter bobot input dan hidden bias saling berhubungan dengan layer lainnya.

PERANCANGAN APLIKASI PAKET WISATA BERBASIS WEB

Astuti, Indah Puji, Fatrurrohman, Yayan, Masykuri, Muhammad, Syarifudin, Nur Ahmad

MULTITEK INDONESIA Vol 12, No 1 (2018): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The technological development in this world, especially the Internet is growing so fast. The Internet has changed some even almost the entire lifestyle of society. This has an impact on people's behavior, for example in the search for information, people are starting to leave a manual search process that take a long time to get the information and move on to use of the Internet to get the information quickly. The number of cities in East Java amount to 38 cities. Each city has an interesting tourist attraction to visit. However, one of the problem for local governments in terms of tourism development is there is no an effective and efficient Information System for tourism. To solve this problem, required an application that can facilitate the tourists in finding information about tourism and reservation hotel and travel. In this research has designed a web-based TRAVVIN application that is expected to facilitate tourists in the search information on tourist attractions, especially in East Java. In this research adopted from the stages of system development with waterfall method, consists of analysis stage and design stage. The result of this research is an analysis and design document.

ANIMASI GAMELAN BERBASIS FREKUENSI SUARA

Yuda, Yoga Prisma, Suyanto, M, -, Sukoco

MULTITEK INDONESIA Vol 11, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

"Gamelan Animation Based Base On Sound Frequency" is a study aimed to find out how to make 3D gamelan animation automatically in accordance with the input of gamelan sound. The gamelan instrument used in this research is the type of saron instrument. The number of blades used in this study 7 pieces, according to the number of saron blades. The final result of this research is 3D animation of saron gamelan. Software used in this research is Blender 3D. This research requires several processes such as in sound frequency analysis, each saron gamelan blade has a slightly different frequency value. In the object hammer required armature or rigging that serves to move the hammer. Each armature is supplied by the driver as a link between the armature and the sound frequency graph. The object of the saron hammer, can move based on the frequency graph. The results showed that with the input frequency of saron the object of animation can move according to the time of the sound of the gamelan saron.

MENGENDALIKAN EKSPRESI WAJAH KARAKTER 3D MENGGUNAKAN TEKNIK UV WARP

Saputra, M Aris, Suyanto, M, -, Sukoco

MULTITEK INDONESIA Vol 11, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstractIn the three-dimensional character animation facial expression is very important that the messages displayed by the characters can be easily understood. The process of making facial expressions is known as facial rigging. This study aims to produce six basic facial expressions on the three-dimensional character of Den Basito by utilizing UV warp technique as a facial rigging method. In order to control the expression of a character's face with a UV warp it takes two object bones. Each bones function as an anchors and targets. Then the results of still rendering six kinds of basic facial expressions tested to the owner of the reference model Den Basito and some his closest friends. From the test results obtained the conclusion that the use of UV warp techniques can be used for the control of facial expressions of three-dimensional characters with cartoon style.

ANALISA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA CV.MITRA INTERNUSA JAYA SURABAYA

Anardani, Sri, Putera, Andi Rahman

MULTITEK INDONESIA Vol 11, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Persaingan bisnis menuntut CV. Mitra Internusa Jaya Surabaya membangun sistem perusahaan yang lebih baik. Meningkatkan kualitas sistem informasi  merupakan salah satu cara untuk mendukung pembangunan sistem perusahaan. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang mampu mengatur rantai pasok pada bagian internal dan merelasikan aktivitas internal. Sistem informasi berbasis ERP dirancang sesuai dengan sumber daya internal yang dimiliki CV. Mitra Internusa Jaya Surabaya. Analisa proses bisnis internal dilakukan dengan metode Value Chain. Hasil pemetaan metode Value Chain dijadikan sebagai acuan perancangan sistem informasi yang bisa mendukung pemberian pelayanan terhadap pelanggan. Penelitian ini menghasilkan pemetaan rencana pembangunan Sistem Informasi untuk menyusun roadmap prioritas bagi CV. Mitra Internusa Jaya Surabaya di masa depan