Surya Edunomics
ISSN : -     EISSN : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 01 (2017): Surya Edunomics" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK LEBAK BULUS TAHUN AJARAN 2016/2017

Elfachmi, Amin Kuneifi ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

Surya Edunomics Vol 1, No 01 (2017): Surya Edunomics
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sebagian besar proses belajar mengajar di Indonesia mayoritas masih  berpusat kepada guru sebagai sumber belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang telah dilaksanakan pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 dan 2. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 yang berjumlah 22 peserta didik dan peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisi butir soal, uji daya beda, validitas, independent t-test dan dependent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match dengan kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 (experiment) tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat melalui hasil belajar materi pengantar akuntasi kelas X Program Keahlian Administrasi 1 (experiment) dan kelas X Program Keahlian Administrasi 2 (kendali) dimana hasil belajar pre test kelas experiment menunjukan nilai hasil belajar sebesar 23,75 < dari hasil belajar post test kelas experimen yang menunjukan nilai hasil belajar sebesar 67,15, sedangkan hasil belajar pre test kelas kendali menunjukan nilai hasil belajar sebesar 19,60 < dari hasil belajar post test kelas kendali yang menunjukkan nilai sebesar 60,27. Dalam proses belajar mengajar, sebaiknya pendidik menggunakan model-model pembejaran yang bervariasi, tidak hanya mengguanakan metode ceramah dan diskusi saja akan tetapi dapat menggunakan model-model pembelajaran kooperatif selain itu pendidik harus bisa lebih dekat dengan peserta didiknya jangan hanya menggugurkan kewajiban mengajar di sekolah.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match, Hasil Belajar

STRATEGI PENINGKATAN SOFT SKILL SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS) PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Rinawati, Anita ( Universitas Muhammadiyah Purworejo ) , Alfarizi, Fazlur Rahman

Surya Edunomics Vol 1, No 01 (2017): Surya Edunomics
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah melalui strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan Soft Skill siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X C TP (Teknik Permesinan)  SMK TKM Purworejo, dengan jumlah siswa 33 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan Soft Skill menggunakan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, tes, dokumen dan catatan lapangan. Penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions pada mata pelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan Soft Skill siswa kelas X C TP SMK TKM Purworejo. Hasil ini didukung data kualitatif yang menunjukkan bahwa rerata presentase Soft Skill siswa pada pra siklus sebesar 64,30%, pada siklus I meningkat  menjadi 67,24% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,42%. Kata kunci : Soft Skill, Student Teams Achivement Divisions, Mata Pelajaran Kewirausahaan.

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP EFIKASI DIRI (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN AKADEMIK 2016/2017)

Setiaji, Cahyo Apri ( Universitas Muhammadiyah Purworejo ) , Fadhiliya, Lukman, Safitri, Lutfi Aprilia

Surya Edunomics Vol 1, No 01 (2017): Surya Edunomics
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap efikasi diri (studi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2016/2017). Populasi penelitian ini adalah 190 mahasiswa reguler dari semester 2, 4, dan 6, sedangkan sampel berjumlah 123 siswa ditentukan dengan teknik stratified proportional random sampling dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional mahasiswa berada pada kategori tinggi (73,99%), kecerdasan spiritual termasuk dalam kategori tinggi (77,23%), dan efikasi diri termasuk dalam kategori tinggi (59,35%). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memberikan sumbangan positif dan signifikan sebesar 6.00% (p=0.000) terhadap efikasi diri dan kecerdasan spiritual memberikan sumbangan positif dan signifikan sebesar 10,10% (p=0.001) terhadap efikasi diri. Hasil analisis regresi ganda mengungkapkan adanya sumbangan yang signifikan dari kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama terhadap efikasi diri mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2016/2017 sebesar 16,10% (p=0.000).   Kata kunci : kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, efikasi diri.

ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Elfrida, Atiq ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

Surya Edunomics Vol 1, No 01 (2017): Surya Edunomics
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan Kualitas Butir Soal UAS Genap Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 dilihat dari tingkat kesulitan, daya beda, efektivitas pengecoh dan reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan metode analisis dokumen. Hasil analisis menunjukan bahwa: kualitas butir soal berdasrkan tingkat kesulitan, daya beda, dan efektivitas pengecoh yaitu terdapat 0 % yang termasuk sangat baik, 1 butir (2,50%) baik, 6 butir (15,00 %) kurang baik dan 33 butir (82,50 %) tidak baik. Penyebab kegagalan adalah daya beda 19 butir (47,50). Kualitas instrumen keseluruhan sangat kurang baik. Tingkat reliabelnya rendah yaitu 0,184. Keseluruhan soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 termasuk soal tidak baik.   Kata kunci: tingkat kesulitan, daya beda, efektivitas pengecoh, reliabilitas.

PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

Abdulrahman Akbar, Firman Muhammad ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

Surya Edunomics Vol 1, No 01 (2017): Surya Edunomics
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan serta hasil belajar siswa melalui pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI Pemasaran SMK Batik Perbaik Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Persentase keaktifan belajar siswa pada pra siklus 45,62% ke sikus I 73,75% meningkat 28,13% dan siklus I 73,75% ke siklus II 93,125% meningkat 19,37%. Persentase hasil belajar siswa pada pra siklus 48,48% ke sikus I 54,54% meningkat 6,06%% dan siklus I 54,54% ke siklus II 93,93% meningkat 39,39%. Kata Kunci : Keaktifan, Snowball Throwing.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERMODIFIKASI SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NUSANTARA INDAH SINTANG, KALIMANTAN BARAT

Suriyanti, Yulia ( Universitas Muhammadiyah Purworejo ) , Dau, Lidya

Surya Edunomics Vol 1, No 01 (2017): Surya Edunomics
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Proses pembelajaran yang bervariasi akan berdampak maksimal pada penguasaan materi pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan menganalisis penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation bermodifikasi Snowball Throwing terhadap hasil belajar ekonomi siswa di kelas eksperimen serta membandingkan hasil belajar tersebut dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian sebanyak 32 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif dan uraian. Hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol = 75,20 dan kelas eksperimen = 80,3 dengan nilai tertinggi di kelas eksperimen 90 dan dikelas kontrol adalah 85. Dengan menggunakan uji t pada uji hipotesis menunjukkan nilai Thitung > Ttabel atau 22,91 > 2,00 bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen pada materi Sistem Perekonomian. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation bermodifikasi snowball throwing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, maka disarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran ekonomi di sekolah.   Kata Kunci: group investigation, snowball throwing,  hasil belajar ekonomi.

ANALISIS FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BERWIRAUSAHA

Fadhiliya, Lukman ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

Surya Edunomics Vol 1, No 01 (2017): Surya Edunomics
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto yang bersifat penelitian korelasi (correlational research). Teknik analisis data dilakukan dengan Analisis Faktor meliputi: 1) Korelasi Indikator: Kaiser-Meyer Olkin (KMO), 2) Ekstraksi Faktor: Principal Components Analysis, dan 3) Rotasi Faktor: Varimax Method. Populasi penelitian ini adalah alumni SMK di Kabupaten Purworejo yang dikategorikan telah menjadi wirausaha yang berhasil. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 60 alumni dari jumlah populasi yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan: beberapa faktor dari karakteristik wirausaha yang paling dominan mempengaruhi keberhasilan berwirausaha pada alumni SMK di Kabupaten Purworejo. Hasil penelitian ini berdasarkan Analisis Faktor model ekstraksi faktor Principal Component Analysis dan rotasi faktor Varimax Method, maka dapat disimpulkan bahwa beberapa faktor dari karakteristik wirausaha yang paling dominan mempengaruhi keberhasilan berwirausaha pada alumni SMK di Kabupaten Purworejo adalah: (1) memiliki visi dan tujuan yang jelas, (2) percaya diri (self confidence), dan (3) mempunyai jiwa pemimpin.   Kata Kunci: Keberhasilan Berwirausaha,Analisis Faktor, Kaiser-Meyer Olkin (KMO), Principal Component Analysis, Varimax Method.

Page 1 of 1 | Total Record : 7