Surya Edunomics
ISSN : -     EISSN : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2019): SURYA EDUNOMICS" : 6 Documents clear
PENGARUH IKLIM KELAS DAN KINERJA DOSEN TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2015 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Setiaji, Cahyo Apri ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

Surya Edunomics Vol 3, No 1 (2019): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Iklim kelas dan kinerja dosen baik secara parsial maupun simultan terhadap indeks prestasi kumulatif.Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan reliabilitas, Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif dengan (p=0.000), kinerja dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif dengan (p=0.000). Hasil analisis regresi ganda mengungkapkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari iklim kelas dan kinerja dosen secara bersama-sama terhadap indeks prestasi kumulatifditunjukkan dengan (p=0.000).   Kata kunci :iklim kelas, kinerja dosen, indeks prestasi kumulatif

KONTRIBUSI KOMIK DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Wardah, Fariida ( Universitas Sebelas Maret ) , Siswandari, Siswandari ( Universitas Sebelas Maret ) , Ngadiman, Ngadiman ( Universitas Sebelas Maret )

Surya Edunomics Vol 3, No 1 (2019): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Pada abad 21 sekarang ini, pendidikan tidak lagi menjadi hal yang dikesampingkan oleh warga negara Indonesia. Pendidikan bahkan menjadi salah satu prioritas utama warga negara Indonesia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Kemajuan suatu bangsa tercemin dari kualitas pendidikan bangsa itu sendiri. Generasi muda dianggap dapat menjadi ujung tombak, dikarenakan mereka dapat menjadi sosok yang kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab yang mampu bersaing di abad 21 ini yang siap menyongsong masa depan cerah melalui pendidikan. Akhir-akhir ini, inovasi dalam dunia pendidikan sedang gencar dilakukan. Salah satunya adalah melalui inovasi pengembangan dalam media pembelajaran. Inovasi pengembangan media pembelajaran dilakukan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, selain itu dapat tercipta iklim pembelajaran yang menyenangkan sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa, terutama dalam pembelajaran akuntansi yang membutuhkan tingkat pemahaman dan analisa yang tajam. Komik merupakan salah satu inovasi atau pembaharuan media pembelajaran. Kini komik tidak lagi hanya sebagai bacaan tetapi juga mulai merambah menjadi komik pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi penggunaan komik terhadap pembelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dan menggunakan data sekunder dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik memiliki kontribusi dan dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran akuntansi yang memerlukan penalaran dan analisis tinggi.   Kata Kunci:inovasi, komik, pembelajaran akuntansi

TANTANGAN DAN PELUANG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL

Nurdina, Husna ( Universitas Sebelas Maret ) , Martono, Trisno ( Universitas Sebelas Maret ) , Sangka, Khresna Bayu ( Universitas Sebelas Maret )

Surya Edunomics Vol 3, No 1 (2019): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak:Revolusi digital  dan  era disrupsi  teknologi  adalah istilah lain dari industri  4.0.  Disebut  revolusi  digital  karena  terjadinya  proliferasi komputer  dan  otomatisasi  pencatatan  di  semua  bidang.  Kemajuan  teknologi  memungkinkan  terjadinya  otomatisasi hampir  di  semua  bidang.  Teknologi  dan  pendekatan  baru  yang menggabungkan dunia fisik, digital, dan biologi secara fundamental akan mengubah pola hidup dan interaksi manusia. Oleh  karena  itu manusia  harus  dibekali soft skill dan hard skill yang baik agar dapat mengelola tantangan di era digital ini menjadi sebuah peluang. Tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah masalah pengangguran. Berdasarkan data  BPS  2018 menunjukkan bahwa  jumlah  pengangguran  yang berasal  dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menduduki peringkat teratas yaitu  sebesar   8,92%. Sekolah Menengah Kejuruan berperan penting dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara membekali soft skill dan hard skill kepada siswanya melalui pendidikan kewirausahaan sehingga akan melahirkan generasi entrepreneurship yang mampu bersaing di era digital. Gagasan ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan dari berbagai sumber. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis tantangan dan peluang pendidikan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan, agar mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas sehingga siap menghadapi persaingan di era digital.   Kata Kunci: SMK, Pendidikan Kewirausahaan, Era Digital

PENTINGNYA PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA SISWA SMA DAN SMK DI SURAKARTA

Damayanti, Lutfiah Endah ( Universitas Sebelas Maret ) , Susilaningsih, Susilaningsih ( Universitas Sebelas Maret ) , Indriayu, Mintasih ( Universitas Sebelas Maret )

