Surya Edunomics
ISSN : -     EISSN : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2018): SURYA EDUNOMICS" : 6 Documents clear
FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN CROWDFUNDING

NUGRAHA, ARYAN EKA PRASTYA ( Universitas Muhammadiyah Purworejo ) , RIYANTO, RIYANTO, HADI, DWI PRASTYO, YUNUS, MAHMUD

Surya Edunomics Vol 2, No 1 (2018): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memprediksi faktor penentu dari keberhasilan crowdfunding yang akan bermanfaat bagi para pendiri (founder) untuk memilih cara yang tepat dalam berkampanye untuk tujuan proyek bisnis maupun sosial. Pendekatan deduktif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik regresi berganda berbantuan XLSTAT. Sampel sejumlah 68 individu berpartisipasi dalam penelitian ini yang terdiri dari mahasiswa dan pekerja yang pernah ikut serta dalam penggalangan dana crowdfunding melalui platform online. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif antara tujuan proyek dan faktor sosial terhadap keberhasilan crowdfunding, dimana jika para founder ingin berhasil mencapai target pengumpulan dana dan tepat waktu sesuai yang direncanakan maka, dapa dijadikan referensi untuk lebih memperhatikan tujuan proyek dan sasaran yang akan dituju dan lebih diarahkan ke isu – isu sosial yang umumnya lebih banyak memiliki permasalahan khususnya di Indonesia. Pemilihan platform untuk pengumpulan dana juga perlu diperhatikan, karena semakin banyak platform crowdfunding baru yang  muncul Keywords: crowdfunding, founder, sosial

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN EKONOMI

FADLILAH, FARIDA ( Universitas Muhammadiyah Purworejo ) , MARTONO, TRISNO, SAWIJI, HERY

Surya Edunomics Vol 2, No 1 (2018): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satunya adalah dengan melalui proses pembelajaran di sekolah. Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong-royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Pada Era globalisasi seperti sekarang ini, kehidupan bangsa banyak dipengaruhi oleh budaya asing baik melalui media cetak maupun media elektronik. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Proses pembelajaran termasuk pada pembelajaran ekonomi sangat perlu diikuti oleh pendidikan karakter agar peserta didik mampu mengaplikasikan semua ilmu pengetahuan yang diperoleh sesuai dengan falsafah dan pola hidup yang merujuk pada semua aturan dan kebiasaan bangsa Indonesia. Proses pembelajaran ekonomi hendaknya lebih memperhatikan teori-teori yang sesuai dengan kehidupan bangsa Indonesia dan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek yang harus dioptimalkan dalam sistem pendidikan di Indonesia.   Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ekonomi, Pembelajaran Ekonomi

MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI SUPLEMEN PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN DI SMK

UMURY, SHINTA FADLILAH ( Universitas Muhammadiyah Purworejo ) , BAEDHOWI, BAEDHOWI, KRISTIANI, KRISTIANI

Surya Edunomics Vol 2, No 1 (2018): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Pendidikan Abad 21 dihadapkan pada sejumlah tantangan dan peluang yang dituntut untuk terus – menerus melakukan antisipasi dan penyesuaian diri agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan Abad 21 ditandai dengan perkembangan teknologi yang luar biasa pesat sehingga dunia pendidikan harus selalu meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai macam usaha dan pembaharuan yang inovatif. Salah satu usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan melalui proses pembelajaran yang efektif dan dengan menggunakan atau mengembangkan media pembelajaran yang menarik. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial. Video tutorial dapat dijadikan sebagai supleman pendukung sebagai solusi dalam mengahasilkan proses pembelajaran efektif. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan video tutorial sebagai suplemen pendukung dalam pembelajaran. Gagasan ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan dari berbagai sumber. Berdasarkan hasil penulisan dari berbagai sumber diketahui bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan video tutorial layak dijadikan sebagai suplemen pendukung. Oleh karena itu, kedepannya perlu dilakukan pembelajaran maupun pembaharuan media pembelajaran video tutorial khususnya di SMK.

ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DI SMK NEGERI KOTA SURAKARTA

EFFENDI, RIDWAN EFFENDI ( Universitas Muhammadiyah Purworejo ) , JOYOATMOJO, SOETARNO SOETARNO, SULISTYANINGRUM, DYAH SULISTYANINGRUM

Surya Edunomics Vol 2, No 1 (2018): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak; Permasalahan yang melandasi penelitian ini adalah adanya program prakerin yang menyebabkan siswa tidak mempunyai waktu maksimal dalam memperoleh pembelajaran di sekolah serta kurangnya pemanfaatan fasillitas internet oleh guru dan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bisnis online. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang analisis kebutuhan media e-learning pada mata pelajaran bisnis online di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan survey kepada responden. Subjek penelitian adalah informan yang memberikan data penelitian melalui survei dan wawancara. Informan penelitian terdiri dari 195 siswa dan 6 guru pengampu mata pelajaran bisnis online di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) kota Surakarta. Hasil penelitian bahwa media  e-learning sangat dibutuhkan, dengan format e-learning yang dibutuhkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, materi pembelajaran, video pembelajaran, forum diskusi dan intrumen penilaian. Impikasi pada penelitian selanjutan yaitu mengembangkan media e-learning untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh khususnya pada siswa yang melaksanakan prakerin.   Kata Kunci: e-learning, analisi kebutuhan, mata pelajaran bisnis online

PENGARUH KEMAMPUAN DOSEN DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGUASAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Setiaji, Cahyo Apri ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

Surya Edunomics Vol 2, No 1 (2018): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan dosen dalam menerapkan pembelajaran inovatif dan penguasaan media audio visual baik secara parsial maupun simultan terhadap indeks prestasi kumulatif. Populasi penelitian sebanyak 81 mahasiswa sedangkan jumlah sampel 65 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik probability sampling-simple random sampling dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan dosen dalam menerapkan pembelajaran inovatif berada dalam kategori tinggi, penguasaan media audio visual berada dalam kategori tinggi, dan indeks prestasi kumulatif juga berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan dosen dalam menerapkan pembelajaran inovatif terhadap indeks prestasi kumulatif (p=0,000). Penguasaan media audio visual memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif (p=0,000). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa kemampuan dosen dalam menerapkan pembelajaran inovatif dan penguasaan media audio visual secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif (p=0,000)   Kata Kunci: Pembelajaran Inovatif, Media Audio Visual, Indeks Prestasi Kumulatif

STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

RINAWATI, ANITA RINAWATI ( Universitas Muhammadiyah Purworejo ) , PRASTIANI, OVA PRASTIANI

Surya Edunomics Vol 2, No 1 (2018): SURYA EDUNOMICS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan memanfaatkan Media Sosial dapat meningkatkan keputusan pembelian. “Keputusan pembelian merupakan keputusan pembeli mengenai merek mana yang akan dibeli” (Kotler dan Armstrong, 2012:154). Keputusan pembeli merupakan bagian dari model perilaku konsumen. Dalam model tersebut dijelaskan bahwa keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh faktor komunikasi, salahsatunya yaitu word of mouth marketing (Kotler dan Keller, 2012:478). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian sejumlah  konsumen di Ceria Pizza di Purworejo. Sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.  Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berupa uji t dan uji F. Hasil menunjukkan: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara word of mouth intensity terhadap keputusan pembelian sebesar 9,90% (rx1y = 0,315, rx1y2 = 0,099, thitung = 3,569, sig = < 0,05), 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara positive valence word of mouth terhadap keputusan pembelian sebesar 6,00% (rx2y = 0,244, rx2y2 = 0,060, thitung = 2,704, sig = < 0,05); 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara word of mouth content terhadap keputusan pembelian sebesar 14,80% (rx3y = 0,385 , rx3y2 = 0,148, thitung = 4,498, sig = < 0,05); 4) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara word of mouth intensity, positive valence word of mouth, word of mouth content secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 35,50% (R = 0,596, R2= 0,355, F change= 21,319, sig = < 0,05).   Kata kunci : media sosial, electronic word of mouth, keputusan pembelian

Page 1 of 1 | Total Record : 6