Surya Edunomics Vol 3, No 1 (2019): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak; Kemajuan teknologi merupakan salah satu ciri semakin pesatnya arus globalisasi dalam kehidupan di abad 21 saat ini. Seiring berkembangnya zaman diharapkan semakin berkualitas pula SDM agar mampu bersaing di tengah tantangan global. Fenomena yang nampak saat ini adalah semakin mudahnya akses teknologi dan komunikasi sehingga mempermudah setiap orang memenuhi kebutuhannya, sehingga hal tersebut memunculkan perilaku konsumtif di kalangan masyarakat khususnya di kalangan remaja era millenial. Survei The World Bank (2015) tentang literasi keuangan menunjukkan Indonesia masih berada di posisi yang tergolong rendah diantara negara tetangga, khususnya di tingkat usia remaja. Rendahnya tingkat literasi keuangan di tingkat remaja menunjukkan bahwa masih kurangnya kesadaran generasi muda saat ini terhadap pengelolaan keuangan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa SMA/SMK Negeri di Surakarta pada tahun 2018 diketahui bahwa banyak siswa yang sering berperilaku konsumtif dikarenakan pengaruh social media. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penguatan nilai karakter melalui perilaku pengelolaan keuangan pada remaja di era digital.  Metode penelitian dilakukan dengan studi literatur dan teknik pengumpulan data dengan wawancara serta observasi. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa penanaman nilai karakter kemandirian dan tanggungjawab dapat dilakukan melalui perilaku pengelolaan keuangan yang baik pada remaja generasi millenial sebagai bentuk pengendalian diri untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.   Kata Kunci : Pendidikan karakter, Nilai karakter, Pengelolaan Keuangan.

MEDIA E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI

Kurniasih, Deka Intan ( Universitas Sebelas Maret ) , Baedhowi, Baedhowi ( Universitas Sebelas Maret ) , Sudiyanto, Sudiyanto ( Universitas Sebelas Maret )

Surya Edunomics Vol 3, No 1 (2019): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Pada era digital seperti saat ini, penggunaan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sangat membantu proses pembelajaran, siswa dapat dengan mudah mencari sumber belajar dengan tidak menjadikan guru sebagai sumber belajar satu-satunya. Namun, kenyataannya terdapat sekolah dengan fasilitas komputer yang memadai tetapi sumber belajarnya masih mengacu pada buku teks. Agar pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi sebagai sumber belajar yang beragam, maka perlu adanya media pembelajaran e-booksehingga hasil belajar siswa dapat berjalan lebih optimal. Mata pelajaran ekonomi adalah cabang ilmu sosial yang terus-menerus mengalami perkembangan, sehingga dibutuhkan media yang mengupdate berita terkini untuk mempermudah siswa dalam belajar.Proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mengimbangi penggunaan media e-book. Dalam kurikulum 2013, Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang diterapkan sebagai salah satu cara agar siswa berpikir untuk memecahkan suatu permasalahan yang terjadi. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran ekonomi dengan dihadirkannya berbagai kasus sosial yang terjadi saat ini, siswa terbiasa berpikir dalam memecahkan masalah dan memberikan solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.Metode penelitian dilakukan menggunakan studi literatur dengan mengkaji penelitian terdahulu yang relevan, dan bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa penggunaan media E-Book berbasis Problem Based Learning sangat efektif dalam pembelajaran ekonomi. Kata Kunci: Media E-Book, Problem Based Learning (PBL), Ekonomi.

EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS PADA SAMSAT PEMBANTU WILAYAH BAGELEN)

Wibowo, Wahyu Aji ( Universitas Teknologi Yogyakarta ) , Irawan, Irawan ( Universitas Teknologi Yogyakarta ) , Harmoko, Arry ( Universitas Teknologi Yogyakarta )

Surya Edunomics Vol 3, No 1 (2019): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada efektivitas penerimaan pajak sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan door to door. Metode analisis menggunakan metode statistik inferensial. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari pemetaan indikator penerimaan, analisis statistik, uji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov dan uji statistik dengan Mann Whitney U-test. Hasil uji normalitas Kolmogorov Smirnov menunjukkan bahwa tidak semua data terdistribusi secara normal. Hasil uji statistik Mann Whitney U-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara efektivitas penerimaan PKB sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan door to door, terdapat perbedaan signifikan antara efektivitas penerimaan PKB potensi lokal sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan door to door dan terdapat perbedaan signifikan antara kontribusi realisasi tunggakan PKB sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan door to door. Berdasarkan hasil penelitian di atas, feedback kegiatan door to door sebaiknya ditindaklanjuti secara komprehensif, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan PKB dapat diidentifikasi, dipahami dan dapat diselesaikan dengan baik   Kata kunci : efektivitas penerimaan PKB, efektivitas penerimaan PKB potensi lokal, dan kontribusi penerimaan tunggakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6